uhan.
539 HR. Ahmad; HR. At-Tirmidzi, dan ia
menyatakan bahwa hadits ini hasan
shahih. Hadits ini juga diriwayatkan
oleh Al-Bukhari dan Muslim darijalur
Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyollohu Anhu.
Dalam sebuah hadits yang
menjelaskan tanda-tanda ha-
ri kiamat dan turunnya lsa
Alaihissalam ke dunia serta
berkuasanya atas seluruh ma-
nusia, Rasulullah Shallallahu
Alaihi wa Sollam bersabda,
"Ketika lsa dalom kondisi de-
mikian, Allah mewahyukan
kepada beliau,'Sesungguhnyo
Aku telah mengeluorkan ham-
bo-hamba yang tidak mompu
diperongi oleh siapapun, moko
hendokloh komu mengasing-
kan hamba-hamba-Ku ke Bukit
Thursino."sao
Diriwayatkan dari An-Nawwas
bin Sam'an Radhiyollohu Anhu
bahwa Rasulullah Shollallohu
Aloihi wa Sollom bersabda,
" Lolu Alloh mengeluorkon Ya' juj
dan Ma'juj, dan mereko turun
dengan cepot dari seluruh tem-
pat yang tinggi. Rombongan
pertqmo dari mereko melewoti
Danau Tiberia don meminum
airnya. Rombongan terakhir
menyusul sementara air donau
telah mengering, lalu mereka
berkota,'Sungguh, sepertinyo
di sini dulu pernah odo oir."sa7
540 HR. Muslim.
541 HR. Muslim.
J..lrraJJir t#sjl ,J*"
'*Jt IA4 j.c. ri* Af f g;J{
Bukit Thursina di Palestina yang
tingginya 826 meter dari permu-
kaan laut
Gambar dari atas Bukit Tursina yang
memperlihatkan kota Al-Quds
f[pp4:f[NDA KIAMAT BE5AR I
Danau Tiberia terkadang dise-
but juga dengan Laut AlJalil atau
Danau AlJalil. Danau kecil itu terle-
tak di bagian utara negara Palesti-
na. Di danau tersebut terdapat hulu
sungai Yordania yang mengalir sam-
pai ke pertengahan dataran rendah
Yordania. Panjang Danau Tiberia 23
km dan lebarnya 13 km. Sementara
dalamnya tidak lebih dari 44 m.
Danau tersebut lebih rendah dari
permukaan laut sekitar 21,0 m.
Rasulullah Shallallahu Aloihi
Wo Sallam bersabda, "Kemudian
mereka (Ya'juj dan Ma'juj) berjalan
hingga ke gunung Al-Khama4 yaitu
gunung Baitul Maqdis (Palestina)
seraya berkata, 'Sungguh, kami
telah membunuh makhluk-makhluk
yang ada di bumi. Oleh karena itu,
marilah kita bunuh siapa saja yang
ada di langit.' Maka mereka pun
melesatkan anak panah mereka ke
langit, kemudian Allah mengemba-
likan anak panah tersebut dalam
keadaan berlumuran darah. Setelah
itu, Nabi lsa Aloihissolam dan para
sahabatnya dikepung, sehingga ke-
pala sapi jantan milik salah seorang
di antara mereka lebih baik dari
pada seratus dinar milik salah
seorang di antara kalian pada saat
ini.sa2 Kemudian Nabi lsa dan para
542 Maksudnya, mereka semua berada
I
P;at*n"_l
sahabatnya memanjatkan doa ke-
pada Allah (agar menyelamatkan
mereka). Maka Allah menurunkan
ulat-ulatsa3 di leher-lehar mereka
dalam kondisi yang berat dan sangat
lapar, sehingga jika mendapatkan
satu kepala sapijantan tentu mereka
akan gembira layaknya shahabat
yang gembira mendapatkan seratus
dinar.
543 Ulat yang dimaksud adalah ulat
yang biasa bersemayam di dalam
hidung unta dan kambing yang da-
pat membunuhnya.
(Ya'juj dan Ma'juj) sehingga mati-
lah mereka seperti matinya satu
orang.s44
Selanjutnya, Nabi lsa dan pa-
ra sahabatnya turun ke dataran
(bumi). Mereka tiada mendapati
sejengkal tanah pun melainkan
telah dipenuhi oleh mayat dan bau
busuk mereka. Lalu Nabi lsa dan
para sahabatnya kembali meman-
jatkan doa kepada Allah. Maka Allah
mengirimkan sekawanan burung
yang bentuknya seperti leher-leher
unta (besar yang berpunuk dua),
untuk membawa dan menurunkan
jasad mereka di tempat yang Allah
kehendaki. Setelah itu, Allah To'ala
menurunkan hujan yang tidak satu
rumah pun yang selamat darinya,
baik yang terbuat dari tanah mau-
pun bulu binatang. Hujan tersebut
membersihkan bumi hingga men-
jadi seperti cermin.sas
Kemudian dikatakan kepada
bumi,'Keluarkanlah buah-buahan-
mu dan kembalikanlah keberkah-
anmu.' Pada saat itu, satu kelompok
manusia cukup dikenyangkan hanya
dengan memakan satu buah de-
lima, bahkan dapat berlindung diri
544 Maksudnya, mereka mati dalam
waktu yang bersamaan.
545 Diserupakan dengan cermin karena
sangat bersih dan cemerlang.
Sungai Yordania ketuar dari
Tiberia
dengan kulitnya. Susu pun menjadi
berkah, sehingga satu unta yang air
susunya deras cukup diminum oleh
sejumlah orang. Sapi betina yang
air susunya deras cukup diminum
oleh sekabilah manusia. Kambing
yang air susunya deras cukup di-
minum oleh beberapa orang dari
karib kerabat.
Ketika mereka berada dalam
kondisi yang demikian, maka Allah
mengirimkan angin yang lembut,
sehingga menerpa mereka dari
bawah ketiak-ketiak mereka dan
mencabut ruh setiap Mukmin dan
Muslim. Maka tinggallah sejelek-
jelek makhluk, mareka akan berse-
tubuh di bumi layaknya keledaiyang
bersetubuhsa6. Dan pada zaman
mereka akan terjadi hari kiamat."saT
Dalam riwayat lain disebutkan,
"...Lalu Nabi lsa dan para sahabat-
nya kembali memanjatkan doa
kepada Allah. Maka Allah men-
girimkan sekawanan burung yang
bentuknya seperti leher-leher unta
(besar yang berpunuk dua), untuk
membawa dan melemparkan jasad
, 546 Maksudnya, laki-lakidan perempuan
yang bersetubuh disaksikan oleh
banyak orang layaknya keledai, dan
mereka pun tidak memedulikan hal
tersebut.
547 HR. Muslim.
TAnoR-TANoa
mereka ke dalam
lubang yang
dalam. Kaum
Muslimin akan
menyala-kan
Kranaar BesaR
api dengan
busur, anak
panah, dan
tempat anak
panah se-
lama tujuh
tahun (un-
tuk berlin-
dung dari
Tempat anak
PenY- panah
erangan
mere-
ka )."s+s
o Diriwayatkan dari Abdullah bin
Mas'ud Radhiyallohu Anhu,
ia mengatakan, "Pada malam
Rasulullah Shollallohu Alaihi
wo Sallam diperjalankan (lsra'
Mi'raj), beliau bertemu dengan
lbrahim, Musa, dan lbrahim
Alohihimussalom. Maka para
sahabat bertanya tentang hari
kiamat." Sampai pada perkata-
an lbnu Mas'ud, "Maka para
sahabat bertanya tentang lsa
Aloihissolam." Maka ia menye-
butkan tentang pembunuhan
548 Hadits shahih. HR. At-Tirmidzi.
MISTERI AKHIR DUNIA
Dajjal kemudian mengatakan,
"Maka manusia kembali ke
negeri mereka masing-ma-
sing.sae Lalu mereka bertemu
dengan Ya'juj dan Ma'juj. Me-
reka turun dengan cepat dari
seluruh tempat yang tinggi.
Tidaklah mereka melewati
air kecuali meminumnya, dan
tidaklah melewati sesuatu ke-
cuali mereka merusaknya. lsa
berkata, 'Manusia meminta
pertolongan kepadaku, maka
aku pun berdoa kepada Allah.'
Maka Allah mematikan mereka
sehingga bumi menjadi busuk
karena bau tubuh mereka. lsa
berkata, 'Manusia meminta
pertolongan kepadaku, maka
aku pun berdoa kepada Allah.
Lalu Allah mengirimkan air dari
langit kemudian membawa
mereka dan melemparkan tu-
buh mereka ke dalam lautan."sso
549 Maksudnya, setelah mereka menye-
lamatkan diri dari Dajjal ke gunung-
gunung dan tempat lainnya, lalu
lsa Aloihissalom membunuh Dajjal.
Maka mereka kembali ke negeri
dan rumah mereka masing-masing,
namun mereka bertemu dengan
Ya'jujdan Ma'juj.
550 Diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam
Al-Mustodrok (4/488-489\, ia me-
ngatakan, "Hadits ini shahih tapi
tidak diriwayatkan oleh Al-Bukhari
dan Muslim." Hal ini disetujui oleh
o Diriwayatkan dari Abu Hurai-
rah Rodhiyallohu Anhu bahwa
Rasulullah Shollollahu Alaihi
wa Sollam bersabda tentang
Ya'juj dan Ma'juj, "Mereko me-
minum oir sampoi kering dan
orong-orang pun berlori untuk
menjouhkon diri dari di mere-
ko. Lalu mereka melemporkon
ponah-ponoh mereko ke langit
don ia kemboli dengon berlu-
muron darah. Mereka berkata,
'Kito telah mengolahkan pen-
duduk bumi don mengungguli
penghuni langit.' Moko Alloh
mengirimkan ulot ke kepala-
kepolo mereka sompai mere-
ko moti. Demi Dzat yang iiwo
Muhammod berada dolom ta-
ngan-Nya, sungguh binotang
melato di bumi okon meniodi
gemuk dan berisijika memakan
do g i ng-do gi ng me reko."s51
Adz-Dzahabi dalam kitabAt-Tol khish ;
Diriwayatkan oleh Ahmad dalam A/-
Musnad (4/I89-19O\, diteliti oleh
Ahmad Syakir dan ia mengatakan
bahwa sanadnya shahih.
551 HR. At-Tirmidzi, dan dia menya-
takannya sebagai hadits hasan;
HR. lbnu Majah; HR. Al-Hakim dan
dinyatakannya sebagai shahih, dise-
tujui oleh Adz-Dzahabi dalam kitab
At-Tolkhish.
I
I Hadits-hadits dha'if se-
putar Ya'juj dan Ma'juj
Banyak ayat dan hadits yang
menerangkan Ya'juj dan Ma'juj. Na-
mun ada beberapa hadits dhaif yang
sudah populer bagisebagian orang.
Disinisaya akan menyebutkan salah
satu di antara hadits tersebut untuk
menjelaskan kedudukannya.
Diriwayatkan dari Hudzaifah
bin Al-Yaman Rodhiyollohu Anhu,ia
bercerita, "Soyo bertanya kepado
Rosulullah Shollallahu Aloihi wd
Sollam tentong Ya'juj dan Mo'juj,
moko beliau bersabda, "Ya' juj
adaloh satu umat dan Ma' juj juga
satu umo| setiop umat terdiri
dari 400.000 jiwo. Tidakloh akan
mati seseorang di ontara mereka
sampai melihat seribu orong loki-
loki dari keturunannyo berada di
hadapannya membawo senjota."
