. Hal inilah yang telah
dilakukan oleh Rasulullah Muhammad saw. sebagai pembawa Islam, kepada
umat Islam pada masa awal perkembangan Islam, sebagaimana dapat dibaca
pada hadis berikut ini:
Hadis di atas memberikan penjelasan bahwa Rasulullah telah melaksanakan
pendidikan bersuci tidak hanya di masjid tetapi juga di tempat-tempat lain
yang dekat dengan rumahnya, hal ini tentu saja dilakukan Rasul karena
bersuci merupakan ibadah penting diketahui oleh seluruh umat Islam. Tentu
saja pendidikan bersuci yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah ini tidaklah
berhenti atau hanya dilaksanakan pada masa Rasul, melainkan juga menjadi
keharusan bagi umat Islam sepanjang jaman, dan karenanya jika tidak ada
sama sekali umat Islam yang memberikan pendidikan bersuci kepada umat
Islam atau generasi berikut maka berdosalah kita umat Islam keseluruhan.
Hadis dan penjelasan di atas merupakan kajian teoritis dari perintah
pendidikan bersuci, karena bersuci sifatnya praktis tentu ada tuntunan praktis
yang diberikan Rasulullah dalam memberi pelajaran bersuci. Adapun tuntunan
يِنَثَّدح قاحسِإ نب ٍرصن انَثَّدح دبع ِقاَّزَّرلا نع ٍرمعم نع ٍماَّمه نع يِبَأ َةريره
نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق اَل ُلبْقي هللا َةاَلص مُكدحَأ اَذِإ َثدحَأ ىَّتح
َأَّضوتي8.
نَأ َنامْثع َأَّضوت دعاَقمْلاِب َلاَقَف اَلَأ مُكيِرُأ ءَوضو ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع
ملسو َّمُث َأَّضوت اًثاَلَث اًثاَلَث9.
8 Artinya: Tidak diterima Allah salat seseorang kamu jika dalam keadaan berhadas,
hingga ia berwudhu’. Hadis ini marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan perawi
yang siqah, siqah hafiz dan saduq. Oleh at-Tirmizi hadis ini dianggap hasan sahih. Abu al-
Husain Muslim ibn al-Hajjaj, Sahih Muslim, (Bandung: Al Ma’arif, t.t.), juz 1, h. 114; at-
Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih (Semarang: Toha Putra, t.t.), juz 1, h. 3. Hadis
semakna dapat ditemukan pada Sahih Bukhari, Sunan Abu Daud dan Musnad Imam Ahmad.
9 Sesungguhnya Usman telah mengajar cara berwuduk di Maqaid yaitu di kedai-kedai
yang berhampiran dengan rumahnya. Beliau bertanya: Mahukah kamu jika aku tunjukkan
bagaimana cara Rasulullah saw. mengambil wuduk? Beliau kemudian berwuduk tiga-tiga
kali. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 116. Hadis syarif marfu’ kepada Nabi saw., diriwayatkan
oleh perawi siqah, siqah subut dan siqah hafiz; diriwayatkan juga dalam Al-Bukhari, an-
Nasa’i, Abu Daud, dan Ahmad.
231
Rasulullah tentang bersuci yaitu dengan cara memberi contoh atau mempraktekkan
bagaiamana cara bersuci yang baik dan benar, hal inilah yang dapat dipelajarai
dari hadis-hadis dan penjelasan di bawah ini.
Dalam Islam, mandi merupakan bagian penting dari ibadah, yang dimaksud
mandi yaitu mandi janabat (mandi wajib) bagi setiap Muslim yang dalam
keadaan berhadas, dan mandi ini merupakan syarat wajib syahnya ibadah yang
dilaksanakan orang Islam, karenanya Rasul memberikan pendidikan kepada
umatnya tentang mandi seperti yang terungkap dalam hadis berikut ini:
Dalam hadis ini diriwayatkan bahwa beberapa orang sahabat belajar
mandi kepada Rasul, dengan demikian maka hadis ini intinya yaitu memberi
pendidikan bagi umat Islam bagaimana menggunakan air, terutama dalam
mandi yakni mandi janabat yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.
Dalam hadis lain ditemukan penjelasan praktis Rasulullah tentang mandi
wajib, yaitu:
نع ِريبج ِنب ٍمعْطم َلاَق اورامت يف ِلسغْلا دنع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
َلاَقَف ضعب ِموَقْلا اَّمَأ انَأ يِّنِإَف ُلسِْغَأ يسْأر اَذَك اَذَكو َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص
هللا هيَلع ملسو اَّمَأ انَأ يِّنِإَف ضيفُأ ىَلع يسْأر َثاَلَث ٍّفُكَأ10.
نع َةشئاع تَلاَق َناَك ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ َلستْغا نم ةبانجْلا ُأدبي
ُلسِغيَف هيدي َّمُث ُغِرْفي هِنيميِب ىَلع هلامش ُلسِغيَف هجرَف َّمُث ُأَّضوتي هءَوضو ةاَلَّصلل َّمُث
ُذخْأي ءَامْلا ُلخديَف هعِباصَأ يف ِلوصُأ ِرعَّشلا ىَّتح اَذِإ ىَأر ْنَأ دَق َأربتسا نَفح ىَلع
هسْأر َثاَلَث تانَفح َّمُث ضاَفَأ ىَلع ِرئاس هدسج َّمُث َلسَغ هيَلجِر11.
10 Artinya: Diriwayatkan daripada Jubair bin Mut’im ra. katanya: Para Sahabat belajar
menggunakan air untuk mandi dari Rasulullah saw. Sebahagian daripada mereka berkata:
Aku menuangkan air ke kepalaku begini, begini. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Aku meyiram
kepalaku dengan air yang diceduk dengan menggunakan tapak tangan sebanyak tiga kali.
Hadis ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, kualitas perawinya yaitu siqah
subut imam, siqah subut, siqah hafiz, dan siqah muttaqîn. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 146.
11 Artinya: Diriwayatkan daripada Aisyah ra. katanya: Apabila Rasulullah saw. mandi hadas,
baginda memulakannya secara membasuh kedua tangan. Baginda menuangkan air dengan
menggunakan tangan kanan ke tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwuduk
sebagaimana yang biasa dilakukan ketika ingin mendirikan sembahyang. Kemudian baginda
menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut sehinggalah rata. Sebaik sahaja
selesai baginda membasuh kepala sebanyak tiga kali, seterusnya baginda membasuh seluruh
tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki. Muslim, Shahih Muslim, juz 1, h. 143; at-Tirmizi,
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
232
Pelajaran penting yang dapat diambil dari ketiga hadis ini di atas
yaitu pendidikan atau tata cara mandi hadas. Dengan adanya hadis-hadis
ini umat Islam menjadi tahu bagaimana cara mandi hadas yang dilakukan
atau dipraktekan oleh Rasulullah dan untuk selanjutnya akan dijadikan
pedoman bagi umat Islam melaksanakan mandi janabat (mandi hadas).
Selain mandi wajib, seorang Muslim juga diwajibkan untuk berwudhu jika
hendak melaksanakan ibadah terutama salat, dalam kaitan ini Rasul memberikan
pendidikan berwudhu kepada umat Islam seperti terungkap pada hadis berikut:
نع دبع هللا ِنب ديز ِنب ٍمصاع ِّيِراصنَأْلا تناَكو هَل ٌةبحص َلاَق َليق هَل ْأَّضوت انَل
ءَوضو ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اعدَف ءٍانِإِب َأَفْكَأَف اهنم ىَلع هيدي
امهَلسغَف اًثاَلَث َّمُث َلخدَأ هدي اهجرختساَف ضمضمَف قشنتساو نم ٍّفَك ةدحاو
Sunan at-Tirmizi, juz 1, h. 70. Hadis ini syarif marfu’ dengan sanad wahid, perawi sebagian besar
siqah; at-Tirmizi menganggapnya hasan sahih, dapat di-takhrij pada Sahih Bukhari, Sunan
at-Tirmizi, Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, an-Nasâ’i, Musnad Ahmad, Imam Malik dan ad-Darimy.
12 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibn Abbas, dia berkata bahwa bibiku Maimunah berkata:
Aku pernah membawa air kepada Rasulullah saw. untuk mandi hadas. Baginda memulakannya
dengan membasuh dua tapak tangan sebanyak dua atau tiga kali. Kemudian baginda memasukkan
tangan ke dalam bekas berisi air, lalu mecedokkan air ini ke atas kemaluan serta membasuhnya
dengan tangan kiri. sesudah itu baginda menggosokkan tangan kiri ke tanah dengan kuat,
lalu berwuduk sebagaimana yang biasa dilakukan untuk mendirikan sembahyang. Kemudian
baginda menuangkan air yang dicedok dengan dua telapak tangan ke kepala sebanyak tiga kali.
Seterusnya baginda membasuh seluruh tubuh, lalu beralih dari tempat ini dan membasuh
kedua kaki, kemudian aku mengambilkan sapu tangan untuk baginda, tetapi baginda menolaknya.
Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 143. Hadis ini tergolong syarif sahih’; at-Tirmizi menganggapnya
hasan shahih; diriwayatkan oleh perawi yang siqah, siqah hafiz, siqah makmun, dan siqah
yursal; dapat di-takhrij pada Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, Sunan Abu Daud, Sunan an-
Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Imam Ahmad.
Selain hadis di atas, berikut ini juga berisi pendidikan praktis dari Rasul
tentang cara mandi hadas;
هيَلع هللا ىلص هللا ِلوسرل تيندأَ تلَاَق ُةنوميم يتَلاخ يِنتَثَّدح َلاَق ٍسابَّع ِنبا نع
َّمُث ءِانِإْلا يف هدي َلخدَأ َّمُث اثًاَلَث وأَ ِنيتَّرم هيفَك َلسغَف ةبانجْلا نم هَلسُغ ملسو
اديدش اًكْلد اهَكَلدَف ضرَأْلا هلامشبِ برض َّمُث هلامشبِ هَلسَغو هِجرَف ىَلع هِب َغرْفَأ
َلسَغ َّمُث هفَك ءَْلم تانَفح َثاَلثَ هسْأر ىَلع َغرْفَأ َّمُث ةاَلَّصلل هءَوضو َأَّضوت َّمثُ
12.هَّدرَف ِليدنمْلاِب هتيتَأ َّمُث هيَلجِر َلسغَف كلَذ هماَقم نع ىَّحنت َّمُث هدسج رئاس
233
Hadis ini memberi pelajaran bagi umat Islam tentang cara Rasulullah
berwudhu dan menjadi dasar tentang disunnahkannya tiga kali-tiga kali
dalam berwudhu.
