Misteri akhir dunia 8

 


uhan.

539 HR. Ahmad; HR. At-Tirmidzi, dan ia

menyatakan bahwa hadits ini hasan

shahih. Hadits ini juga diriwayatkan

oleh Al-Bukhari dan Muslim darijalur

Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyollohu Anhu.

Dalam sebuah hadits yang

menjelaskan tanda-tanda ha-

ri kiamat dan turunnya lsa

Alaihissalam ke dunia serta

berkuasanya atas seluruh ma-

nusia, Rasulullah Shallallahu

Alaihi wa Sollam bersabda,

"Ketika lsa dalom kondisi de-

mikian, Allah mewahyukan

kepada beliau,'Sesungguhnyo

Aku telah mengeluorkan ham-

bo-hamba yang tidak mompu

diperongi oleh siapapun, moko

hendokloh komu mengasing-

kan hamba-hamba-Ku ke Bukit

Thursino."sao

Diriwayatkan dari An-Nawwas

bin Sam'an Radhiyollohu Anhu

bahwa Rasulullah Shollallohu

Aloihi wa Sollom bersabda,

" Lolu Alloh mengeluorkon Ya' juj

dan Ma'juj, dan mereko turun

dengan cepot dari seluruh tem-

pat yang tinggi. Rombongan

pertqmo dari mereko melewoti

Danau Tiberia don meminum

airnya. Rombongan terakhir

menyusul sementara air donau

telah mengering, lalu mereka

berkota,'Sungguh, sepertinyo

di sini dulu pernah odo oir."sa7

540 HR. Muslim.

541 HR. Muslim.

J..lrraJJir t#sjl ,J*"

'*Jt IA4 j.c. ri* Af f g;J{

Bukit Thursina di Palestina yang

tingginya 826 meter dari permu-

kaan laut

Gambar dari atas Bukit Tursina yang

memperlihatkan kota Al-Quds

f[pp4:f[NDA KIAMAT BE5AR I

Danau Tiberia terkadang dise-

but juga dengan Laut AlJalil atau

Danau AlJalil. Danau kecil itu terle-

tak di bagian utara negara Palesti-

na. Di danau tersebut terdapat hulu

sungai Yordania yang mengalir sam-

pai ke pertengahan dataran rendah

Yordania. Panjang Danau Tiberia 23

km dan lebarnya 13 km. Sementara

dalamnya tidak lebih dari 44 m.

Danau tersebut lebih rendah dari

permukaan laut sekitar 21,0 m.

Rasulullah Shallallahu Aloihi

Wo Sallam bersabda, "Kemudian

mereka (Ya'juj dan Ma'juj) berjalan

hingga ke gunung Al-Khama4 yaitu

gunung Baitul Maqdis (Palestina)

seraya berkata, 'Sungguh, kami

telah membunuh makhluk-makhluk

yang ada di bumi. Oleh karena itu,

marilah kita bunuh siapa saja yang

ada di langit.' Maka mereka pun

melesatkan anak panah mereka ke

langit, kemudian Allah mengemba-

likan anak panah tersebut dalam

keadaan berlumuran darah. Setelah

itu, Nabi lsa Aloihissolam dan para

sahabatnya dikepung, sehingga ke-

pala sapi jantan milik salah seorang

di antara mereka lebih baik dari

pada seratus dinar milik salah

seorang di antara kalian pada saat

ini.sa2 Kemudian Nabi lsa dan para

542 Maksudnya, mereka semua berada

I

P;at*n"_l

sahabatnya memanjatkan doa ke-

pada Allah (agar menyelamatkan

mereka). Maka Allah menurunkan

ulat-ulatsa3 di leher-lehar mereka

dalam kondisi yang berat dan sangat

lapar, sehingga jika mendapatkan

satu kepala sapijantan tentu mereka

akan gembira layaknya shahabat

yang gembira mendapatkan seratus

dinar.

543 Ulat yang dimaksud adalah ulat

yang biasa bersemayam di dalam

hidung unta dan kambing yang da-

pat membunuhnya.

(Ya'juj dan Ma'juj) sehingga mati-

lah mereka seperti matinya satu

orang.s44

Selanjutnya, Nabi lsa dan pa-

ra sahabatnya turun ke dataran

(bumi). Mereka tiada mendapati

sejengkal tanah pun melainkan

telah dipenuhi oleh mayat dan bau

busuk mereka. Lalu Nabi lsa dan

para sahabatnya kembali meman-

jatkan doa kepada Allah. Maka Allah

mengirimkan sekawanan burung

yang bentuknya seperti leher-leher

unta (besar yang berpunuk dua),

untuk membawa dan menurunkan

jasad mereka di tempat yang Allah

kehendaki. Setelah itu, Allah To'ala

menurunkan hujan yang tidak satu

rumah pun yang selamat darinya,

baik yang terbuat dari tanah mau-

pun bulu binatang. Hujan tersebut

membersihkan bumi hingga men-

jadi seperti cermin.sas

Kemudian dikatakan kepada

bumi,'Keluarkanlah buah-buahan-

mu dan kembalikanlah keberkah-

anmu.' Pada saat itu, satu kelompok

manusia cukup dikenyangkan hanya

dengan memakan satu buah de-

lima, bahkan dapat berlindung diri

544 Maksudnya, mereka mati dalam

waktu yang bersamaan.

545 Diserupakan dengan cermin karena

sangat bersih dan cemerlang.

Sungai Yordania ketuar dari

Tiberia

dengan kulitnya. Susu pun menjadi

berkah, sehingga satu unta yang air

susunya deras cukup diminum oleh

sejumlah orang. Sapi betina yang

air susunya deras cukup diminum

oleh sekabilah manusia. Kambing

yang air susunya deras cukup di-

minum oleh beberapa orang dari

karib kerabat.

Ketika mereka berada dalam

kondisi yang demikian, maka Allah

mengirimkan angin yang lembut,

sehingga menerpa mereka dari

bawah ketiak-ketiak mereka dan

mencabut ruh setiap Mukmin dan

Muslim. Maka tinggallah sejelek-

jelek makhluk, mareka akan berse-

tubuh di bumi layaknya keledaiyang

bersetubuhsa6. Dan pada zaman

mereka akan terjadi hari kiamat."saT

Dalam riwayat lain disebutkan,

"...Lalu Nabi lsa dan para sahabat-

nya kembali memanjatkan doa

kepada Allah. Maka Allah men-

girimkan sekawanan burung yang

bentuknya seperti leher-leher unta

(besar yang berpunuk dua), untuk

membawa dan melemparkan jasad

, 546 Maksudnya, laki-lakidan perempuan

yang bersetubuh disaksikan oleh

banyak orang layaknya keledai, dan

mereka pun tidak memedulikan hal

tersebut.

547 HR. Muslim.

TAnoR-TANoa

mereka ke dalam

lubang yang

dalam. Kaum

Muslimin akan

menyala-kan

Kranaar BesaR

api dengan

busur, anak

panah, dan

tempat anak

panah se-

lama tujuh

tahun (un-

tuk berlin-

dung dari

Tempat anak

PenY- panah

erangan

mere-

ka )."s+s

o Diriwayatkan dari Abdullah bin

Mas'ud Radhiyallohu Anhu,

ia mengatakan, "Pada malam

Rasulullah Shollallohu Alaihi

wo Sallam diperjalankan (lsra'

Mi'raj), beliau bertemu dengan

lbrahim, Musa, dan lbrahim

Alohihimussalom. Maka para

sahabat bertanya tentang hari

kiamat." Sampai pada perkata-

an lbnu Mas'ud, "Maka para

sahabat bertanya tentang lsa

Aloihissolam." Maka ia menye-

butkan tentang pembunuhan

548 Hadits shahih. HR. At-Tirmidzi.

MISTERI AKHIR DUNIA

Dajjal kemudian mengatakan,

"Maka manusia kembali ke

negeri mereka masing-ma-

sing.sae Lalu mereka bertemu

dengan Ya'juj dan Ma'juj. Me-

reka turun dengan cepat dari

seluruh tempat yang tinggi.

Tidaklah mereka melewati

air kecuali meminumnya, dan

tidaklah melewati sesuatu ke-

cuali mereka merusaknya. lsa

berkata, 'Manusia meminta

pertolongan kepadaku, maka

aku pun berdoa kepada Allah.'

Maka Allah mematikan mereka

sehingga bumi menjadi busuk

karena bau tubuh mereka. lsa

berkata, 'Manusia meminta

pertolongan kepadaku, maka

aku pun berdoa kepada Allah.

Lalu Allah mengirimkan air dari

langit kemudian membawa

mereka dan melemparkan tu-

buh mereka ke dalam lautan."sso

549 Maksudnya, setelah mereka menye-

lamatkan diri dari Dajjal ke gunung-

gunung dan tempat lainnya, lalu

lsa Aloihissalom membunuh Dajjal.

Maka mereka kembali ke negeri

dan rumah mereka masing-masing,

namun mereka bertemu dengan

Ya'jujdan Ma'juj.

550 Diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam

Al-Mustodrok (4/488-489\, ia me-

ngatakan, "Hadits ini shahih tapi

tidak diriwayatkan oleh Al-Bukhari

dan Muslim." Hal ini disetujui oleh

o Diriwayatkan dari Abu Hurai-

rah Rodhiyallohu Anhu bahwa

Rasulullah Shollollahu Alaihi

wa Sollam bersabda tentang

Ya'juj dan Ma'juj, "Mereko me-

minum oir sampoi kering dan

orong-orang pun berlori untuk

menjouhkon diri dari di mere-

ko. Lalu mereka melemporkon

ponah-ponoh mereko ke langit

don ia kemboli dengon berlu-

muron darah. Mereka berkata,

'Kito telah mengolahkan pen-

duduk bumi don mengungguli

penghuni langit.' Moko Alloh

mengirimkan ulot ke kepala-

kepolo mereka sompai mere-

ko moti. Demi Dzat yang iiwo

Muhammod berada dolom ta-

ngan-Nya, sungguh binotang

melato di bumi okon meniodi

gemuk dan berisijika memakan

do g i ng-do gi ng me reko."s51

Adz-Dzahabi dalam kitabAt-Tol khish ;

Diriwayatkan oleh Ahmad dalam A/-

Musnad (4/I89-19O\, diteliti oleh

Ahmad Syakir dan ia mengatakan

bahwa sanadnya shahih.

551 HR. At-Tirmidzi, dan dia menya-

takannya sebagai hadits hasan;

HR. lbnu Majah; HR. Al-Hakim dan

dinyatakannya sebagai shahih, dise-

tujui oleh Adz-Dzahabi dalam kitab

At-Tolkhish.

I

I Hadits-hadits dha'if se-

putar Ya'juj dan Ma'juj

Banyak ayat dan hadits yang

menerangkan Ya'juj dan Ma'juj. Na-

mun ada beberapa hadits dhaif yang

sudah populer bagisebagian orang.

Disinisaya akan menyebutkan salah

satu di antara hadits tersebut untuk

menjelaskan kedudukannya.

Diriwayatkan dari Hudzaifah

bin Al-Yaman Rodhiyollohu Anhu,ia

bercerita, "Soyo bertanya kepado

Rosulullah Shollallahu Aloihi wd

Sollam tentong Ya'juj dan Mo'juj,

moko beliau bersabda, "Ya' juj

adaloh satu umat dan Ma' juj juga

satu umo| setiop umat terdiri

dari 400.000 jiwo. Tidakloh akan

mati seseorang di ontara mereka

sampai melihat seribu orong loki-

loki dari keturunannyo berada di

hadapannya membawo senjota."