Soya bertonyo, "Wohoi Rosulullah,
se b utka nla h ci ri-ci ri me reka ke pa da
komi." Beliau bersobda, "Mereke
terdiri dari tiga kelompok, satu ke-
I om pok se pe rti ced a r.' Aku be rta nya,
'Apa itu cedarT Beliou bersabda,
'Cedor adaloh namo pohon di ne-
geri Syam, panjongnya 720 hasto
menjulang ke langit. Merekaloh
yang tidok biso dikalahkan oleh
tipu daya don besi. Diantoro mere-
ko ada yong salah satu telingonya
dijadikan sebagai kosur dan yang
sotu nyd d ija d i ka n se li m ut. Tid o kl a h
mereko melewati gajah, hewan
berbisa, unto, dan bobi kecuali me-
reka memokonnyo. Siapa soja yang
moti di qntora mereko moko yang
loin okan memakonnyo. Kepala
mereka berada di negaro Syam dan
betis mereka berada di Khuroson.
Mereka akan meminum oir sungoi
negeri timur don danou Tiberio."ss2
I Binasanya Ya'juj dan
Ma'juj
Ya'juj dan Ma'juj yang terdiri
dari kaum laki-laki, perempuan,
dan anak-anak kecil akan melaku-
kan kerusakan di muka bumi,
membunuh manusia, merusak ke-
hormatan, berlaku sombong dan
membuat ketidaksusilaan. Keku-
furan mereka sampai pada tingkat
di mana mereka menebakkan anak
panah ke arah langit untuk menga-
lahkan semua makhluk yang ada
di sana sebagaimana mereka telah
berhasil mengalahkan orang-orang
552 HR. Ath-Thabrani. Al-Haitsami da-
lam Mojma' Az-Zawo'id (8/6) me-
ngatakan, "Hadits ini diriwayatkan
oleh Ath-Thabranidalam Al-Mu' jom
Al-Awsoth, di dalam sanadnya ter-
dapat seseorang yang bernama
Yahya bin Sa'id Al-Aththar, dan
ia merupakan perawi yang dha'if
(lemah)."
MISTERI AxrrIn DUNIA
yang ada di muka bumi. Tidak ada
yang selamat kecuali orang-orang
yang berlindung di dalam benteng
atau bersembunyi di suatu tempat.
Di antara orang-orang yang ber-
lindung di dalam benteng adalah lsa
Alaihissolam dan kaum Mukminin
yang bersama beliau. Mereka dilan-
da rasa lapar; haus, dan lelah yang
luar biasa. Seperti telah disebutkan
sebelumnya dalam hadits, bahwa
ketika itu nabi lsa Aloihisolom dan
para sahabatnya kembali meman-
jatkan doa kepada Allah. Maka Allah
mengirimkan sekawanan burung
yang bentuknya seperti leher-leher
unta (besar yang berpunuk dua),
untuk membawa dan menurunkan
jasad mereka di tempat yang Allah
kehendaki. Setelah itu, Allah Ta'alo
menurunkan hujan yang tidak satu
rumah pun yang selamat darinya,
baik yang terbuat dari tanah mau-
pun bulu binatang. Hujan terse-
but membersihkan bumi hingga
menjadi seperti cermin. Kemudian
dikatakan kepada bumi, "Keluar-
kanlah buah-buahanmu dan kem-
balikanlah keberkahanmu."
Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyal-
lahu Anhu meriwayatkan, "Rostt-
lullah Shallollahu Aloihi wa Sal-
lam bersabda, 'Dinding Ya'juj dan
Ma'juj akan terbuko, maka mereka
okan keluor menuju monusia, seba-
gaimana difirmankan Allah Ta'ala,
"Mereka turun dengon cepat dari
seluruh tempot yang tinggi" (QS.
Al-Anbiyaa' [21]: 961. Mereka akon
membuat kerusakan di muko bumi,
don koum Muslimin berlorian dari
tempat mereka ke kota-kota dan
benteng-benteng mereka, kemu-
dion mereka mengombil binotang-
binotang ternok bersamo mereka.
Sedangkan mereko (Yo'juj dan Ma
'juj) meminum semuo oir di bumi,
sehingga apabilo sebogian mereka
melewati sebuoh sungai mako me-
reka pun meminum air sungaiterse-
but sompaikering. Dan ketiko seba-
gion yg lain dari mereka melewoti
sungai yang sudah kering tersebut,
moka mereka berkoto, 'Sungguh,
sepertinya di sini pernah oda oir.'
Don apabilo tidak seorqngpun mo-
nusia yong tersisa kecuali mereka
besembunyi di sebuah kota atou
benteng, maka berkataloh solah
seorqng dori mereka (Yo'juj dan
Ma' juj). 'Penduduk bumi ini sudah
berhasil kita musnohkon, don yong
tersisa odalah penduduk langit.' Ke-
mudian salah seorang dori mereka
melemparkon tomboknya ke langit.
Tombak tersebut kemboli dengan
berlumuron darah. Hal itu menun-
jukkan suotu ujian don fitnah bogi
mereko. Tatkolo mereka sedang
asyik berbuot demikion, maka Allah
Ta'alo mengirim ulat ke leher-leher
mereko seperti ulat belalang yang
keluar dari kuduknya. Maka pada
pagi hori, mereko pun mati dan
tidak terdengar satu nafas pun.
Setelah itu kaum Muslimin berkata,
"Apakah oda seorong lelaki yang
mou menjual dirinyo untuk kami
guna melihot opa yang sedang
dilakukan oleh musuh kito ini?"
Maka dotonglah salah seorang dari
mereka dengan perasaan bohwo
ia okan mati. Lalu ia pun turun ke
darotan don mendapati bahwo
mereka (Yo'juj dan Mo'juj) telah
mati dolom keadoan sebagionnya
berada di atos sebagion yang lain.
Leloki tersebut berseru, 'Wahai
sekalian kaum Muslimin, bergembi-
ralah kalian karena sesungguhnya
Allah Ta'alo telah membinosakon
musuh kalian.' Mako mereka pun
keluar dari kota-kota dan benteng-
benteng serto melepaskan hewan
ternak mereko (ke podang rumput).
Tidoklah hewon ternok tersebut
merumput kecuali daging-do-
gingnyo bertombah, moka hewan
itu pun menjadi gemuk dengon
sempurno yong seolah-olah tidak
pernoh gemuk korena memakan
tu m b u ha n o pa pu n se be I u m nyo." s53
TnToRTnNDA KIAMAT BESAR I
Dalam riwayat Athiyyah Al-Ufiy,
dari Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyal-
lahu Anhu disebutkan bahwa Nabi
Muhammad Shollallohu Alaihi wa
Sallam bersabda, "Moko binasolah
semuo orong yang ado di muko
bumi kecuoli yang berlindung di
dalam benteng. Seteloh mereka
membunuh orong-orang yang ado
di bumi, mako sebogian di ontaro
mereko (Ya'juj don Ma'juj) mene-
mui sebagian yang loin seroya
berkoto, 'Sungguh yang tersiso
honyalah yang berada di dolom
benteng dan yang ada di longi(
Lalu mereka menembakkon anak
panahnya ke langit lalu kembali ke
bumi dengan berlumuran darah.
Mako mereka berkata, 'Sungguh
kalion telah tenong dari gangguon
penduduk longit, dan yang tersiso
adalah orang-orong yang berada
di dolam benteng.' Kemudian me-
reko (Ya' juj don Ma' juj)mengepung
mereka (yang berada didalom ben-
teng) sampai mereka meroso berqt
menghodapi kepungan dan ujian
tersebut. Ketika mereka dolam kon-
disi demikian, moko Allah mengi-
rimkan ulat ke leher-leher Ya'juj
don Mo'juj dan memokon leher-le-
Hakim, dan dia mengatakan bahwa
hadits tersebut shahih berdasarkan
syarat Muslim, namun ia tidak
meriwayatkannya.
il
553 HR. Ahmad; HR. lbnu Majah; HR. Al-
I MISTERI AxgIR DUTqIN
her mereko, maka sebagian mereko
jatuh di atas tubuh sebagian yang
lain dalam keadaan mati. Lalu solah
seorong di antora mereka -yakni
sohabat Nobi lso Aloihissalom yong
terkepung di dalam benteng ber-
sama beliau- berkata,'Allah Tuhan
pe m il ik Ka' ba h te lah me mbi na soka n
me reko.' Sah a bat-sa ha batnya ya ng
lain berkato, 'Mereka berbuat de-
mikion honyaloh untuk membuat
tipuon, sehingga kita dapot keluar
ke hodopon mereko, lolu mereka
membunuh kito sebagaimana teloh
membun uh saudora-soudaro kito.'
Leloki tersebut berkata, 'Tolong
buka pintu untukku.' Paro sahabat
Nabilsayang lain
berkata, 'Jangan
buka pintu.' Le-
loki itu berkato,
'Tunjukkon oku
jalon ke gunung.'
Tatkala turun (ke
daroton) maka ia
mendapati me-
reka (Ya'juj don
Mo' juj) sudah
moti,Dss4
554 Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad
bin Mani', sedangkan Athiyyah Al-
Ufiy adalah perawi yang lemah.
Namun demikian, banyak hadits
lain yang memperkuat hadits ini.
t Tidak ada perang setelah
Ya'juj dan Ma'juj binasa
Setelah Allah Ta'alo membina-
sakan Ya'juj dan Ma'juj, maka tidak
ada yang tersisa selain orang-orang
yang beriman. Lalu tersebarlah ke-
berkahan dan kebaikan di penjuru
dunia. Diri-diri mereka suci bersih
dan tidak akan ada perang sama
sekali.
Salamah bin Nufail Radhiyal-
lahu Anhu meriwayatkan, "Ketika
saya berada di sisi Rasulullah Shal-
lallohu Alaihi wa Sallam tiba-tiba
ada seorang laki-laki yang men-
datangi beliau seraya berkata,
'Wahai Rasulullah, sungguh kuda
telah ditinggalkan, senjata telah di-
letakkan, dan orang-orang mengira
bahwa tidak akan terjadi perang
sebab perang telah berakhir. Maka
Rasulullah Shollallahu Alaihi wa
Sallam bersabda,
"Mereko telah berdusto, seka-
rong teloh datang waktunya untuk
berperong. Sungguh, okan selalu
ada sebuoh kelompok dari kalangon
umatku yang berperong di ialon
Allah, dan tidak membohayakan
mereko orang-orang yong menye-
lisi h i m e reka. Alla h mencon don g ka n
hoti-hoti sebuah kaum kepado ke-
sesaton untuk memberikon rezeki
kepada mereka, dan mereka okon
berperong hingga dotong hari kia-
mqt. Perang tidok okon berokhir
sa m po i Ya'j uj da n M aj'uj m u n cu l."sss
I Haji dan umrah tetap di-
laksanakan setelah mun-
culnya Ya'juj dan Ma'juj
Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-
Khudri Radhiyallahu Anhu bahwa
Rasulullah Shallollahu Alaihi wo
Sollom bersabda,
"Ka'boh ini akon didotongi un-
tuk pelaksanaan haji dan umrah
setelah Ya'juj dan Ma'juj keluor."ss6
555 HR. An-Nasa'i dalam As-Sunan Al-
Kubra; HR. Ath-Thabrani dalam
Al-Mu'jam Al-Kabir. Ahmad dan
An-Nasa'i juga menyebutkannya
dengan redaksi yang mirip dalam
ri-wayat lainnya, dan Al-Albani
menshahihkan dalam Silsilah Ash-
Shohihah No. 1935.