Hadis lain yang juga pendidikan praktis berwudhu dari Rasulullah yaitu :
13 Artinya: Diriwayatkan daripada Abdullah bin Zaid bin A’sim al-Ansari ra. katanya:
Beliau telah ditanya: Tunjukkan kepada kami cara Rasulullah saw. berwuduk. Maka beliau pun
meminta sebekas air, lalu menuang sedikit air ke atas tapak tangan dan membasuhnya sebanyak
tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangan ke dalam bekas untuk menceduk air dengan
tangannya dan berkumur-kumur serta memasukkan air ke dalam hidung dengan air yang sama
sebanyak tiga kali. Kemudian beliau menceduk air sekali lagi lalu membasuh muka sebanyak
tiga kali. Selepas itu beliau menceduk lagi dengan tangannya lalu membasuh tangan hingga
ke paras siku dua kali. Kemudian beliau menceduk lagi lalu menyapu kepala dalam keadaan menyapu
tangannya dari arah depan kepala ke arah belakang dan menyapu tangannya kembali ke arah
depan kepala, kemudian beliau membasuh kedua kakinya hingga ke paras buku lali. Selepas
itu beliau berkata: Beginilah cara Rasulullah saw. mengambil wuduk. Muslim, Sahih Muslim,
juz 1, h. 118; at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi, juz 2, h. 34. Hadis ini syarif marfu’ muttasil, dengan
perawi siqah dan siqah hafiz; at-Tirmizi menganggapnya hadis sahih; dapat di-takhrij pada
Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah.
Artinya: Hadis Saidina Othman bin Affan ra.: Diriwayatkan daripada Humran ra.
katanya: Saidina Othman bin Affan ra. telah meminta air untuk berwuduk, sesudah memperolehi
air beliau terus membasuh dua tangan sebanyak tiga kali, kemudian berkumur-kumur serta
memasuk dan mengeluarkan air dari hidung. Kemudian beliau membasuh muka sebanyak tiga
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
هدي َلخدَأ َّمثُ اثًاَلَث ههجو َلسغَف اهجرختساَف هدي َلخدَأ َّمُث اثًاَلَث كلَذ َلعَفَف
اهجرختساَف هدي َلخدَأ َّمُث ِنيتَّرم ِنيتَّرم ِنيَقَفرمْلا ىَلِإ هيدي َلسغَف اهجرختساَف
عَكْلا ىَلِإ هيَلجِر َلسَغ َّمُث ربدَأو هيديِب َلبْقَأَف هسْأرِب حسمَفَناَك اَذَكه َلاَق َّمُث ِنيب
13.ملسو هيَلع هللا ىلص هللا ِلوسر ءُوضو
نع ديِزي نب ءُاَطع يِنربخَأ َلاَق ِّيِرهُّزلا نع بيعش انربخأَ َلاَق ناميْلا وبأَ انَثَّدح
ىَلع َغرْفَأَف ءٍوضوِب اعد َنافع نب َنامْثع ىَأر هَّنَأ َنافع ِنب َنامْثع ىَلوم َنارمح
ضمضمت َّمُث ءِوضوْلا يف هنيمي َلخدَأ َّمُث تاَّرم َثاَلثَ امهَلسغَف هئانإِ نم هيدي
هسْأرِب حسم َّمُث اثًاَلَث ِنيَقَفرمْلا ىَلِإ هيديو اثًاَلَث ههجو َلسَغ َّمُث رَثنتساو قشنتساو
وحن ُأَّضوتي ملسو هيَلع هللا ىلص َّيبَِّنلا تيَأر َلاَق َّمُث اثًاَلَث ٍلجِر لُك َلسَغ َّمثُ
امِهيف ُثِّدحي اَل ِنيتعْكر ىلص َّمُث اَذه يئوضو وحن َأَّضوت نم َلاَقو اَذه يئوضو
14.هِبنَذ نم مَّدَقت ام هَل هللا رَفَغ هسْفن
234
Dua hadis di atas, sesungguhnya hanya contoh dari sekian banyak hadis
Rasul yang memberikan pendidikan praktis berwudhu kepada umat Islam.
Hal penting yang dapat dipelajari dari hadis ini yaitu tentang tata cara
Rasul dalam berwudhu, jika saja tidak ditemukan hadis-hadis seperti ini ,
sulit kiranya bagi umat Islam untuk bisa melakukan wudhu dengan benar. Adapun
cara yang ditempuh Rasul dalam memberikan pendidikan wudhu kepada umat
Islam (para sahabat) yaitu dengan jalan memberi contoh atau mempraktekan.
Tayamum juga merupakan satu ajaran Islam yang berkaitan dengan ibadah,
dan karenanya Rasulullah dalam beberapa hadisnya menjelaskan tentang tata
cara bertayamum. Di antara hadis-hadis ini yaitu :
Hadis lain yang mengajarkan tentang tatacara bertayamum yaitu hadis
yang diriwayatkan oleh Bukhari, yaitu:
انَثَّدح مدآ َلاَق انَثَّدح ُةبعش انَثَّدح مَكحْلا نع ٍّرَذ نع ديعس ِنب دبع ِنمحَّرلا ِنب
ىزبَأ نع هيِبَأ َلاَق ءَاج ٌلجر ىَلِإ رمع ِنب ِباطخْلا َلاَقَف يِّنِإ تبنجَأ مَلَف بصُأ
ءَامْلا َلاَقَف راَّمع نب ٍرساي رمعل ِنب ِباطخْلا امَأ رُكْذت اَّنَأ اَّنُك يف ٍرَفس انَأ تنَأو
اَّمَأَف تنَأ مَلَف لصت اَّمَأو انَأ تْكَّعمتَف تيلصَف ترَكَذَف ِّيِبَّنلل ىلص هللا هيَلع
kali dan membasuh tangan kanannya hingga ke paras siku sebanyak tiga kali. Selepas itu beliau
membasuh tangan kirinya sama seperti beliau membasuh tangan kanan kemudian menyapu
kepalanya dan membasuh kaki kanan hingga ke paras buku lali sebanyak tiga kali. Selepas itu
beliau membasuh kaki kiri, sama seperti membasuh kaki kanannya. Kemudian Saidina Othman ra.
berkata: Aku pernah melihat Rasulullah saw. berwuduk seperti cara aku berwuduk. Aku juga
telah mendengar baginda saw. bersabda: Sesiapa yang mengambil wuduk seperti cara aku berwuduk
kemudian dia menunaikan sembahyang dua rakaat dan tidak berkata-kata antara wuduk dan
sembahyang, maka Allah akan mengampunkan dosa-dosanya yang telah lalu. Muslim, Sahih
Muslim, juz 1, h. 115. Hadis ini syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan
para perawi yang siqah dan siqah subut. Hadis semakna dapat di-takhrij dalam Sahih Bukhari,
Sunan an-Nasa’i, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.
15 Artinya: Dari ‘Ammar bin Yasir: “Sesungguhnya Nabi saw., menyuruh bertayamum dengan
wajah dan kedua telapak tangan.” Hadis ini termasuk syarif marfu’, dengan perawi siqah,
siqah subut dan siqah hafiz; oleh Imam at-Tirmi¿i disebutkan bahwa hadis dari ‘Ammar ini
yaitu hasan sahih. at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 96. Hadis ini dapat
ditakhrij pada Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Sunan
Abu Daud, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.
15ِنيفَكْلاو هجوْلل ِمُّميتَّلاِب هرمَأ ملسو هيَلع هللا ىلص َّيبَِّنلا نَأ ٍرساي ِنب ِراَّمع نع
235
Menurut Asqalani dalam sarahnya, dijelaskan bahwa hadis ini mengajarkan
kepada sahabat tentang cara tayamum dengan perbuatan atau dengan cara
mendemonstrasikannya.17
Secara umum dapat disebutkan bahwa hadis-hadis ini di atas merupakan
pendidikan praktis yang dilakukan oleh Rasulullah dalam memberi pengajaran
bersuci kepada para sahabat pada masa itu, dan juga dapat difungsikan sebagai
pengajaran bersuci bagi umat Islam pada umumnya, baik pada masa dahulu
ataupun masa sekarang, bagi mereka yang tinggal di daerah Arab sekitarnya
maupun yang ada di seluruh belahan bumi Allah ini. Untuk masa sekarang,
hadis-hadis ini juga masih relevan dengan kebutuhan pendidikan bersuci
di kalangan umat Islam, begitu juga pendidikan bersuci dengan cara memberi
contoh atau mempraktekan yang diterapkan oleh Rasul masih relevan diterapkan
pada masa sekarang ini. Baik itu pendidikan bersuci yang diberikan kepada
orang dewasa terlebih lagi yang diberikan kepada anak-anak.
2. Pendidikan Shalat
Cara paling tepat mendidik anak-anak mengenal Allah, yaitu melatih
mereka mengerjakan shalat. Dengan cara ini anak dibiasakan untuk bersujud,
walaupun mereka belum mengerti kepada siapa dan untuk apa mereka bersujud,
minimal anak-anak dapat menghayati bahwa dia bersama orang tuanya bersujud
bersama-sama, dengan begitu di hati anak akan tertanam bahwa yang paling
tinggi di atas dirinya bukanlah orang tuanya. Inilah yang paling penting tertanam
di hati anak, bahwa orang taupun masih tunduk kepada yang lain, yaitu Allah swt.
ملسو َلاَقَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو امَّنِإ َناَك كيفْكي اَذَكه برضَف ُّيِبَّنلا
ىلص هللا هيَلع ملسو هيفَكِب ضرَأْلا خَفنو امِهيف َّمُث حسم امِهِب ههجو هيفَكو16.
16 Artinya: Hadis Adam, katanya hadis Syu’bah ibn Abdurrahman ibn Abza dari ayahnya
katanya seorang laki-laki datang kepada Umar ibn Khattab, maka katanya saya sedang janabat
dan tidak menemukan air, kara Ammar ibn Yasir kepada Umar ibn Khattab, tidakkah anda
ingat ketika saya dan anda dalam sebuah perjalanan, ketika itu anda belum salat, sedangkan
saya berguling-guling di tanah, kemudian saya salat. Saya menceritakannya kepada Rasul saw.
kemudian Rasul saw. bersabda: “Sebenarnya anda cukup begini”. Rasul nemukulkan kedua
telapak tangannya ke tanah dan meniupnya kemudian mengusapkan keduanya pada wajahnya.
al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, juz 1, h. 193. Hadis ini tergolong syarif marfu’ dengan kualitas
perawi siqah, siqah hafiz dan siqah subut; diriwayatkan juga oleh Imam Muslim, an-Nasa’i,
Abu Daud, Imam Ahmad dan Darimy.