Soya bertonyo, "Wohoi Rosulullah,

se b utka nla h ci ri-ci ri me reka ke pa da

komi." Beliau bersobda, "Mereke

terdiri dari tiga kelompok, satu ke-

I om pok se pe rti ced a r.' Aku be rta nya,

'Apa itu cedarT Beliou bersabda,

'Cedor adaloh namo pohon di ne-

geri Syam, panjongnya 720 hasto

menjulang ke langit. Merekaloh

yang tidok biso dikalahkan oleh

tipu daya don besi. Diantoro mere-

ko ada yong salah satu telingonya

dijadikan sebagai kosur dan yang

sotu nyd d ija d i ka n se li m ut. Tid o kl a h

mereko melewati gajah, hewan

berbisa, unto, dan bobi kecuali me-

reka memokonnyo. Siapa soja yang

moti di qntora mereko moko yang

loin okan memakonnyo. Kepala

mereka berada di negaro Syam dan

betis mereka berada di Khuroson.

Mereka akan meminum oir sungoi

negeri timur don danou Tiberio."ss2

I Binasanya Ya'juj dan

Ma'juj

Ya'juj dan Ma'juj yang terdiri

dari kaum laki-laki, perempuan,

dan anak-anak kecil akan melaku-

kan kerusakan di muka bumi,

membunuh manusia, merusak ke-

hormatan, berlaku sombong dan

membuat ketidaksusilaan. Keku-

furan mereka sampai pada tingkat

di mana mereka menebakkan anak

panah ke arah langit untuk menga-

lahkan semua makhluk yang ada

di sana sebagaimana mereka telah

berhasil mengalahkan orang-orang

552 HR. Ath-Thabrani. Al-Haitsami da-

lam Mojma' Az-Zawo'id (8/6) me-

ngatakan, "Hadits ini diriwayatkan

oleh Ath-Thabranidalam Al-Mu' jom

Al-Awsoth, di dalam sanadnya ter-

dapat seseorang yang bernama

Yahya bin Sa'id Al-Aththar, dan

ia merupakan perawi yang dha'if

(lemah)."

MISTERI AxrrIn DUNIA

yang ada di muka bumi. Tidak ada

yang selamat kecuali orang-orang

yang berlindung di dalam benteng

atau bersembunyi di suatu tempat.

Di antara orang-orang yang ber-

lindung di dalam benteng adalah lsa

Alaihissolam dan kaum Mukminin

yang bersama beliau. Mereka dilan-

da rasa lapar; haus, dan lelah yang

luar biasa. Seperti telah disebutkan

sebelumnya dalam hadits, bahwa

ketika itu nabi lsa Aloihisolom dan

para sahabatnya kembali meman-

jatkan doa kepada Allah. Maka Allah

mengirimkan sekawanan burung

yang bentuknya seperti leher-leher

unta (besar yang berpunuk dua),

untuk membawa dan menurunkan

jasad mereka di tempat yang Allah

kehendaki. Setelah itu, Allah Ta'alo

menurunkan hujan yang tidak satu

rumah pun yang selamat darinya,

baik yang terbuat dari tanah mau-

pun bulu binatang. Hujan terse-

but membersihkan bumi hingga

menjadi seperti cermin. Kemudian

dikatakan kepada bumi, "Keluar-

kanlah buah-buahanmu dan kem-

balikanlah keberkahanmu."

Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyal-

lahu Anhu meriwayatkan, "Rostt-

lullah Shallollahu Aloihi wa Sal-

lam bersabda, 'Dinding Ya'juj dan

Ma'juj akan terbuko, maka mereka

okan keluor menuju monusia, seba-

gaimana difirmankan Allah Ta'ala,

"Mereka turun dengon cepat dari

seluruh tempot yang tinggi" (QS.

Al-Anbiyaa' [21]: 961. Mereka akon

membuat kerusakan di muko bumi,

don koum Muslimin berlorian dari

tempat mereka ke kota-kota dan

benteng-benteng mereka, kemu-

dion mereka mengombil binotang-

binotang ternok bersamo mereka.

Sedangkan mereko (Yo'juj dan Ma

'juj) meminum semuo oir di bumi,

sehingga apabilo sebogian mereka

melewati sebuoh sungai mako me-

reka pun meminum air sungaiterse-

but sompaikering. Dan ketiko seba-

gion yg lain dari mereka melewoti

sungai yang sudah kering tersebut,

moka mereka berkoto, 'Sungguh,

sepertinya di sini pernah oda oir.'

Don apabilo tidak seorqngpun mo-

nusia yong tersisa kecuali mereka

besembunyi di sebuah kota atou

benteng, maka berkataloh solah

seorqng dori mereka (Yo'juj dan

Ma' juj). 'Penduduk bumi ini sudah

berhasil kita musnohkon, don yong

tersisa odalah penduduk langit.' Ke-

mudian salah seorang dori mereka

melemparkon tomboknya ke langit.

Tombak tersebut kemboli dengan

berlumuron darah. Hal itu menun-

jukkan suotu ujian don fitnah bogi

mereko. Tatkolo mereka sedang

asyik berbuot demikion, maka Allah

Ta'alo mengirim ulat ke leher-leher

mereko seperti ulat belalang yang

keluar dari kuduknya. Maka pada

pagi hori, mereko pun mati dan

tidak terdengar satu nafas pun.

Setelah itu kaum Muslimin berkata,

"Apakah oda seorong lelaki yang

mou menjual dirinyo untuk kami

guna melihot opa yang sedang

dilakukan oleh musuh kito ini?"

Maka dotonglah salah seorang dari

mereka dengan perasaan bohwo

ia okan mati. Lalu ia pun turun ke

darotan don mendapati bahwo

mereka (Yo'juj dan Mo'juj) telah

mati dolom keadoan sebagionnya

berada di atos sebagion yang lain.

Leloki tersebut berseru, 'Wahai

sekalian kaum Muslimin, bergembi-

ralah kalian karena sesungguhnya

Allah Ta'alo telah membinosakon

musuh kalian.' Mako mereka pun

keluar dari kota-kota dan benteng-

benteng serto melepaskan hewan

ternak mereko (ke podang rumput).

Tidoklah hewon ternok tersebut

merumput kecuali daging-do-

gingnyo bertombah, moka hewan

itu pun menjadi gemuk dengon

sempurno yong seolah-olah tidak

pernoh gemuk korena memakan

tu m b u ha n o pa pu n se be I u m nyo." s53

TnToRTnNDA KIAMAT BESAR I

Dalam riwayat Athiyyah Al-Ufiy,

dari Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyal-

lahu Anhu disebutkan bahwa Nabi

Muhammad Shollallohu Alaihi wa

Sallam bersabda, "Moko binasolah

semuo orong yang ado di muko

bumi kecuoli yang berlindung di

dalam benteng. Seteloh mereka

membunuh orong-orang yang ado

di bumi, mako sebogian di ontaro

mereko (Ya'juj don Ma'juj) mene-

mui sebagian yang loin seroya

berkoto, 'Sungguh yang tersiso

honyalah yang berada di dolom

benteng dan yang ada di longi(

Lalu mereka menembakkon anak

panahnya ke langit lalu kembali ke

bumi dengan berlumuran darah.

Mako mereka berkata, 'Sungguh

kalion telah tenong dari gangguon

penduduk longit, dan yang tersiso

adalah orang-orong yang berada

di dolam benteng.' Kemudian me-

reko (Ya' juj don Ma' juj)mengepung

mereka (yang berada didalom ben-

teng) sampai mereka meroso berqt

menghodapi kepungan dan ujian

tersebut. Ketika mereka dolam kon-

disi demikian, moko Allah mengi-

rimkan ulat ke leher-leher Ya'juj

don Mo'juj dan memokon leher-le-

Hakim, dan dia mengatakan bahwa

hadits tersebut shahih berdasarkan

syarat Muslim, namun ia tidak

meriwayatkannya.

il

553 HR. Ahmad; HR. lbnu Majah; HR. Al-

I MISTERI AxgIR DUTqIN

her mereko, maka sebagian mereko

jatuh di atas tubuh sebagian yang

lain dalam keadaan mati. Lalu solah

seorong di antora mereka -yakni

sohabat Nobi lso Aloihissalom yong

terkepung di dalam benteng ber-

sama beliau- berkata,'Allah Tuhan

pe m il ik Ka' ba h te lah me mbi na soka n

me reko.' Sah a bat-sa ha batnya ya ng

lain berkato, 'Mereka berbuat de-

mikion honyaloh untuk membuat

tipuon, sehingga kita dapot keluar

ke hodopon mereko, lolu mereka

membunuh kito sebagaimana teloh

membun uh saudora-soudaro kito.'

Leloki tersebut berkata, 'Tolong

buka pintu untukku.' Paro sahabat

Nabilsayang lain

berkata, 'Jangan

buka pintu.' Le-

loki itu berkato,

'Tunjukkon oku

jalon ke gunung.'

Tatkala turun (ke

daroton) maka ia

mendapati me-

reka (Ya'juj don

Mo' juj) sudah

moti,Dss4

554 Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad

bin Mani', sedangkan Athiyyah Al-

Ufiy adalah perawi yang lemah.

Namun demikian, banyak hadits

lain yang memperkuat hadits ini.

t Tidak ada perang setelah

Ya'juj dan Ma'juj binasa

Setelah Allah Ta'alo membina-

sakan Ya'juj dan Ma'juj, maka tidak

ada yang tersisa selain orang-orang

yang beriman. Lalu tersebarlah ke-

berkahan dan kebaikan di penjuru

dunia. Diri-diri mereka suci bersih

dan tidak akan ada perang sama

sekali.

Salamah bin Nufail Radhiyal-

lahu Anhu meriwayatkan, "Ketika

saya berada di sisi Rasulullah Shal-

lallohu Alaihi wa Sallam tiba-tiba

ada seorang laki-laki yang men-

datangi beliau seraya berkata,

'Wahai Rasulullah, sungguh kuda

telah ditinggalkan, senjata telah di-

letakkan, dan orang-orang mengira

bahwa tidak akan terjadi perang

sebab perang telah berakhir. Maka

Rasulullah Shollallahu Alaihi wa

Sallam bersabda,

"Mereko telah berdusto, seka-

rong teloh datang waktunya untuk

berperong. Sungguh, okan selalu

ada sebuoh kelompok dari kalangon

umatku yang berperong di ialon

Allah, dan tidak membohayakan

mereko orang-orang yong menye-

lisi h i m e reka. Alla h mencon don g ka n

hoti-hoti sebuah kaum kepado ke-

sesaton untuk memberikon rezeki

kepada mereka, dan mereka okon

berperong hingga dotong hari kia-

mqt. Perang tidok okon berokhir

sa m po i Ya'j uj da n M aj'uj m u n cu l."sss

I Haji dan umrah tetap di-

laksanakan setelah mun-

culnya Ya'juj dan Ma'juj

Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-

Khudri Radhiyallahu Anhu bahwa

Rasulullah Shallollahu Alaihi wo

Sollom bersabda,

"Ka'boh ini akon didotongi un-

tuk pelaksanaan haji dan umrah

setelah Ya'juj dan Ma'juj keluor."ss6

555 HR. An-Nasa'i dalam As-Sunan Al-

Kubra; HR. Ath-Thabrani dalam

Al-Mu'jam Al-Kabir. Ahmad dan

An-Nasa'i juga menyebutkannya

dengan redaksi yang mirip dalam

ri-wayat lainnya, dan Al-Albani

menshahihkan dalam Silsilah Ash-

Shohihah No. 1935.