556 HR. Al-Bukhari.
TANo4{ANDA KTAMAT BESAR
-
: Apakah seseorang per-
nah melihat tembok yang
dibangun Dzul Qarnain
untuk mengurung Ya'-
juj dan Ma'juj, atau ti-
dak seorang pun dapat
melihatnya?
Tembok tersebut pernah di-
lihat oleh salah seorang sahabat.
Al-Bukhari telah menyebutkan hal
tersebut dengan lafazh yang me-
nyakinkan dalam sebuah riwayat,
bahwa ada yang berkata kepada
nabi Muhammad Shallallahu Alaihi
wa Sallam,'Aku telah melihat din-
ding Ya'juj dan Ma'juj seperti kain
yang bergaris-garis"ssz maka nabi
Muhammad Shallallahu Aloihi wa
Sallam membenarkan ucapannya
tersebut."
lbnu Hajar mengatakan, "Ha-
dits tersebut diriwayatkan oleh lbnu
557 Maksudnya,terdapatgaris berwarna
putih, hitam, dan warna lainnya.
MrsrERr ArnrR Durula
Abi Umar dari jalur Sa'id bin Abi
Arubah, dari Qatadah dari seorang
penduduk kota Madinah, bahwa ia
berkata kepada Nabi Muhammad
Shallallohu Aloihi wo Sollam,'Wa-
hai Rasulullah, sungguh aku telah
melihat dinding Ya'juj dan Ma'juj.'
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallqm bertanya, 'Engkau melihat-
nya seperti apal ia menjawab,
'Seperti kain yang bergaris-garis,
padanya terdapat garis merah dan
hitam.' Rasulullah Shallollohu Alaihi
wa Sallam membenarkan orang
tersebut dan bersabda, "sungguh
e n g ko u tel a h m e li h etnyo."sse
Al-Hafizh lbnu Katsir juga men-
ceritakan tem bok penghalang Ya'juj
dan Ma'juj dan usaha yang dilaku-
kan oleh,sebagian raja untuk meli-
hatnya. Dia mengatakan,
"Khalifah Al-Watsiqsse pernah
mengutus beberapa gubernur yang
ada di negaranya bersama pasukan
untuk melihat tembok Ya'juj dan
Ma'juj dengan langsung, dan agar
mereka menceritakan hal tersebut
kepadanya setelah kembali. Maka
mereka berjalan dan singgah dari
558 Foth Al-Bori (1,0/129l.
559 Al-Watsiq memerintah sebagai kha-
lifah dalam Dinasti Abbasiyah pada
tahun 227-232 H/842-847 M. Dia
adalah khalifah yang kesembilan.
suatu negara ke negara lain dan
satu kerajaan ke kerajaan yang lain.
Hingga mereka sampai di tembok
tersebut, dan terlihat bahwa ba-
ngunan itu terdiri dari matrial besi
dan kuningan. Mereka melihat ada
pintu besar yang dikunci dengan
gembok besar. Di tempat tersebut
masih terlihat sisa-sisa batu bangu-
nan dan bekas pekerjaan bangunan.
Di sana juga terlihat banyak penjaga
yang berasal dari kerajaan-kerajaan
yang berdekatan dengan tempat
tersebut. Tembok itu sangat tinggi
dan tidak bisa didaki, begitu juga
dengan gunung-gunung yang ada
di sekitarnya. Kemudian pasukan
tersebut kembali ke negara ma-
sing-masing setelah melakukan
pencarian selama dua tahun, di
mana mereka banyak menyaksikan
hal-hal yang aneh."s6o
560 Lihat: Al-Bidayoh wo An-Nihoyah
(7 /126)
Al-Hafizh lbnu Katsir tidak me-
nyebutkan dari siapa beliau men-
dengar kisah tersebut, namun tidak
ada pula orang yang menyanggah
perkataan beliau. Wollahu A'lom.
.6 Apakah tembok penghalang
yang dibangun Dzul Qarnain
mempunyai hubungan dengan
Tembok Besar China?s61
Ada banyak perbedaan antara
tembok yang dibangun Dzul Qar-
561 Tembok besar China merupakan
bangunan terpanjang dalam seja-
rah, yakni panjangnya 6.400 km.
Dibangun pada abad ke-4 sebelum
Masehi sampai permulaan abad 17
Masehi. Orang-orang China mem-
bangun tembok tersebut untuk
melindungi batas negara mereka
dari serbuan para agresor. Tembok
itu memanjang ke arah utara China
di antara pantai timur dan bagian
utara tengah China. Beberapa ba-
gian tembok itu pernah hancur
seiring dengan berjalannya waktu.
Kemudian dibangun kembali. Pan-
jang bagian utama tembok itu 3,450
km, tingginya 7,5 m dan lebarnya
75 m di bagian atas dan 4,6 m di
bagian puncaknya. Setiap 180 m
dibuat semacam menara pengintai.
Seiring dengan berjalannya waktu,
banyak bagian di tembok tersebut
yang runtuh. Ketika berkuasa, kaum
komunis membangun tiga bagian
di antaranya semenjak tahun 1949
M. Pada masa modern, orang-orang
China tidak pernah lagi menggu-
nakan tembok itu untuk benteng
pertahanan.
dengan tembok besar China,
yaitu:
L Tembok yang dibangun Dzul
Qarnain adalah untuk mengu-
rung Ya'juj dan Ma'juj, sedang-
kan tembok yang dibangun pa-
ra kaisar China adalah untuk
menjaga kerajaan mereka.
2. Matrial tembok yang dibangun
Dzul Qarnain adalah besi dan
kuningan, sedangkan matrial
tembok China adalah batu dan
Bagian datam Tembok China
MrstgRr Axnrn DUNIA
3. Tembok yang dibangun untuk
mengurung Ya'juj dan Ma'juj
adalah untuk menutup jalan
yang terdapat di antara dua
gunung, sementara tembok
China dibangun untuk menu-
tup puncak-puncak gunung dan
jalan-jalan yang memanjang
dari timur ke barat China yang
berjarak ribuan mil.
Tembok Ya'juj dan Ma'juj tidak
mungkin dirobohkan kecuali jika
dikehendaki Allah To'ola pada
akhir zaman. Adapun tembok
China, beberapa bagian di an-
taranya telah roboh. Manusia
dengan leluasa masuk dan ke-
luar dari tembok tersebut, bah-
kan ada orang yang merusak
beberapa bagian di antaranya.
t Kenapa satelit tidak bisa
menemukan temb0k Ya'-
juj dan Ma'juj?
Mengetahui semua bagian di
bumi dan semua makhluk yang
ada padanya adalah kekuasaan
Allah To'olo Yang Maha Meliputi
segala sesuatu. Jika kita tidak bisa
menemukan tembok Ya'juj dan
Ma'juj, tempat berdiamnya Dajjal,
atau tempat lainnya bukan berarti
hal tersebut tidak ada. Sebab, bisa
saja Allah Ta'alo mengalihkan per-
hatian manusia untuk tidak melihat
Ya'juj dan Ma'juj dan tembok yang
mengurungnya, atau Allah To'olo
menjadikan sesuatu yang dapat
mencegah manusia untuk sampai
ke tempat tersebut.
Hal ini pernah terjadi pada
Bani lsrail ketika Allah menyesatkan
jalan merekas62 selama 40 tahun di
562 Maksudnya, mereka tersesatdi muka
bumi dan tidak sampai ke tempat
yang mereka inginkan, sehingga
mereka hidup dalam kondisi yang
tidak tenang. Kisah tersesatnya
Bani lsrail dimulai setelah Allah
menyelamatkan Musa beserta ka-
umnya dari Fir'aun. Musa berkata
kepada kaumnya sebagaimana
disebutkan dalam firman Allah
To'olo, "Wohai koumku! Mosuklah
ke tanoh suci (Polestina) yong
telah ditentukan Allah bagimu."
(QS. Al-Maa'idah [5]: 21). Namun
mereka tidak mau memasukinya
dan menjawab perkataan Musa
seperti yang disebutkan Allah lo'olo
dalam firman-Nya, "Wohoi Muso!
Sesungguhnyo di dolom negeri
itu oda orong-orong yong songot
kuot dan kejam, kami tidok okan
memasukinyo sebelum mereka
keluar darinyo. Jika mereka keluar
dari sono, niscoya kami akan
mosuk." (QS. Al-Maa'idah [5]:22)
Allah Ta'alo berfirman, "(Jika demi-
kian), mako (negeri) itu terlorang
buat mereka selama empot puluh
tohun." (QS. Al-Maa'idah [5]: 25)
Dengan demikian, mereka tersesat
di bumi selama empat puluh tahun.
Pada suatu hari mereka berada di
4.
f[PPafiNDA KIAMAT BEsAR
tempat yang dekat dengan kedia-
man mereka sendiri. Manusia lain
tidak dapat menemukan mereka
sampai waktu hukuman tersebut
berakhir. Sungguh Allah To'olo
Maha Berkuasa atas segala sesuatu,
Dia Maha Berkuasa untuk menen-
tukan waktu dan ajal segala se-
suatu. Allah To'olo berfirman, "Don
koummu mendustokannya (ozab)
podahal (azab) itu benar adonya.
Kotakanlah (Muhammad), "Akt)
ini bukonlah penanggung jawab
komu. Setiap berita (yong dibawa
oleh rasul) ada (waktu) terjadinya
don kelak kamu okon mengetahui."
(QS. Al-An'aam [5]: 66-671. Segala
sesuatu yang tidak diketahui oleh
orang-orang zaman dulu tapi dike-
tahui orang-orang yang datang
satu tempat kemudian melakukan
perjalanan, dan ketika malam tiba
ternyata mereka berada di tempat
sebelumnya. Mereka tidak tahu arah
tujuan, dan melakukan perjalanan
sepanjang hari dengan berjalan ka-
ki dan menggunakan hewan tung-
gangan tanpa melewati jalan yang
panjang, akan tetapi berputar-putar
di satu tempat di gurun yang ger-
sang selama empat puluh tahun.
Allah Ta'alo memberikan hukuman
itu karena keangkuhan mereka
yang tidak mau menaati perintah
Nabi Musa agar memasuki tanah
suci Palestina. Mereka mengatakan,
"Pergila h engka u bersa ma Tu han mu,
dan berperanglah kamu berdua. Biar-
lah kamitetap menunggu di sini sajai'
pada kemudian hari, adalah karena
Allah To'ala menjadikan waktu bagi
segala sesuatu.
Al-Qadhi lyadh mengatakan,
"Hadits-hadits yang berkenaan de-
ngan YaJuj dan MaJuj menunjukkan
sesuatu yang akan terjadi, sehingga
kita wajib untuk memercayainya;
sebab munculnya Ya'juj dan Ma'juj
adalah salah satu tanda hari kiamat.
Dalam beberapa hadits disebutkan
bahwa tidak ada seorang pun yang
sanggup memerangi mereka karena
begitu banyak jumlahnya. Mereka
mengepung Nabi lsa Alaihissalam
dan orang-orang beriman yang se-
lamat dari fitnah Dajjal. Kemudian
Nabi lsa Alaihissolam memohon
kepada Allah agar membinasakan
mereka, maka Allah Ta'alo membi-
nasakan mereka dengan mengirim-
kan ulat yang memakan leher me-
reka. Bumi dan semua orang-orang
yang beriman terganggu oleh bau
busuk tubuh mereka. Lalu Nabi lsa
Aloihissalam dan para sahabatnya
kembali memanjatkan doa kepada
Allah. Maka Allah To'alo mengi-
rimkan sekawanan burung untuk
membawa jasad mereka di tempat
yang Allah kehendaki."s63
563 Al-Qari meriwayatkan hal itu dari Al-
Qadhi sebagaimana yang dicatum-
kannya dalam Kitab Mirqoh Al-Mosho-
bih Syarh Misykah Al-Mashobih (2/1.6)
J- MlsTERl AxnlR DuntR
ll Apakah kaum Muslimin
wajib memerangi mere-
ka?