17 Ahmad ibn Ali ibn Hajar al-Asqalani, Fathul Bari Syarah Sahih al-Bukhari (Bairut:
Dar al-Ma’rifah,1379 H), juz 2, h. 11.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
236
Menurut bahasa salat mengandung arti do’a, sedang menurut istilah
berarti suatu sistem ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan laku-
perbuatan dimulai dengan takbir dan diakhiri degan salam, berdasar atas syarat-
syarat dan rukun-rukun tertentu, salat merupakan rukun Islam kedua dan
hukumnya fardu ‘ain bagi setiap Muslim yang telah baligh (dewasa).18 Melaksanakan
salat wajib hukumnya bagi setiap Muslim sebagaimana disebutkan dalam
Q.S. An-Nisa/4: 103, Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah
Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila
kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya
salat itu yaitu kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
Karena begitu pentingnya salat sebagai jalan menjadikan manusia untuk
tunduk kepada Allah, maka nabi Ibrahim memohon kepada Allah agar dirinya
dan keturunannya dijadikan sebagai orang-orang yang tetap menegakkan shalat,
sebagaimana tercantum dalam Q.S. Ibrahim/14: 40, Ya Tuhanku, jadikanlah
aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami,
perkenankanlah do‘aku.
Sebab itu Rasulullah saw. memerintahkan kepada orang tua Muslim untuk
mendidik anak-anaknya mengerjakan salat ketika sudah berusia 7 (tujuh)
tahun, sebagaiamana disabdakan Rasul berikut ini:
Hadis ini secara jelas memerintahkan kepada orang tua agar memberi
pendidikan salat kepada anak-anak jika telah berusia tujuh tahun, dan jika
pada usia sepuluh tahun anak tidak juga mau melaksanakan salat maka orang
tua boleh memukulnya, tetapi bukan memukul anak dengan kasar dan keras
sampai anak merasa tersiksa, yang dianjurkan Rasul yaitu memukulnya
sebagai peringatan dan tidak melampui batas kasih sayang.
Dalam redaksi yang berbeda Abu Daud juga meriwayatkan hadis semakna,
yaitu:
18 Razak, Dienul Islam, h. 178.
19 Artinya: Dari Jaddah berkata Rasulullah saw; “Ajarilah (didiklah) anak-anakmu
dengan shalat, jika telah berusia tujuh tahun dan pukullah (jika meninggalkan shalat) dia
jika telah berusia sepuluh tahun.” Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad
wahid, dengan perawi yang siqah, siqah hafiz, la ba’sa bihi, dan siqah al-’ajali. at-Tirmizi,
Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 253. Hadis ini dapat juga ditakhrij pada
Sunan Abu Daud dan Sunan ad-Darimy.
ر لاق :لاق هدج نعلسو هيَلع هللا ىلص هللا ُلوسنبا ةلاصلا بىصلااوملع " م
19.ةرشع نبا اهيلع هوبرضاو ,يننس عبس
237
Abu Daud juga mencantumkan hadis ini dalam redaksi yang berbeda di
mana frasa murru auladakum diganti dengan murru al-shabiyy, tanpa perbedaan
Hadis Rasul ini sejalan firman Allah yang terdapat dalam Q.S. Thaha/20: 132,
Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu
dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi
rezki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu yaitu bagi orang yang bertakwa.
Ayat ini mengandung arti, selamatkanlah mereka dari azab Allah dengan
mengerjakan salat secara rutin dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.21
Perintah ini sejalan juga dengan firman Allah dalam Q.S. Luqman/31: 17, Hai
anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan
cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa
yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang
diwajibkan (oleh Allah).
Dalam mengajarkan salat kepada anak-anak hendaklah diberikan secara
bertahap, yaitu bagi anak-anak umur 7 (tujuh) tahun pertama yang diajarkan
نع هِّدج َلاَق: َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اورم مُكداَلوَأ ةاَلَّصلاِب
مهو ءُانبَأ ِعبس ينِنس مهوبِرضاو اهيَلع مهو ءُانبَأ ٍرشع اوُقِّرَفو مهنيب يف
ِعِجاضمْلا )هاور دوادوبا(20.
20 Artinya: Dari Jaddah, Rasulullah saw. bersabda: Seruhlah anak-anakmu mengerjakan
salat ketika mereka berumur 7 (tujuh) tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau mengerjakan
salat ketika mereka telah berumur 10 (sepuluh) tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka
(putra dan putri) (HR. Abu Daud).
21 Abul Fida’ Isma’il ibn Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Ibnu Kasir (Bandung: Sinar Baru
Algesindo, 2003), juz 16, h. 456.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
dan menarik hati, kemudian ÈÇÉ yaitu mengajari mereka dengan hal-
hal yang berkaitan dengan salat seperti syarat-syarat dan rukun shalat, dan
hendaklah menyuruh mereka untuk mengerjakannya sesudah mengajari dan
berilah pengajaran sesuai dengan kecenderungan mereka, sedangkan kata
ÝóÇÖúÑömaksudnya yaitu pukullah anak-anak kamu jika meninggalkan
salat dan ianya telah berusia sepuluh tahun. DalamÇÇáÕÛíÑ disebutkan
oleh Çáãí bahwa sesungguhnya perintah memukul yaitu bagi anak yang
sudah berusia sepuluh tahun, karena sesungguhnya usia ini yaitu batas bagi
mereka untuk tidak melaksanakan salat secara rutin. Hadis ini juga ditakhrij
oleh At-Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa hadis ini yaitu hasan sahih.
esensi lainnya. Dijelaskan bahwa kata õ ãõÑÈí pada hadis ini di atas
mengandung pengertian perintah yang berarti perintah kepada kebenaran
َّبيَِّصلا اورُمُ
ةلاصل
يرغصلا عمالجا
يمقلعلا
اهَ ْـيلَعَ هُوُبِرضْاَف
238
yaitu tentang rukun-rukun shalat, kewajiban-kewajiban dalam mengerjakan
salat serta hal-hal yang bisa membatalkan salat,22 sesudah itu diajarkan pula
gerak-geriknya terlebih dahulu, kemudian bacaannya secara bertahap, bacaan
yang paling mudah dibaca dan dihapal anak-anak, itulah yang diajarkan terlebih
dahulu, baru dilanjutkan dengan bacaan-bacaan lainnya.23 Kedua orang tua
bisa mulai membimbing anak mengerjakan salat dengan cara mengajak anak
untuk melakukan salat di samping mereka. Jangan diamkan anak menonton
televisi, sementara azan berkumandang. Jika orang tua menghendaki anak
mengerjakan shalat, berilah ia teladan. Orang tua perlu menjelaskan bahwa
salat merupakan satu wujud rasa syukur, karena Allah telah memberikan nikmat
berupa rezki yang halal dan kesehatan.24 Rahasianya yaitu agar anak dapat
mempelajari hukum-hukum ibadah salat sejak masa pertumbuhannya, sehingga
ketika anak tumbuh besar, ia telah terbiasa melakukan dan terdidik untuk
mentaati Allah, melaksanakan hak-hakNya, bersyukur kepada Allah, di samping
itu anak akan mendapatkan kesucian ruh, kesehatan jasmani, kebaikan akhlak,
perkataan dan perbuatan di dalam ibadah salat yang dilaksanakannya.25
Selain perintah untuk memberi pendidikan salat kepada anak, juga
diperintahkan untuk memberi pendidikan salat kepada orang dewasa atau
orang-orang yang baru belajar tentang Islam, hal ini sesuai dengan hadis
Rasul, berikut ini:
نع ِنبا ٍساَّبع نَأ اًذاعم َلاَق يِنَثعب ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق كَّنِإ
يتْأت اموَق نم ِلهَأ ِباتكْلا مهعداَف ىَلِإ ةداهش ْنَأ اَل هَلِإ الِإ هللا يِّنَأو ُلوسر
هللا ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل مهملعَأَف نَأ هللا ضرتْفا مِهيَلع سمخ تاوَلص يف
لُك ٍموي ةَليَلو ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل مهملعَأَف نَأ هللا ضرتْفا مِهيَلع ًةَقدص
ُذخؤت نم مِهئايِنْغَأ ُّدرتَف يف مِهئارَقُف ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل كاَّيِإَف مئارَكو
مِهلاومَأ ِقَّتاو َةوعد ِموُلْظمْلا هَّنِإَف سيَل اهنيب نيبو هللا باجح26.
22 Muhammad Suwaid, Mendidik Anak Bersama Nabi, terj. Salafuddin Abu Sayyid
(Solo: Pustaka Arafah, 2004), h. 175.
23 M. Thalib, 40 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak (Ttp: Pustaka Al Kautsar,
1992), h. 91.
24 Ummi Aghla, Mengakrabkan Anak pada Ibadah (Jakarta: Almahira, 2004), h. 96.
25 Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu ‘l-Aulad fi-‘l-Islam, terj. Saifullah Kamalie, Pedoman
Pendidikan Anak dalam Islam (Semarang: Asy Syifa’, 1981), h. 153.
26 Artinya: Diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa Muaz ra. berkata: Aku diutuskan oleh
Rasulullah s.a.w. Baginda bersabda: Engkau akan mendapati golongan Ahli Kitab, oleh itu
239
Hadis-hadis di atas merupakan hadis yang berisikan kajian teoritis tentang
pendidikan shalat, berikut di bawah ini akan dikemukakan hadis-hadis tentang
kajian praktis pendidikan salat yang disabdakan oleh Rasulullah saw. Ada
banyak hadis yang dapat dijadikan dasar pendidikan praktis tentang shalat lima
waktu sehari semalam, di antara hadis-hadis ini yaitu :
Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari ini, merupakan dalil tentang “shalatlah
kamu sebagimana kamu melihatku shalat”, artinya bahwa dalam melaksanakan shalat
secara praktis umat Islam harus merujuk pada cara Rasulullah mengerjakan shalat.27
Hadis lain tentang pendidikan salat yaitu :
انَثَّدح دَّدسم انَثَّدح ُليعامسِإ انَثَّدح بوُّيَأ نع يِبَأ َةباَلق نع يِبَأ َناميَلس كلام
ِنب ثِريوحْلا َلاَق انيتَأ َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو نحنو ٌةببش َنوبِراَقتم انمَقَأَف
هدنع نيِرشع ًةَليَل َّنَظَف اَّنَأ انْقتشا انَلهَأ انَلَأسو نَّمع انْكرت يف انلهَأ هانربخَأَف
َناَكو اًقيفر اميحر َلاَقَف اوعِجرا ىَلِإ مُكيلهَأ مهوملعَف مهورمو اولصو امَك
يِنومتيَأر يلصُأ اَذِإو ترضح ُةاَلَّصلا ْنذؤيْلَف مُكَل مُكدحَأ َّمُث مُكَّمؤيل مُكربْكَأ.
نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلخد دِجسمْلا َلخدَف ٌلجر
ىلصَف َّمُث ءَاج ملسَف ىَلع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َّدرَف ُلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو ماَلَّسلا َلاَق عِجرا لصَف كَّنِإَف مَل لصت عجرَف ُلجَّرلا
ىلصَف امَك َناَك ىلص َّمُث ءَاج ىَلِإ ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو ملسَف هيَلع َلاَقَف
ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو كيَلعو ماَلَّسلا َّمُث َلاَق عِجرا لصَف كَّنِإَف مَل
dakwahlah mereka supaya mengucap Dua Kalimah Syahadat. Jika mereka menerima Dua
Kalimah Syahadat ini , ajarkanlah mereka bahawa Allah mewajibkan kepada mereka mendirikan
sembahyang lima waktu sehari semalam. Sekiranya mereka tetap mentaati perintah ini ,
ajarkanlah pula kepada mereka bahawa Allah mewajibkan kepada mereka agar mengeluarkan
zakat. Jika mereka tetap mentaatinya, beritahulah mereka supaya berhati-hati terhadap harta
mereka dan takutlah doa orang yang teraniaya karena doa mereka yaitu mustajab. Mus-
lim, Sahih Muslim, juz 1, h. 29. Hadis ini juga diriwayatkan oleh at-Tirmi¿i yang menyebutnya
sebagai hadis hasan sahih; lihat at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 2, h. 69.
27 Hadis ini tergolong marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh sanad
yang tergolong kualitas siqah hafiz, siqah subut hujjah, dan siqah kasir al-irsal. Hadis ini
diriwayatkan juga oleh Imam Muslim, at-Tirmizi, al-Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah, Imam
Ahmad dan ad-Darimy.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
240
Hadis di atas berisi tentang pengajaran atau penjelasan praktis dari
Rasulullah kepada seorang laki-laki yang salah dalam melaksanakan shalat.
Karena laki-laki itu mendapat teguran dari Rasul, maka ia meminta kepada
Rasul untuk mengajarkan bagaimana cara melaksanakan salat yang benar,
lalu rasul mejelaskannya seperti yang ini pada hadis ini .
Hadis berikut ini juga berisi tentang penjelasan praktis pendidikan
shalat, yaitu:
لصت ىَّتح َلعَف كلَذ َثاَلَث تاَّرم َلاَقَف ُلجَّرلا يذلاو كَثعب ِّقحْلاِب ام نسِحُأ
ريَغ اَذه يِنملع َلاَق اَذِإ تمُق ىَلِإ ةاَلَّصلا رِّبَكَف َّمُث ْأرْقا ام رَّسيت كعم نم
نآرُقْلا َّمُث عَكرا ىَّتح َّنئمْطت اعكار َّمُث عَفرا ىَّتح َلدتعت امئاَق َّمُث دجسا ىَّتح
َّنئمْطت ادِجاس َّمُث عَفرا ىَّتح َّنئمْطت اسلاج َّمُث ْلعْفا كلَذ يف كتاَلص اهلُك28.
28 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Ketika Rasulullah saw.
memasuki masjid, seorang lelaki juga memasukinya lalu mendirikan sembahyang. sesudah selesai,
dia datang memberi salam kepada Rasulullah s.a.w. Baginda menjawab salamnya lalu bersabda:
Sembahyanglah sekali lagi karena sembahyang yang kamu lakukan tadi tidak sah. Lelaki
ini kembali mendirikan sembahyang sebagaimana yang telah dilakukannya kemudian
kembali menemui Rasulullah saw. dengan memberi salam kepada baginda. Lantas baginda menjawab
salam lalu bersabda: Sembahyanglah sekali lagi karena sembahyang yang kamu lakukan
tadi tidak sah. Perkara ini berlaku sebanyak tiga kali sehingga akhirnya lelaki ini berkata:
Oleh karena engkau dibangkitkan untuk menyatakan kebenaran, bagaimanakah sebenarnya
sembahyang dilakukan? Ajarkanlah padaku. Lalu baginda bersabda: Apabila kamu ingin
mengerjakan sembahyang, mulakanlah dengan bertakbir kemudian bacalah ayat atau surah
yang paling senang bagi kamu. Seterusnya rukuklah sehingga kamu betul-betul berada dalam
keadaan ini dan bangkitlah berdiri. sesudah itu sujudlah sehingga kamu betul-betul berada
dalam keadaan ini dan bangkitlah untuk berada dalam keadaan duduk antara dua sujud.
Itulah cara yang perlu kamu lakukan sehingga selesai sembahyang. at-Tirmizi, Sunan at-
Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 186-187. Hadis ini syarif marfu’ muttasil, dengan perawi
sebagian besar siqah. Oleh Abi ‘Isya dikatakan bahwa hadis ini yaitu hadis hasan sahih.
Hadis ini dapat ditakhrij dalam Shahih Bukhari, kitab Azan, hadis no. 5782 dan 6174, al-
Nasa’i, kitab Iftitah, hadis no. 874, Abu Daud, kitab Salat, hadis no. 730.
29 Artinya: Daripada Mus’ab bin Saad ra. katanya: Aku pernah sembahyang di sisi ayahku.
Aku rapatkan tangan antara kedua lututku. Lalu ayahku berkata kepadaku: Letakkan kedua
telapak tanganmu pada lututmu. Kemudian aku melakukan hal itu sekali lagi. Lalu ayah memukul
tanganku sambil mengatakan: Sesungguhnya kita dilarang dari melakukan ini yaitu meletakkan
نع ِبعصم ِنب دعس َلاَق تيلص ىَلِإ ِبنج يِبَأ َلاَق تْلعجو َّيدي نيب َّيتبْكر
َلاَقَف يل يِبَأ بِرضا كيفَكِب ىَلع كيتبْكر َلاَق َّمُث تْلعَف كلَذ ًةَّرم ىرخُأ
برضَف َّيدي َلاَقو اَّنِإ انيِهن نع اَذه انرمُأو ْنَأ بِرضن ِّفُكَأْلاِب ىَلع ِبَكُّرلا29.
241
Pelajaran shalat yang dapat diambil dari hadis ini yaitu tentang letak
tangan pada saat ruku’, yaitu meletakkan tangan di atas lutut, bukan di antara
dua lutut. Dalam hal ini seorang ayah memberikan pendidikan salat kepada
anaknya dengan tegas dan disertai contoh pelaksanaan yang benar. Praktek
pendidikan salat seperti inilah yang seyogiyanya diterapkan oleh para orang
tua dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya, sehingga anak
tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis tentang shalat, tetapi juga memiliki
pengetahuan dan pemahaman yang sifatnya praktis tentang shalat, dan dengan
demikian maka anak akan mampu melaksanakan salat dengan benar sesuai
dengan yang diajarkan oleh Rasulullah saw.
Dalam hadis lain ditemukan juga bagaimana Rasulullah memberi pendidikan
salat kepada anak-anak, seperti sabda beliau yang diriwayatkan dari Anas:
Hadis ini dikeluarkan oleh Rasulullah dalam rangka memberi peringatan
kepada anak-anak agar tidak menoleh ke kanan dan ke kiri ketika sedang melaksanakan
shalat, dan ini sesungguhnya merupakan bukti perhatian Rasul dalam mengajarkan
kepada anak-anak tentang tatacara shalat.31 Para sahabat juga menempuh cara
yang sama dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya dengan cara
memberi contoh kepada anak-anaknya tentang berbagai tata cara salat sesuai dengan
yang diajarkan Rasul Saw. Cara ini juga pantas jika dipraktekkan oleh para orang
tua Muslim dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya, terutama tentang
ketertiban dalam salat (larangan menoleh ke kanan atau ke kiri pada waktu shalat).
َلاَق سنَأ نب كلام َلاَق يل ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اي َّينب كاَّيِإ
تاَفتْلالاو يف ةاَلَّصلا نِإَف تاَفتْلالا يف ةاَلَّصلا ٌةَكَله ْنِإَف َناَك اَل َّدب يفَف ِعُّوَطَّتلا
اَل يف ةضيِرَفْلا َلاَق وبَأ ىسيع اَذه ٌثيدح نسح بيِرَغ30.
tangan di antara dua lutut dan kita diperintahkan supaya meletakkan tangan di atas lutut.
Hadis ini tergolong syarif marfu’ dan diriwayatkan oleh para perawi yang berkualitas
siqah, siqah subut dan siqah hafiz. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 217. Hadis semakna juga
diriwayatkan dalam Sahih Bukhari, Sunan an-Nasa’i, Sunan at-Tirmizi, Sunan Abu Daud,
Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.
30 Artinya: Berkata Anas bin Malik telah berkata Rasulullah saw.: “Hai anakku, janganlah
engkau menoleh ke sana ke mari dalam shalat, karena akan merusak shalat, jika engkau terpaksa
melakukan hal itu, maka boleh dilakukan hanya dalam salat sunnah, dan bukan dalam salat
fardhu”. Hadis ini digolongkan sebagai hadis syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid,
diriwayatkan oleh perawi yang berkualitas; siqah, saduq dan satu orang berkualitas daif
yaitu Ali ibn Zayy; oleh Abu ‘Isa (at-Tirmizi) hadis ini berkualitas hasan garib, hadis ini hanya
diriwayatkan oleh at-Tirmizi (tidak terdapat dalam Kutub al-Tis’ah lainnya).