556 HR. Al-Bukhari.

TANo4{ANDA KTAMAT BESAR 

-

: Apakah seseorang per-

nah melihat tembok yang

dibangun Dzul Qarnain

untuk mengurung Ya'-

juj dan Ma'juj, atau ti-

dak seorang pun dapat

melihatnya?

Tembok tersebut pernah di-

lihat oleh salah seorang sahabat.

Al-Bukhari telah menyebutkan hal

tersebut dengan lafazh yang me-

nyakinkan dalam sebuah riwayat,

bahwa ada yang berkata kepada

nabi Muhammad Shallallahu Alaihi

wa Sallam,'Aku telah melihat din-

ding Ya'juj dan Ma'juj seperti kain

yang bergaris-garis"ssz maka nabi

Muhammad Shallallahu Aloihi wa

Sallam membenarkan ucapannya

tersebut."

lbnu Hajar mengatakan, "Ha-

dits tersebut diriwayatkan oleh lbnu

557 Maksudnya,terdapatgaris berwarna

putih, hitam, dan warna lainnya.

MrsrERr ArnrR Durula

Abi Umar dari jalur Sa'id bin Abi

Arubah, dari Qatadah dari seorang

penduduk kota Madinah, bahwa ia

berkata kepada Nabi Muhammad

Shallallohu Aloihi wo Sollam,'Wa-

hai Rasulullah, sungguh aku telah

melihat dinding Ya'juj dan Ma'juj.'

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa

Sallqm bertanya, 'Engkau melihat-

nya seperti apal ia menjawab,

'Seperti kain yang bergaris-garis,

padanya terdapat garis merah dan

hitam.' Rasulullah Shallollohu Alaihi

wa Sallam membenarkan orang

tersebut dan bersabda, "sungguh

e n g ko u tel a h m e li h etnyo."sse

Al-Hafizh lbnu Katsir juga men-

ceritakan tem bok penghalang Ya'juj

dan Ma'juj dan usaha yang dilaku-

kan oleh,sebagian raja untuk meli-

hatnya. Dia mengatakan,

"Khalifah Al-Watsiqsse pernah

mengutus beberapa gubernur yang

ada di negaranya bersama pasukan

untuk melihat tembok Ya'juj dan

Ma'juj dengan langsung, dan agar

mereka menceritakan hal tersebut

kepadanya setelah kembali. Maka

mereka berjalan dan singgah dari

558 Foth Al-Bori (1,0/129l.

559 Al-Watsiq memerintah sebagai kha-

lifah dalam Dinasti Abbasiyah pada

tahun 227-232 H/842-847 M. Dia

adalah khalifah yang kesembilan.

suatu negara ke negara lain dan

satu kerajaan ke kerajaan yang lain.

Hingga mereka sampai di tembok

tersebut, dan terlihat bahwa ba-

ngunan itu terdiri dari matrial besi

dan kuningan. Mereka melihat ada

pintu besar yang dikunci dengan

gembok besar. Di tempat tersebut

masih terlihat sisa-sisa batu bangu-

nan dan bekas pekerjaan bangunan.

Di sana juga terlihat banyak penjaga

yang berasal dari kerajaan-kerajaan

yang berdekatan dengan tempat

tersebut. Tembok itu sangat tinggi

dan tidak bisa didaki, begitu juga

dengan gunung-gunung yang ada

di sekitarnya. Kemudian pasukan

tersebut kembali ke negara ma-

sing-masing setelah melakukan

pencarian selama dua tahun, di

mana mereka banyak menyaksikan

hal-hal yang aneh."s6o

560 Lihat: Al-Bidayoh wo An-Nihoyah

(7 /126)

Al-Hafizh lbnu Katsir tidak me-

nyebutkan dari siapa beliau men-

dengar kisah tersebut, namun tidak

ada pula orang yang menyanggah

perkataan beliau. Wollahu A'lom.

.6 Apakah tembok penghalang

yang dibangun Dzul Qarnain

mempunyai hubungan dengan

Tembok Besar China?s61

Ada banyak perbedaan antara

tembok yang dibangun Dzul Qar-

561 Tembok besar China merupakan

bangunan terpanjang dalam seja-

rah, yakni panjangnya 6.400 km.

Dibangun pada abad ke-4 sebelum

Masehi sampai permulaan abad 17

Masehi. Orang-orang China mem-

bangun tembok tersebut untuk

melindungi batas negara mereka

dari serbuan para agresor. Tembok

itu memanjang ke arah utara China

di antara pantai timur dan bagian

utara tengah China. Beberapa ba-

gian tembok itu pernah hancur

seiring dengan berjalannya waktu.

Kemudian dibangun kembali. Pan-

jang bagian utama tembok itu 3,450

km, tingginya 7,5 m dan lebarnya

75 m di bagian atas dan 4,6 m di

bagian puncaknya. Setiap 180 m

dibuat semacam menara pengintai.

Seiring dengan berjalannya waktu,

banyak bagian di tembok tersebut

yang runtuh. Ketika berkuasa, kaum

komunis membangun tiga bagian

di antaranya semenjak tahun 1949

M. Pada masa modern, orang-orang

China tidak pernah lagi menggu-

nakan tembok itu untuk benteng

pertahanan.

dengan tembok besar China,

yaitu:

L Tembok yang dibangun Dzul

Qarnain adalah untuk mengu-

rung Ya'juj dan Ma'juj, sedang-

kan tembok yang dibangun pa-

ra kaisar China adalah untuk

menjaga kerajaan mereka.

2. Matrial tembok yang dibangun

Dzul Qarnain adalah besi dan

kuningan, sedangkan matrial

tembok China adalah batu dan

Bagian datam Tembok China

MrstgRr Axnrn DUNIA

3. Tembok yang dibangun untuk

mengurung Ya'juj dan Ma'juj

adalah untuk menutup jalan

yang terdapat di antara dua

gunung, sementara tembok

China dibangun untuk menu-

tup puncak-puncak gunung dan

jalan-jalan yang memanjang

dari timur ke barat China yang

berjarak ribuan mil.

Tembok Ya'juj dan Ma'juj tidak

mungkin dirobohkan kecuali jika

dikehendaki Allah To'ola pada

akhir zaman. Adapun tembok

China, beberapa bagian di an-

taranya telah roboh. Manusia

dengan leluasa masuk dan ke-

luar dari tembok tersebut, bah-

kan ada orang yang merusak

beberapa bagian di antaranya.

t Kenapa satelit tidak bisa

menemukan temb0k Ya'-

juj dan Ma'juj?

Mengetahui semua bagian di

bumi dan semua makhluk yang

ada padanya adalah kekuasaan

Allah To'olo Yang Maha Meliputi

segala sesuatu. Jika kita tidak bisa

menemukan tembok Ya'juj dan

Ma'juj, tempat berdiamnya Dajjal,

atau tempat lainnya bukan berarti

hal tersebut tidak ada. Sebab, bisa

saja Allah Ta'alo mengalihkan per-

hatian manusia untuk tidak melihat

Ya'juj dan Ma'juj dan tembok yang

mengurungnya, atau Allah To'olo

menjadikan sesuatu yang dapat

mencegah manusia untuk sampai

ke tempat tersebut.

Hal ini pernah terjadi pada

Bani lsrail ketika Allah menyesatkan

jalan merekas62 selama 40 tahun di

562 Maksudnya, mereka tersesatdi muka

bumi dan tidak sampai ke tempat

yang mereka inginkan, sehingga

mereka hidup dalam kondisi yang

tidak tenang. Kisah tersesatnya

Bani lsrail dimulai setelah Allah

menyelamatkan Musa beserta ka-

umnya dari Fir'aun. Musa berkata

kepada kaumnya sebagaimana

disebutkan dalam firman Allah

To'olo, "Wohai koumku! Mosuklah

ke tanoh suci (Polestina) yong

telah ditentukan Allah bagimu."

(QS. Al-Maa'idah [5]: 21). Namun

mereka tidak mau memasukinya

dan menjawab perkataan Musa

seperti yang disebutkan Allah lo'olo

dalam firman-Nya, "Wohoi Muso!

Sesungguhnyo di dolom negeri

itu oda orong-orong yong songot

kuot dan kejam, kami tidok okan

memasukinyo sebelum mereka

keluar darinyo. Jika mereka keluar

dari sono, niscoya kami akan

mosuk." (QS. Al-Maa'idah [5]:22)

Allah Ta'alo berfirman, "(Jika demi-

kian), mako (negeri) itu terlorang

buat mereka selama empot puluh

tohun." (QS. Al-Maa'idah [5]: 25)

Dengan demikian, mereka tersesat

di bumi selama empat puluh tahun.

Pada suatu hari mereka berada di

4.

f[PPafiNDA KIAMAT BEsAR

tempat yang dekat dengan kedia-

man mereka sendiri. Manusia lain

tidak dapat menemukan mereka

sampai waktu hukuman tersebut

berakhir. Sungguh Allah To'olo

Maha Berkuasa atas segala sesuatu,

Dia Maha Berkuasa untuk menen-

tukan waktu dan ajal segala se-

suatu. Allah To'olo berfirman, "Don

koummu mendustokannya (ozab)

podahal (azab) itu benar adonya.

Kotakanlah (Muhammad), "Akt)

ini bukonlah penanggung jawab

komu. Setiap berita (yong dibawa

oleh rasul) ada (waktu) terjadinya

don kelak kamu okon mengetahui."

(QS. Al-An'aam [5]: 66-671. Segala

sesuatu yang tidak diketahui oleh

orang-orang zaman dulu tapi dike-

tahui orang-orang yang datang

satu tempat kemudian melakukan

perjalanan, dan ketika malam tiba

ternyata mereka berada di tempat

sebelumnya. Mereka tidak tahu arah

tujuan, dan melakukan perjalanan

sepanjang hari dengan berjalan ka-

ki dan menggunakan hewan tung-

gangan tanpa melewati jalan yang

panjang, akan tetapi berputar-putar

di satu tempat di gurun yang ger-

sang selama empat puluh tahun.

Allah Ta'alo memberikan hukuman

itu karena keangkuhan mereka

yang tidak mau menaati perintah

Nabi Musa agar memasuki tanah

suci Palestina. Mereka mengatakan,

"Pergila h engka u bersa ma Tu han mu,

dan berperanglah kamu berdua. Biar-

lah kamitetap menunggu di sini sajai'

pada kemudian hari, adalah karena

Allah To'ala menjadikan waktu bagi

segala sesuatu.

Al-Qadhi lyadh mengatakan,

"Hadits-hadits yang berkenaan de-

ngan YaJuj dan MaJuj menunjukkan

sesuatu yang akan terjadi, sehingga

kita wajib untuk memercayainya;

sebab munculnya Ya'juj dan Ma'juj

adalah salah satu tanda hari kiamat.

Dalam beberapa hadits disebutkan

bahwa tidak ada seorang pun yang

sanggup memerangi mereka karena

begitu banyak jumlahnya. Mereka

mengepung Nabi lsa Alaihissalam

dan orang-orang beriman yang se-

lamat dari fitnah Dajjal. Kemudian

Nabi lsa Alaihissolam memohon

kepada Allah agar membinasakan

mereka, maka Allah Ta'alo membi-

nasakan mereka dengan mengirim-

kan ulat yang memakan leher me-

reka. Bumi dan semua orang-orang

yang beriman terganggu oleh bau

busuk tubuh mereka. Lalu Nabi lsa

Aloihissalam dan para sahabatnya

kembali memanjatkan doa kepada

Allah. Maka Allah To'alo mengi-

rimkan sekawanan burung untuk

membawa jasad mereka di tempat

yang Allah kehendaki."s63

563 Al-Qari meriwayatkan hal itu dari Al-

Qadhi sebagaimana yang dicatum-

kannya dalam Kitab Mirqoh Al-Mosho-

bih Syarh Misykah Al-Mashobih (2/1.6)

J- MlsTERl AxnlR DuntR

ll Apakah kaum Muslimin

wajib memerangi mere-

ka?