Jawabannya: tidak, berdasar-
kan kisah lsa Aloihissalom yangte-
lah disebutkan sebelumnya, bahwa
Allah To'alo berfirman kepada lsa
Aloihissalam, "SesLtngguhnyo Aku
te lo h m e ngel uo rka n h o m ba-h o m ba
yong tidak mompu diperangi oleh
siapopun, mako hendokloh kamu
me ngasi ngko n h a m bo-ha m bo-Ku ke
Bukit Thursino."s64
""*Ag Sft'""
564 HR. Muslim. Hal initelah disebutkan
secara terperinci di beberapa ha-
laman sebelumnya.
l"-
I
ANDA
naman
MISTERI ATHIN DUruIN
Tiga Pembenaman
Bumi (di Timu1 di
Barat, dan di Jazirah
Arab)
I11.., i antara tanda-tanda be-
JD:il,liliiT;l ilT^-.fl:
mad Shollallahu Alaihi wa Sollom
adalah terjadinya tiga pembenaman
bumi yang besar dan mempunyai
pengaruh yang besar pula.
il lV{aksud AFKhasf {pem-
benaman buml)
Al-Khdsf (pembenaman bumi)
maksudnya bagian atas tanah ma-
suk ke bagian bawahnya. Dari za-
man dahulu sampai sekarang telah
terjadi beragam bentuk pembena-
man bumi dengan kekuatan dan
besar yang berbeda-beda. Namun,
pembenaman bumi yang disebut-
kan dalam beberapa hadits meru-
pakan peristiwa penting dan akan
tersebar di kalangan manusia. Tiga
pembenaman bumi yang dijelaskan
dalam banyak hadits dan merupa-
kan tanda hari kiamat akan terjadi
pada akhir zaman.
Pembenaman bumi yang terjadi di
satah satu jatan di Denmark, na-
mun itu bukan yang dimaksudkan
dalam hadits
Gambar [ain pembenaman bumi
yang disebutkan pada gambar
yang di atas
&: SF a' .rI; ffr gbr
6 ,SUl ,f,* *: ,6#
Jv .a;st F;u rjd r..lryr.i;
I Hadits-hadits yans me-
nerangkan pembenaman
bumi
Diriwayatkan dari Hudzaifah
bin Usaid Rodhiyollahu Anhu, ia
berkata,
';-;Ws3;,Fie,l 6t
j'+:t'; or-fur iJt ,c,,f,
e ;;i _,-ilJ, L* : tJ.r'tlt,
l"
n' i; 6', i, * i:i.:
'grvs eru-s &t *
$.o9i/
it-f,i*) f 4\.-'i^5)
ei7i6qi ;i3c7;rr
e#J; ;or 3F.,ilr,
"Rasulullah Shollallahu Alaihi
wo Sallam melihot komi ketika
komi tengah berbincong-bincong.
Beliau bertanyo, 'Apa yong kolian
perbincongkon?" Kami menjowob,
"Komi sedang berbincang-bincong
tentong hori kiomot." Beliou
TANDA;TANDA KIAMAT BESAR
bersabdo, "Tidok akon terjodi
hari kiomat hingga kalian lihat
sebelumnya sepuluh tondo."
Beliau menyebutkon, "Dukhan
(asap), Dojjal, Dobbah (binotang
melota), terbitnyo matahari dari
borat, turunnyo lsa putra Maryam
Shallallahu Alaihi wa Sollam, Ya'-
juj dan Mo'juj, dan tiga khusuf
(pembenaman bumi) di timur, di
barot, don di jazirah Arob, yang
terakhir adaloh api yong keluar
dari orah Yaman yang menggiring
manusia ke tempat berkumpul
mereka."s65
.6 Hadits-hadits yang menerang-
kan pembenaman bumi secara
umum
Dalam beberapa hadits dijelas-
kan tentang salah satu tempat dan
sebab terjadinya pembenaman
bumi, yaitu yang terjadi di jazirah
Arab.
Diriwayatkan dari Ummu Sala-
mah Radhiyallahu Anha bahwa
Rasulullah Shallallahu Alaihi wo
Sallam bersabda,
'Akan terjodi perselisihan (di
ontora monusio) ketiko seorong
khalifa h meni nggal du nio. Ke m ud i a n
seseorong dari suku Quraisy dori
565 HR. Muslim.
MrsteRr AxslR DuNrA,
penduduk Madinoh melorikan diri
ke Mokkqh. Lalu ada beberopo
orang penduduk Makkoh yong
mengusirnyo nomun io tidak mau.
Kemudian mereko membai'atnya di
ontoro Rukun (Yomani)don Maqom
(lbrahim). Setelah itu, odo sebuah
posukan dori Syom dikirim untuk
memeranginya, mako ketika beroda
dipadang pasir, mereka pun ditelan
bumi. Ketiko monusio melihot hal
demikian, moko ia didatangi oleh
ahli ibadah dari negeri Syom dan
orang-orong saleh dori negeri lrak,
lal u mereka membai'atnyo."saa
Besar jarak akibat terjadinya pem-
benaman bumi
566 HR. lbnu Hibban dengan sanad yang
shahih. Dalam pembahasan mun-
culnya lmam Mahdi, yaitu tanda-
tanda hari kiamat nomor 11L, di-
sebutkan bahwa hal itu terjadi di
gurun pasir yang terletak di antara
Makkah dan Madinah.
Hadits-hadits yang menerang-
kan tentang pembenaman
bumi yang terjadi sebagai
hukuman terhadap pelaku
maksiat
Abu Umamah Radhiyallahu
Anhu meriwayatkan, "Rosu-
lulloh Shallallohu Alaihi wo
Sollam bersabdo, 'Akon ada
suotu kaury_dari umat ini yang
menghabiskan malamnya
di atas mokdnan, minuman,
dan hiburon. Lolu pada pogi
harinya mereko telah diubah
bentuknya menjadi bobi. Be-
berapa kabilqh dan kampung
yang ado di sana akan ditelan
bumi, sehinggo poda esok
horinya orong-orong pun ber-
cerito, " Bani Fulon ditelan bumi
todi malam, kompung si fulan
diteldn bumi tadi molom." Ke-
podo mereka okon dikirimkon
bebatuon dori langit. Dan ke-
pado mereka okan dikirimkan
pula angin pemusnah yqng
pernah membinosakon orang-
orong sebelum mereka, kareno
mereka meminum khamar,
memakan riba, menjadikan
budok-budak wonita untuk
menyonyi, dan memutuskan
tali kekeluargoon.' Beliou juga
f[ppafiNDA KIAMAT BESAR
menyebutkon halyang lain no-
mun sayo lupo."s67
Diriwayatkan dari lbnu Umar
Radhiyallahu Anhumo bahwa
Rasulullah Shallallahu Alaihi
wa Sallam bersabda,
"Akan terjadi poda umatku
pembenomon bumi, peruboh-
an bentuk monusia ke bentuk
yong lebih buruk, don pengi-
riman botu dari longit."s68
Diriwayatkan dari lbnu Umar
Radhiyallahu Anhumo bahwa
Rasulullah Shollollahu Alaihi
wa Sallam bersabda,
io ditelan bumi, maka io akan
bergemuruh di dalom tanah
sa m pai h a ri kia mot."s6e
o Diriwayatkan dari Anas Radhi-
yollahu Anhu bahwa Rasulullah
Shallollahu Aloihi wa Sallom
bersabda,
"Wahoi Anas, sungguh manu-
sia okan membangun bonyak
kota, dan soloh satu kota di on-
taronyo disebut Bashrah atau
Bushairah. liko engkau mele-
watinya otau memasukinya,
mako jauhilah tanoh gersang
yong ado padonya, tempat
penambatan kapol, pasarnyo,
don pintu para penguasqnyq.
Datangilah bagian pinggirnya,
sebab di kota itu akan terjodi
pembenaman bumi, pengirim-
on batu dori longit, gempa
yang dohsyat, dan kaum yang
tidur di malam hari (dalam ke-
adaan boik) kemudion di pogi
harinya beruboh menjadi kera
dan babi."slo
Dalam hadits ini, Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sollom
569 HR. Al-Bukhari dari lbnu Umar Ro-
dhiyollahu Anhuma. Al-Bukhari dan
Muslim juga meriwayatkan hadits
yang senada dari Abu Hurairah
Rodhiyollahu Anhuma.
570 HR. Abu Dawud. Dinyatakan shahih
oleh Syaikh Al-Albani.
;y ;ltit H ,Yt Et
ygr It Jl ,ejli d
'Ketiko odo seorang lelakiyong
menjulurkan sarungnya (sam-
paike bawoh mata koki)dolam
keodoon sombong, kemudian
567 HR.AI-Hakim,dia menyatakan bahwa
hadits itu shahih berdasarkan syarat
Muslim dari jalur Ja'far. Adapun dari
jalur Farqad, maka Al-Bukhari dan
Muslim tidak meriwayatkannya.
568 HR.Al-Hakim,diamengatakan, "Mes-
kipun Abu Az-Zubair mendengar
hadits tersebut dari Abdullah bin
Umar, maka itu adalah hadits shahih
berdasarkan syarat Muslim namun
ia tidak meriwayatkannya."
f MISTeRI AKHIR DUNIA
mengabarkan bahwa manusia
akan membangun banyak kota
yang salah satunya disebut
Bashrah.
Beliau Shollallahu Aloihi wa
Sollam menasihati Anas, bah-
wa jika ia ingin memasuki kota
tersebut hendaknya menjauhi
tanah gersang yang ada di
sana, tempat tambatan kapal,
pasar tempat berkumpulnya
manusia untuk melaksanakan
transaksi jual beli. Beliau Shol-
lallohu Aloihi wo Sallam juga
melarangnya agar tidak men-
datangi pintu para penguasa
zalim di sana. Sebab, di kota
itu akan terjadi pembenaman
bumi, pengiriman batu dari
langit, gempa yang dahsyat,
perubahan bentuk manusia
ke bentuk yang lebih buruk.
Beliau Shallollohu Alaihi wo
Sallam menyuruh Anas untuk
mendatangi bagian pinggir
kota tersebut karena terjauh
dari kehancuran.
o Diriwayatkan dari Nafi', bahwa
seseorang pernah mendatangi
lbnu Umar Rodhiyollohu An-
huma seraya berkata, "Si fulan
mengirim salam untukmu."
lbnu Umar berkata, 'Aku men-
dapatkan kabar bahwa ia telah
melakukan perbuatan bid'ah,
jika ia melakukan perbuatan
bid'ah maka jangan sampaikan
salamku kepadanya, karena
aku mendengar Rasulullah ber-
sabda,
"Akon terjadi poda umatku
-otau pado umat ini-, peruba-
hon bentuk manusia ke bentuk
yong lebih buruk, pembena-
mon bumi, dan pengirimon
batu dari longit, dan itu terjadi
poda orong yqng menofikan
qo d a r ( kete ntu a n Al I o h)."sit
Hadits-hadits di atas menjelas-
kan bahwa pembenaman bumiakan
terjadi pada umat ini. Adapun tiga
pembenaman bumi akan terjadi
pada akhir zaman. Di dalam sebuah
hadits telah dijelaskan, salah satu-
nya berupa tempat dan sebab ter-
jadinya. Sedangkan yang kedua dan
571 Hadits shahih. HR. lbnu Majah dan
At-Tirmidzi.
TAruOA{ANDA KIAMAT BESAR
ketiga, saya belum mendapatkan
hadits yang menjelaskan tempat
dan sebab terjadinya pembenam-
an bumidisana. Wollahu A'lom.
"-.6s1 .sF-
NDA
Asap
lr Mrstenl ArnrR Dunra
o Apa yang dimaksud dengan
asap tersebut?
o Apakah tanda kiamat ini
pernah terjadi?
o Apa hikmah yang bisa dipe-
tik darinya?
Munculnya Asap
f-'l l-t.nda-tanda hari kiamat
ll sangat beragam, di anta-
-l\ ranya ada yang berkaitan
dengan bumi seperti kekeringan
dan pembenanam bumi; ada yang
berhubungan dengan manusia se-
perti banyaknya kaum perempuan
dan sedikitnya kaum lelaki; ada
yang berkaitan dengan perilaku dan
akhlak seperti tersebarnya perbuat-
an zina; dan ada yang berhubungan
dengan langit dan bintang seperti
munculnya Asap.
Gambar simbotis tentang asap
yang mendatangi sebuah negeri,
dan itu bukan asap yang dimaksud
dalam ayat
Dalil yang menunjukkan bahwa
asap ini merupakan salah satu tan-
da hari kiamat adalah firman Allah
To'ola,
"Moko tunggulah pada hari
ketika langit membawa kobut yang
tompak jelas. Yang meliputi monu-
sia. lnilah azab yong pedih. (Mereka
berdoa), "Yo Tuhan kami, lenyap-
kanlah azab itu dorikomi. Sungguh,
kami akan beriman." Bogaimana
mereko dopat menerima peri-
ngatan, podahal (sebelumnya pun)
seorang Rasul telah datang mem-
beri penjelason kepado mereka."
(QS. Ad-Dukhaan [a ]: 10-13)
TEruOe:TeNDA KIAMAT BESAR I
I Dua pendapat ulama ber-
kenaan dengan asap yang
disebutkan dalam ayat
Sebagian ulama berpendapat,
bahwa asap tersebut adalah
bencana yang menimpa orang-
orang Quraisy berupa kesulitan
hidup dan rasa lapar sebagaijawa-
ban atas doa Nabi Muhammad
Shallollohu Alaihi wa Sallam untuk
mereka yang tidak mau menerima
ajakan beliau. Orang-orang Quraisy
itu melihat ke atas langit dan yang
mereka lihat hanyalah asap yang
membuat hidup merasa bertambah
sulit. Pendapat ini dikemukakan
oleh Abdullah bin Mas'ud Radhiyol-
lahu Anhu dan diikuti oleh sekelom-
pok orang dari kaum salafus-shalih.
Menurut lbnu Jarir Ath-Thabari,
pendapat ini lebih kuat dibanding-
kan yang lainnya.sT2
Diriwayatkan dari Masruq
bin Ajda', ia berkata, "Kami se-
dang duduk di dekat Abdullah bin
Mas'ud. Tiba-tiba datang seorang
lelaki menghampirinya seraya ber-
kata, 'WahaiAbu Abdurrahman, ada
pendongeng yang bercerita dan be-
ranggapan bahwa tanda awan (yang
terdapat dalam ayat) akan datang,
lalu akan mencabut nyawa orang-
orang kafir sementara orang-orang
Mukmin akan terserang seperti
penyakit selesma.' Lalu Abdullah
berkata sambil duduk dan dalam
keadaan marah, 'Wahai manusia,
bertakwalah kamu sekalian kepada
Allah. Barangsiapa di antara kalian
yang mengetahui sesuatu, maka
hendaklah dia mengatakan apa
yang dia ketahui. Dan barangsiapa
yang tidak mengetahui, maka hen-
daklah dia mengucapkan, 'Allahu
A'lam (Hanya Allah Yang Mengeta-
huinya). Sesungguhnya Allah To' ala
telah berfirman kepada nabi-Nya,
"Katokanlah (Muhommad), "Aku
tidak meminto imbolon sedikit pun
kepodamu otosnya (dakwohku);
dan aku bukanloh termasuk orang
yong mengoda-odo." (QS. Shaad
[38]: 86) Ketika Rasulullah Shollalla-
hu Alaihi wa Sallam melihat orang-
orang berpaling, beliau mengucap-
kan doa, "Ya Alloh, timpakanloh
tujuh tahun maso poceklik seperti
yang menimpo kaum NobiYusuf."sT3
573 Pakar sejarah menyebutkan, keti-
ka Rasulullah Shallallahu Alaihi
wa Sallom melihat orang-orang
berpaling, beliau mengucapkan
doa, "Ya Allah, timpakanlah tujuh
tahun maso paceklik seperti yong
menimpa kaum Nabi Yusuf." Maka
mereka tertimpa satu tahun masa
paceklik yang menghabiskan se-
gala sesuatu, sehingga mereka
memakan kulit dan bangkai ka-572 Lihat: Tofsir Ath-Thobari (II/2281
MrsTERr Arxln Durura
Maka mereka tertimpa satu tahun
masa paceklik yang menghabiskan
segala sesuatu, sehingga mereka
memakan kulit dan bangkai karena
kelaparansT4; serta seorang di antara
rena kelaparan; serta seorang di
antara mereka memandang ke
arah langit lalu terlihatlah olehnya
segumpal awan (berbentuk asap).
Lalu Abu Sufyan dan orang-orang
dari penduduk Makkah datang
kepada Rasulullah Shallallahu Aloi-
hi wa Sollom dan berkata, "Hai
Muhammad, sesungguhnya engkau
mengatakan bahwa engkau datang
sebagai rahmat untuk sekalian
alam, sementara kaummu hampir
binasa tertimpa malapetaka, ma-
ka berdoalah kepada Allah untuk
keselamatan mereka." Maka Ra-
sulullah Shol/o I la h u Alo ih i wa Sal la m
berdoa kepada Allah, sehingga hujan
turun kepada mereka, maka dengan
demikian sempurnalah tujuh tahun
mereka ditimpa musibah. Lalu
orang-orang mengadukan kepada
beliau Shal/ollahu Alaihi wa Sallam
perihal hujan deras yang turun
kepada mereka, maka beliau pun
berdoa, "Ya Alloh turunkanloh di
sekeliling komi, bukan di otas kami."
Maka awan yang berada di arah
atas kepala beliau bergerak dan
menurunkan hujan kepada orang-
orang yang yang berada di sekitar
kaum Muslimin.
574 Maksudnya, Nabi Muhammad Shal-
lallahu Alaihi wo Sallom mendoakan
mereka agar ditimpa musibah se-
perti musibah yang menimpa pen-
duduk Mesir pada zaman Yusuf
Alaihissalom, yaitu tujuh tahun pa-
ceklik, di mana tanah gersang dan
kering karena hujan tidak pernah
mereka memandang ke arah langit
lalu terlihatlah olehnya segumpal
awan (berbentuk asap).57s
Abdullah bin Mas'ud berkata,
"Telah terjadi lima hal, yaitu: azab
yang pasti minimpa orang-orang
kafirs76, kemenangan bangsa Ro-
mawis77, hantaman yang kerass78,
turun. Hal-itu diterangkan dalam
firman Allah Ta'ala, "Dio (Yusuf)
berkoto, "Agor kamu bercocok ta-
nam tujuh tahun (berturut-turut)
sebagaimana biasa; kemudian
apo yong komu tuoi hendaklah
kamu biarkon di tangkoinyo ke-
cuali sedikit untuk kamu makon.
Kemudion setelah itu akan datong
tujuh (tahun) yang songat sulit,
yang menghabiskon opa yang kamu
simpan untuk menghadapinyo (ta-
hun sulit), kecuoli sedikit dari apa
(bibit gandum) yang komu simpan."
(QS. Yusuf lt2l: a7-a8l
575 Berdasarkan hadits, muttafaq alaih.
576 Maksudnya firman Allah To'alo,
"..padahal sungguh, kamu telah
mendustakan-Nya? Karena itu kelak
(ozob) posti (menimpomu)." (aS.
Al-Furqaan 1251:77!.
577 Maksudnya fi rman Allah Ta' ola, " Alif
Lam Miim. Bangso Romowi telah
dikalohkon, di negeri yang terdekat
dan mereko setelah kekalahannya
itu okan menong." (QS. Ar-Ruum
[30]:1-3]
578 Maksudnya firman Allah To'ola,
"(lngatloh) pado hori (ketika) Kami
menghantom mereko dengon keras.
Kami posti memberi baloson." (QS.
Ad-Dukhaan [aal: 16). Yang di-
maksud dengan hantaman yang
keras adalah perang Badar.
terbelahnya bulansTe, dan muncul-
nya asap."s8o
Sebagian besar ulama ber-
pendapat, bahwa peristiwa
munculnya asap yang merupakan
salah satu tanda hari kiamat belum
terjadi. Hal ini juga dikemukakan
oleh Ali bin Abi Thalib, lbnu Abbas,
dan Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyol-
lohu Anhum.
Al-Hafizh lbnu Katsir Rahima-
hullahjuga lebih memilih pendapat
ini dan berdalil hadits-hadits yang
telah disebutkan sebelumnya.
Sebagian ulama berusaha un-
tuk memadukan semua dalil di atas
dengan mengatakan bahwa mun-
culnya asap akan terjadi dua kali.
Salah satunya telah terjadi sebe-
lumnya, sedangkan yang kedua
akan terjadi pada akhir zaman. Asap
pertama yang muncul adalah awan
yang dilihat oleh kaum Quraisy
berbentuk asap. ltu bukanlah asap
yang sebenarnya yang akan muncul
pada akhir zaman, dan merupakan
salah satu tanda hari kiamat.
579 Maksudnya firman Allah To'olo,
"Saat (hari Kiomat) semakin dekat,
bulan pun terbeloh." (QS. Al-Qamar
[5a]: 1). Hal ini telah disebutkan
dalam pembahasan tanda-tanda
kecil hari kiamat nomor 3.
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan
Muslim.
TAruon-Taruoa Krarvrar Bgsan
-
lbnu Mas'ud Radhiyollahu
Anhu mengatakan, 'Asap tersebut
akan muncul dua kali yang salah
satunya telah terjadis8l. Sementara
yang kedua adalah asap yang me-
menuhi langit dan bumi. Orang-
orang Mukmin akan terserang se-
perti penyakit selesma. Sedangkan
bagi orang-orang kafir, maka asap
itu akan merusak pendengaran
mereka."s82
Pendapat yang kuat adalah
bahwa munculnya asap yang meru-
pakan salah satu tanda hari kiamat
tersebut belum terjadi. lnilah yang
dipahami dari ayat Al-Qur'an se-
bagaimana firman Allah Ta'ola,
"Maka tunggulah pada hori ketika
langit membawa kobut yong tom-
pak jelas." (QS. Ad-Dukhaan [44]:
10). Maksudnya, asap tersebut
akan tampak jelas di langit dan da-
pat dilihat oleh semua orang.
Adapun pendapat yang dike-
mukakan lbnu Mas'ud Rodhiyallohu
Anhu berkenaan dengan asap yang
menimpa kaum Quraisy, maka itu
adalah ilusinasi yang mereka lihat
karena bencana lapar dan letih yang
menyerang mereka. Oleh karena itu,
asap yang akan terjadi pada akhir
Maksudnya, gumpalan awan yang
dilihat oleh kaum Quraisy.
Lihat: At-Todzkiroh (hlm. 655)
580
581
MISTeRI AKHIR DUNIA
zaman kelak adalah yang difirman-
kan Allah To'olo, "Yong meliputi mo-
nusio." (QS. Ad-Dukhaan [ l: 10)
maksudnya benar-benar meliputi
manusia. Begitu pula dengan fir-
man Allah Ta'ala, "lnilah azab yong
pedih." (QS. Ad-Dukhaan [44]: 10),
maksudnya ketika manusia diliputi
rasa takut karena asap yang datang
kepada mereka, maka dikatakan,
"lnilah azab yang pedih."
I Hadits-hadits yang mene-
rangkan munculnya asap
o Hudzaifah bin Usaid Rodhiyal-
lahu Anhu, ia mengatakan,
"Rasulullah Shallallahu Aloihi
wa Sallom melihat kami ketika
kami tengah berbincang-bin-
cang. Beliau bertanya, "Apo
yong kolion perbincongkanT'
Kami menjawab, "Kami sedang
berbincang-bincang tentang
hari kiamat." Beliau bersabda,
"Tidak okan terjadi hari kiamot
hingga kalion lihat sebelumnya
sepuluh tondo." Beliau menye-
butkan, "Dukhon (asap), Daj-
jol...."ssz
Diriwayatkan dari Abu Hurairah
Rodhiyallahu Anhu bahwa Ra-
583 Hadits shahih. HR. Ahmad dan At-
Tirmidzi
sulullah Shallollahu Aloihi
Sallam bersabda,
"Be rsege ro lah me laku ka n o m a I
perbuatan sebelum datong enom
perkara, terbitnya matahori dari
arah barat, asap, Dajjo| binotang
melota, kematian saloh seorang ka-
I i a n, ata u d ata ng nya ha ri kia m ot."sa
o Abdullah bin Abi Mulaikah
bercerita, "Suatu hariaku men-
datangi lbnu Abbas Rodhiyal-
lohu Anhumo, lalu ia berkata,
'Tadi malam aku tidak tidur
sampai pagi.' Aku bertanya,
'Kenapa begitu?' la menjawab,
'Orang-orang mengatakan bah-
wa bintang berekor telah terli-
hat, maka aku sangat takut jika
asap yang merupakan tanda
hari kiamat itu telah muncul,
hal itu membuatku tidak bisa
tidur hingga pagi hari."s8s
HR. Muslim.
Diriwayatkan oleh lbnu Jarirdan lbnu
Abi Hatim. lbnu Katsir mengatakan,
"Sanadnya shahih dan bersambung
sampai lbnu Abbas,"
584
58s
TAHpa,T4NDA KTAMAT BESAR I
Dari perkataan lbnu
dapat kita pahami, bahwa
takut asap yang merupakan
satu tanda hari kiamat telah
cul.
.,-.61g $.;'_
Abbas
beliau
salah
mun-
elata
lr MlsreRr AKHTR Durula
-
f"--. I AYat Yang menjelaskan
f
'---'"-5i#Z
keluarnya binatang me-
Munculnya Binatang
Melata
I p ill,.ilT','l I,T" I"ijl
,l \ kemungkaran menyebar
di mana-mana sementara manusia
terbiasa melakukannya, sehingga
semua urusan menjadi kacau dan
samar; sulit membedakan antara
orang Mukmin dengan munafik.
Bahkan tidak bisa dibedakan antara
orang Muslim dan kafir. Ketika itu-
lah Allah To'ala mengizinkan bina-
tang melata keluar ke dunia.
r Apa yang disebut dengan
Dabbo h (binatang melata)?
o Di mana dan kapan keluar-
nya?
o Apa yang ia lakukan?
Firman Allah Ta'ala, "Dan opo-
bilo perkatoon (ketentuan masa ke-
hancuron alom) telah berloku atas
mereko, Komi keluorkan makhluk
bergerak yang bernyawa dari bumi
yong akon mengatakan kepado
mereka bahwa manusia dohulu ti-
dok yakin kepada ayot-ayot Kami."
(QS. An-Naml [27]:82]
Firman Allah To'olo, frJ.jdJ
artinya "yang akon mengatakan
kepodo mereko." Dalam riwayat
Sa'id bin Jubair, Ashim Al-Jahdari,
dan Abu Raia' Al-Utharidi ayat itu
dibaca il-AEr. artinya ia melukai
mereka atau memberi tanda ke-
pada mereka.'
Tidak ada satu hadits shahih
pun yang menjelaskan ciri-ciri bina-
tang melata tersebut. Al-Mawardi
dan Ats-Tsa'labi menyebutkan ciri-
ciri yang ajaib, namun hal tersebut
tidak berdasarkan kepada dalil. Di
antara yang disebutkannya adalah
bahwa kepala binatang tersebut
adalah kepala sapi jantan, telinga-
nya adalah telinga gajah, dan lain
sebagainya. Namun demikian, ciri-
ciri yang sudah pasti sebagaimana
yang telah kita ketahui adalah:
I
la merupakan binatang melata
dalam wujud aslinya
Berbicara dengan manusia
Keluar dari bumi
Dari mana ia keluar?
Sebuah pendapat mengatakan
keluar dari bukit Shafa di Mak-
kah
Ada yang berpendapat ia keluar
dari bawah Ka'bah
Ada yang mengatakan ia keluar
darigurun pasir
Tidak ada satu hadits pun yang
menjelaskan tempat keluarnya bi-
natang melata tersebut. Maka kita
katakan, "Kita beriman bahwa bi-
natang melata tersebut akan keluar
sebagaimana yang telah difirman-
kan Allah dalam Al-Qur'an, namun
kita tidak mengetahui di mana ia
akan keluar."
TArupe{ANDA KTAMAT BE5AR ri
I Apa sebenarnya binatang
melata tersebut?
6 Ada yang mengatakan bahwa
ia adalah orang yang mende-
bat manusia, dan ini meru-
pakan pendapat yang salah.
.6 Ada yang berpendapat bahwa
binatang itu adalah unta beti-
na Nabi Shalih Alaihissdlam.
.6 Ada pula yang berpendapat
bahwa binatang itu adalah
anak unta betina Nabi Shalih
Alaihissalom.
I Apa yang dilakukannya?
la akan berbicara dengan ma-
nusia seperti yang disebutkan da-
lam firman Allah Ta'ala, "Dan epe-
bila perkataan (ketentuan masa ke-
hancuran alam) telah berloku atas
mereka, Kami keluarkan makhluk
bergerak yang bernyawa dari bumi
yong akon mengatakan kepoda
mereka bahwa manusia dahulu ti-
dak yokin kepada ayat-ayat Komi."
(QS. An-Naml [27]:82)
.6 Binatang itu akan memberi
tanda kepada manusia dengan
besi yang telah dipanaskan
Diriwayatkan dari Abu Umamah
Radhiyallahu Anhu bahwa Rasu-
I- MIsTERI AKHIR DuruIn
lullah Sha//ollahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
"Ketika binatang melata keluor,
maka ia akan memberi tonda ke-
pada monusio pada hidung-hi-
dung mereka, lalu mereka semua
akan bercompur kembali dengan
kalian. Hingga ado seseorang yong
membeli unto bertanya (kepada
penjual),'Dari siapa engkau mem-
belinyoT la menjowab,'Dari sese-
orang yang telah diberi tonda pada
hidungnya."ss6
Bagaimana cara memberi tan-
da, apa tanda tersebut akan
tetap ada?
Apakah keturunan seseorang
akan mempunyai tanda yang
i5 dapatkan?
Jikd binatang melata itu telah
selesai memberi tanda pada
manusia, sehingga dapat dibe-
dakan antara yang benar dan
yang salah serta orang beri-
man dan orang kafir, maka apa
yang akan dilakukannya?
586 HR. Ahmad. Al-Haitsami menga-
takan, "Hadits ini diriwayatkan oleh
Ahmad, dan yang meriwayatkannya
adalah para perawi dari jalur Umar
bin Abdurrahman bin Athiyyah, dan
ia adalah seorang yang tslqoh (ter-
percaya)"
Contoh tanda yang diberikan bang-
sa Arab pada tubuh binatang, ada-
pun tanda yang akan diberikan
binatang melata hanya Attah Yang
Maha Mengetahui bentuknya.
Keadaan tersebut akan ter-
jadi pada diri manusia dalam be-
berapa waktu lamanya, sehingga
seseorang bisa memanggil orang
lain dengan mengucapkan "Wahai
orang beriman" atau "Wahai orang
kafir." Jika Allah To'ala berkehendak
kiamat akan tiba, maka Dia akan
mengirimkan angin yang baik untuk
mencabut ruh orang-orang yang
beriman. Sebab, hari kiamat tidak
akan terjadi kecuali pada manusia
yang paling buruk amal perbuatan-
nya, sementara orang-orang yang
beriman tidak merasa sedih de-
ngan kedahsyatan yang besar (hari
kiamat).
Diriwayatkan dari Abdullah bin
Amru Radhiyallahu Anhu bahwa
Rasulullah Shallallohu Alaihi wo
Sallam bersabda, "Dojal okon ke-
luar di kolangan umotku, kemudian
io menetap selama empat puluh."
-Perawi hadits ini berkoto, "Soyo
tidak mengerti, apakah yong di-
maksudkon empat puluh hori otau
empot puluh bulan atau empat
puluh tohun." - Mako Allah mengu-
tus lsa putro Moryam, wajahnyo
seperti wajah Urwah bin Mas'ud.
Lolu lsa mencori Dajjal kemudian
membunuhnya. Kemudian manusio
menetap seperti biosa selama tujuh
tohun dan tidak ada suatu perteng-
kqran pun yang terjadi ontara dua
orang. Seteloh itu Allah mengirim
ongin yang amat dingin dori aroh
Syam. Mako tidak seorong pun
yang tertinggol di permukaan bu-
mi ini yong di dalom hatinya ado
kebaikan atou keimanon seberot
timbongon biji dzarroh pun, me-
loinkon angin itu akon mencobut
nyawanyo. Sehingga sekoli pun
saloh seorang dari kolion mosuk ke
dolom perut gunung, pasti angin
TANoa:Taru oa KIanaAT BESAR
tersebut akon memasukinya lolu
mengambil nyawanya. Maka yang
tertinggal hanyalah orang-orang
yong berkelakuan buruk dan ge-
mor melakukon kejohatan secepat
terbangnyo burung. Mereko tidok
mengenol keboikan apo pun don ti-
dok pernah mencegah kemunkaran
soma sekali. Lalu seton menjelmo
di ontara mereka dan berkota,
"Apakah kamu mau menuruti perin-
tohku7' Mereko bertanya, "Apokah
yang engkau perintohkon kepoda
kamiT' Setan menyuruh mereka un-
tuk menyemboh berhala. Sungguh
pun demikion (keadaan mereka),
rezeki mereka tetap berlimpah-
limpah, kehidupan mereka serba
berkecukupan. Di kola itu ditiuplah
sangkokala, moka tidak ado yong
mendengarnyo kecuali orang yong
mendengarnya dengan seksamo.
Don orang pertoma yang mende-
ngornya adalah seseorang yang
sedong memperbaiki kolam untuk
untanya. Mako matilah ia dan mo-
ti lo h sel u ru h mo n usio."s87
Dalam riwayat lain disebutkan,
bahwa Abu Hurairah Radhiyollahu
Anhu meriwayatkan dari Rasulullah
Shollallahu Aloihi wa Sollam bahwa
bersabda,
Il
587 HR. Muslim.
-
Mrstenr AKH|R Durura
"Sungguh Alloh akon mengi-
rimkan ongin yong lebih lembut dari
poda sutra dari arah Yomon, maka
tidak seorang pun yang di dolam
hatinya terdapat keimanqn seberot
timbangan biji pun -atau beliou
bersobda, 'seberat timbangon biji
dzarroh pun'- meloinkon angin itu
a ka n me nco b ut nyawa nya."sae
Setelah angin itu mencabut
nyawa orang-orang yang beriman,
maka tinggallah orang-orang yang
mempunyai perilaku yang jahat.
Mereka itulah yang akan mendapat-
kan hari kiamat.
-.cg sa-
588 HR. Muslim.
ANDA
bit
atat
I MISTERI AXHIN DUNIA
-ft
-. I Ayat yang menerangkan
{t#''*"'n''t8-."u.{ff/ terbitnya mahatari dari
- arah barat
Matahari Terbit dari
Arah Barat
Ilr\.. i antara tanda-tanda kia-
IDffi'il:-"lll,,o"L',1
orang dewasa adalah perubahan
drastis yang terjadi pada gerakan
tata surya. Hal itu terjadi ketika
pada suatu hari manusia menung-
gu terbitnya matahari dari arah
timur, yang merupakan tempat
terbitnya sejak ia diciptakan Allah
To'olo, ternyata matahari itu terbit
dari arah barat. Maka pada saat itu
pintu taubat telah tertutup.
Allah To'ala berfirman, "Yong
mereka nanti-nontikan hanyolah
kedatangan molaikat kepado me-
reko, otau kedatangan Tuhanmu,
otau sebagian tanda-tondo dari
Tuhonmu. Pada hori datangnya
sebagion tondo-tanda Tuhanmu,
tidak berguna logi iman seseorong
yong belum beriman sebelum itu,
atau (belum) berusahq berbuot
kebajikon dengan imonnya itu.
Kotakonlah, "Tungguloh! Komi pun
menunggu." (QS. Al-An'aam [6]:
1s8l
I Hadits-hadits yang me-
nerangkan terbitnya ma-
tahari dari arah barat
o Diriwayatkan dariAbu Hurairah
Rodhiyallohu Anhu bahwa Ra-
sulullah Shallollahu Alaihi wa
Sollam bersabda,
6 A:ir 6z" ri1 &>u
",g
rr d;T J5., j ,iir;t
:t'Ji fi;r^ir ) djl5'rir' v/ ': Y.
rl,J rg '.p -.UJt i'Jbe:J- .t. v, Lr
'Ada tiga tonda (hari kiamot),
yang apabila telah terjadi ma-
ko tidaklah bermanfaot logi
iman seseorong yong belum
beriman sebelum itu atau
(belum) berusaha berbuot
kebajikon dengon imonnyo
itu, yakni terbitnyo matahari
dari sebelah barat, Dajjo[ dan
munculnya binatong melata
dori bumi."s8e
Hikmah tertutupnya pintu tau-
bat ketika itu adalah karena
iman dari segala sisinya diukur
dengan memercayai sesuatu
yang ghaib (tidak terlihat). Jika
matahari telah terbit dari arah
barat, maka keimanan ketika
itu dapat dilihat dari kasat mata
dan bukan merupakan perkara
ghaib lagi. Sebab, sese-orang
yang baru beriman ketika itu
sama halnya dengan Fir'aun
yang mengaku beriman ketika
ia ditenggelamkan ke dalam
lautan.
o Diriwayatkan dariAbu Hurairah
Rodhiyallahu Anhu bahwa Ra-
sulullah Shollallohu Alaihi wo
Sallom bersabda, "Tidak okan
TAruoa:TRruon KIavAT BE5AR I
tiba hari kiamat sebelum ma-
tahari terbit dari arah borat.
Jika matahariteloh terbit, maka
seluruh monusia berimon. Saat
itu tidaklah bermanfoot lagi
iman seseorqng yong belum
beriman sebelum itu atau
(belum) berusaha berbuat ke-
bajikon dengan imonnya itu.
Niscaya hari kiomat tiba, pada
saat duo orang sedong meng-
gelar baju untuk diperjualbe-
likan, keduanya tidak sempat
logi melakukon transaksi jual
beli dan melipotnya. Hori kia-
mat tiba, di mana ada orong
baru kembali membawa air
susu perohon untanya, tetapi
tidak sempat meminumnya.
Hori kiomat tibo, di mdno
seorong boru memperbaiki
kolamnyaseo, tetopi belum logi
sempat diisi oirnya. Hari ki-
amot tiba, di mono orang baru
mengangkat makanan ke mu-
lutnyo tetapi belum sempat
590 Maksudnya, seseorang memperbai-
ki kolamnya dengan tanah dan
menutupi semua lubangnya, agar
ia dapat mengisinya dengan air dan
memberi minum hewan tunggang-
annya. Namun ia tidak dapat mem-
berinya minum karena hari kiamat
datang dengan tiba-tiba.
,)q'itJ
589 HR. Muslim.
I MISTERI AKHIR DUT.JIA
memakannyq.sslnssz
o Diriwayatkan dari Abu Dzar
Radhiyallahu Anhu, ia berkata,
"Rasulullah Shallollahu Alaihi
wo Sollom bersobda, "Apokah
kolian mengetohui kemano
perginyo motahori." Mereka
(para shahobat) menjowab,
"Alloh don Rosul-Nya lebih me-
ngetah ui." Beliau melo nj utka n,
" Sesungguhnya matahari terus
bergerak hingga berhenti di
tempot menetapnya di bawah
'Arsy, lalu tunduk bersujud (ke-
pada Alloh). Maka ia meloku-
kon hal itu terus-menerus
hinggo dikotakan kepadanya,
'Bangkitlah, dan kembalilah
doritempot kamu datang (dari
arah timur).' Maka io pun kem-
bali, don muncul dori tempot
terbitnya. Kemudion ia berge-
rok hingga berhenti di tempot
menetopnya di bowah 'Arsy,
lolu tunduk bersujud (kepada
Alloh). Mako io melakukan
hol itu terus-menerus hinggo
di-kotakon kepadanya,'Bong-
kitlah, dan kembalilah dari
591 Maksudnya, hari kiamat datang se-
belum seseorang dapat menyantap
makanan yang baru disuapnya, atau
sebelum mengunyahnya atau pun
sebelum menelannya.
HR. Muslim.
tempot kamu datang.' Moko io
pun kembali, dan muncul dori
tempat terbitnyo. Kemudian
io bergerak di mona monusio
tidok mengingkarinya sedikit-
pun. Hingga ia berhenti di
tempot menetopnya di bowoh
'Arsy. Dikatakan kepadonya,
'Bangkitloh, dan terbitlah dari
oroh tenggelammu (dari oroh
barat).' Moko io pun muncul
dari tempat tenggelamnya."
Kemudian Rasulullah Shollal-
laohu Aloihi wo Sollam berta-
nya, "Apokah kalian mengeta-
hui kopan hal itu terjadi? Hol
itu terjodi ketika tidok berguno
logi imon seseorong yong be-
lum berimon sebelum itu, atau
(belum) berusoha berbuat ke-
bajikan dengan imannya itu.uss3
o Diriwayatkan dari Abdullah bin
Amr Radhiyallahu Anhu bahwa
Rasulullah Shallallahu Aloihi
wa Sallam bersabda,
"Sesungguhnyo tanda-tonda
besar hari kiamat ydng perta-
mo keluar adaloh terbitnyo
matahori dari tempat terbena-
mnya (dari orah barot) dan ke-
luarnyo seekor binatang melata
kepada manusia pado woktu
592
593 HR. Muslim.
Dhuha. Tanda yong mona pun
di ontoro dua tonda ini yong
lebih dohulu keluar, moko yang
lainnyo okon muncul dalam
wo ktu yo n g be rd ekoto n."ss4
atatan
lEil#^.,#il'-rm
hammad Shalllallohu Alaihi Wa
Sallam mengabarkan bahwa tanda-
tanda besar hari kiamat yang ke-
luar pertama kali adalah terbitnya
matahari dari arah ba-rat dan kelu-
arnya binatang melata, sementara
di dalam banyak hadits disebutkan
bahwa tanda-tanda besar hari ki-
amat yang pertama adalah muncul-
nya Dajjal atau lmam Mahdi atau
lainnya. Bagaimana kita memadu-
kan antara hadits-hadits tersebut?
lbnu Hajar menuturkan, "Ber-
dasarkan hadits yang paling kuat
adalah bahwa maka munculnya
Dajjal merupakan tanda-tanda be-
sar hari kiamat yang pertama kali
keluar, di mana hal tersebut me-
nyebabkan berubahnya keadaan
bumi secara umum dan berakhir
TAruon-TANoa KIaUAT BESAR
dengan wafatnya lsa putra Maryam.
Sementara itu, terbitnya matahari
dari arah barat adalah tanda-tanda
besar hari kiamat yang pertama
kali keluar yang menyebabkan
berubahnya keadaan alam bagian
atas (langit), dan hal itu berakhir
dengan datangnya hari kiamat.
Barangkali munculnya binatang
melata adalah pada hari-hari terbit-
nya matahari dariarah barat. lmam
Muslim telah meriwayatkan dari
Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah
Shollallahu Aloihi wo Sallam ber-
sa bda, " Sesu n gg u h nya to n d a-ta n do
besar hari kiamat yong pertomo ke-
luar adolah terbitnya matohori dari
tempat terbenamnyo (dari arah
barat) don keluarnya seekor bina-
tang melato kepodo manusio poda
woktu Dhuho. Tanda yang mona
pun di antaro duo tanda ini yang
lebih dahulu keluar, maka yang
lainnya akon muncul dolom waktu
yong berdeketon."ses
ru F*rintah untuk sssern
mnNakr"*N<an fimxfi, p*r-
bumtan yans smlel'l
Diriwayatkan dari Abu Hurairah
Rodhiyollohu Anhu bahwa Rasu-
594 HR. Muslim. 595 Lihat: Fath Al-Bori (77/353)
MIsreRr ArHln Durula
lullah Shol/allahu Alaihi wa Sallom
bersabda,
"Be rsege ro lo h me laku ka n o mal
perbuatdn sebelum datong enom
perkara, terbitnya matohori dari
arah borat, asap, Dojjo[ binatang
melota, kematian salah seorang
kalion, atou datangnya hari kia-
met."s96
Kandungan hadits ini telah di-
kemukakan pada pembahasan yang
sebelumnya.
596 HR. Muslim.
ANDA
LI
laenufrr
kumprrl
ar)
Api yang Menggiring
Manusia Menuju
Tempat Berkumpul
(Padang Mahsyar)
l-ll-landa terakhir dari tanda-
ll tanda hari kiamat adalah
,l\ munculnya api yang me-
nuntun manusia ke bumi tempat
mereka berkumpul (padang mah-
syar). Bumi mahsyar itu berwarna
putih dan mempunyai tanah yang
datar bagaikan roti yang putih ber-
sih dan tidak ada tanda apapun
yang dapat dilihat manusia berke-
naan dengan hal itu.seT
597 Maksudnya tidak ada tanda atau
sesuatu yang menonjol yang dapat
dilihat oleh siapapun bahwa tempat
tersebut adalah bumi mahsyar.
I Hadits-hadits yang me-
nerangkan rnunculnya
api tersebut?
Diriwayatkan dari Hudzaifah
bin Usaid Radhiyollahu Anhu,
ia berkata,
"Rosululloh Shollollahu Alaihi
wo Sollom melihot kami ketika
kami tengah berbincong-bin-
cong. Beliau bertonya, "Apa
yang kalian perbincangkan?"
Kami menjawob, "Komi sedang
berbincong-bincang tentong
hari kiomat." Beliau bersobda,
"Tidak akan terjadi hori kiamat
hingga kalian lihat sebelumnya
sepuluh tondo." Beliou menye-
butkan, "Dukhon (asop), Daj-
jal, Dabbah (binotong melato),
terbitnyo matahari dari barat,
turunnyo lso putra Moryam
Shallallohu Aloihi wa Sollam,
Yo'juj dan Mo' juj, dan tigo
khusuf (pembenaman bumi) di
timur, di borot, dan di jaziroh
Arob, yang terakhir adoloh api
yang keluar dari orah Yoman
a
a
Bagaimana bentuk api ter-
se but?
Bagaimana ia keluar?
Dari mana ia keluar?
Apa yang terjadi setelah ia
keluar?
yong menggiring monusio ke
te m pat berku m pu I me re ka." se8
Dalam sebuah riwayat dise-
butkan, "Api yang keluor dori
tanah yong poling dalam di
doeroh Adn ( di Yaman)."(HR.
Muslim)
o Diriwayatkan dari Abdullah
bin Amr Radhiyollohu Anhu, ia
mengatakan,
"Rasulullah Shollollahu Aloihi
wa Sollam bersobdo kepodo
komi,'Akan keluar api dari lout
Hodhromout otou dari Hadhra-
maut yong mengumpulkon mo-
nusio sebelum datongnyo hori
kiomot.' Kami (para sohobat)
bertonya,'Wahai Rasulullah,
qpo yang engkou perintohkon
kepodo komil Beliou bersab-
da, 'Pergiloh kalion ke negeri
SyoTn."sss
Diriwayatkan dariAnas bin Ma-
lik Rodhiyallohu Anhu, ia berkata,
'Abdullah bin Sallam mendapat ka-
bar tentang kedatangan Rasulullah
Shallollahu Alaihi wo Sallom ke
kota Madinah. Maka ia mendatangi
beliau seraya bertanya, 'Saya ingin
bertanya tentang tiga hal yang ha-
nya bisa dijawab oleh seorang nabi.
598 HR. Muslim.
599 Hadits Shahih. HR. Ahmad.
TANDA.TATpa KlauAT BE5AR
-
Apakah tanda pertama terjadinya
hari kiamat? Apakah makanan per-
tama bagi penghuni surga? Dan apa
yang menyebabkan seorang anak
menyerupai ibunya? Dan apa yang
menyebabkan seorang anak menye-
rupai paman-pamannya?"
Rasulullah bersabda, " Maloikat
Jibril baru saja memberitohuku."
Abdullah bin Sallam menimpali,
"Jibril adalah malaikat yang sangat
dimusuhi kaum Yahudi.6oo"
600 Orang-orang Yahudi berkata kepada
Nabi Muhammad Shollallohu Aloihi
wa Sollom, "Tidak ada seorang nabi
pun kecuali ada malaikatyangdatang
menyampaikan berita kepadanya,
maka beritahukanlah kepada kami
siapa sahabatmu?" Nabi Muham-
mad Shollqllahu Alaihi wo Sallom
menjawab, "Jibril Alaihissolom."
Mereka berkata, "Jibril adalah
malaikat yang menurunkan azab,
menghembuskan perperangan dan
pertempuran, dan di adalah musuh
kami. Jika engkau mengatakan
Mikail yang telah menurunkan
rahmat, tumbuh-tumbuhan, dan
hujan maka itu adalah lebih baik."
Maka Allah Ta'ola menurunkan
ayat, "Kotokonloh (Muhommad),
" Barongsiopa menjadi musuh libril,
mako (ketahuiloh) bohwo dioloh
yong telah menurunkqn (Al-Qur'on)
ke dalom hotimu dengan izin Alloh,
membenarkan opo (kitab-kitob)
yong terdohulu, don menjadi
petunjuk serto berita gembira
bagi orong-orong berimon."
Borangsiapo yang menjodi musuh
Mrsrgnr AxHtn DuNla
Rasulullah Shallollohu Alaihi
wa Sallom melanjutkan kata-kata
beliau,
"Tqndo pertomo terjadinyo
hori kiamot odaloh munculnyo
opi yong mengumpulkan manusia
dori belahon timur hingga borot.
Makonan pertoma bogi penghuni
surgd adoloh potongon daging
yong menempel pado hati ikon hiu.
Sedongkan onok yong menyerupoi
ibu atou oyahnya adalah ketiko se-
seorqng suomi berhubungan bodan
dengon istrinyo, jika oir spermonyo
yang lebih dahulu memoncar dori
pada air moni istrinyo, moka anak
akan menyerupoi oyohnya, dan
jika air moni sang istri lebih dahulu
memoncor dori pado air spermo
suomi, maka onok akon menyeru-
pai ibunya." Abdullah bin Sallom
berkata, "Sayo bersaksi bahwo
e ng ka u ad o la h Rosul u I I a h."60r
Al I a h, m a I a i kot-m o I a i kot- Nya, ra su l-
rosul-Nya, Jibril don Mikail, maka
sesungguhnya Allah musuh bagi
o ra n g-o ro ng kafi r." {Q5. Al-Baqarah
[2]: s7-98)
601 HR. Al-Bukhari.
f-aiatarr
\l\. iriwayatkan dari Abdul-
ll l)'.n bin Amr Rodhiyauahu
tLJ/ Anhu bahwa Rasulullah
Shallollohu Alaihi wo Sollam ber-
sabda,
"Sesungguhnya tondo-tanda
besar hori kiamot yqng pertama
keluar odalah terbitnyo motahori
dori tempot terbenamnya (dari
aroh barat) don keluarnya seekor
binotong melota kepoda manusio
pado woktu Dhuho. Tando yang
mona pun di qntora duo tondo ini
yang lebih dohulu keluor, mako
yang loinnyo okon muncul dalom
wa ktu yo ng be rd ekoto n."602
Bagaimana memadukan ha-
dits yang menerangkan tanda-
tanda hari kiamat yang sebelumnya
dengan hadits yang menyebutkan
bahwa munculnya api adalah tan-
da-tanda hari kiamat yang pertama
kali muncul?
;lnn.rhtttt,
Yang dimaksud hadits tersebut
adalah tanda-tanda hari kiamat
bukan tanda-tanda telah dekatnya
hari kiamat. Hal ini diperkuat oleh
TANDA-TAruon K IavAT BESAR
riwayat lain yang disebutkan oleh
Al-Bukhari, 'Apa tanda-tanda hari
kiamat yang pertama kali mun-
cul?"
f atata rr
a il"li::1""1::il,?'iT
^( \untarr api yang pernah
muncul di negeri Hijaz yang menye-
babkan leher-leher unta bercahaya
di Bushra, karena api itu muncul
pada abad ke-7, dan termasuk salah
satu ta nda-ta nda kecil ha ri kiamat.603
,lrit! li lll irri",'1;11't , -:!1.I ,i,,'";C. t'lill
Diriwayatkan dari Abu Hurairah
Rodhiyollahu Anhu bahwa Rasu-
lullah Shol/ollahu Alaihi wa Sallom
bersabda,
"Monusiq okon dikumpulkon
menjodi tiga kelompok, yoitu ke-
lompok yong meroso berhorap dan
takut; Ado pula yong duo orong
menoiki seekor unto, tiga orong
noik seekor unto, empot orong
noik seekor unte, dan sepuluh
orong noik seekor unto; don
603 Hal ini telah dijelaskan pada pem-
bahasan tanda-tanda kiamat nomor
13.
sisanyo dikumpulkan oleh opi yang
menyertdi mereko pado woktu tidur
siong, tidur malam, podo pagi hori,
don sore hori."604
Maksudnya, api tersebut tidak-
lah membakar manusia, namun
hanya menggiring mereka ke bumi
mahsyar (tempat berkumpul) di
negeri Syam. Jika manusia berjalan
lalu merasa letih sehingga ia mam-
pir di suatu tempat untuk tidur
siang, maka api itu pun berhenti
menggiring mereka. Jika mereka
bangun dari tidur siang, maka api
itu pun akan menyertai mereka dan
menggiring mereka ke negeriSyam.
Begitu juga apabila manusia tidur
malam, maka api pun berhenti
menggiring mereka. Jika datang
pagi hari, maka api itu pun meng-
giring manusia ke negeri Syam.
Abu Dzar Rodhiyollahu Anhu
meriwayatkan, "Rasululloh Shol-
lollohu Aloihi wo Sallam bersabdo,
"Sesungguhnyo mqnusio itu okon
dikumpulkon dalom tigo kelompok:
ado kelompok yong mereka mokon,
berpokoion, don berkendaroon;
oda kelompok yang berjalan koki
dan berlari, don odo kelompok
yang diseret mukonyo oleh paro
molaikot." Lolu soloh seorong dari
604 HR. Al-Bukhari.
MIsrgnI AKHIR DUNIA
mereka (shohabot) bertonyo, "Duo
kelompok ini sudah komi kenal,
maka bagaimana halnyo dengon
orong-orong yong berjolan kaki
don berlori?" Beliau menjowob,
"Alloh okon menimpakon penyakit
pada bi noto n g-bi nota ng tu nggo n g-
an hingga tidak oda yang tersiso,
sehinggo odo orang yong memiliki
kebun yang bogus untuk ditukorkan
dengan unto tuo yong lemah dan
mempunyai pelona, nomun orang
itu tidok dopot memilikinya."6os
*cP Sa,-.
605 Hadits Shahih. HR. Ahmad dan An-
Nasa'i.
TAruoa{aNDA KIAMAT BESAR
,l-q' egala puji hanya milik Allah atas semua itu dan akan mendo-
\ To'olo yang telah memberi akan yang bersangkutan untuk
}r-/' kemudahan dan pertolong- memperoleh kebaikan.
an bagiku untuk merampungkan
buku ini. Saya memohon kepada-
Nya, semoga buku ini bermanfaat
dan menjadikan niatku dalam me-
nulisnya hanya murni karena Allah
semata.
Saya sangat berharap bahwa
tulisan mengenai tanda-tanda hari
kiamat ini sudah disajikan dengan
ungkapan baru yang menarik, se-
hingga pembaca yang budiman
dapat menikmatinya dan mem-
peroleh hal-hal yang bermanfaat.
Sekali lagi saya berharap, semoga
saya sudah memberikan apa yang
saya cita-citakan dan saya impikan.
Sungguh menggembirakan seki-
ranya para pembaca yang budiman
dapat menggoreskan penanya, ke-
' mudian menyampaikan pendapat,
saran, atau pandangannya tentang
buku ini, lalu mengirimkannya ke-
pada saya melalui e-mail atau pun
SMS. Saya sangat berterima kasih
Hanya kepada Allah saya memo-
hon agar kita semua mendapatkan
petunjuk-Nya. Amiin.
Penulis
Dr. Muhammad bin
Abdurrahman Al-Arifi
. Dosen Akiqah don perbondingan
agomo don mazhob kontempo-
rer Universitos King Saud- Ri-
yodh- Saudi Arobio.
o Anggota Lemboga Tinggi Pe-
nyiaran lslam.