31 Suwaid, Mendidik Anak, h. 178.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
242
3. Pendidikan Puasa dan Zakat
Puasa dan zakat merupakan ibadah penting dalam Islam sekaligus merupakan
bagian dari rukun Islam, karena itu bagi umat Islam belajar dan mengajarkan
tentang puasa dan zakat merupakan kewajiban, baik terhadap anak-anaknya
maupun terhadap orang dewasa lainnya yang teridentifikasi belum mengetahui
berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah puasa dan zakat. Berkaitan dengan
ini Rasul pernah bersabda:
نع يِبَأ ٍليهس نع هيِبَأ هَّنَأ عمس َةحْلَط نب ديبع هللا ُلوُقي ءَاج ٌلجر ىَلِإ
ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو نم ِلهَأ دجن رئاَث ِسْأَّرلا عمسن َّيِود هتوص
اَلو هَقْفن ام ُلوُقي ىَّتح اند نم ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإَف وه ُلَأسي
نع ِماَلسِإْلا َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو سمخ تاوَلص يف ِمويْلا
ةَليللاو َلاَقَف ْله َّيَلع َّنهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوطت مايصو ِرهش َناضمر َلاَقَف
ْله َّيَلع هريَغ َلاَقَف اَل الِإ ْنَأ عَّوطت رَكَذو هَل ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
َةاَكَّزلا َلاَقَف ْله َّيَلع اهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوطت َلاَق ربدَأَف ُلجَّرلا وهو ُلوُقي
هللاو اَل ديِزَأ ىَلع اَذه اَلو صُقنَأ هنم َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
حَلْفَأ ْنِإ قدص يِنَثَّدح ىيحي نب بوُّيَأ ُةبيتُقو نب ديعس اعيمج نع َليعمسِإ ِنب
ٍرَفعج نع يِبَأ ٍليهس نع هيِبَأ نع َةحْلَط ِنب ديبع هللا نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع
ملسو اَذهِب ثيدحْلا وحن ثيدح كلام ريَغ هَّنَأ َلاَق َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا
هيَلع ملسو حَلْفَأ هيِبَأو ْنِإ قدص وَأ َلخد َةَّنجْلا هيِبَأو ْنِإ قدص32.
32 Artinya: Diriwayatkan daripada Abi Suhayl dariayahnya bahwa beliau pernah mendengan
Thalhah bin Ubaidillah ra. katanya: Seorang penduduk Najd telah datang mengadap Rasulullah
saw. dengan keadaan rambutnya yang kusut. Kami mendengar nada suaranya tetapi tidak
memahami kata-katanya. sesudah hampir kepada Rasulullah saw. dia terus bertanya mengenai
Islam. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Ia yaitu sembahyang lima waktu sehari semalam. Lelaki
ini bertanya lagi: Masih adakah sembahyang lain yang diwajibkan kepada ku? Rasulullah saw.
menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin melakukannya secara sukarela
yaitu sembahyang sunat. Seterusnya kamu hendaklah berpuasa pada bulan Ramadan. Lalu
lelaki ini bertanya lagi: Masih adakah puasa lain yang diwajibkan kepada ku? Baginda
menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin melakukannya secara sukarela
yaitu puasa sunat. Rasulullah saw. meneruskan sabdanya: Keluarkanlah zakat. Kemudian
lelaki ini bertanya: Adakah terdapat zakat lain yang diwajibkan kepadaku? Baginda
243
Hadis di atas merupakan dialog antara Rasul dengan seorang Muslim, yang
isinya teoritis tentang pelajaran ibadah shalat, puasa, dan zakat. Puasa pada
bulan Ramadhan merupakan rukun Islam ketiga dan wajib hukum melaksanakannya
bagi setiap Muslim. Sebagai ibadah wajib, puasa tentu harus dididikan kepada
setiap orang, baik anak-anak yang berada dalam asuhan orang tua, maupun
orang dewasa yang belum memahami dengan baik ajaran tentang puasa.
Mengenai cara memberi pendidikan puasa kepada anak-anak kiranya
dapat dibaca pada hadis berikut ini:
Dengan membaca hadis di atas, dapat diketahui bahwa pendidikan puasa
kepada anak dapat dilakukan dengan cara melatih mereka berpuasa dan jika
mereka menangis meminta makanan dapat dialihkan keinginan mereka dengan
cara memberi mainan kepada mereka, sehingga anak-anak lupa akan rasa
laparnya dan asik dengan permainannya, selain itu anak juga merasa terhibur
نع ِعِّيبُّرلا تنِب ذِّوعم ِنب ءَارْفع تَلاَق َلسرَأ ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
َةادَغ ءَاروشاع ىَلِإ ىرُق ِراصنَأْلا يتلا َلوح ةنيدمْلا نم َناَك حبصَأ امئاص َّمتيْلَف
هموص نمو َناَك حبصَأ ارطْفم َّمتيْلَف َةَّيقب هموي اَّنُكَف دعب كلَذ هموصن مِّوصنو
اننايبص راغِّصلا مهنم ْنِإ ءَاش هللا بهْذنو ىَلِإ دِجسمْلا ُلعجنَف مهَل َةبعللا نم
ِنهعْلا اَذِإَف ىَكب مهدحَأ ىَلع ِماعطلا اهانيَطعَأ هاَّيِإ دنع ِراَطْفِإْلا33.
menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin mengeluarkannya secara sukarela
yaitu sedekah. Kemudian lelaki itu beredar sambil berkata: Demi Allah, aku tidak akan menambah
dan menguranginya. Rasulullah saw. bersabda: Dia amat beruntung sekiranya membenarkan
yaitu menepati apa yang telah diucapkannya. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 24. Hadis ini
tergolong syarif marfu’ lin nabiyi saw., muttasil dengan aksaru minan sanad, dengan kualitas
sanad sebagian besar siqah dan siqah subut dan dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari, kitab
Imam hadis, no. 44, al-Nasa’i, kitab Salat, hadis no. 454, Abu Daud, kitab Salat, hadis no.
331, Imam Ahmad, hadis no. 2830, Imam Malik, kitab Nida’ul Salat, hadis no. 382, dan
Imam Darimi, kitab Salat, hadis no. 1532.
33 Artinya: Diriwayatkan daripada Ar-Rubaiyyi’ binti Muawwiz bin Afra’ ra. katanya: Pada
hari Asyura, Rasulullah saw. telah mengirimkan surat ke perkampungan-perkampungan Ansar
di sekitar Madinah yang berbunyi: Siapa yang berpuasa pada pagi ini hendaklah menyempurnakan
puasanya dan siapa yang telah berbuka yaitu makan pada pagi ini hendaklah dia juga
menyempurnakannya yaitu berpuasa pada baki harinya. Selepas itu kami pun berpuasa serta
menyuruh anak-anak kami yang masih kanak-kanak supaya ikut berpuasa, jika diizinkan Allah.
Ketika kami berangkat menuju ke masjid, kami buatkan suatu permainan untuk anak-anak
kami yang diperbuat dari bulu biri-biri. Jika ada di antara mereka yang menangis meminta
makanan, kami akan berikan mainan ini sehingga tiba waktu berbuka. Muslim, Sahih
Muslim, h. 460. Hadis ini syarif marfu’ melalui perawi dengan kualitas siqah subut dan saduq;
selain oleh Imam Muslim diriwayatkan juga oleh Imam Bukhari dan Imam Ahmad.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
244
oleh permainan dan tidak merasakan panjangnya hari yang mereka lalui dengan
puasa. Ibnu Hajar seperti dikutip Suwaid, menjelaskan bahwa hadis ini menjadi
dalil mengenai disyariatkannya melatih anak-anak untuk berpuasa, sebab usia
yang disebutkan dalam hadis ini belum sampai pada masa mukallaf, akan
tetapi hal itu dilakukan sebagai bentuk latihan.34 Namun perlu diingat pula
bahwa yang paling perlu orang tua usahakan pertama kali sebelum mengenalkan
dan melatih bepuasa yaitu mengkondisikan anak dengan lingkungan yang
Islami. Kenalkan suasana puasa di lingkungan keluarga, karena suasana itu
bagi anak merupakan bekal dalam mempersiapkan dirinya, sehingga anak terbiasa
dengan suasana berpuasa. Anak tidak melihat ibu, bapak, dan anggota keluarganya
makan di siang hari, tetapi makan ketika terbenam matahari. Perlu juga diingat
yaitu jangan sekali-sekali memaksa mereka melakukan puasa secara terus
menerus sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari, namun latih mereka
untuk melakukan puasa secara bertahap, mulai dari hitungan jam sampai
akhirnya mereka dapat terus berpuasa dari terbit fajar hingga berbuka pada
magribnya. sesudah anak mampu berpuasa selama satu hari penuh, kenalkan
mereka dengan hal-hal yang membatalkan puasa.35
Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim dari Thalhah bin Ubaidillah juga
ada disebut tentang pendidikan zakat. Dalam Islam, zakat merupakan rukun
Islam keempat dan wajib bagi umat Islam melaksanakannya. Secara bahasa zakat
merupakan kata dasar dari zaka yang berarti berkah, tumbuh, dan baik. Menurut
Lisan al-Arab arti dasar dari kata zakat, ditinjau dari sudut bahasa yaitu suci,
tumbuh, berkah dan terpuji. Sedangkan secara istilah fikih zakat berarti “sejumlah
harta tertentu yang diwajibkan Allah diserahkan kepada orang-orang yang
berhak di samping berarti mengeluarkan jumlah tertentu itu sendiri”.36 Dalam
ajaran Islam ada dua macam zakat, yaitu zakat harta dan zakat fitrah.
Berkenaan dengan praktek pengamalan zakat ada beberapa hadis yang dapat
dijadikan dasar bagi pendidikan praktis pelaksanaan zakat bagi umat Islam, yaitu:
34 Suwaid, Mendidik Anak, h. 194.
35 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 98.
36 Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, terj. Salman Harun (Jakarta: Litera AntarNusa,
1993), h. 34.
37 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Said al-Khudri ra.: Nabi saw. bersabda: “Hasil
نع ىيحي ِنب َةرامع َلاَق تعمس ابَأ ديعس َّيِردخْلا ُلوُقي َلاَق ُلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو سيَل اميف َنود ةسمخ ٍقسوَأ ٌةَقدص سيَلو اميف َنود
ِسمخ دوَذ ٌةَقدص سيَلو اميف َنود ِسمخ ٍقاوَأ ٌةَقدص37.