Jawabannya: tidak, berdasar-

kan kisah lsa Aloihissalom yangte-

lah disebutkan sebelumnya, bahwa

Allah To'alo berfirman kepada lsa

Aloihissalam, "SesLtngguhnyo Aku

te lo h m e ngel uo rka n h o m ba-h o m ba

yong tidak mompu diperangi oleh

siapopun, mako hendokloh kamu

me ngasi ngko n h a m bo-ha m bo-Ku ke

Bukit Thursino."s64

""*Ag Sft'""

564 HR. Muslim. Hal initelah disebutkan

secara terperinci di beberapa ha-

laman sebelumnya.

l"-

I

ANDA

naman

MISTERI ATHIN DUruIN

Tiga Pembenaman

Bumi (di Timu1 di

Barat, dan di Jazirah

Arab)

I11.., i antara tanda-tanda be-

JD:il,liliiT;l ilT^-.fl:

mad Shollallahu Alaihi wa Sollom

adalah terjadinya tiga pembenaman

bumi yang besar dan mempunyai

pengaruh yang besar pula.

il lV{aksud AFKhasf {pem-

benaman buml)

Al-Khdsf (pembenaman bumi)

maksudnya bagian atas tanah ma-

suk ke bagian bawahnya. Dari za-

man dahulu sampai sekarang telah

terjadi beragam bentuk pembena-

man bumi dengan kekuatan dan

besar yang berbeda-beda. Namun,

pembenaman bumi yang disebut-

kan dalam beberapa hadits meru-

pakan peristiwa penting dan akan

tersebar di kalangan manusia. Tiga

pembenaman bumi yang dijelaskan

dalam banyak hadits dan merupa-

kan tanda hari kiamat akan terjadi

pada akhir zaman.

Pembenaman bumi yang terjadi di

satah satu jatan di Denmark, na-

mun itu bukan yang dimaksudkan

dalam hadits

Gambar [ain pembenaman bumi

yang disebutkan pada gambar

yang di atas

&: SF a' .rI; ffr gbr

6 ,SUl ,f,* *: ,6#

Jv .a;st F;u rjd r..lryr.i;

I Hadits-hadits yans me-

nerangkan pembenaman

bumi

Diriwayatkan dari Hudzaifah

bin Usaid Rodhiyollahu Anhu, ia

berkata,

';-;Ws3;,Fie,l 6t

j'+:t'; or-fur iJt ,c,,f,

e ;;i _,-ilJ, L* : tJ.r'tlt,

l"

n' i; 6', i, * i:i.:

'grvs eru-s &t *

$.o9i/

it-f,i*) f 4\.-'i^5)

ei7i6qi ;i3c7;rr

e#J; ;or 3F.,ilr,

"Rasulullah Shollallahu Alaihi

wo Sallam melihot komi ketika

komi tengah berbincong-bincong.

Beliau bertanyo, 'Apa yong kolian

perbincongkon?" Kami menjowob,

"Komi sedang berbincang-bincong

tentong hori kiomot." Beliou

TANDA;TANDA KIAMAT BESAR

bersabdo, "Tidok akon terjodi

hari kiomat hingga kalian lihat

sebelumnya sepuluh tondo."

Beliau menyebutkon, "Dukhan

(asap), Dojjal, Dobbah (binotang

melota), terbitnyo matahari dari

borat, turunnyo lsa putra Maryam

Shallallahu Alaihi wa Sollam, Ya'-

juj dan Mo'juj, dan tiga khusuf

(pembenaman bumi) di timur, di

barot, don di jazirah Arob, yang

terakhir adaloh api yong keluar

dari orah Yaman yang menggiring

manusia ke tempat berkumpul

mereka."s65

.6 Hadits-hadits yang menerang-

kan pembenaman bumi secara

umum

Dalam beberapa hadits dijelas-

kan tentang salah satu tempat dan

sebab terjadinya pembenaman

bumi, yaitu yang terjadi di jazirah

Arab.

Diriwayatkan dari Ummu Sala-

mah Radhiyallahu Anha bahwa

Rasulullah Shallallahu Alaihi wo

Sallam bersabda,

'Akan terjodi perselisihan (di

ontora monusio) ketiko seorong

khalifa h meni nggal du nio. Ke m ud i a n

seseorong dari suku Quraisy dori

565 HR. Muslim.

MrsteRr AxslR DuNrA,

penduduk Madinoh melorikan diri

ke Mokkqh. Lalu ada beberopo

orang penduduk Makkoh yong

mengusirnyo nomun io tidak mau.

Kemudian mereko membai'atnya di

ontoro Rukun (Yomani)don Maqom

(lbrahim). Setelah itu, odo sebuah

posukan dori Syom dikirim untuk

memeranginya, mako ketika beroda

dipadang pasir, mereka pun ditelan

bumi. Ketiko monusio melihot hal

demikian, moko ia didatangi oleh

ahli ibadah dari negeri Syom dan

orang-orong saleh dori negeri lrak,

lal u mereka membai'atnyo."saa

Besar jarak akibat terjadinya pem-

benaman bumi

566 HR. lbnu Hibban dengan sanad yang

shahih. Dalam pembahasan mun-

culnya lmam Mahdi, yaitu tanda-

tanda hari kiamat nomor 11L, di-

sebutkan bahwa hal itu terjadi di

gurun pasir yang terletak di antara

Makkah dan Madinah.

Hadits-hadits yang menerang-

kan tentang pembenaman

bumi yang terjadi sebagai

hukuman terhadap pelaku

maksiat

Abu Umamah Radhiyallahu

Anhu meriwayatkan, "Rosu-

lulloh Shallallohu Alaihi wo

Sollam bersabdo, 'Akon ada

suotu kaury_dari umat ini yang

menghabiskan malamnya

di atas mokdnan, minuman,

dan hiburon. Lolu pada pogi

harinya mereko telah diubah

bentuknya menjadi bobi. Be-

berapa kabilqh dan kampung

yang ado di sana akan ditelan

bumi, sehinggo poda esok

horinya orong-orong pun ber-

cerito, " Bani Fulon ditelan bumi

todi malam, kompung si fulan

diteldn bumi tadi molom." Ke-

podo mereka okon dikirimkon

bebatuon dori langit. Dan ke-

pado mereka okan dikirimkan

pula angin pemusnah yqng

pernah membinosakon orang-

orong sebelum mereka, kareno

mereka meminum khamar,

memakan riba, menjadikan

budok-budak wonita untuk

menyonyi, dan memutuskan

tali kekeluargoon.' Beliou juga

f[ppafiNDA KIAMAT BESAR

menyebutkon halyang lain no-

mun sayo lupo."s67

Diriwayatkan dari lbnu Umar

Radhiyallahu Anhumo bahwa

Rasulullah Shallallahu Alaihi

wa Sallam bersabda,

"Akan terjadi poda umatku

pembenomon bumi, peruboh-

an bentuk monusia ke bentuk

yong lebih buruk, don pengi-

riman botu dari longit."s68

Diriwayatkan dari lbnu Umar

Radhiyallahu Anhumo bahwa

Rasulullah Shollollahu Alaihi

wa Sallam bersabda,

io ditelan bumi, maka io akan

bergemuruh di dalom tanah

sa m pai h a ri kia mot."s6e

o Diriwayatkan dari Anas Radhi-

yollahu Anhu bahwa Rasulullah

Shallollahu Aloihi wa Sallom

bersabda,

"Wahoi Anas, sungguh manu-

sia okan membangun bonyak

kota, dan soloh satu kota di on-

taronyo disebut Bashrah atau

Bushairah. liko engkau mele-

watinya otau memasukinya,

mako jauhilah tanoh gersang

yong ado padonya, tempat

penambatan kapol, pasarnyo,

don pintu para penguasqnyq.

Datangilah bagian pinggirnya,

sebab di kota itu akan terjodi

pembenaman bumi, pengirim-

on batu dori longit, gempa

yang dohsyat, dan kaum yang

tidur di malam hari (dalam ke-

adaan boik) kemudion di pogi

harinya beruboh menjadi kera

dan babi."slo

Dalam hadits ini, Rasulullah

Shallallahu Alaihi wa Sollom

569 HR. Al-Bukhari dari lbnu Umar Ro-

dhiyollahu Anhuma. Al-Bukhari dan

Muslim juga meriwayatkan hadits

yang senada dari Abu Hurairah

Rodhiyollahu Anhuma.

570 HR. Abu Dawud. Dinyatakan shahih

oleh Syaikh Al-Albani.

;y ;ltit H ,Yt Et

ygr It Jl ,ejli d

'Ketiko odo seorang lelakiyong

menjulurkan sarungnya (sam-

paike bawoh mata koki)dolam

keodoon sombong, kemudian

567 HR.AI-Hakim,dia menyatakan bahwa

hadits itu shahih berdasarkan syarat

Muslim dari jalur Ja'far. Adapun dari

jalur Farqad, maka Al-Bukhari dan

Muslim tidak meriwayatkannya.

568 HR.Al-Hakim,diamengatakan, "Mes-

kipun Abu Az-Zubair mendengar

hadits tersebut dari Abdullah bin

Umar, maka itu adalah hadits shahih

berdasarkan syarat Muslim namun

ia tidak meriwayatkannya."

f MISTeRI AKHIR DUNIA

mengabarkan bahwa manusia

akan membangun banyak kota

yang salah satunya disebut

Bashrah.

Beliau Shollallahu Aloihi wa

Sollam menasihati Anas, bah-

wa jika ia ingin memasuki kota

tersebut hendaknya menjauhi

tanah gersang yang ada di

sana, tempat tambatan kapal,

pasar tempat berkumpulnya

manusia untuk melaksanakan

transaksi jual beli. Beliau Shol-

lallohu Aloihi wo Sallam juga

melarangnya agar tidak men-

datangi pintu para penguasa

zalim di sana. Sebab, di kota

itu akan terjadi pembenaman

bumi, pengiriman batu dari

langit, gempa yang dahsyat,

perubahan bentuk manusia

ke bentuk yang lebih buruk.

Beliau Shallollohu Alaihi wo

Sallam menyuruh Anas untuk

mendatangi bagian pinggir

kota tersebut karena terjauh

dari kehancuran.

o Diriwayatkan dari Nafi', bahwa

seseorang pernah mendatangi

lbnu Umar Rodhiyollohu An-

huma seraya berkata, "Si fulan

mengirim salam untukmu."

lbnu Umar berkata, 'Aku men-

dapatkan kabar bahwa ia telah

melakukan perbuatan bid'ah,

jika ia melakukan perbuatan

bid'ah maka jangan sampaikan

salamku kepadanya, karena

aku mendengar Rasulullah ber-

sabda,

"Akon terjadi poda umatku

-otau pado umat ini-, peruba-

hon bentuk manusia ke bentuk

yong lebih buruk, pembena-

mon bumi, dan pengirimon

batu dari longit, dan itu terjadi

poda orong yqng menofikan

qo d a r ( kete ntu a n Al I o h)."sit

Hadits-hadits di atas menjelas-

kan bahwa pembenaman bumiakan

terjadi pada umat ini. Adapun tiga

pembenaman bumi akan terjadi

pada akhir zaman. Di dalam sebuah

hadits telah dijelaskan, salah satu-

nya berupa tempat dan sebab ter-

jadinya. Sedangkan yang kedua dan

571 Hadits shahih. HR. lbnu Majah dan

At-Tirmidzi.