245
Sabda Rasul di atas menurut hemat penulis, dapat dianggap sebagai
pendidikan praktis dari Rasul tentang pelaksanaan zakat harta, terutama
tentang nisab (batas ukuran minimal) harta atau ternak yang wajib dikeluarkan
zakatnya. Sedangkan mengenai pendidikan zakat fitrah dapat dibaca pada
hadis-hadis berikut ini:
Dua hadis ini di atas, dapat digolongkan kepada hadis tentang
pendidikan praktis tentang zakat fitrah, terutama tentang ukuran (jumlah)
bahan makanan yang harus dikeluarkan sebagai zakat dan tentang waktu
pelaksanaan zakat fitrah.
Dalam hal memberikan pendidikan zakat kepada anak, dapat dilakukan
dengan cara membiasakan anak untuk tidak pelit, dan mau memberikan sedekah
kepada kaum dhuafa. Ajaklah anak-anak ke panti-panti asuhan, panti jompo
نع ِضايع ِنب دبع هللا ِنب دعس ِنب يِبَأ ٍحرس هَّنَأ عمس ابَأ ديعس َّيِردخْلا
اُلوُقي اَّنُك جِرخن َةاَكز ِرْطفْلا اعاص نم ٍماعَط وَأ اعاص نم ٍيرعش وَأ اعاص نم
ٍرمت وَأ اعاص نم طقَأ وَأ اعاص نم ٍبيِبز38.
نع ِنبا رمع نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو رمَأ ةاَكزِب ِرْطفْلا ْنَأ ىَّدؤت
َلبَق ِجورخ ِساَّنلا ىَلِإ ةاَلَّصلا39.
bumi yang kurang dari lima wasaq yaitu gantang, tidak diwajibkan zakat. Unta yang kurang
dari lima ekor, tidak diwajibkan zakat. Perak yang kurang dari lima uqiah (satu uqiah yaitu
sama dengan 40 dirham perak), tidak diwajibkan zakat.” Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h.
390. Hadis ini syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh para perawi
berkualitas siqah, la ba’sa bihi, siqah hafiz, dan siqah subut. Oleh at-Tirmizi hadis ini disebut
sebagai hasan sahih.
38 Artinya: Dari ‘Iyadh ibn Abdillah ibn Sa’d ibn Abi Sarh, dia pernah mendengan Abu
Said al-Khudri ra. berkata: Kami biasanya mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu gantang
makanan, satu gantang gandum, satu gantang kurma, satu gantang keju atau satu gantang
zabib yaitu anggur kering. Hadis di atas merupakan hadis marfu’ muttasil dengan sanad
wahid, diriwayatkan oleh perawi dengan kualitas; siqah, siqah yursal, ra’sal muttaqinain
dan siqah subut imam. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 392.
39 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: “Rasulullah saw. memerintahkan
agar zakat fitrah ditunaikan sebelum orang ramai keluar untuk mendirikan sembahyang
Hari Raya.” Dilihat dari segi periwayatan, hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan
sanad wahid, diriwayatkan oleh perawi yang berkualitas; siqah, siqah subut dan siqah
subut imam. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 393. Menurut at-Tirmizi hadis ini yaitu hasan
sahih; hadis semakna dapat ditakhrij dalam Sahih Al Bukhari, Sunan an-Nasâ’i, Sunan at-
Tirmiýi, Suan Abu Daud, dan Musnad Imam Ahmad.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
246
atau tempat-tempat yang menghimpun para dhuafa sembari memberi penjelasan
pada mereka bahwa kehidupan yang mereka nikmati saat ini ternyata jauh
lebih baik dibandingkan dengan yang dialami oleh saudara-saudara mereka
ini . Ajarkan pula kepada mereka untuk bisa membagi sedikit kebahagiaan
yang mereka punya kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama kepada
orang-orang di sekeliling mereka, dan jelaskan pula bahwa mengeluarkan zakat
atau sedeqah tidak akan menyebabkan kemiskinan.40 Hal inilah yang difirmankan
oleh Allah dlam Q.S. al-Mujadilah/58: 13, Apakah kamu takut akan (menjadi
miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul?
Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi taubat kepadamu
maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Allah dan
Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Selain itu biasakan pula untuk memberi sedekah dengan tidak diiringi
perkataan yang akan menyakitkan hati penerimanya, atau memberi dengan
disertai ucapan penghinaan. Hal inilah yang diungkap dalam firman Allah,
Q.S. al-Baqarah/2: 263, Perkataan yang baik dan pemberian ma‘af lebih baik
dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan sipenerima).
Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.”
Satu hal lagi tentang zakat yang juga penting dididikan kepada anak yaitu
mengingatkan mereka bahwa bersedekah dapat dilakukan setiap saat tanpa
batasan waktu dan jumlah. Sesungguhnya masih banyak lagi hadis Rasul
yang dapat dijadikan dasar pendidikan zakat, namun dengan mengutip beberapa
hadis ini di atas dapatlah kiranya menjadi kajian pendahuluan tentang
pendidikan zakat yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.
4. Pendidikan Haji
Haji yaitu rukun Islam yang kelima, yaitu suatu ibadah berkunjung ke
Ka’bah di tanah suci pada suatu masa tertentu, untuk dengan sengaja mengerjakan
beberapa amal ibadah dengan syarat-syarat tertentu dan atas dasar menunaikan
panggilan perintah Allah swt. dan dengan mengharap ridhaNya.41 Sebagai rukun
Islam dan ibadah wajib bagi umat Islam, yaitu sangat penting diberikan pendidikan
tentang haji kepada anak-anak, generasi muda atau umat Islam pada umumnya.
Ada beberapa cara yang dianggap efektif bagi orang tua untuk memulai mengenalkan
ibadah haji pada anak sejak dini, yaitu; mengajak anak untuk menonton siaran
yang ditayangkan televisi mengenai pelaksnaan ibadah haji, ajak anak untuk
mengunjungi asrama haji guna menyaksikan pelatihan haji yang dilakukan
40 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 103.
41 Razak, Dienul Islam, h. 210.
247
calon-calon jamaah haji, dan ajarkan anak untuk melakukan praktek ibadah
haji seperti yang dilakukan oleh jamaah haji sesungguhnya.42 Misalnya dengan
melakukan manasik di suatu tempat yang dilengakpi dengan miniatur atau
tiruan dari berbagai tempat yang berkaitan dengan pelaksanaan haji sebenarnya,
seperti Ka’bah, Hajarul Aswad, Arafah, atau tempat melontar jumroh dan tempai
sa’i. Tujuan diberikan pendidikan haji kepada anak, selain untuk memberi
pengetahuan tentang haji kepada anak, juga diharapkan dapat menumbuhkan
kesadaran, keinginan dan cita-cita di lubuk hati anak untuk melaksanakan
ibadah haji terutama sesudah mereka dewasa.
Dalam kaitannya dengan pendidikan ibadah haji ada beberapa hadis
Rasul yang dapat dipetik dari padanya pelajaran tentang pendidikan haji, di
antaranya yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah:
Dalam hadis ini terungkap satu dialog antara Rasul dengan Sahabat yang
menyebutkan bahwa haji merupakan satu amalan yang paling utama. Pelajaran
yang dapat diambil dari hadis ini yaitu pendidikan tentang penting dan
kedudukan haji bagi seorang Muslim. Hadis ini dapat dijadikan sebagai dasar
teoritis tentang pentingnya pendidikan haji diberikan kepada setiap Muslim.
Karena dengan membaca hadis ini umat Islam menjadi tahu bahwa ibadah
haji memiliki dan menempati kedudukan penting bagi umat Islam, bahkan dapat
disejajarkan dengan kedudukan beriman kepada Allah dan jihad fi sabilillah.
Selain mengetahui keutamaan ibadah haji, umat Islam juga harus mengetahui
kewajiban melaksanakan haji bagi umat Islam, hal inilah yang diajarkan Rasul
kepada sahabat lewat sabdanya berikut ini:
نع يِبَأ َةريره َلاَق َلئس ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ُّيَأ ِلامعَأْلا ُلضْفَأ َلاَق
ٌنايمِإ هللاِب َلاَق َّمُث اَذام َلاَق داهِجْلا يف ِليِبس هللا َلاَق َّمُث اَذام َلاَق ٌّجح روربم43.
42 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 106.
43 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. pernah ditanya:
“Apakah amalan yang paling utama? Baginda bersabda: Beriman kepada Allah. Sahabat bertanya
lagi: Kemudian apa? Rasulullah saw. bersabda: Jihad pada jalan Allah yaitu berjuang pada
jalan Allah dan Sahabat bertanya lagi: Kemudian apa? Rasulullah saw. bersabda: Haji Mabrur
yaitu ibadat Haji yang diterima.” Hadis ini syarif marfu’ diriwayatkan oleh sebagian besar
perawi yang siqah dan siqah hujjah. Muslim, ªahih Muslim, juz 1, h. 49.
نع يِبَأ َةريره َلاَق انبَطخ ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَقَف اهُّيَأ ساَّنلا دَق
ضرَف هللا مُكيَلع َّجحْلا اوُّجحَف َلاَقَف ٌلجر لُكَأ ٍماع اي َلوسر هللا تَكسَف ىَّتح
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
248
Dengan membaca hadis di atas, umat Islam memperoleh pengetahuan
tentang berapa kali kewajiban haji bagi umat Islam, adapun metode pendidikan
yang ditemukan pada hadis itu yaitu tanya jawab, di mana pada hadis ini
ditemukan satu dialog yang menanyakan tentang apakah haji wajib dilaksanakan
setiap tahun, dan dari jawaban Rasulullah saw. dapat disimpulkan, bahwa
kewajiban haji hanya 1 (satu) kali seumur hidup bagi umat Islam itupun bagi
yang mampu melaksanakannya baik secara material maupun non material.
Sedangkan hadis tentang pendidikan praktis ibadah haji di antaranya
yaitu hadis-hadis berikut ini:
ٍ
اهَلاَق اًثاَلَث َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو وَل تْلُق معن تبجوَل امَلو
متعَطتسا َّمُث َلاَق يِنورَذ ام مُكتْكرت امَّنِإَف كَله نم َناَك مُكَلبَق ةرْثَكِب مِهلاؤس
مِهفاَلتخاو ىَلع مِهئايِبنَأ اَذِإَف مُكترمَأ ءٍيشِب اوتْأَف هنم ام متعَطتسا اَذِإو مُكتيهن
نع ءٍيش هوعدَف44.