TAruOA{ANDA KIAMAT BESAR

ketiga, saya belum mendapatkan

hadits yang menjelaskan tempat

dan sebab terjadinya pembenam-

an bumidisana. Wollahu A'lom.

"-.6s1 .sF-

NDA

Asap

lr Mrstenl ArnrR Dunra

o Apa yang dimaksud dengan

asap tersebut?

o Apakah tanda kiamat ini

pernah terjadi?

o Apa hikmah yang bisa dipe-

tik darinya?

Munculnya Asap

f-'l l-t.nda-tanda hari kiamat

ll sangat beragam, di anta-

-l\ ranya ada yang berkaitan

dengan bumi seperti kekeringan

dan pembenanam bumi; ada yang

berhubungan dengan manusia se-

perti banyaknya kaum perempuan

dan sedikitnya kaum lelaki; ada

yang berkaitan dengan perilaku dan

akhlak seperti tersebarnya perbuat-

an zina; dan ada yang berhubungan

dengan langit dan bintang seperti

munculnya Asap.

Gambar simbotis tentang asap

yang mendatangi sebuah negeri,

dan itu bukan asap yang dimaksud

dalam ayat

Dalil yang menunjukkan bahwa

asap ini merupakan salah satu tan-

da hari kiamat adalah firman Allah

To'ola,

"Moko tunggulah pada hari

ketika langit membawa kobut yang

tompak jelas. Yang meliputi monu-

sia. lnilah azab yong pedih. (Mereka

berdoa), "Yo Tuhan kami, lenyap-

kanlah azab itu dorikomi. Sungguh,

kami akan beriman." Bogaimana

mereko dopat menerima peri-

ngatan, podahal (sebelumnya pun)

seorang Rasul telah datang mem-

beri penjelason kepado mereka."

(QS. Ad-Dukhaan [a ]: 10-13)

TEruOe:TeNDA KIAMAT BESAR I

I Dua pendapat ulama ber-

kenaan dengan asap yang

disebutkan dalam ayat

Sebagian ulama berpendapat,

bahwa asap tersebut adalah

bencana yang menimpa orang-

orang Quraisy berupa kesulitan

hidup dan rasa lapar sebagaijawa-

ban atas doa Nabi Muhammad

Shallollohu Alaihi wa Sallam untuk

mereka yang tidak mau menerima

ajakan beliau. Orang-orang Quraisy

itu melihat ke atas langit dan yang

mereka lihat hanyalah asap yang

membuat hidup merasa bertambah

sulit. Pendapat ini dikemukakan

oleh Abdullah bin Mas'ud Radhiyol-

lahu Anhu dan diikuti oleh sekelom-

pok orang dari kaum salafus-shalih.

Menurut lbnu Jarir Ath-Thabari,

pendapat ini lebih kuat dibanding-

kan yang lainnya.sT2

Diriwayatkan dari Masruq

bin Ajda', ia berkata, "Kami se-

dang duduk di dekat Abdullah bin

Mas'ud. Tiba-tiba datang seorang

lelaki menghampirinya seraya ber-

kata, 'WahaiAbu Abdurrahman, ada

pendongeng yang bercerita dan be-

ranggapan bahwa tanda awan (yang

terdapat dalam ayat) akan datang,

lalu akan mencabut nyawa orang-

orang kafir sementara orang-orang

Mukmin akan terserang seperti

penyakit selesma.' Lalu Abdullah

berkata sambil duduk dan dalam

keadaan marah, 'Wahai manusia,

bertakwalah kamu sekalian kepada

Allah. Barangsiapa di antara kalian

yang mengetahui sesuatu, maka

hendaklah dia mengatakan apa

yang dia ketahui. Dan barangsiapa

yang tidak mengetahui, maka hen-

daklah dia mengucapkan, 'Allahu

A'lam (Hanya Allah Yang Mengeta-

huinya). Sesungguhnya Allah To' ala

telah berfirman kepada nabi-Nya,

"Katokanlah (Muhommad), "Aku

tidak meminto imbolon sedikit pun

kepodamu otosnya (dakwohku);

dan aku bukanloh termasuk orang

yong mengoda-odo." (QS. Shaad

[38]: 86) Ketika Rasulullah Shollalla-

hu Alaihi wa Sallam melihat orang-

orang berpaling, beliau mengucap-

kan doa, "Ya Alloh, timpakanloh

tujuh tahun maso poceklik seperti

yang menimpo kaum NobiYusuf."sT3

573 Pakar sejarah menyebutkan, keti-

ka Rasulullah Shallallahu Alaihi

wa Sallom melihat orang-orang

berpaling, beliau mengucapkan

doa, "Ya Allah, timpakanlah tujuh

tahun maso paceklik seperti yong

menimpa kaum Nabi Yusuf." Maka

mereka tertimpa satu tahun masa

paceklik yang menghabiskan se-

gala sesuatu, sehingga mereka

memakan kulit dan bangkai ka-572 Lihat: Tofsir Ath-Thobari (II/2281

MrsTERr Arxln Durura

Maka mereka tertimpa satu tahun

masa paceklik yang menghabiskan

segala sesuatu, sehingga mereka

memakan kulit dan bangkai karena

kelaparansT4; serta seorang di antara

rena kelaparan; serta seorang di

antara mereka memandang ke

arah langit lalu terlihatlah olehnya

segumpal awan (berbentuk asap).

Lalu Abu Sufyan dan orang-orang

dari penduduk Makkah datang

kepada Rasulullah Shallallahu Aloi-

hi wa Sollom dan berkata, "Hai

Muhammad, sesungguhnya engkau

mengatakan bahwa engkau datang

sebagai rahmat untuk sekalian

alam, sementara kaummu hampir

binasa tertimpa malapetaka, ma-

ka berdoalah kepada Allah untuk

keselamatan mereka." Maka Ra-

sulullah Shol/o I la h u Alo ih i wa Sal la m

berdoa kepada Allah, sehingga hujan

turun kepada mereka, maka dengan

demikian sempurnalah tujuh tahun

mereka ditimpa musibah. Lalu

orang-orang mengadukan kepada

beliau Shal/ollahu Alaihi wa Sallam

perihal hujan deras yang turun

kepada mereka, maka beliau pun

berdoa, "Ya Alloh turunkanloh di

sekeliling komi, bukan di otas kami."

Maka awan yang berada di arah

atas kepala beliau bergerak dan

menurunkan hujan kepada orang-

orang yang yang berada di sekitar

kaum Muslimin.

574 Maksudnya, Nabi Muhammad Shal-

lallahu Alaihi wo Sallom mendoakan

mereka agar ditimpa musibah se-

perti musibah yang menimpa pen-

duduk Mesir pada zaman Yusuf

Alaihissalom, yaitu tujuh tahun pa-

ceklik, di mana tanah gersang dan

kering karena hujan tidak pernah

mereka memandang ke arah langit

lalu terlihatlah olehnya segumpal

awan (berbentuk asap).57s

Abdullah bin Mas'ud berkata,

"Telah terjadi lima hal, yaitu: azab

yang pasti minimpa orang-orang

kafirs76, kemenangan bangsa Ro-

mawis77, hantaman yang kerass78,

turun. Hal-itu diterangkan dalam

firman Allah Ta'ala, "Dio (Yusuf)

berkoto, "Agor kamu bercocok ta-

nam tujuh tahun (berturut-turut)

sebagaimana biasa; kemudian

apo yong komu tuoi hendaklah

kamu biarkon di tangkoinyo ke-

cuali sedikit untuk kamu makon.

Kemudion setelah itu akan datong

tujuh (tahun) yang songat sulit,

yang menghabiskon opa yang kamu

simpan untuk menghadapinyo (ta-

hun sulit), kecuoli sedikit dari apa

(bibit gandum) yang komu simpan."

(QS. Yusuf lt2l: a7-a8l

575 Berdasarkan hadits, muttafaq alaih.

576 Maksudnya firman Allah To'alo,

"..padahal sungguh, kamu telah

mendustakan-Nya? Karena itu kelak

(ozob) posti (menimpomu)." (aS.

Al-Furqaan 1251:77!.

577 Maksudnya fi rman Allah Ta' ola, " Alif

Lam Miim. Bangso Romowi telah

dikalohkon, di negeri yang terdekat

dan mereko setelah kekalahannya

itu okan menong." (QS. Ar-Ruum

[30]:1-3]

578 Maksudnya firman Allah To'ola,

"(lngatloh) pado hori (ketika) Kami

menghantom mereko dengon keras.

Kami posti memberi baloson." (QS.

Ad-Dukhaan [aal: 16). Yang di-

maksud dengan hantaman yang

keras adalah perang Badar.

terbelahnya bulansTe, dan muncul-

nya asap."s8o

Sebagian besar ulama ber-

pendapat, bahwa peristiwa

munculnya asap yang merupakan

salah satu tanda hari kiamat belum

terjadi. Hal ini juga dikemukakan

oleh Ali bin Abi Thalib, lbnu Abbas,

dan Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyol-

lohu Anhum.

Al-Hafizh lbnu Katsir Rahima-

hullahjuga lebih memilih pendapat

ini dan berdalil hadits-hadits yang

telah disebutkan sebelumnya.

Sebagian ulama berusaha un-

tuk memadukan semua dalil di atas

dengan mengatakan bahwa mun-

culnya asap akan terjadi dua kali.

Salah satunya telah terjadi sebe-

lumnya, sedangkan yang kedua

akan terjadi pada akhir zaman. Asap

pertama yang muncul adalah awan

yang dilihat oleh kaum Quraisy

berbentuk asap. ltu bukanlah asap

yang sebenarnya yang akan muncul

pada akhir zaman, dan merupakan

salah satu tanda hari kiamat.

579 Maksudnya firman Allah To'olo,

"Saat (hari Kiomat) semakin dekat,

bulan pun terbeloh." (QS. Al-Qamar

[5a]: 1). Hal ini telah disebutkan

dalam pembahasan tanda-tanda

kecil hari kiamat nomor 3.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan

Muslim.

TAruon-Taruoa Krarvrar Bgsan 

-

lbnu Mas'ud Radhiyollahu

Anhu mengatakan, 'Asap tersebut

akan muncul dua kali yang salah

satunya telah terjadis8l. Sementara

yang kedua adalah asap yang me-

menuhi langit dan bumi. Orang-

orang Mukmin akan terserang se-

perti penyakit selesma. Sedangkan

bagi orang-orang kafir, maka asap

itu akan merusak pendengaran

mereka."s82

Pendapat yang kuat adalah

bahwa munculnya asap yang meru-

pakan salah satu tanda hari kiamat

tersebut belum terjadi. lnilah yang

dipahami dari ayat Al-Qur'an se-

bagaimana firman Allah Ta'ola,

"Maka tunggulah pada hori ketika

langit membawa kobut yong tom-

pak jelas." (QS. Ad-Dukhaan [44]:

10). Maksudnya, asap tersebut

akan tampak jelas di langit dan da-

pat dilihat oleh semua orang.

Adapun pendapat yang dike-

mukakan lbnu Mas'ud Rodhiyallohu

Anhu berkenaan dengan asap yang

menimpa kaum Quraisy, maka itu

adalah ilusinasi yang mereka lihat

karena bencana lapar dan letih yang

menyerang mereka. Oleh karena itu,

asap yang akan terjadi pada akhir

Maksudnya, gumpalan awan yang

dilihat oleh kaum Quraisy.

Lihat: At-Todzkiroh (hlm. 655)

580

581

MISTeRI AKHIR DUNIA

zaman kelak adalah yang difirman-

kan Allah To'olo, "Yong meliputi mo-

nusio." (QS. Ad-Dukhaan [  l: 10)

maksudnya benar-benar meliputi

manusia. Begitu pula dengan fir-

man Allah Ta'ala, "lnilah azab yong

pedih." (QS. Ad-Dukhaan [44]: 10),

maksudnya ketika manusia diliputi

rasa takut karena asap yang datang

kepada mereka, maka dikatakan,

"lnilah azab yang pedih."

I Hadits-hadits yang mene-

rangkan munculnya asap

o Hudzaifah bin Usaid Rodhiyal-

lahu Anhu, ia mengatakan,

"Rasulullah Shallallahu Aloihi

wa Sallom melihat kami ketika

kami tengah berbincang-bin-

cang. Beliau bertanya, "Apo

yong kolion perbincongkanT'

Kami menjawab, "Kami sedang

berbincang-bincang tentang

hari kiamat." Beliau bersabda,

"Tidak okan terjadi hari kiamot

hingga kalion lihat sebelumnya

sepuluh tondo." Beliau menye-

butkan, "Dukhon (asap), Daj-

jol...."ssz

Diriwayatkan dari Abu Hurairah

Rodhiyallahu Anhu bahwa Ra-

583 Hadits shahih. HR. Ahmad dan At-

Tirmidzi

sulullah Shallollahu Aloihi

Sallam bersabda,

"Be rsege ro lah me laku ka n o m a I

perbuatan sebelum datong enom

perkara, terbitnya matahori dari

arah barat, asap, Dajjo| binotang

melota, kematian saloh seorang ka-

I i a n, ata u d ata ng nya ha ri kia m ot."sa

o Abdullah bin Abi Mulaikah

bercerita, "Suatu hariaku men-

datangi lbnu Abbas Rodhiyal-

lohu Anhumo, lalu ia berkata,

'Tadi malam aku tidak tidur

sampai pagi.' Aku bertanya,

'Kenapa begitu?' la menjawab,

'Orang-orang mengatakan bah-

wa bintang berekor telah terli-

hat, maka aku sangat takut jika

asap yang merupakan tanda

hari kiamat itu telah muncul,

hal itu membuatku tidak bisa

tidur hingga pagi hari."s8s

HR. Muslim.

Diriwayatkan oleh lbnu Jarirdan lbnu

Abi Hatim. lbnu Katsir mengatakan,

"Sanadnya shahih dan bersambung

sampai lbnu Abbas,"

584

58s

TAHpa,T4NDA KTAMAT BESAR I

Dari perkataan lbnu

dapat kita pahami, bahwa

takut asap yang merupakan

satu tanda hari kiamat telah

cul.

.,-.61g $.;'_

Abbas

beliau

salah

mun-

elata

lr MlsreRr AKHTR Durula

f"--. I AYat Yang menjelaskan

'---'"-5i#Z 

keluarnya binatang me-

Munculnya Binatang

Melata

I p ill,.ilT','l I,T" I"ijl

,l \ kemungkaran menyebar

di mana-mana sementara manusia

terbiasa melakukannya, sehingga

semua urusan menjadi kacau dan

samar; sulit membedakan antara

orang Mukmin dengan munafik.

Bahkan tidak bisa dibedakan antara

orang Muslim dan kafir. Ketika itu-

lah Allah To'ala mengizinkan bina-

tang melata keluar ke dunia.

r Apa yang disebut dengan

Dabbo h (binatang melata)?

o Di mana dan kapan keluar-

nya?

o Apa yang ia lakukan?

Firman Allah Ta'ala, "Dan opo-

bilo perkatoon (ketentuan masa ke-

hancuron alom) telah berloku atas

mereko, Komi keluorkan makhluk

bergerak yang bernyawa dari bumi

yong akon mengatakan kepado

mereka bahwa manusia dohulu ti-

dok yakin kepada ayot-ayot Kami."

(QS. An-Naml [27]:82]

Firman Allah To'olo, frJ.jdJ

artinya "yang akon mengatakan

kepodo mereko." Dalam riwayat

Sa'id bin Jubair, Ashim Al-Jahdari,

dan Abu Raia' Al-Utharidi ayat itu

dibaca il-AEr. artinya ia melukai

mereka atau memberi tanda ke-

pada mereka.'

Tidak ada satu hadits shahih

pun yang menjelaskan ciri-ciri bina-

tang melata tersebut. Al-Mawardi

dan Ats-Tsa'labi menyebutkan ciri-

ciri yang ajaib, namun hal tersebut

tidak berdasarkan kepada dalil. Di

antara yang disebutkannya adalah

bahwa kepala binatang tersebut

adalah kepala sapi jantan, telinga-

nya adalah telinga gajah, dan lain

sebagainya. Namun demikian, ciri-

ciri yang sudah pasti sebagaimana

yang telah kita ketahui adalah:

I

la merupakan binatang melata

dalam wujud aslinya

Berbicara dengan manusia

Keluar dari bumi

Dari mana ia keluar?

Sebuah pendapat mengatakan

keluar dari bukit Shafa di Mak-

kah

Ada yang berpendapat ia keluar

dari bawah Ka'bah

Ada yang mengatakan ia keluar

darigurun pasir

Tidak ada satu hadits pun yang

menjelaskan tempat keluarnya bi-

natang melata tersebut. Maka kita

katakan, "Kita beriman bahwa bi-

natang melata tersebut akan keluar

sebagaimana yang telah difirman-

kan Allah dalam Al-Qur'an, namun

kita tidak mengetahui di mana ia

akan keluar."

TArupe{ANDA KTAMAT BE5AR ri

I Apa sebenarnya binatang

melata tersebut?

6 Ada yang mengatakan bahwa

ia adalah orang yang mende-

bat manusia, dan ini meru-

pakan pendapat yang salah.

.6 Ada yang berpendapat bahwa

binatang itu adalah unta beti-

na Nabi Shalih Alaihissdlam.

.6 Ada pula yang berpendapat

bahwa binatang itu adalah

anak unta betina Nabi Shalih

Alaihissalom.

I Apa yang dilakukannya?

la akan berbicara dengan ma-

nusia seperti yang disebutkan da-

lam firman Allah Ta'ala, "Dan epe-

bila perkataan (ketentuan masa ke-

hancuran alam) telah berloku atas

mereka, Kami keluarkan makhluk

bergerak yang bernyawa dari bumi

yong akon mengatakan kepoda

mereka bahwa manusia dahulu ti-

dak yokin kepada ayat-ayat Komi."

(QS. An-Naml [27]:82)

.6 Binatang itu akan memberi

tanda kepada manusia dengan

besi yang telah dipanaskan

Diriwayatkan dari Abu Umamah

Radhiyallahu Anhu bahwa Rasu-

I- MIsTERI AKHIR DuruIn

lullah Sha//ollahu Alaihi wa Sallam

bersabda,

"Ketika binatang melata keluor,

maka ia akan memberi tonda ke-

pada monusio pada hidung-hi-

dung mereka, lalu mereka semua

akan bercompur kembali dengan

kalian. Hingga ado seseorang yong

membeli unto bertanya (kepada

penjual),'Dari siapa engkau mem-

belinyoT la menjowab,'Dari sese-

orang yang telah diberi tonda pada

hidungnya."ss6

Bagaimana cara memberi tan-

da, apa tanda tersebut akan

tetap ada?

Apakah keturunan seseorang

akan mempunyai tanda yang

i5 dapatkan?

Jikd binatang melata itu telah

selesai memberi tanda pada

manusia, sehingga dapat dibe-

dakan antara yang benar dan

yang salah serta orang beri-

man dan orang kafir, maka apa

yang akan dilakukannya?

586 HR. Ahmad. Al-Haitsami menga-

takan, "Hadits ini diriwayatkan oleh

Ahmad, dan yang meriwayatkannya

adalah para perawi dari jalur Umar

bin Abdurrahman bin Athiyyah, dan

ia adalah seorang yang tslqoh (ter-

percaya)"

Contoh tanda yang diberikan bang-

sa Arab pada tubuh binatang, ada-

pun tanda yang akan diberikan

binatang melata hanya Attah Yang

Maha Mengetahui bentuknya.

Keadaan tersebut akan ter-

jadi pada diri manusia dalam be-

berapa waktu lamanya, sehingga

seseorang bisa memanggil orang

lain dengan mengucapkan "Wahai

orang beriman" atau "Wahai orang

kafir." Jika Allah To'ala berkehendak

kiamat akan tiba, maka Dia akan

mengirimkan angin yang baik untuk

mencabut ruh orang-orang yang

beriman. Sebab, hari kiamat tidak

akan terjadi kecuali pada manusia

yang paling buruk amal perbuatan-

nya, sementara orang-orang yang

beriman tidak merasa sedih de-

ngan kedahsyatan yang besar (hari

kiamat).

Diriwayatkan dari Abdullah bin

Amru Radhiyallahu Anhu bahwa

Rasulullah Shallallohu Alaihi wo

Sallam bersabda, "Dojal okon ke-

luar di kolangan umotku, kemudian

io menetap selama empat puluh."

-Perawi hadits ini berkoto, "Soyo

tidak mengerti, apakah yong di-

maksudkon empat puluh hori otau

empot puluh bulan atau empat

puluh tohun." - Mako Allah mengu-

tus lsa putro Moryam, wajahnyo

seperti wajah Urwah bin Mas'ud.

Lolu lsa mencori Dajjal kemudian

membunuhnya. Kemudian manusio

menetap seperti biosa selama tujuh

tohun dan tidak ada suatu perteng-

kqran pun yang terjadi ontara dua

orang. Seteloh itu Allah mengirim

ongin yang amat dingin dori aroh

Syam. Mako tidak seorong pun

yang tertinggol di permukaan bu-

mi ini yong di dalom hatinya ado

kebaikan atou keimanon seberot

timbongon biji dzarroh pun, me-

loinkon angin itu akon mencobut

nyawanyo. Sehingga sekoli pun

saloh seorang dari kolion mosuk ke

dolom perut gunung, pasti angin

TANoa:Taru oa KIanaAT BESAR

tersebut akon memasukinya lolu

mengambil nyawanya. Maka yang

tertinggal hanyalah orang-orang

yong berkelakuan buruk dan ge-

mor melakukon kejohatan secepat

terbangnyo burung. Mereko tidok

mengenol keboikan apo pun don ti-

dok pernah mencegah kemunkaran

soma sekali. Lalu seton menjelmo

di ontara mereka dan berkota,

"Apakah kamu mau menuruti perin-

tohku7' Mereko bertanya, "Apokah

yang engkau perintohkon kepoda

kamiT' Setan menyuruh mereka un-

tuk menyemboh berhala. Sungguh

pun demikion (keadaan mereka),

rezeki mereka tetap berlimpah-

limpah, kehidupan mereka serba

berkecukupan. Di kola itu ditiuplah

sangkokala, moka tidak ado yong

mendengarnyo kecuali orang yong

mendengarnya dengan seksamo.

Don orang pertoma yang mende-

ngornya adalah seseorang yang

sedong memperbaiki kolam untuk

untanya. Mako matilah ia dan mo-

ti lo h sel u ru h mo n usio."s87

Dalam riwayat lain disebutkan,

bahwa Abu Hurairah Radhiyollahu

Anhu meriwayatkan dari Rasulullah

Shollallahu Aloihi wa Sollam bahwa

bersabda,

Il

587 HR. Muslim.

Mrstenr AKH|R Durura

"Sungguh Alloh akon mengi-

rimkan ongin yong lebih lembut dari

poda sutra dari arah Yomon, maka

tidak seorang pun yang di dolam

hatinya terdapat keimanqn seberot

timbangan biji pun -atau beliou

bersobda, 'seberat timbangon biji

dzarroh pun'- meloinkon angin itu

a ka n me nco b ut nyawa nya."sae

Setelah angin itu mencabut

nyawa orang-orang yang beriman,

maka tinggallah orang-orang yang

mempunyai perilaku yang jahat.

Mereka itulah yang akan mendapat-

kan hari kiamat.

-.cg sa-

588 HR. Muslim.

ANDA

bit

atat

I MISTERI AXHIN DUNIA

-ft 

-. I Ayat yang menerangkan

{t#''*"'n''t8-."u.{ff/ terbitnya mahatari dari

- arah barat

Matahari Terbit dari

Arah Barat

Ilr\.. i antara tanda-tanda kia-

IDffi'il:-"lll,,o"L',1

orang dewasa adalah perubahan

drastis yang terjadi pada gerakan

tata surya. Hal itu terjadi ketika

pada suatu hari manusia menung-

gu terbitnya matahari dari arah

timur, yang merupakan tempat

terbitnya sejak ia diciptakan Allah

To'olo, ternyata matahari itu terbit

dari arah barat. Maka pada saat itu

pintu taubat telah tertutup.

Allah To'ala berfirman, "Yong

mereka nanti-nontikan hanyolah

kedatangan molaikat kepado me-

reko, otau kedatangan Tuhanmu,

otau sebagian tanda-tondo dari

Tuhonmu. Pada hori datangnya

sebagion tondo-tanda Tuhanmu,

tidak berguna logi iman seseorong

yong belum beriman sebelum itu,

atau (belum) berusahq berbuot

kebajikon dengan imonnya itu.

Kotakonlah, "Tungguloh! Komi pun

menunggu." (QS. Al-An'aam [6]:

1s8l

I Hadits-hadits yang me-

nerangkan terbitnya ma-

tahari dari arah barat

o Diriwayatkan dariAbu Hurairah

Rodhiyallohu Anhu bahwa Ra-

sulullah Shallollahu Alaihi wa

Sollam bersabda,

6 A:ir 6z" ri1 &>u

",g 

rr d;T J5., j ,iir;t

:t'Ji fi;r^ir ) djl5'rir' v/ ': Y.

rl,J rg '.p -.UJt i'Jbe:J- .t. v, Lr

'Ada tiga tonda (hari kiamot),

yang apabila telah terjadi ma-

ko tidaklah bermanfaot logi

iman seseorong yong belum

beriman sebelum itu atau

(belum) berusaha berbuot

kebajikon dengon imonnyo

itu, yakni terbitnyo matahari

dari sebelah barat, Dajjo[ dan

munculnya binatong melata

dori bumi."s8e

Hikmah tertutupnya pintu tau-

bat ketika itu adalah karena

iman dari segala sisinya diukur

dengan memercayai sesuatu

yang ghaib (tidak terlihat). Jika

matahari telah terbit dari arah

barat, maka keimanan ketika

itu dapat dilihat dari kasat mata

dan bukan merupakan perkara

ghaib lagi. Sebab, sese-orang

yang baru beriman ketika itu

sama halnya dengan Fir'aun

yang mengaku beriman ketika

ia ditenggelamkan ke dalam

lautan.

o Diriwayatkan dariAbu Hurairah

Rodhiyallahu Anhu bahwa Ra-

sulullah Shollallohu Alaihi wo

Sallom bersabda, "Tidak okan

TAruoa:TRruon KIavAT BE5AR I

tiba hari kiamat sebelum ma-

tahari terbit dari arah borat.

Jika matahariteloh terbit, maka

seluruh monusia berimon. Saat

itu tidaklah bermanfoot lagi

iman seseorqng yong belum

beriman sebelum itu atau

(belum) berusaha berbuat ke-

bajikon dengan imonnya itu.

Niscaya hari kiomat tiba, pada

saat duo orang sedong meng-

gelar baju untuk diperjualbe-

likan, keduanya tidak sempat

logi melakukon transaksi jual

beli dan melipotnya. Hori kia-

mat tiba, di mana ada orong

baru kembali membawa air

susu perohon untanya, tetapi

tidak sempat meminumnya.

Hori kiomat tibo, di mdno

seorong boru memperbaiki

kolamnyaseo, tetopi belum logi

sempat diisi oirnya. Hari ki-

amot tiba, di mono orang baru

mengangkat makanan ke mu-

lutnyo tetapi belum sempat

590 Maksudnya, seseorang memperbai-

ki kolamnya dengan tanah dan

menutupi semua lubangnya, agar

ia dapat mengisinya dengan air dan

memberi minum hewan tunggang-

annya. Namun ia tidak dapat mem-

berinya minum karena hari kiamat

datang dengan tiba-tiba.

,)q'itJ

589 HR. Muslim.

I MISTERI AKHIR DUT.JIA

memakannyq.sslnssz

o Diriwayatkan dari Abu Dzar

Radhiyallahu Anhu, ia berkata,

"Rasulullah Shallollahu Alaihi

wo Sollom bersobda, "Apokah

kolian mengetohui kemano

perginyo motahori." Mereka

(para shahobat) menjowab,

"Alloh don Rosul-Nya lebih me-

ngetah ui." Beliau melo nj utka n,

" Sesungguhnya matahari terus

bergerak hingga berhenti di

tempot menetapnya di bawah

'Arsy, lalu tunduk bersujud (ke-

pada Alloh). Maka ia meloku-

kon hal itu terus-menerus

hinggo dikotakan kepadanya,

'Bangkitlah, dan kembalilah

doritempot kamu datang (dari

arah timur).' Maka io pun kem-

bali, don muncul dori tempot

terbitnya. Kemudion ia berge-

rok hingga berhenti di tempot

menetopnya di bowah 'Arsy,

lolu tunduk bersujud (kepada

Alloh). Mako io melakukan

hol itu terus-menerus hinggo

di-kotakon kepadanya,'Bong-

kitlah, dan kembalilah dari

591 Maksudnya, hari kiamat datang se-

belum seseorang dapat menyantap

makanan yang baru disuapnya, atau

sebelum mengunyahnya atau pun

sebelum menelannya.

HR. Muslim.

tempot kamu datang.' Moko io

pun kembali, dan muncul dori

tempat terbitnyo. Kemudian

io bergerak di mona monusio

tidok mengingkarinya sedikit-

pun. Hingga ia berhenti di

tempot menetopnya di bowoh

'Arsy. Dikatakan kepadonya,

'Bangkitloh, dan terbitlah dari

oroh tenggelammu (dari oroh

barat).' Moko io pun muncul

dari tempat tenggelamnya."

Kemudian Rasulullah Shollal-

laohu Aloihi wo Sollam berta-

nya, "Apokah kalian mengeta-

hui kopan hal itu terjadi? Hol

itu terjodi ketika tidok berguno

logi imon seseorong yong be-

lum berimon sebelum itu, atau

(belum) berusoha berbuat ke-

bajikan dengan imannya itu.uss3

o Diriwayatkan dari Abdullah bin

Amr Radhiyallahu Anhu bahwa

Rasulullah Shallallahu Aloihi

wa Sallam bersabda,

"Sesungguhnyo tanda-tonda

besar hari kiamat ydng perta-

mo keluar adaloh terbitnyo

matahori dari tempat terbena-

mnya (dari orah barot) dan ke-

luarnyo seekor binatang melata

kepada manusia pado woktu

592

593 HR. Muslim.

Dhuha. Tanda yong mona pun

di ontoro dua tonda ini yong

lebih dohulu keluar, moko yang

lainnyo okon muncul dalam

wo ktu yo n g be rd ekoto n."ss4

atatan

lEil#^.,#il'-rm

hammad Shalllallohu Alaihi Wa

Sallam mengabarkan bahwa tanda-

tanda besar hari kiamat yang ke-

luar pertama kali adalah terbitnya

matahari dari arah ba-rat dan kelu-

arnya binatang melata, sementara

di dalam banyak hadits disebutkan

bahwa tanda-tanda besar hari ki-

amat yang pertama adalah muncul-

nya Dajjal atau lmam Mahdi atau

lainnya. Bagaimana kita memadu-

kan antara hadits-hadits tersebut?

lbnu Hajar menuturkan, "Ber-

dasarkan hadits yang paling kuat

adalah bahwa maka munculnya

Dajjal merupakan tanda-tanda be-

sar hari kiamat yang pertama kali

keluar, di mana hal tersebut me-

nyebabkan berubahnya keadaan

bumi secara umum dan berakhir

TAruon-TANoa KIaUAT BESAR

dengan wafatnya lsa putra Maryam.

Sementara itu, terbitnya matahari

dari arah barat adalah tanda-tanda

besar hari kiamat yang pertama

kali keluar yang menyebabkan

berubahnya keadaan alam bagian

atas (langit), dan hal itu berakhir

dengan datangnya hari kiamat.

Barangkali munculnya binatang

melata adalah pada hari-hari terbit-

nya matahari dariarah barat. lmam

Muslim telah meriwayatkan dari

Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah

Shollallahu Aloihi wo Sallam ber-

sa bda, " Sesu n gg u h nya to n d a-ta n do

besar hari kiamat yong pertomo ke-

luar adolah terbitnya matohori dari

tempat terbenamnyo (dari arah

barat) don keluarnya seekor bina-

tang melato kepodo manusio poda

woktu Dhuho. Tanda yang mona

pun di antaro duo tanda ini yang

lebih dahulu keluar, maka yang

lainnya akon muncul dolom waktu

yong berdeketon."ses

ru F*rintah untuk sssern

mnNakr"*N<an fimxfi, p*r-

bumtan yans smlel'l

Diriwayatkan dari Abu Hurairah

Rodhiyollohu Anhu bahwa Rasu-

594 HR. Muslim. 595 Lihat: Fath Al-Bori (77/353)

MIsreRr ArHln Durula

lullah Shol/allahu Alaihi wa Sallom

bersabda,

"Be rsege ro lo h me laku ka n o mal

perbuatdn sebelum datong enom

perkara, terbitnya matohori dari

arah borat, asap, Dojjo[ binatang

melota, kematian salah seorang

kalion, atou datangnya hari kia-

met."s96

Kandungan hadits ini telah di-

kemukakan pada pembahasan yang

sebelumnya.

596 HR. Muslim.

ANDA

LI

laenufrr

kumprrl

ar)

Api yang Menggiring

Manusia Menuju

Tempat Berkumpul

(Padang Mahsyar)

l-ll-landa terakhir dari tanda-

ll tanda hari kiamat adalah

,l\ munculnya api yang me-

nuntun manusia ke bumi tempat

mereka berkumpul (padang mah-

syar). Bumi mahsyar itu berwarna

putih dan mempunyai tanah yang

datar bagaikan roti yang putih ber-

sih dan tidak ada tanda apapun

yang dapat dilihat manusia berke-

naan dengan hal itu.seT

597 Maksudnya tidak ada tanda atau

sesuatu yang menonjol yang dapat

dilihat oleh siapapun bahwa tempat

tersebut adalah bumi mahsyar.

I Hadits-hadits yang me-

nerangkan rnunculnya

api tersebut?

Diriwayatkan dari Hudzaifah

bin Usaid Radhiyollahu Anhu,

ia berkata,

"Rosululloh Shollollahu Alaihi

wo Sollom melihot kami ketika

kami tengah berbincong-bin-

cong. Beliau bertonya, "Apa

yang kalian perbincangkan?"

Kami menjawob, "Komi sedang

berbincong-bincang tentong

hari kiomat." Beliau bersobda,

"Tidak akan terjadi hori kiamat

hingga kalian lihat sebelumnya

sepuluh tondo." Beliou menye-

butkan, "Dukhon (asop), Daj-

jal, Dabbah (binotong melato),

terbitnyo matahari dari barat,

turunnyo lso putra Moryam

Shallallohu Aloihi wa Sollam,

Yo'juj dan Mo' juj, dan tigo

khusuf (pembenaman bumi) di

timur, di borot, dan di jaziroh

Arob, yang terakhir adoloh api

yang keluar dari orah Yoman

a

a

Bagaimana bentuk api ter-

se but?

Bagaimana ia keluar?

Dari mana ia keluar?

Apa yang terjadi setelah ia

keluar?

yong menggiring monusio ke

te m pat berku m pu I me re ka." se8

Dalam sebuah riwayat dise-

butkan, "Api yang keluor dori

tanah yong poling dalam di

doeroh Adn ( di Yaman)."(HR.

Muslim)

o Diriwayatkan dari Abdullah

bin Amr Radhiyollohu Anhu, ia

mengatakan,

"Rasulullah Shollollahu Aloihi

wa Sollam bersobdo kepodo

komi,'Akan keluar api dari lout

Hodhromout otou dari Hadhra-

maut yong mengumpulkon mo-

nusio sebelum datongnyo hori

kiomot.' Kami (para sohobat)

bertonya,'Wahai Rasulullah,

qpo yang engkou perintohkon

kepodo komil Beliou bersab-

da, 'Pergiloh kalion ke negeri

SyoTn."sss

Diriwayatkan dariAnas bin Ma-

lik Rodhiyallohu Anhu, ia berkata,

'Abdullah bin Sallam mendapat ka-

bar tentang kedatangan Rasulullah

Shallollahu Alaihi wo Sallom ke

kota Madinah. Maka ia mendatangi

beliau seraya bertanya, 'Saya ingin

bertanya tentang tiga hal yang ha-

nya bisa dijawab oleh seorang nabi.

598 HR. Muslim.

599 Hadits Shahih. HR. Ahmad.

TANDA.TATpa KlauAT BE5AR 

-

Apakah tanda pertama terjadinya

hari kiamat? Apakah makanan per-

tama bagi penghuni surga? Dan apa

yang menyebabkan seorang anak

menyerupai ibunya? Dan apa yang

menyebabkan seorang anak menye-

rupai paman-pamannya?"

Rasulullah bersabda, " Maloikat

Jibril baru saja memberitohuku."

Abdullah bin Sallam menimpali,

"Jibril adalah malaikat yang sangat

dimusuhi kaum Yahudi.6oo"

600 Orang-orang Yahudi berkata kepada

Nabi Muhammad Shollallohu Aloihi

wa Sollom, "Tidak ada seorang nabi

pun kecuali ada malaikatyangdatang

menyampaikan berita kepadanya,

maka beritahukanlah kepada kami

siapa sahabatmu?" Nabi Muham-

mad Shollqllahu Alaihi wo Sallom

menjawab, "Jibril Alaihissolom."

Mereka berkata, "Jibril adalah

malaikat yang menurunkan azab,

menghembuskan perperangan dan

pertempuran, dan di adalah musuh

kami. Jika engkau mengatakan

Mikail yang telah menurunkan

rahmat, tumbuh-tumbuhan, dan

hujan maka itu adalah lebih baik."

Maka Allah Ta'ola menurunkan

ayat, "Kotokonloh (Muhommad),

" Barongsiopa menjadi musuh libril,

mako (ketahuiloh) bohwo dioloh

yong telah menurunkqn (Al-Qur'on)

ke dalom hotimu dengan izin Alloh,

membenarkan opo (kitab-kitob)

yong terdohulu, don menjadi

petunjuk serto berita gembira

bagi orong-orong berimon."

Borangsiapo yang menjodi musuh

Mrsrgnr AxHtn DuNla

Rasulullah Shallollohu Alaihi

wa Sallom melanjutkan kata-kata

beliau,

"Tqndo pertomo terjadinyo

hori kiamot odaloh munculnyo

opi yong mengumpulkan manusia

dori belahon timur hingga borot.

Makonan pertoma bogi penghuni

surgd adoloh potongon daging

yong menempel pado hati ikon hiu.

Sedongkan onok yong menyerupoi

ibu atou oyahnya adalah ketiko se-

seorqng suomi berhubungan bodan

dengon istrinyo, jika oir spermonyo

yang lebih dahulu memoncar dori

pada air moni istrinyo, moka anak

akan menyerupoi oyohnya, dan

jika air moni sang istri lebih dahulu

memoncor dori pado air spermo

suomi, maka onok akon menyeru-

pai ibunya." Abdullah bin Sallom

berkata, "Sayo bersaksi bahwo

e ng ka u ad o la h Rosul u I I a h."60r

Al I a h, m a I a i kot-m o I a i kot- Nya, ra su l-

rosul-Nya, Jibril don Mikail, maka

sesungguhnya Allah musuh bagi

o ra n g-o ro ng kafi r." {Q5. Al-Baqarah

[2]: s7-98)

601 HR. Al-Bukhari.

f-aiatarr

\l\. iriwayatkan dari Abdul-

ll l)'.n bin Amr Rodhiyauahu

tLJ/ Anhu bahwa Rasulullah

Shallollohu Alaihi wo Sollam ber-

sabda,

"Sesungguhnya tondo-tanda

besar hori kiamot yqng pertama

keluar odalah terbitnyo motahori

dori tempot terbenamnya (dari

aroh barat) don keluarnya seekor

binotong melota kepoda manusio

pado woktu Dhuho. Tando yang

mona pun di qntora duo tondo ini

yang lebih dohulu keluor, mako

yang loinnyo okon muncul dalom

wa ktu yo ng be rd ekoto n."602

Bagaimana memadukan ha-

dits yang menerangkan tanda-

tanda hari kiamat yang sebelumnya

dengan hadits yang menyebutkan

bahwa munculnya api adalah tan-

da-tanda hari kiamat yang pertama

kali muncul?

;lnn.rhtttt,

Yang dimaksud hadits tersebut

adalah tanda-tanda hari kiamat

bukan tanda-tanda telah dekatnya

hari kiamat. Hal ini diperkuat oleh

TANDA-TAruon K IavAT BESAR

riwayat lain yang disebutkan oleh

Al-Bukhari, 'Apa tanda-tanda hari

kiamat yang pertama kali mun-

cul?"

f atata rr

a il"li::1""1::il,?'iT

^( \untarr api yang pernah

muncul di negeri Hijaz yang menye-

babkan leher-leher unta bercahaya

di Bushra, karena api itu muncul

pada abad ke-7, dan termasuk salah

satu ta nda-ta nda kecil ha ri kiamat.603

,lrit! li lll irri",'1;11't , -:!1.I ,i,,'";C. t'lill

Diriwayatkan dari Abu Hurairah

Rodhiyollahu Anhu bahwa Rasu-

lullah Shol/ollahu Alaihi wa Sallom

bersabda,

"Monusiq okon dikumpulkon

menjodi tiga kelompok, yoitu ke-

lompok yong meroso berhorap dan

takut; Ado pula yong duo orong

menoiki seekor unto, tiga orong

noik seekor unto, empot orong

noik seekor unte, dan sepuluh

orong noik seekor unto; don

603 Hal ini telah dijelaskan pada pem-

bahasan tanda-tanda kiamat nomor

13.

sisanyo dikumpulkan oleh opi yang

menyertdi mereko pado woktu tidur

siong, tidur malam, podo pagi hori,

don sore hori."604

Maksudnya, api tersebut tidak-

lah membakar manusia, namun

hanya menggiring mereka ke bumi

mahsyar (tempat berkumpul) di

negeri Syam. Jika manusia berjalan

lalu merasa letih sehingga ia mam-

pir di suatu tempat untuk tidur

siang, maka api itu pun berhenti

menggiring mereka. Jika mereka

bangun dari tidur siang, maka api

itu pun akan menyertai mereka dan

menggiring mereka ke negeriSyam.

Begitu juga apabila manusia tidur

malam, maka api pun berhenti

menggiring mereka. Jika datang

pagi hari, maka api itu pun meng-

giring manusia ke negeri Syam.

Abu Dzar Rodhiyollahu Anhu

meriwayatkan, "Rasululloh Shol-

lollohu Aloihi wo Sallam bersabdo,

"Sesungguhnyo mqnusio itu okon

dikumpulkon dalom tigo kelompok:

ado kelompok yong mereka mokon,

berpokoion, don berkendaroon;

oda kelompok yang berjalan koki

dan berlari, don odo kelompok

yang diseret mukonyo oleh paro

molaikot." Lolu soloh seorong dari

604 HR. Al-Bukhari.

MIsrgnI AKHIR DUNIA

mereka (shohabot) bertonyo, "Duo

kelompok ini sudah komi kenal,

maka bagaimana halnyo dengon

orong-orong yong berjolan kaki

don berlori?" Beliau menjowob,

"Alloh okon menimpakon penyakit

pada bi noto n g-bi nota ng tu nggo n g-

an hingga tidak oda yang tersiso,

sehinggo odo orang yong memiliki

kebun yang bogus untuk ditukorkan

dengan unto tuo yong lemah dan

mempunyai pelona, nomun orang

itu tidok dopot memilikinya."6os

*cP Sa,-.

605 Hadits Shahih. HR. Ahmad dan An-

Nasa'i.

TAruoa{aNDA KIAMAT BESAR

,l-q' egala puji hanya milik Allah atas semua itu dan akan mendo-

\ To'olo yang telah memberi akan yang bersangkutan untuk

}r-/' kemudahan dan pertolong- memperoleh kebaikan.

an bagiku untuk merampungkan

buku ini. Saya memohon kepada-

Nya, semoga buku ini bermanfaat

dan menjadikan niatku dalam me-

nulisnya hanya murni karena Allah

semata.

Saya sangat berharap bahwa

tulisan mengenai tanda-tanda hari

kiamat ini sudah disajikan dengan

ungkapan baru yang menarik, se-

hingga pembaca yang budiman

dapat menikmatinya dan mem-

peroleh hal-hal yang bermanfaat.

Sekali lagi saya berharap, semoga

saya sudah memberikan apa yang

saya cita-citakan dan saya impikan.

Sungguh menggembirakan seki-

ranya para pembaca yang budiman

dapat menggoreskan penanya, ke-

' mudian menyampaikan pendapat,

saran, atau pandangannya tentang

buku ini, lalu mengirimkannya ke-

pada saya melalui e-mail atau pun

SMS. Saya sangat berterima kasih

Hanya kepada Allah saya memo-

hon agar kita semua mendapatkan

petunjuk-Nya. Amiin.

Penulis

Dr. Muhammad bin

Abdurrahman Al-Arifi

. Dosen Akiqah don perbondingan

agomo don mazhob kontempo-

rer Universitos King Saud- Ri-

yodh- Saudi Arobio.

o Anggota Lemboga Tinggi Pe-

nyiaran lslam.


Related Posts:

  • Misteri akhir dunia 8 uhan.539 HR. Ahmad; HR. At-Tirmidzi, dan iamenyatakan bahwa hadits ini hasanshahih. Hadits ini juga diriwayatkanoleh Al-Bukhari dan Muslim darijalurAbu Sa'id Al-Khudri Radhiyollohu Anhu.Dalam sebuah hadits yangmenjelask… Read More