نع ِنبا رمع يضر هللا امهنع نَأ اًلجر َلَأس َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
ام سبْلي مِرحمْلا نم ِبايثلا َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل اوسبْلت
صمُقْلا اَلو مئامعْلا اَلو تاَليِوارَّسلا اَلو سِناربْلا اَلو فاَفخْلا الِإ دحَأ اَل دِجي
ِنيَلعَّنلا سبْليْلَف ِنيفخْلا امهعَطْقيْلو َلَفسَأ نم ِنيبعَكْلا اَلو اوسبْلت نم ِبايثلا
اًئيش هَّسم ُنارَفعَّزلا اَلو سروْلا45.
44 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. pernah
berkhutbah kepada kami: Wahai manusia! Allah s.w.t telah mewajibkan kepada kamu mengerjakan
Haji, tunaikanlah Haji. Seorang lelaki bertanya: Adakah setiap tahun, wahai Rasulullah?
Baginda hanya diam sahaja hingga lelaki tadi mengulangi pertanyaannya tiga kali. Rasulullah saw.
pun menjawab: Jika aku katakan Ya, tentu ianya wajib dilakukan setiap tahun dan kamu tidak
mungkin mampu melakukannya. Baginda bersabda lagi: Tinggalkanlah sesuatu yang aku
tidak galakkan kepada kamu. Kemusnahan umat yang terdahulu daripada kamu ialah karena
mereka banyak bertanya dan tidak ada persefahaman dengan Nabi mereka. Jadi, apabila aku
perintahkan sesuatu kepada kamu, lakukanlah sedaya kamu dan apabila aku melarang dari
melakukan sesuatu, tinggalkanlah! Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid,
diriwayatkan dari perawi yang sebagian besar berkualitas siqah, siqah subut dan siqah
muttaqin. Muslim, Sahih Muslim, hadis no. 2380. Hadis serupa dapat ditelusuri pada kitab-
kitab; Imam Bukhari, Imam at-Tirmiýi, an-Nasâ’i, Ibnu Majah, dan Musnad Imam Ahmad.
45 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: Seorang lelaki bertanya kepada
Rasulullah s.a.w: Bagaimana cara pakaian orang yang ingin berihram? Rasulullah saw. menjawab
dengan bersabda: Janganlah kamu memakai baju, kain serban, seluar, penutup kepala dan
249
Dengan membaca hadis ini umat Islam dapat belajar tentang bagaimana
caranya berpakaian ketika hendak melakukan ihram yang merupakan rukun haji.
Hadis lain yang juga dapat dijadikan dasar pendidikan praktis tentang
ibadah haji terutama tentang tawaf dan sa’i yaitu hadis yang diriwayatkan
Muslim dari Ibnu Umar, yaitu:
Dengan jelas hadis di atas memberikan pendidikan praktis kepada umat
Islam, khususnya tentang cara Rasulullah melaksanakan Tawaf dan Sa’i yang
kedua-duanya merupakan rukun dari ibadah haji.
5. Pendidikan Bershalawat, Berzikir dan Berdo’a
Bagi umat Islam bertasbih, tahmid, takbir dan bershalawat atas Rasul juga
merupakan satu ibadah yang disunnahkan untuk dikerjakan, terutama pada
saat selesai melaksanakan salat wajib lima waktu sehari semalam. Adapun
bacaan selawat, tasbih, tahmid dan takbir yang diajarakan Rasul yaitu seperti
yang tertuang dalam hadis-hadis berikut ini:
نع ِنبا رمع نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َناَك اَذِإ فاَط تيبْلاِب
فاوطلا َلَّوَأْلا َّبخ اًثاَلَث ىشمو اعبرَأ َناَكو ىعسي ِنْطبِب ِليسِمْلا اَذِإ فاَط
نيب اَفَّصلا ةورمْلاو َناَكو نبا رمع ُلعْفي كلَذ46.
نع ِبعَك ِنب َةرجع َلاَق انْلُق اي َلوسر هللا اَذه ماَلَّسلا كيَلع دَق انملع فيَكَف
ُةاَلَّصلا كيَلع َلاَق اوُلوُق َّمهللا لص ىَلع دَّمحم ىَلعو ِلآ دَّمحم امَك تيلص
sarung kaki yaitu khuf kecuali untuk orang yang tidak memiliki selipar, diharuskan dengan
syarat khuf ini dipotong hingga bawah buku lali. Jangan memakai pakaian yang dicelup
dengan Za’faran yaitu sejenis pewarna warna kuning dan Wars yaitu sejenis pewarna warna
merah. Hadis di atas tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh
para perawi yang tergolong siqah subut dan siqah subut imam, Imam at-Tirmizi menyebut
hadis ini sebagai hasan sahih dan diamalkan oleh para ulama. Muslim, Sahih Muslim, juz
1, h. 481. Hadis serupa dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, an-Nasa’i,
Abu Daud, Ibnu Majah, Imam Ahmad, Imam Malik, dan Ad-Darimy.
46 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: “Apabila Rasulullah saw.
melakukan Tawaf di Baitullah, pertama sekali baginda berlari-lari kecil sebanyak tiga pusingan
dan berjalan sebagaimana biasa sebanyak empat pusingan. Baginda bersaie secara berlari-lari
kecil di lembah (di antara dua lampu hijau) di antara Safa dan Marwah”(HR. Muslim). Hadis
ini tergolong syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, diriwayatkan oleh perawi yang
berkualitas siqah subut, siqah hafiz dan siqah. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 530.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
250
Pendidikan ibadah yang terdapat dalam hadis ini yaitu tentang bershalwat
kepada Rasul, yang oleh sebagian besar umat Islam dinyakini bahwa bershalawat
kepada Rasul merupakan ibadah sunnah dengan bacaan seperti yang disebutkan
pada hadis ini .
Hadis berikut yaitu tentang bacaan tasbih, yaitu:
ىَلع ميهاربِإ كَّنِإ ديمح ديِجم كِرابو ىَلع دَّمحم ىَلعو ِلآ دَّمحم امَك
تْكراب ىَلع ميهاربِإ كَّنِإ ديمح ديِجم47.
نع يِبَأ َةريره اَذهو ُثيدح َةبيتُق نَأ ءَارَقُف نيِرِجاهمْلا اوتَأ َلوسر هللا ىلص
هللا هيَلع ملسو اوُلاَقَف بهَذ ُلهَأ ِروُثُّدلا تاجرَّدلاِب ىَلعْلا ِميعَّنلاو ِميقمْلا َلاَقَف
امو كاَذ اوُلاَق َنولصي امَك يلصن َنوموصيو امَك موصن َنوُقَّدصتيو اَلو
قَّدصتن َنوُقتعيو اَلو قتعن َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَلَفَأ مُكملعُأ
اًئيش َنوُكِردت هِب نم مُكَقبس َنوُقِبستو هِب نم مُكدعب اَلو ُنوُكي دحَأ َلضْفَأ
مُكنم الِإ نم عنص َلْثم ام متعنص اوُلاَق ىَلب اي َلوسر هللا َلاَق َنوحِّبست
َنورِّبَكتو َنودمحتو ربد لُك ةاَلص اًثاَلَث ينثاَلَثو ةَّرم48.
47 Artinya: Hadis Ka’ab bin Ujrah ra.: Diriwayatkan daripada Abdullah bin Abu Laila ra.
katanya: Ka’ab bin Ujrah pernah menemuiku dan berkata: Bolehkah aku berikan kepada kamu
suatu hadiah? Tiba-tiba Rasulullah saw. sampai dan terus berjumpa kami. Lalu kami berkata:
Kami telah mengetahui cara untuk mengucapkan salam kepadamu, tetapi bagaimana pula
cara untuk kami ucapkan selawat? Baginda bersabda: Kamu bacalah: Allahumma shalli ‘ala
Muhammad wa-‘ala ali Muhammad, kama shallayta ‘ala Ibrahim innaka hamidun majid,
wa-barik ‘ala Muhammad wa-‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim, inna-ka hamidun
majid. At-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 1, h. 301. Hadis ini tergolong syarif
marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, dengan kualitas perawinya siqah, siqah subut,
rubama dalas, siqah subut dan saduq. Oleh at-Tirmizi hadis ini dinilai sebagi hasan sahih.
Hadis di atas dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari hadis no. 3119, Sahih Muslim bab salat
hadis no. 614, al-Nasa’i hadis no. 1270, Sunan Abu Daud hadis no. 830, Sunan Ibnu Majah
hadis no. 894 dan dalam Musnad Imam Ahmad hadis no. 17409, 17425 dan nomor 17431.
48 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Sesungguhnya orang-
orang miskin dari golongan muhajirin telah datang menemui Rasulullah saw. dan berkata:
Orang-orang kaya mendapat kedudukan yang tinggi dan nikmat-nikmat yang kekal. Rasulullah
bertanya: Apa itu? Mereka menjawab: Mereka ber-sembahyang sebagaimana kami sembahyang,
mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa. Tetapi mereka bersedekah sedangkan kami
tidak dapat bersedekah, mereka memerdekakan hamba sementara kami tidak mampu memerdekakannya.
Rasulullah saw. bersabda: Mahukah kamu sekiranya aku ajarkan kepada kamu satu amalan
yang akan dapat menyamai orang-orang yang sebelum kamu dan dapat mengatasi orang-
251
Do’a dalam Islam juga merupakan ibadah penting, karenanya Rasulullah
memberi pendidikan tentang berdo’a kepada umatnya seperti yang tertuang
dalam hadis berikut ini:
Hadis ini mengajarkan kepada umat Islam agar dalam berdo’a tetap ber-
husnuz zhon kepada Allah swt. artinya bahwa Allah dalam mengabulkan do’a
hambanya sepenuhnya merupakan wewenangnNya, sehingga dalam berdo’a
manusia tidak perlu diiringi dengan perkataan; Ya Allah, jika Engkau kehendaki
maka perkenankanlah kepada aku, kerana sesungguhnya Allah itu bukanlah
kedekut. Sebab jika ini diucapkan akan mengandung arti bahwa manusia bersu’uz
zhon terhadap Allah dalam mengabulkan do’a-do’a hambaNya.
Selain hadis di atas, hadis di bawah ini juga merupakan dasar pendidikan
praktis dalam berdo’a.
ن.ع ٍسنَأ َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ اعد مُكدحَأ مِزعيْلَف يف
ءِاعُّدلا اَلو ْلُقي َّمهللا ْنِإ تْئش يِنطعَأَف نِإَف هللا اَل هِرْكتسم هَل49.
نع يِبَأ ىسوم َلاَق اَّنُك عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو يف ٍرَفس َلعجَف ساَّنلا
َنورهجي ِيرِبْكَّتلاِب َلاَقَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اهُّيَأ ساَّنلا اوعبرا ىَلع
مُكسُِفنَأ مُكَّنِإ سيَل َنوعدت َّمصَأ اَلو ابئاَغ مُكَّنِإ َنوعدت اعيمس ابيِرَق وهو
مُكعم َلاَق انَأو هَفْلخ انَأو ُلوُقَأ اَل َلوح اَلو َةَّوُق الِإ هللاِب َلاَقَف اي دبع هللا نب
orang yang sebelum kamu? Tiada seorang pun yang lebih baik daripada kamu melainkan
mereka yang melakukan amalan sebagaimana yang kamu lakukan itu. Mereka menjawab:
Tentu saja, wahai Rasulullah! Rasulullah saw. bersabda: Kamu bertasbih (Subhanallah),
bertakbir(Allahu Akbar), dan bertahmid (Al-hamdulillah) setiap kali sesudah selesai dari sembahyang
sebanyak tiga puluh tiga kali. Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dari sanad yang
banyak, dengan kualitas perawinya saduq, siqah, dan siqah subut. at-Tirmizi, Sunan at-
Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 1, h. 256; Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 240. Hadis ini juga
ditemukan pada Sahih Bukhari hadis no. 798, Sunan Abu Daud hadis no. 1286, Musnad
Ahmad hadis no. 6945, dan ad-Darimy hadis no. 1319. Sunan at-Tirmizi hadis no. 408.
49 Artinya: Diriwayatkan daripada Anas ra. katanya: Rasulullah saw. bersabda: Apabila
kamu berdoa, maka hendaklah kamu berazam serta benar-benar memohon kepada Allah s.w.t
dan janganlah berkata: Ya Allah, jika Engkau kehendaki maka perkenankanlah kepada aku,
karena sesungguhnya Allah itu bukanlah kedekut. Muslim, Sahih Muslim, juz 2, h. 467. Hadis
ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, dengan perawi siqah, siqah subut, dan siqah
hafiz. Hadis seperti di atas dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari kitab do’a hadis no. 5863 dan
pada Musnad Ahmad hadis no. 11542.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
252
Hadis lain yang juga dapat dijadikan dasar pendidikan praktis dalam
berdo’a yaitu hadis berikut ini:
Pelajaran yang dapat diambil dari kedua hadis ini di atas yaitu
pendidikan tentang tatacara dan adab dalam berdo’a.
6. Pendidikan Mambaca Al Qur-an
Dalam ajaran Islam, membaca al-Qur´an dinilai juga sebagai ibadah,
karenanya dalam sebuah hadisnya Rasulullah bersabda:
Setiap orang tua harus menyadari bahwa mengajarkan al-Qur´an kepada
anak-anak yaitu suatu kewajiban mutlak dan harus dilaksanakan sejak
ٍسيَق اَلَأ كلدَأ ىَلع ٍزنَك نم ِزونُك ةَّنجْلا تْلُقَف ىَلب اي َلوسر هللا َلاَق ْلُق اَل
َلوح اَلو َةَّوُق الِإ هللاِب50.
نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق باجتسي مُكدحَأل ام
م َل ْلجعي ُلوُقيَف دَق توعد اَلَف وَأ مَلَف بجتسي يل51.
نع َنامْثع يضر هللا هنع نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق مُكريخ نم ملعت
َنآرُقْلا هملعو52.
50 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Musa ra. katanya: Ketika kami bersama Rasulullah
saw. dalam satu perjalanan, para Sahabat bertakbir dengan suara yang cukup kuat lalu baginda
bersabda: Wahai umatku! Perlahankanlah suara kamu. Sesungguhnya kamu bukannya berdoa
kepada mereka yang buta ataupun ghaib, akan tetapi kamu sedang berdoa kepada yang Maha
Mendengar lagi Maha Dekat dan Dia bersama kamu. Abdullah bin Qais berkata: Ketika itu aku
berada di belakang baginda sambil menyebut lantas baginda bersabda: Wahai Abdullah bin
Qais! Inginkah kamu aku tunjukkan sebuah gedung Syurga? Aku menjawab: Tentu sekali, wahai
Rasulullah. Baginda bersabda: Sebutlah La Hawla wa-la quwwata illa bi-Allah. Muslim,
Sahih Muslim, juz 2, h. 475. Hadis dari Abu Musa ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang
banyak, diriwayatkan oleh perawi yang siqah subut, siqah, saduq dan siqah hafiz.
51 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. bersabda:
Doa seseorang itu akan dikabulkan selagi dia tidak terburu-buru menyebabkan dia berkata:
Aku berdoa tetapi tidak dimakbulkan. Muslim, Sahih Muslim, juz 2, h. 486. Hadis ini syarif marfu’
mutasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh perawi yang sebagian besar siqah.
52 Artinya: Dari Utsman ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: Sebaik-baik kamu ialah
orang yang mempelajari al-Qur´an dan mengajarkannya kepada orang lain. at-Tirmizi, Sunan
at-Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 4, h. 246. Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan
sanad wahid, adapun perawinya tergolong siqah, siqah hafiz muttaqin, dan siqah subut.
Oleh at-Tirmizi hadis ini disebut sebagai hadis hasan sahih.
253
53 Thalib, 40 Tanggung Jawab Orang Tua, h. 106-107.
dini agar ruh al-Qur´an dapat membekas dalam jiwa mereka. Sebab bagaimana
anak-anak dapat mengerti agamanya jika mereka tidak mengerti al-Qur´an.
Selain itu untuk kepentingan bacaan dalam salat, anak-anak pun wajib mengetahui
dan dapat membaca surah Al Fatihah dan lainnya yang menjadi keperluan
sebagai bacaan dalam salat. Dengan adanya tuntutan kewajiban salat, maka
mutlak bagi orang tua wajib memberi pendidikan al-Qur´an kepada anak-
anaknya. Cara yang dapat ditempuh orang tua dalam memberikan pendidikan
al-Qur´an kepada anak-anaknya, antara lain yaitu :
a. Mengajarkannya sendiri dan ini cara yang terbaik. Karena orang tua
sekaligus dapat lebih akrab dengan anak-anaknya dan mengetahui sendiri
tingkat kemampuan anak-anaknya. Ini berarti orang tualah yang wajib
terlebih dahulu dapat membaca al-Qur´an dan memahami ayat-ayat
yang dibacanya.
b. Menyerahkan kepada guru mengaji al-Qur´an atau memasukkan anak-
anak pada sekolah-sekolah yang mengajarkan tulis baca al-Qur´an.
c. Dengan alat yang lebih modern, dapat mengajarkan al-Qur-an lewat video
casette, dan atau vcd, jika orang tua mampu menyediakan peralatan semacam
ini, tetapi ingatlah bahwa cara yang pertamalah yang terbaik.53
III. Penutup
Dengan membaca dan mengalisa beberapa hadis Rasul di atas dapat
dipahami bahwa Rasulullah Muhammad Saw, telah memberi banyak pendidikan
ibadah kepada umatnya. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar umat Islam di
belakang hari tidak mengalami kesulitan dan kekeliruan dalam melaksanakan
berbagai ibadah yang disyari’atkan Islam. Di antara ibadah-ibadah yang diajarkan
Rasulullah dalam hadis-hadis ini yaitu tentang bersuci, salat, puasa,
zakat, haji, berdoa, zikir, selawat, tasbih, tahmid, takbir, dan tentang membaca
al-Qur´an. Adapun cara yang ditempuh Rasul dalam memberikan pendidikan
ibadah yaitu dengan cara memberi penjelasan secara lisan dan disertai dengan
praktek atau pemberian contoh praktis tentang tata cara pelaksanaan berbagai
ibadah yang diajarkannnya.
Sesungguhnya masih banyak hadis yang berkaitan dengan pendidikan
ibadah baik itu ibadah khusus maupun ibadah yang umum, oleh sebab itu
dalam kesempatan ini hadis-hadis di atas hanya merupakan contoh/sampel
dari sekian banyak hadis Rasul yang berkaitan dengan pendidikan ibadah,
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)
254
dengan harapan kajian ini akan menjadi pembuka wawasan bagi penulis
dan pembaca umumnya dalam mengkaji hadis-hadis yang berkaitan dengan
pendidikan ibadah. Kecuali itu, kajian ini juga diharapkan akan menjadi
pedoman bagi umat Islam dalam memberikan pendidikan ibadah kepada
umat Islam secara umum, dan kepada anak-anak atau keluarga mereka khususnya.
HADIS-HADIS TENTANG
PENDIDIKAN AKHLAK
Suprayetno W.
I. Pendahuluan
Akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu khulqu, khuluq yang mempunyai
arti watak, tabiat, keberanian, atau agama.1 secara Istilah akhlak menurut
Ibnu Maskawaih (421H) yaitu suatu keadaan bagi jiwa yang mendorong
ia melakukan tindakan-tindakan dari keadaan itu tanpa melalui pikiran dan
pertimbangan. Keadaan ini terbagi dua, ada yang berasal dari tabiat aslinya,
ada pula yang diperoleh dari kebiasaan yang berulang-ulang. Boleh jadi, pada
mulanya tindakan itu melalui pikiran dan pertimbangan, kemudian dilakukan
terus menerus, maka jadilah suatu bakat dan akhlak. 2
Salah satu misi Rasulullah Muhammad saw. diutus Allah di dunia ini yaitu
untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Dan Rasulullah Muhammad
saw. sendiri yaitu bentuk penterjemahan Al-Qur’an di semua aspek kehidupan
yang meliputi dimensi afeksi, kognisi dan psikomotor. Dari perspektif ini,
pendidikan akhlaq (at-tarbiyah al-khuluqiyyah) mencakup totalitas dasar-
dasar pembinaan manusia di semua dimensi fisik dan psikospiritual: keagamaan,
ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya manusia. Oleh sebab itu at-tarbiyah
al-khuluqiyah harus bersandar kepada sosok Rasulullah Muhammad saw.
Firman Allah dalam Q.S. al-Ahzab/33: 21, Sesungguhnya telah ada pada (diri)
Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap
(rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah;
dan juga Q.S. Ali Imran/3: 32, Katakanlah: “Ta`atilah Allah dan Rasul-Nya; jika
kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”.3
Bagian ini akan membahas hadis-hadis yang berkenaan dengan pendidikan
akhlaq dengan metode: