Hadist pendidikan 9

 


. Hal inilah yang telah

dilakukan oleh Rasulullah Muhammad saw. sebagai pembawa Islam, kepada

umat Islam pada masa awal perkembangan Islam, sebagaimana dapat dibaca

pada hadis berikut ini:

Hadis di atas memberikan penjelasan bahwa Rasulullah telah melaksanakan

pendidikan bersuci tidak hanya di masjid tetapi juga di tempat-tempat lain

yang dekat dengan rumahnya, hal ini tentu saja dilakukan Rasul karena

bersuci merupakan ibadah penting diketahui oleh seluruh umat Islam. Tentu

saja pendidikan bersuci yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah ini tidaklah

berhenti atau hanya dilaksanakan pada masa Rasul, melainkan juga menjadi

keharusan bagi umat Islam sepanjang jaman, dan karenanya jika tidak ada

sama sekali umat Islam yang memberikan pendidikan bersuci kepada umat

Islam atau generasi berikut maka berdosalah kita umat Islam keseluruhan.

Hadis dan penjelasan di atas merupakan kajian teoritis dari perintah

pendidikan bersuci, karena bersuci sifatnya praktis tentu ada tuntunan praktis

yang diberikan Rasulullah dalam memberi pelajaran bersuci. Adapun tuntunan

يِنَثَّدح قاحسِإ نب ٍرصن انَثَّدح دبع ِقاَّزَّرلا نع ٍرمعم نع ٍماَّمه نع يِبَأ َةريره

نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق اَل ُلبْقي هللا َةاَلص مُكدحَأ اَذِإ َثدحَأ ىَّتح

َأَّضوتي8. 

نَأ َنامْثع َأَّضوت دعاَقمْلاِب َلاَقَف اَلَأ مُكيِرُأ ءَوضو ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع

ملسو َّمُث َأَّضوت اًثاَلَث اًثاَلَث9.

8 Artinya: Tidak diterima Allah salat seseorang kamu jika dalam keadaan berhadas,

hingga ia berwudhu’. Hadis ini marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan perawi

yang siqah, siqah hafiz dan saduq. Oleh at-Tirmizi hadis ini dianggap hasan sahih. Abu al-

Husain Muslim ibn al-Hajjaj, Sahih Muslim, (Bandung: Al Ma’arif, t.t.), juz 1, h. 114; at-

Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih (Semarang: Toha Putra, t.t.), juz 1, h. 3. Hadis

semakna dapat ditemukan pada Sahih Bukhari, Sunan Abu Daud dan Musnad Imam Ahmad.

9 Sesungguhnya Usman telah mengajar cara berwuduk di Maqaid yaitu di kedai-kedai

yang berhampiran dengan rumahnya. Beliau bertanya: Mahukah kamu jika aku tunjukkan

bagaimana cara Rasulullah saw. mengambil wuduk? Beliau kemudian berwuduk tiga-tiga

kali. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 116. Hadis syarif marfu’ kepada Nabi saw., diriwayatkan

oleh perawi siqah, siqah subut dan siqah hafiz; diriwayatkan juga dalam Al-Bukhari, an-

Nasa’i, Abu Daud, dan Ahmad.

231

Rasulullah tentang bersuci yaitu  dengan cara memberi contoh atau mempraktekkan

bagaiamana cara bersuci yang baik dan benar, hal inilah yang dapat dipelajarai

dari hadis-hadis dan penjelasan di bawah ini.

 Dalam Islam, mandi merupakan bagian penting dari ibadah, yang dimaksud

mandi yaitu  mandi janabat (mandi wajib) bagi setiap Muslim yang dalam

keadaan berhadas, dan mandi ini merupakan syarat wajib syahnya ibadah yang

dilaksanakan orang Islam, karenanya Rasul memberikan pendidikan kepada

umatnya tentang mandi seperti yang terungkap dalam hadis berikut ini:

Dalam hadis ini diriwayatkan bahwa beberapa orang sahabat belajar

mandi kepada Rasul, dengan demikian maka hadis ini intinya yaitu  memberi

pendidikan bagi umat Islam bagaimana menggunakan air, terutama dalam

mandi yakni mandi janabat yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.

Dalam hadis lain ditemukan penjelasan praktis Rasulullah tentang mandi

wajib, yaitu:

نع ِريبج ِنب ٍمعْطم َلاَق اورامت يف ِلسغْلا دنع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو

َلاَقَف ضعب ِموَقْلا اَّمَأ انَأ يِّنِإَف ُلسِْغَأ يسْأر اَذَك اَذَكو َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص

هللا هيَلع ملسو اَّمَأ انَأ يِّنِإَف ضيفُأ ىَلع يسْأر َثاَلَث ٍّفُكَأ10.

نع َةشئاع تَلاَق َناَك ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ َلستْغا نم ةبانجْلا ُأدبي

ُلسِغيَف هيدي َّمُث ُغِرْفي هِنيميِب ىَلع هلامش ُلسِغيَف هجرَف َّمُث ُأَّضوتي هءَوضو ةاَلَّصلل َّمُث

ُذخْأي ءَامْلا ُلخديَف هعِباصَأ يف ِلوصُأ ِرعَّشلا ىَّتح اَذِإ ىَأر ْنَأ دَق َأربتسا نَفح ىَلع

هسْأر َثاَلَث تانَفح َّمُث ضاَفَأ ىَلع ِرئاس هدسج َّمُث َلسَغ هيَلجِر11. 

10 Artinya: Diriwayatkan daripada Jubair bin Mut’im ra. katanya: Para Sahabat belajar

menggunakan air untuk mandi dari Rasulullah saw. Sebahagian daripada mereka berkata:

Aku menuangkan air ke kepalaku begini, begini. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Aku meyiram

kepalaku dengan air yang diceduk dengan menggunakan tapak tangan sebanyak tiga kali.

Hadis ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, kualitas perawinya yaitu  siqah

subut imam, siqah subut, siqah hafiz, dan siqah muttaqîn. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 146.

11 Artinya: Diriwayatkan daripada Aisyah ra. katanya: Apabila Rasulullah saw. mandi hadas,

baginda memulakannya secara membasuh kedua tangan. Baginda menuangkan air dengan

menggunakan tangan kanan ke tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwuduk

sebagaimana yang biasa dilakukan ketika ingin mendirikan sembahyang. Kemudian baginda

menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut sehinggalah rata. Sebaik sahaja

selesai baginda membasuh kepala sebanyak tiga kali, seterusnya baginda membasuh seluruh

tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki. Muslim, Shahih Muslim, juz 1, h. 143; at-Tirmizi,

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

232


Pelajaran penting yang dapat diambil dari ketiga hadis ini  di atas

yaitu  pendidikan atau tata cara mandi hadas. Dengan adanya hadis-hadis

ini  umat Islam menjadi tahu bagaimana cara mandi hadas yang dilakukan

atau dipraktekan oleh Rasulullah dan untuk selanjutnya akan dijadikan

pedoman bagi umat Islam melaksanakan mandi janabat (mandi hadas).

Selain mandi wajib, seorang Muslim juga diwajibkan untuk berwudhu jika

hendak melaksanakan ibadah terutama salat, dalam kaitan ini Rasul memberikan

pendidikan berwudhu kepada umat Islam seperti terungkap pada hadis berikut:

نع دبع هللا ِنب ديز ِنب ٍمصاع ِّيِراصنَأْلا تناَكو هَل ٌةبحص َلاَق َليق هَل ْأَّضوت انَل

ءَوضو ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اعدَف ءٍانِإِب َأَفْكَأَف اهنم ىَلع هيدي

امهَلسغَف اًثاَلَث َّمُث َلخدَأ هدي اهجرختساَف ضمضمَف قشنتساو نم ٍّفَك ةدحاو

Sunan at-Tirmizi, juz 1, h. 70. Hadis ini syarif marfu’ dengan sanad wahid, perawi sebagian besar

siqah; at-Tirmizi menganggapnya hasan sahih, dapat di-takhrij pada Sahih Bukhari, Sunan

at-Tirmizi, Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, an-Nasâ’i, Musnad Ahmad, Imam Malik dan ad-Darimy.

12 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibn Abbas, dia berkata bahwa bibiku Maimunah berkata:

Aku pernah membawa air kepada Rasulullah saw. untuk mandi hadas. Baginda memulakannya

dengan membasuh dua tapak tangan sebanyak dua atau tiga kali. Kemudian baginda memasukkan

tangan ke dalam bekas berisi air, lalu mecedokkan air ini  ke atas kemaluan serta membasuhnya

dengan tangan kiri. sesudah  itu baginda menggosokkan tangan kiri ke tanah dengan kuat,

lalu berwuduk sebagaimana yang biasa dilakukan untuk mendirikan sembahyang. Kemudian

baginda menuangkan air yang dicedok dengan dua telapak tangan ke kepala sebanyak tiga kali.

Seterusnya baginda membasuh seluruh tubuh, lalu beralih dari tempat ini  dan membasuh

kedua kaki, kemudian aku mengambilkan sapu tangan untuk baginda, tetapi baginda menolaknya.

Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 143. Hadis ini tergolong syarif sahih’; at-Tirmizi menganggapnya

hasan shahih; diriwayatkan oleh perawi yang siqah, siqah hafiz, siqah makmun, dan siqah

yursal; dapat di-takhrij pada Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, Sunan Abu Daud, Sunan an-

Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Imam Ahmad.

Selain hadis di atas, berikut ini juga berisi pendidikan praktis dari Rasul

tentang cara mandi hadas;

هيَلع هللا ىلص هللا ِلوسرل تيندأَ تلَاَق ُةنوميم يتَلاخ يِنتَثَّدح َلاَق ٍسابَّع ِنبا نع

َّمُث  ءِانِإْلا  يف  هدي  َلخدَأ  َّمُث  اثًاَلَث  وأَ ِنيتَّرم  هيفَك  َلسغَف  ةبانجْلا  نم  هَلسُغ  ملسو

اديدش اًكْلد اهَكَلدَف ضرَأْلا هلامشبِ برض َّمُث هلامشبِ هَلسَغو هِجرَف ىَلع هِب َغرْفَأ

َلسَغ  َّمُث  هفَك  ءَْلم  تانَفح  َثاَلثَ  هسْأر  ىَلع  َغرْفَأ  َّمُث  ةاَلَّصلل  هءَوضو  َأَّضوت  َّمثُ

 12.هَّدرَف ِليدنمْلاِب هتيتَأ َّمُث هيَلجِر َلسغَف كلَذ هماَقم نع ىَّحنت َّمُث هدسج رئاس

233

Hadis ini memberi pelajaran bagi umat Islam tentang cara Rasulullah

berwudhu dan menjadi dasar tentang disunnahkannya tiga kali-tiga kali

dalam berwudhu.

Hadis lain yang juga pendidikan praktis berwudhu dari Rasulullah yaitu :

13 Artinya: Diriwayatkan daripada Abdullah bin Zaid bin A’sim al-Ansari ra. katanya:

Beliau telah ditanya: Tunjukkan kepada kami cara Rasulullah saw. berwuduk. Maka beliau pun

meminta sebekas air, lalu menuang sedikit air ke atas tapak tangan dan membasuhnya sebanyak

tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangan ke dalam bekas untuk menceduk air dengan

tangannya dan berkumur-kumur serta memasukkan air ke dalam hidung dengan air yang sama

sebanyak tiga kali. Kemudian beliau menceduk air sekali lagi lalu membasuh muka sebanyak

tiga kali. Selepas itu beliau menceduk lagi dengan tangannya lalu membasuh tangan hingga

ke paras siku dua kali. Kemudian beliau menceduk lagi lalu menyapu kepala dalam keadaan menyapu

tangannya dari arah depan kepala ke arah belakang dan menyapu tangannya kembali ke arah

depan kepala, kemudian beliau membasuh kedua kakinya hingga ke paras buku lali. Selepas

itu beliau berkata: Beginilah cara Rasulullah saw. mengambil wuduk. Muslim, Sahih Muslim,

juz 1, h. 118; at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi, juz 2, h. 34. Hadis ini syarif marfu’ muttasil, dengan

perawi siqah dan siqah hafiz; at-Tirmizi menganggapnya hadis sahih; dapat di-takhrij pada

Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah.

 Artinya: Hadis Saidina Othman bin Affan ra.: Diriwayatkan daripada Humran ra.

katanya: Saidina Othman bin Affan ra. telah meminta air untuk berwuduk, sesudah  memperolehi

air beliau terus membasuh dua tangan sebanyak tiga kali, kemudian berkumur-kumur serta

memasuk dan mengeluarkan air dari hidung. Kemudian beliau membasuh muka sebanyak tiga

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

هدي  َلخدَأ  َّمثُ  اثًاَلَث  ههجو  َلسغَف  اهجرختساَف  هدي  َلخدَأ  َّمُث  اثًاَلَث  كلَذ  َلعَفَف

اهجرختساَف  هدي  َلخدَأ  َّمُث  ِنيتَّرم  ِنيتَّرم  ِنيَقَفرمْلا  ىَلِإ  هيدي  َلسغَف  اهجرختساَف

عَكْلا ىَلِإ هيَلجِر َلسَغ َّمُث ربدَأو هيديِب َلبْقَأَف هسْأرِب حسمَفَناَك اَذَكه َلاَق َّمُث ِنيب

13.ملسو هيَلع هللا ىلص هللا ِلوسر ءُوضو

نع ديِزي نب ءُاَطع يِنربخَأ َلاَق ِّيِرهُّزلا نع بيعش انربخأَ َلاَق ناميْلا وبأَ انَثَّدح

ىَلع َغرْفَأَف ءٍوضوِب اعد َنافع نب َنامْثع ىَأر هَّنَأ َنافع ِنب َنامْثع ىَلوم َنارمح

ضمضمت  َّمُث  ءِوضوْلا  يف  هنيمي  َلخدَأ  َّمُث  تاَّرم  َثاَلثَ  امهَلسغَف  هئانإِ نم  هيدي

هسْأرِب حسم َّمُث اثًاَلَث ِنيَقَفرمْلا ىَلِإ هيديو اثًاَلَث ههجو َلسَغ َّمُث رَثنتساو قشنتساو

وحن ُأَّضوتي ملسو هيَلع هللا ىلص َّيبَِّنلا تيَأر َلاَق َّمُث اثًاَلَث ٍلجِر لُك َلسَغ َّمثُ

امِهيف ُثِّدحي اَل ِنيتعْكر ىلص َّمُث اَذه يئوضو وحن َأَّضوت نم َلاَقو اَذه يئوضو

 14.هِبنَذ نم مَّدَقت ام هَل هللا رَفَغ هسْفن

234


Dua hadis di atas, sesungguhnya hanya contoh dari sekian banyak hadis

Rasul yang memberikan pendidikan praktis berwudhu kepada umat Islam.

Hal penting yang dapat dipelajari dari hadis ini  yaitu  tentang tata cara

Rasul dalam berwudhu, jika saja tidak ditemukan hadis-hadis seperti ini ,

sulit kiranya bagi umat Islam untuk bisa melakukan wudhu dengan benar. Adapun

cara yang ditempuh Rasul dalam memberikan pendidikan wudhu kepada umat

Islam (para sahabat) yaitu  dengan jalan memberi contoh atau mempraktekan.

Tayamum juga merupakan satu ajaran Islam yang berkaitan dengan ibadah,

dan karenanya Rasulullah dalam beberapa hadisnya menjelaskan tentang tata

cara bertayamum. Di antara hadis-hadis ini  yaitu :

 Hadis lain yang mengajarkan tentang tatacara bertayamum yaitu  hadis

yang diriwayatkan oleh Bukhari, yaitu:

انَثَّدح مدآ َلاَق انَثَّدح ُةبعش انَثَّدح مَكحْلا نع ٍّرَذ نع ديعس ِنب دبع ِنمحَّرلا ِنب

ىزبَأ نع هيِبَأ َلاَق ءَاج ٌلجر ىَلِإ رمع ِنب ِباطخْلا َلاَقَف يِّنِإ تبنجَأ مَلَف بصُأ

ءَامْلا َلاَقَف راَّمع نب ٍرساي رمعل ِنب ِباطخْلا امَأ رُكْذت اَّنَأ اَّنُك يف ٍرَفس انَأ تنَأو

اَّمَأَف تنَأ مَلَف لصت اَّمَأو انَأ تْكَّعمتَف تيلصَف ترَكَذَف ِّيِبَّنلل ىلص هللا هيَلع

kali dan membasuh tangan kanannya hingga ke paras siku sebanyak tiga kali. Selepas itu beliau

membasuh tangan kirinya sama seperti beliau membasuh tangan kanan kemudian menyapu

kepalanya dan membasuh kaki kanan hingga ke paras buku lali sebanyak tiga kali. Selepas itu

beliau membasuh kaki kiri, sama seperti membasuh kaki kanannya. Kemudian Saidina Othman ra.

berkata: Aku pernah melihat Rasulullah saw. berwuduk seperti cara aku berwuduk. Aku juga

telah mendengar baginda saw. bersabda: Sesiapa yang mengambil wuduk seperti cara aku berwuduk

kemudian dia menunaikan sembahyang dua rakaat dan tidak berkata-kata antara wuduk dan

sembahyang, maka Allah akan mengampunkan dosa-dosanya yang telah lalu. Muslim, Sahih

Muslim, juz 1, h. 115. Hadis ini syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan

para perawi yang siqah dan siqah subut. Hadis semakna dapat di-takhrij dalam Sahih Bukhari,

Sunan an-Nasa’i, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.

15 Artinya: Dari ‘Ammar bin Yasir: “Sesungguhnya Nabi saw., menyuruh bertayamum dengan

wajah dan kedua telapak tangan.” Hadis ini termasuk syarif marfu’, dengan perawi siqah,

siqah subut dan siqah hafiz; oleh Imam at-Tirmi¿i disebutkan bahwa hadis dari ‘Ammar ini

yaitu  hasan sahih. at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 96. Hadis ini dapat

ditakhrij pada Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Sunan

Abu Daud, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.

15ِنيفَكْلاو هجوْلل ِمُّميتَّلاِب هرمَأ ملسو هيَلع هللا ىلص َّيبَِّنلا نَأ ٍرساي ِنب ِراَّمع نع

235

Menurut Asqalani dalam sarahnya, dijelaskan bahwa hadis ini mengajarkan

kepada sahabat tentang cara tayamum dengan perbuatan atau dengan cara

mendemonstrasikannya.17

Secara umum dapat disebutkan bahwa hadis-hadis ini  di atas merupakan

pendidikan praktis yang dilakukan oleh Rasulullah dalam memberi pengajaran

bersuci kepada para sahabat pada masa itu, dan juga dapat difungsikan sebagai

pengajaran bersuci bagi umat Islam pada umumnya, baik pada masa dahulu

ataupun masa sekarang, bagi mereka yang tinggal di daerah Arab sekitarnya

maupun yang ada di seluruh belahan bumi Allah ini. Untuk masa sekarang,

hadis-hadis ini  juga masih relevan dengan kebutuhan pendidikan bersuci

di kalangan umat Islam, begitu juga pendidikan bersuci dengan cara memberi

contoh atau mempraktekan yang diterapkan oleh Rasul masih relevan diterapkan

pada masa sekarang ini. Baik itu pendidikan bersuci yang diberikan kepada

orang dewasa terlebih lagi yang diberikan kepada anak-anak.

2. Pendidikan Shalat

Cara paling tepat mendidik anak-anak mengenal Allah, yaitu  melatih

mereka mengerjakan shalat. Dengan cara ini anak dibiasakan untuk bersujud,

walaupun mereka belum mengerti kepada siapa dan untuk apa mereka bersujud,

minimal anak-anak dapat menghayati bahwa dia bersama orang tuanya bersujud

bersama-sama, dengan begitu di hati anak akan tertanam bahwa yang paling

tinggi di atas dirinya bukanlah orang tuanya. Inilah yang paling penting tertanam

di hati anak, bahwa orang taupun masih tunduk kepada yang lain, yaitu Allah swt.

ملسو َلاَقَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو امَّنِإ َناَك كيفْكي اَذَكه برضَف ُّيِبَّنلا

ىلص هللا هيَلع ملسو هيفَكِب ضرَأْلا خَفنو امِهيف َّمُث حسم امِهِب ههجو هيفَكو16.

 

 

16 Artinya: Hadis Adam, katanya hadis Syu’bah ibn Abdurrahman ibn Abza dari ayahnya

katanya seorang laki-laki datang kepada Umar ibn Khattab, maka katanya saya sedang janabat

dan tidak menemukan air, kara Ammar ibn Yasir kepada Umar ibn Khattab, tidakkah anda

ingat ketika saya dan anda dalam sebuah perjalanan, ketika itu anda belum salat, sedangkan

saya berguling-guling di tanah, kemudian saya salat. Saya menceritakannya kepada Rasul saw.

kemudian Rasul saw. bersabda: “Sebenarnya anda cukup begini”. Rasul nemukulkan kedua

telapak tangannya ke tanah dan meniupnya kemudian mengusapkan keduanya pada wajahnya.

al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, juz 1, h. 193. Hadis ini tergolong syarif marfu’ dengan kualitas

perawi siqah, siqah hafiz dan siqah subut; diriwayatkan juga oleh Imam Muslim, an-Nasa’i,

Abu Daud, Imam Ahmad dan Darimy.

17 Ahmad ibn Ali ibn Hajar al-Asqalani, Fathul Bari Syarah Sahih al-Bukhari (Bairut:

Dar al-Ma’rifah,1379 H), juz 2, h. 11.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

236


Menurut bahasa salat mengandung arti do’a, sedang menurut istilah

berarti suatu sistem ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan laku-

perbuatan dimulai dengan takbir dan diakhiri degan salam, berdasar atas syarat-

syarat dan rukun-rukun tertentu, salat merupakan rukun Islam kedua dan

hukumnya fardu ‘ain bagi setiap Muslim yang telah baligh (dewasa).18 Melaksanakan

salat wajib hukumnya bagi setiap Muslim sebagaimana disebutkan dalam

Q.S. An-Nisa/4: 103, Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah

Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila

kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya

salat itu yaitu  kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Karena begitu pentingnya salat sebagai jalan menjadikan manusia untuk

tunduk kepada Allah, maka nabi Ibrahim memohon kepada Allah agar dirinya

dan keturunannya dijadikan sebagai orang-orang yang tetap menegakkan shalat,

sebagaimana tercantum dalam Q.S. Ibrahim/14: 40, Ya Tuhanku, jadikanlah

aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami,

perkenankanlah do‘aku.

Sebab itu Rasulullah saw. memerintahkan kepada orang tua Muslim untuk

mendidik anak-anaknya mengerjakan salat ketika sudah berusia 7 (tujuh)

tahun, sebagaiamana disabdakan Rasul berikut ini:

Hadis ini secara jelas memerintahkan kepada orang tua agar memberi

pendidikan salat kepada anak-anak jika telah berusia tujuh tahun, dan jika

pada usia sepuluh tahun anak tidak juga mau melaksanakan salat maka orang

tua boleh memukulnya, tetapi bukan memukul anak dengan kasar dan keras

sampai anak merasa tersiksa, yang dianjurkan Rasul yaitu  memukulnya

sebagai peringatan dan tidak melampui batas kasih sayang.

Dalam redaksi yang berbeda Abu Daud juga meriwayatkan hadis semakna,

yaitu:

18 Razak, Dienul Islam, h. 178.

19 Artinya: Dari Jaddah berkata Rasulullah saw; “Ajarilah (didiklah) anak-anakmu

dengan shalat, jika telah berusia tujuh tahun dan pukullah (jika meninggalkan shalat) dia

jika telah berusia sepuluh tahun.” Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad

wahid, dengan perawi yang siqah, siqah hafiz, la ba’sa bihi, dan siqah al-’ajali. at-Tirmizi,

Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 253. Hadis ini  dapat juga ditakhrij pada

Sunan Abu Daud dan Sunan ad-Darimy.

ر لاق :لاق هدج نعلسو هيَلع هللا ىلص هللا ُلوسنبا ةلاصلا بىصلااوملع " م

19.ةرشع نبا اهيلع هوبرضاو ,يننس عبس

237

Abu Daud juga mencantumkan hadis ini dalam redaksi yang berbeda di

mana frasa murru auladakum diganti dengan murru al-shabiyy, tanpa perbedaan

Hadis Rasul ini sejalan firman Allah yang terdapat dalam Q.S. Thaha/20: 132,

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu

dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi

rezki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu yaitu  bagi orang yang bertakwa.

Ayat ini mengandung arti, selamatkanlah mereka dari azab Allah dengan

mengerjakan salat secara rutin dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.21

Perintah ini sejalan juga dengan firman Allah dalam Q.S. Luqman/31: 17, Hai

anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan

cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa

yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang

diwajibkan (oleh Allah).

Dalam mengajarkan salat kepada anak-anak hendaklah diberikan secara

bertahap, yaitu bagi anak-anak umur 7 (tujuh) tahun pertama yang diajarkan

نع هِّدج َلاَق: َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اورم مُكداَلوَأ ةاَلَّصلاِب

مهو ءُانبَأ ِعبس ينِنس مهوبِرضاو اهيَلع مهو ءُانبَأ ٍرشع اوُقِّرَفو مهنيب يف

ِعِجاضمْلا )هاور دوادوبا(20. 

20 Artinya: Dari Jaddah, Rasulullah saw. bersabda: Seruhlah anak-anakmu mengerjakan

salat ketika mereka berumur 7 (tujuh) tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau mengerjakan

salat ketika mereka telah berumur 10 (sepuluh) tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka

(putra dan putri) (HR. Abu Daud).

21 Abul Fida’ Isma’il ibn Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Ibnu Kasir (Bandung: Sinar Baru

Algesindo, 2003), juz 16, h. 456.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

dan menarik hati, kemudian ÈÇÉ  yaitu  mengajari mereka dengan hal-

hal yang berkaitan dengan salat seperti syarat-syarat dan rukun shalat, dan

hendaklah menyuruh mereka untuk mengerjakannya sesudah  mengajari dan

berilah pengajaran sesuai dengan kecenderungan mereka, sedangkan kata

ÝóÇÖúÑömaksudnya yaitu  pukullah anak-anak kamu jika meninggalkan

salat dan ianya telah berusia sepuluh tahun. DalamÇÇáÕÛíÑ disebutkan

oleh Çáãí bahwa sesungguhnya perintah memukul yaitu  bagi anak yang

sudah berusia sepuluh tahun, karena sesungguhnya usia ini yaitu  batas bagi

mereka untuk tidak melaksanakan salat secara rutin. Hadis ini juga ditakhrij

oleh At-Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa hadis ini yaitu  hasan sahih.

esensi lainnya. Dijelaskan bahwa kata õ ãõÑÈí pada hadis ini  di atas

mengandung pengertian perintah yang berarti perintah kepada kebenaran

 َّبيَِّصلا اورُمُ 

ةلاصل

يرغصلا عمالجا

يمقلعلا 

اهَ ْـيلَعَ هُوُبِرضْاَف 

238


yaitu  tentang rukun-rukun shalat, kewajiban-kewajiban dalam mengerjakan

salat serta hal-hal yang bisa membatalkan salat,22 sesudah  itu diajarkan pula

gerak-geriknya terlebih dahulu, kemudian bacaannya secara bertahap, bacaan

yang paling mudah dibaca dan dihapal anak-anak, itulah yang diajarkan terlebih

dahulu, baru dilanjutkan dengan bacaan-bacaan lainnya.23 Kedua orang tua

bisa mulai membimbing anak mengerjakan salat dengan cara mengajak anak

untuk melakukan salat di samping mereka. Jangan diamkan anak menonton

televisi, sementara azan berkumandang. Jika orang tua menghendaki anak

mengerjakan shalat, berilah ia teladan. Orang tua perlu menjelaskan bahwa

salat merupakan satu wujud rasa syukur, karena Allah telah memberikan nikmat

berupa rezki yang halal dan kesehatan.24 Rahasianya yaitu  agar anak dapat

mempelajari hukum-hukum ibadah salat sejak masa pertumbuhannya, sehingga

ketika anak tumbuh besar, ia telah terbiasa melakukan dan terdidik untuk

mentaati Allah, melaksanakan hak-hakNya, bersyukur kepada Allah, di samping

itu anak akan mendapatkan kesucian ruh, kesehatan jasmani, kebaikan akhlak,

perkataan dan perbuatan di dalam ibadah salat yang dilaksanakannya.25

Selain perintah untuk memberi pendidikan salat kepada anak, juga

diperintahkan untuk memberi pendidikan salat kepada orang dewasa atau

orang-orang yang baru belajar tentang Islam, hal ini sesuai dengan hadis

Rasul, berikut ini:

نع ِنبا ٍساَّبع نَأ اًذاعم َلاَق يِنَثعب ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق كَّنِإ

يتْأت اموَق نم ِلهَأ ِباتكْلا مهعداَف ىَلِإ ةداهش ْنَأ اَل هَلِإ الِإ هللا يِّنَأو ُلوسر

هللا ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل مهملعَأَف نَأ هللا ضرتْفا مِهيَلع سمخ تاوَلص يف

لُك ٍموي ةَليَلو ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل مهملعَأَف نَأ هللا ضرتْفا مِهيَلع ًةَقدص

ُذخؤت نم مِهئايِنْغَأ ُّدرتَف يف مِهئارَقُف ْنِإَف مه اوعاَطَأ كلَذل كاَّيِإَف مئارَكو

مِهلاومَأ ِقَّتاو َةوعد ِموُلْظمْلا هَّنِإَف سيَل اهنيب نيبو هللا باجح26. 

22 Muhammad Suwaid, Mendidik Anak Bersama Nabi, terj. Salafuddin Abu Sayyid

(Solo: Pustaka Arafah, 2004), h. 175.

23 M. Thalib, 40 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak (Ttp: Pustaka Al Kautsar,

1992), h. 91.

24 Ummi Aghla, Mengakrabkan Anak pada Ibadah (Jakarta: Almahira, 2004), h. 96.

25 Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu ‘l-Aulad fi-‘l-Islam, terj. Saifullah Kamalie, Pedoman

Pendidikan Anak dalam Islam (Semarang: Asy Syifa’, 1981), h. 153.

26 Artinya: Diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa Muaz ra. berkata: Aku diutuskan oleh

Rasulullah s.a.w. Baginda bersabda: Engkau akan mendapati golongan Ahli Kitab, oleh itu

239

Hadis-hadis di atas merupakan hadis yang berisikan kajian teoritis tentang

pendidikan shalat, berikut di bawah ini akan dikemukakan hadis-hadis tentang

kajian praktis pendidikan salat yang disabdakan oleh Rasulullah saw. Ada

banyak hadis yang dapat dijadikan dasar pendidikan praktis tentang shalat lima

waktu sehari semalam, di antara hadis-hadis ini  yaitu :

Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari ini, merupakan dalil tentang “shalatlah

kamu sebagimana kamu melihatku shalat”, artinya bahwa dalam melaksanakan shalat

secara praktis umat Islam harus merujuk pada cara Rasulullah mengerjakan shalat.27

Hadis lain tentang pendidikan salat yaitu :

انَثَّدح دَّدسم انَثَّدح ُليعامسِإ انَثَّدح بوُّيَأ نع يِبَأ َةباَلق نع يِبَأ َناميَلس كلام

ِنب ثِريوحْلا َلاَق انيتَأ َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو نحنو ٌةببش َنوبِراَقتم انمَقَأَف

هدنع نيِرشع ًةَليَل َّنَظَف اَّنَأ انْقتشا انَلهَأ انَلَأسو نَّمع انْكرت يف انلهَأ هانربخَأَف

َناَكو اًقيفر اميحر َلاَقَف اوعِجرا ىَلِإ مُكيلهَأ مهوملعَف مهورمو اولصو امَك

يِنومتيَأر يلصُأ اَذِإو ترضح ُةاَلَّصلا ْنذؤيْلَف مُكَل مُكدحَأ َّمُث مُكَّمؤيل مُكربْكَأ.

نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلخد دِجسمْلا َلخدَف ٌلجر

ىلصَف َّمُث ءَاج ملسَف ىَلع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َّدرَف ُلوسر هللا

ىلص هللا هيَلع ملسو ماَلَّسلا َلاَق عِجرا لصَف كَّنِإَف مَل لصت عجرَف ُلجَّرلا

ىلصَف امَك َناَك ىلص َّمُث ءَاج ىَلِإ ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو ملسَف هيَلع َلاَقَف

ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو كيَلعو ماَلَّسلا َّمُث َلاَق عِجرا لصَف كَّنِإَف مَل

dakwahlah mereka supaya mengucap Dua Kalimah Syahadat. Jika mereka menerima Dua

Kalimah Syahadat ini , ajarkanlah mereka bahawa Allah mewajibkan kepada mereka mendirikan

sembahyang lima waktu sehari semalam. Sekiranya mereka tetap mentaati perintah ini ,

ajarkanlah pula kepada mereka bahawa Allah mewajibkan kepada mereka agar mengeluarkan

zakat. Jika mereka tetap mentaatinya, beritahulah mereka supaya berhati-hati terhadap harta

mereka dan takutlah doa orang yang teraniaya karena doa mereka yaitu  mustajab. Mus-

lim, Sahih Muslim, juz 1, h. 29. Hadis ini juga diriwayatkan oleh at-Tirmi¿i yang menyebutnya

sebagai hadis hasan sahih; lihat at-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 2, h. 69.

27 Hadis ini tergolong marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh sanad

yang tergolong kualitas siqah hafiz, siqah subut hujjah, dan siqah kasir al-irsal. Hadis ini

diriwayatkan juga oleh Imam Muslim, at-Tirmizi, al-Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah, Imam

Ahmad dan ad-Darimy.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

240


Hadis di atas berisi tentang pengajaran atau penjelasan praktis dari

Rasulullah kepada seorang laki-laki yang salah dalam melaksanakan shalat.

Karena laki-laki itu mendapat teguran dari Rasul, maka ia meminta kepada

Rasul untuk mengajarkan bagaimana cara melaksanakan salat yang benar,

lalu rasul mejelaskannya seperti yang ini  pada hadis ini .

Hadis berikut ini juga berisi tentang penjelasan praktis pendidikan

shalat, yaitu:

لصت ىَّتح َلعَف كلَذ َثاَلَث تاَّرم َلاَقَف ُلجَّرلا يذلاو كَثعب ِّقحْلاِب ام نسِحُأ

ريَغ اَذه يِنملع َلاَق اَذِإ تمُق ىَلِإ ةاَلَّصلا رِّبَكَف َّمُث ْأرْقا ام رَّسيت كعم نم

نآرُقْلا َّمُث عَكرا ىَّتح َّنئمْطت اعكار َّمُث عَفرا ىَّتح َلدتعت امئاَق َّمُث دجسا ىَّتح

َّنئمْطت ادِجاس َّمُث عَفرا ىَّتح َّنئمْطت اسلاج َّمُث ْلعْفا كلَذ يف كتاَلص اهلُك28.

28 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Ketika Rasulullah saw.

memasuki masjid, seorang lelaki juga memasukinya lalu mendirikan sembahyang. sesudah  selesai,

dia datang memberi salam kepada Rasulullah s.a.w. Baginda menjawab salamnya lalu bersabda:

Sembahyanglah sekali lagi karena sembahyang yang kamu lakukan tadi tidak sah. Lelaki

ini  kembali mendirikan sembahyang sebagaimana yang telah dilakukannya kemudian

kembali menemui Rasulullah saw. dengan memberi salam kepada baginda. Lantas baginda menjawab

salam lalu bersabda: Sembahyanglah sekali lagi karena sembahyang yang kamu lakukan

tadi tidak sah. Perkara ini berlaku sebanyak tiga kali sehingga akhirnya lelaki ini  berkata:

Oleh karena engkau dibangkitkan untuk menyatakan kebenaran, bagaimanakah sebenarnya

sembahyang dilakukan? Ajarkanlah padaku. Lalu baginda bersabda: Apabila kamu ingin

mengerjakan sembahyang, mulakanlah dengan bertakbir kemudian bacalah ayat atau surah

yang paling senang bagi kamu. Seterusnya rukuklah sehingga kamu betul-betul berada dalam

keadaan ini  dan bangkitlah berdiri. sesudah  itu sujudlah sehingga kamu betul-betul berada

dalam keadaan ini  dan bangkitlah untuk berada dalam keadaan duduk antara dua sujud.

Itulah cara yang perlu kamu lakukan sehingga selesai sembahyang. at-Tirmizi, Sunan at-

Tirmizi al-Jami’us Sahih, juz 1, h. 186-187. Hadis ini syarif marfu’ muttasil, dengan perawi

sebagian besar siqah. Oleh Abi ‘Isya dikatakan bahwa hadis ini yaitu  hadis hasan sahih.

Hadis ini dapat ditakhrij dalam Shahih Bukhari, kitab Azan, hadis no. 5782 dan 6174, al-

Nasa’i, kitab Iftitah, hadis no. 874, Abu Daud, kitab Salat, hadis no. 730.

29 Artinya: Daripada Mus’ab bin Saad ra. katanya: Aku pernah sembahyang di sisi ayahku.

Aku rapatkan tangan antara kedua lututku. Lalu ayahku berkata kepadaku: Letakkan kedua

telapak tanganmu pada lututmu. Kemudian aku melakukan hal itu sekali lagi. Lalu ayah memukul

tanganku sambil mengatakan: Sesungguhnya kita dilarang dari melakukan ini yaitu meletakkan

نع ِبعصم ِنب دعس َلاَق تيلص ىَلِإ ِبنج يِبَأ َلاَق تْلعجو َّيدي نيب َّيتبْكر

َلاَقَف يل يِبَأ بِرضا كيفَكِب ىَلع كيتبْكر َلاَق َّمُث تْلعَف كلَذ ًةَّرم ىرخُأ

برضَف َّيدي َلاَقو اَّنِإ انيِهن نع اَذه انرمُأو ْنَأ بِرضن ِّفُكَأْلاِب ىَلع ِبَكُّرلا29.

241

Pelajaran shalat yang dapat diambil dari hadis ini yaitu  tentang letak

tangan pada saat ruku’, yaitu meletakkan tangan di atas lutut, bukan di antara

dua lutut. Dalam hal ini seorang ayah memberikan pendidikan salat kepada

anaknya dengan tegas dan disertai contoh pelaksanaan yang benar. Praktek

pendidikan salat seperti inilah yang seyogiyanya diterapkan oleh para orang

tua dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya, sehingga anak

tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis tentang shalat, tetapi juga memiliki

pengetahuan dan pemahaman yang sifatnya praktis tentang shalat, dan dengan

demikian maka anak akan mampu melaksanakan salat dengan benar sesuai

dengan yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

Dalam hadis lain ditemukan juga bagaimana Rasulullah memberi pendidikan

salat kepada anak-anak, seperti sabda beliau yang diriwayatkan dari Anas:

Hadis ini dikeluarkan oleh Rasulullah dalam rangka memberi peringatan

kepada anak-anak agar tidak menoleh ke kanan dan ke kiri ketika sedang melaksanakan

shalat, dan ini sesungguhnya merupakan bukti perhatian Rasul dalam mengajarkan

kepada anak-anak tentang tatacara shalat.31 Para sahabat juga menempuh cara

yang sama dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya dengan cara

memberi contoh kepada anak-anaknya tentang berbagai tata cara salat sesuai dengan

yang diajarkan Rasul Saw. Cara ini juga pantas jika dipraktekkan oleh para orang

tua Muslim dalam memberi pendidikan salat kepada anak-anaknya, terutama tentang

ketertiban dalam salat (larangan menoleh ke kanan atau ke kiri pada waktu shalat).

َلاَق سنَأ نب كلام َلاَق يل ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اي َّينب كاَّيِإ

تاَفتْلالاو يف ةاَلَّصلا نِإَف تاَفتْلالا يف ةاَلَّصلا ٌةَكَله ْنِإَف َناَك اَل َّدب يفَف ِعُّوَطَّتلا

اَل يف ةضيِرَفْلا َلاَق وبَأ ىسيع اَذه ٌثيدح نسح بيِرَغ30.

tangan di antara dua lutut dan kita diperintahkan supaya meletakkan tangan di atas lutut.

Hadis ini tergolong syarif marfu’ dan diriwayatkan oleh para perawi yang berkualitas

siqah, siqah subut dan siqah hafiz. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 217. Hadis semakna juga

diriwayatkan dalam Sahih Bukhari, Sunan an-Nasa’i, Sunan at-Tirmizi, Sunan Abu Daud,

Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad dan Sunan ad-Darimy.

30 Artinya: Berkata Anas bin Malik telah berkata Rasulullah saw.: “Hai anakku, janganlah

engkau menoleh ke sana ke mari dalam shalat, karena akan merusak shalat, jika engkau terpaksa

melakukan hal itu, maka boleh dilakukan hanya dalam salat sunnah, dan bukan dalam salat

fardhu”. Hadis ini digolongkan sebagai hadis syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid,

diriwayatkan oleh perawi yang berkualitas; siqah, saduq dan satu orang berkualitas daif

yaitu Ali ibn Zayy; oleh Abu ‘Isa (at-Tirmizi) hadis ini berkualitas hasan garib, hadis ini hanya

diriwayatkan oleh at-Tirmizi (tidak terdapat dalam Kutub al-Tis’ah lainnya).

31 Suwaid, Mendidik Anak, h. 178.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

242


3. Pendidikan Puasa dan Zakat

Puasa dan zakat merupakan ibadah penting dalam Islam sekaligus merupakan

bagian dari rukun Islam, karena itu bagi umat Islam belajar dan mengajarkan

tentang puasa dan zakat merupakan kewajiban, baik terhadap anak-anaknya

maupun terhadap orang dewasa lainnya yang teridentifikasi belum mengetahui

berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah puasa dan zakat. Berkaitan dengan

ini Rasul pernah bersabda:

نع يِبَأ ٍليهس نع هيِبَأ هَّنَأ عمس َةحْلَط نب ديبع هللا ُلوُقي ءَاج ٌلجر ىَلِإ

ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو نم ِلهَأ دجن رئاَث ِسْأَّرلا عمسن َّيِود هتوص

اَلو هَقْفن ام ُلوُقي ىَّتح اند نم ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإَف وه ُلَأسي

نع ِماَلسِإْلا َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو سمخ تاوَلص يف ِمويْلا

ةَليللاو َلاَقَف ْله َّيَلع َّنهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوطت مايصو ِرهش َناضمر َلاَقَف

ْله َّيَلع هريَغ َلاَقَف اَل الِإ ْنَأ عَّوطت رَكَذو هَل ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو

َةاَكَّزلا َلاَقَف ْله َّيَلع اهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوطت َلاَق ربدَأَف ُلجَّرلا وهو ُلوُقي

هللاو اَل ديِزَأ ىَلع اَذه اَلو صُقنَأ هنم َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو

حَلْفَأ ْنِإ قدص يِنَثَّدح ىيحي نب بوُّيَأ ُةبيتُقو نب ديعس اعيمج نع َليعمسِإ ِنب

ٍرَفعج نع يِبَأ ٍليهس نع هيِبَأ نع َةحْلَط ِنب ديبع هللا نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع

ملسو اَذهِب ثيدحْلا وحن ثيدح كلام ريَغ هَّنَأ َلاَق َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا

هيَلع ملسو حَلْفَأ هيِبَأو ْنِإ قدص وَأ َلخد َةَّنجْلا هيِبَأو ْنِإ قدص32. 

32 Artinya: Diriwayatkan daripada Abi Suhayl dariayahnya bahwa beliau pernah mendengan

Thalhah bin Ubaidillah ra. katanya: Seorang penduduk Najd telah datang mengadap Rasulullah

saw. dengan keadaan rambutnya yang kusut. Kami mendengar nada suaranya tetapi tidak

memahami kata-katanya. sesudah  hampir kepada Rasulullah saw. dia terus bertanya mengenai

Islam. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Ia yaitu  sembahyang lima waktu sehari semalam. Lelaki

ini  bertanya lagi: Masih adakah sembahyang lain yang diwajibkan kepada ku? Rasulullah saw.

menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin melakukannya secara sukarela

yaitu sembahyang sunat. Seterusnya kamu hendaklah berpuasa pada bulan Ramadan. Lalu

lelaki ini  bertanya lagi: Masih adakah puasa lain yang diwajibkan kepada ku? Baginda

menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin melakukannya secara sukarela

yaitu puasa sunat. Rasulullah saw. meneruskan sabdanya: Keluarkanlah zakat. Kemudian

lelaki ini  bertanya: Adakah terdapat zakat lain yang diwajibkan kepadaku? Baginda

243

Hadis di atas merupakan dialog antara Rasul dengan seorang Muslim, yang

isinya teoritis tentang pelajaran ibadah shalat, puasa, dan zakat. Puasa pada

bulan Ramadhan merupakan rukun Islam ketiga dan wajib hukum melaksanakannya

bagi setiap Muslim. Sebagai ibadah wajib, puasa tentu harus dididikan kepada

setiap orang, baik anak-anak yang berada dalam asuhan orang tua, maupun

orang dewasa yang belum memahami dengan baik ajaran tentang puasa.

Mengenai cara memberi pendidikan puasa kepada anak-anak kiranya

dapat dibaca pada hadis berikut ini:

Dengan membaca hadis di atas, dapat diketahui bahwa pendidikan puasa

kepada anak dapat dilakukan dengan cara melatih mereka berpuasa dan jika

mereka menangis meminta makanan dapat dialihkan keinginan mereka dengan

cara memberi mainan kepada mereka, sehingga anak-anak lupa akan rasa

laparnya dan asik dengan permainannya, selain itu anak juga merasa terhibur

نع ِعِّيبُّرلا تنِب ذِّوعم ِنب ءَارْفع تَلاَق َلسرَأ ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو

َةادَغ ءَاروشاع ىَلِإ ىرُق ِراصنَأْلا يتلا َلوح ةنيدمْلا نم َناَك حبصَأ امئاص َّمتيْلَف

هموص نمو َناَك حبصَأ ارطْفم َّمتيْلَف َةَّيقب هموي اَّنُكَف دعب كلَذ هموصن مِّوصنو

اننايبص راغِّصلا مهنم ْنِإ ءَاش هللا بهْذنو ىَلِإ دِجسمْلا ُلعجنَف مهَل َةبعللا نم

ِنهعْلا اَذِإَف ىَكب مهدحَأ ىَلع ِماعطلا اهانيَطعَأ هاَّيِإ دنع ِراَطْفِإْلا33. 

menjawab dengan bersabda: Tidak, kecuali jika engkau ingin mengeluarkannya secara sukarela

yaitu sedekah. Kemudian lelaki itu beredar sambil berkata: Demi Allah, aku tidak akan menambah

dan menguranginya. Rasulullah saw. bersabda: Dia amat beruntung sekiranya membenarkan

yaitu menepati apa yang telah diucapkannya. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 24. Hadis ini

tergolong syarif marfu’ lin nabiyi saw., muttasil dengan aksaru minan sanad, dengan kualitas

sanad sebagian besar siqah dan siqah subut dan dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari, kitab

Imam hadis, no. 44, al-Nasa’i, kitab Salat, hadis no. 454, Abu Daud, kitab Salat, hadis no.

331, Imam Ahmad, hadis no. 2830, Imam Malik, kitab Nida’ul Salat, hadis no. 382, dan

Imam Darimi, kitab Salat, hadis no. 1532.

33 Artinya: Diriwayatkan daripada Ar-Rubaiyyi’ binti Muawwiz bin Afra’ ra. katanya: Pada

hari Asyura, Rasulullah saw. telah mengirimkan surat ke perkampungan-perkampungan Ansar

di sekitar Madinah yang berbunyi: Siapa yang berpuasa pada pagi ini hendaklah menyempurnakan

puasanya dan siapa yang telah berbuka yaitu makan pada pagi ini hendaklah dia juga

menyempurnakannya yaitu berpuasa pada baki harinya. Selepas itu kami pun berpuasa serta

menyuruh anak-anak kami yang masih kanak-kanak supaya ikut berpuasa, jika diizinkan Allah.

Ketika kami berangkat menuju ke masjid, kami buatkan suatu permainan untuk anak-anak

kami yang diperbuat dari bulu biri-biri. Jika ada di antara mereka yang menangis meminta

makanan, kami akan berikan mainan ini  sehingga tiba waktu berbuka. Muslim, Sahih

Muslim, h. 460. Hadis ini syarif marfu’ melalui perawi dengan kualitas siqah subut dan saduq;

selain oleh Imam Muslim diriwayatkan juga oleh Imam Bukhari dan Imam Ahmad.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

244


oleh permainan dan tidak merasakan panjangnya hari yang mereka lalui dengan

puasa. Ibnu Hajar seperti dikutip Suwaid, menjelaskan bahwa hadis ini menjadi

dalil mengenai disyariatkannya melatih anak-anak untuk berpuasa, sebab usia

yang disebutkan dalam hadis ini  belum sampai pada masa mukallaf, akan

tetapi hal itu dilakukan sebagai bentuk latihan.34 Namun perlu diingat pula

bahwa yang paling perlu orang tua usahakan pertama kali sebelum mengenalkan

dan melatih bepuasa yaitu  mengkondisikan anak dengan lingkungan yang

Islami. Kenalkan suasana puasa di lingkungan keluarga, karena suasana itu

bagi anak merupakan bekal dalam mempersiapkan dirinya, sehingga anak terbiasa

dengan suasana berpuasa. Anak tidak melihat ibu, bapak, dan anggota keluarganya

makan di siang hari, tetapi makan ketika terbenam matahari. Perlu juga diingat

yaitu  jangan sekali-sekali memaksa mereka melakukan puasa secara terus

menerus sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari, namun latih mereka

untuk melakukan puasa secara bertahap, mulai dari hitungan jam sampai

akhirnya mereka dapat terus berpuasa dari terbit fajar hingga berbuka pada

magribnya. sesudah  anak mampu berpuasa selama satu hari penuh, kenalkan

mereka dengan hal-hal yang membatalkan puasa.35

Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim dari Thalhah bin Ubaidillah juga

ada disebut tentang pendidikan zakat. Dalam Islam, zakat merupakan rukun

Islam keempat dan wajib bagi umat Islam melaksanakannya. Secara bahasa zakat

merupakan kata dasar dari zaka yang berarti berkah, tumbuh, dan baik. Menurut

Lisan al-Arab arti dasar dari kata zakat, ditinjau dari sudut bahasa yaitu  suci,

tumbuh, berkah dan terpuji. Sedangkan secara istilah fikih zakat berarti “sejumlah

harta tertentu yang diwajibkan Allah diserahkan kepada orang-orang yang

berhak di samping berarti mengeluarkan jumlah tertentu itu sendiri”.36 Dalam

ajaran Islam ada dua macam zakat, yaitu zakat harta dan zakat fitrah.

Berkenaan dengan praktek pengamalan zakat ada beberapa hadis yang dapat

dijadikan dasar bagi pendidikan praktis pelaksanaan zakat bagi umat Islam, yaitu:

34 Suwaid, Mendidik Anak, h. 194.

35 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 98.

36 Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, terj. Salman Harun (Jakarta: Litera AntarNusa,

1993), h. 34.

37 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Said al-Khudri ra.: Nabi saw. bersabda: “Hasil

نع ىيحي ِنب َةرامع َلاَق تعمس ابَأ ديعس َّيِردخْلا ُلوُقي َلاَق ُلوسر هللا

ىلص هللا هيَلع ملسو سيَل اميف َنود ةسمخ ٍقسوَأ ٌةَقدص سيَلو اميف َنود

ِسمخ دوَذ ٌةَقدص سيَلو اميف َنود ِسمخ ٍقاوَأ ٌةَقدص37. 

245

Sabda Rasul di atas menurut hemat penulis, dapat dianggap sebagai

pendidikan praktis dari Rasul tentang pelaksanaan zakat harta, terutama

tentang nisab (batas ukuran minimal) harta atau ternak yang wajib dikeluarkan

zakatnya. Sedangkan mengenai pendidikan zakat fitrah dapat dibaca pada

hadis-hadis berikut ini:

Dua hadis ini  di atas, dapat digolongkan kepada hadis tentang

pendidikan praktis tentang zakat fitrah, terutama tentang ukuran (jumlah)

bahan makanan yang harus dikeluarkan sebagai zakat dan tentang waktu

pelaksanaan zakat fitrah.

Dalam hal memberikan pendidikan zakat kepada anak, dapat dilakukan

dengan cara membiasakan anak untuk tidak pelit, dan mau memberikan sedekah

kepada kaum dhuafa. Ajaklah anak-anak ke panti-panti asuhan, panti jompo

نع ِضايع ِنب دبع هللا ِنب دعس ِنب يِبَأ ٍحرس هَّنَأ عمس ابَأ ديعس َّيِردخْلا

اُلوُقي اَّنُك جِرخن َةاَكز ِرْطفْلا اعاص نم ٍماعَط وَأ اعاص نم ٍيرعش وَأ اعاص نم

ٍرمت وَأ اعاص نم طقَأ وَأ اعاص نم ٍبيِبز38. 

نع ِنبا رمع نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو رمَأ ةاَكزِب ِرْطفْلا ْنَأ ىَّدؤت

َلبَق ِجورخ ِساَّنلا ىَلِإ ةاَلَّصلا39. 

bumi yang kurang dari lima wasaq yaitu gantang, tidak diwajibkan zakat. Unta yang kurang

dari lima ekor, tidak diwajibkan zakat. Perak yang kurang dari lima uqiah (satu uqiah yaitu 

sama dengan 40 dirham perak), tidak diwajibkan zakat.” Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h.

390. Hadis ini syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh para perawi

berkualitas siqah, la ba’sa bihi, siqah hafiz, dan siqah subut. Oleh at-Tirmizi hadis ini disebut

sebagai hasan sahih.

38 Artinya: Dari ‘Iyadh ibn Abdillah ibn Sa’d ibn Abi Sarh, dia pernah mendengan Abu

Said al-Khudri ra. berkata: Kami biasanya mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu gantang

makanan, satu gantang gandum, satu gantang kurma, satu gantang keju atau satu gantang

zabib yaitu anggur kering. Hadis di atas merupakan hadis marfu’ muttasil dengan sanad

wahid, diriwayatkan oleh perawi dengan kualitas; siqah, siqah yursal, ra’sal muttaqinain

dan siqah subut imam. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 392.

39 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: “Rasulullah saw. memerintahkan

agar zakat fitrah ditunaikan sebelum orang ramai keluar untuk mendirikan sembahyang

Hari Raya.” Dilihat dari segi periwayatan, hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan

sanad wahid, diriwayatkan oleh perawi yang berkualitas; siqah, siqah subut dan siqah

subut imam. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 393. Menurut at-Tirmizi hadis ini yaitu  hasan

sahih; hadis semakna dapat ditakhrij dalam Sahih Al Bukhari, Sunan an-Nasâ’i, Sunan at-

Tirmiýi, Suan Abu Daud, dan Musnad Imam Ahmad.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

246


atau tempat-tempat yang menghimpun para dhuafa sembari memberi penjelasan

pada mereka bahwa kehidupan yang mereka nikmati saat ini ternyata jauh

lebih baik dibandingkan dengan yang dialami oleh saudara-saudara mereka

ini . Ajarkan pula kepada mereka untuk bisa membagi sedikit kebahagiaan

yang mereka punya kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama kepada

orang-orang di sekeliling mereka, dan jelaskan pula bahwa mengeluarkan zakat

atau sedeqah tidak akan menyebabkan kemiskinan.40 Hal inilah yang difirmankan

oleh Allah dlam Q.S. al-Mujadilah/58: 13,  Apakah kamu takut akan (menjadi

miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul?

Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi taubat kepadamu

maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Allah dan

Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Selain itu biasakan pula untuk memberi sedekah dengan tidak diiringi

perkataan yang akan menyakitkan hati penerimanya, atau memberi dengan

disertai ucapan penghinaan. Hal inilah yang diungkap dalam firman Allah,

Q.S. al-Baqarah/2: 263, Perkataan yang baik dan pemberian ma‘af lebih baik

dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan sipenerima).

Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.”

Satu hal lagi tentang zakat yang juga penting dididikan kepada anak yaitu

mengingatkan mereka bahwa bersedekah dapat dilakukan setiap saat tanpa

batasan waktu dan jumlah. Sesungguhnya masih banyak lagi hadis Rasul

yang dapat dijadikan dasar pendidikan zakat, namun dengan mengutip beberapa

hadis ini  di atas dapatlah kiranya menjadi kajian pendahuluan tentang

pendidikan zakat yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.

4. Pendidikan Haji

Haji yaitu  rukun Islam yang kelima, yaitu suatu ibadah berkunjung ke

Ka’bah di tanah suci pada suatu masa tertentu, untuk dengan sengaja mengerjakan

beberapa amal ibadah dengan syarat-syarat tertentu dan atas dasar menunaikan

panggilan perintah Allah swt. dan dengan mengharap ridhaNya.41 Sebagai rukun

Islam dan ibadah wajib bagi umat Islam, yaitu  sangat penting diberikan pendidikan

tentang haji kepada anak-anak, generasi muda atau umat Islam pada umumnya.

Ada beberapa cara yang dianggap efektif bagi orang tua untuk memulai mengenalkan

ibadah haji pada anak sejak dini, yaitu; mengajak anak untuk menonton siaran

yang ditayangkan televisi mengenai pelaksnaan ibadah haji, ajak anak untuk

mengunjungi asrama haji guna menyaksikan pelatihan haji yang dilakukan

40 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 103.

41 Razak, Dienul Islam, h. 210.

247

calon-calon jamaah haji, dan ajarkan anak untuk melakukan praktek ibadah

haji seperti yang dilakukan oleh jamaah haji sesungguhnya.42 Misalnya dengan

melakukan manasik di suatu tempat yang dilengakpi dengan miniatur atau

tiruan dari berbagai tempat yang berkaitan dengan pelaksanaan haji sebenarnya,

seperti Ka’bah, Hajarul Aswad, Arafah, atau tempat melontar jumroh dan tempai

sa’i. Tujuan diberikan pendidikan haji kepada anak, selain untuk memberi

pengetahuan tentang haji kepada anak, juga diharapkan dapat menumbuhkan

kesadaran, keinginan dan cita-cita di lubuk hati anak untuk melaksanakan

ibadah haji terutama sesudah mereka dewasa.

Dalam kaitannya dengan pendidikan ibadah haji ada beberapa hadis

Rasul yang dapat dipetik dari padanya pelajaran tentang pendidikan haji, di

antaranya yaitu  hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah:

Dalam hadis ini terungkap satu dialog antara Rasul dengan Sahabat yang

menyebutkan bahwa haji merupakan satu amalan yang paling utama. Pelajaran

yang dapat diambil dari hadis ini yaitu  pendidikan tentang penting dan

kedudukan haji bagi seorang Muslim. Hadis ini dapat dijadikan sebagai dasar

teoritis tentang pentingnya pendidikan haji diberikan kepada setiap Muslim.

Karena dengan membaca hadis ini umat Islam menjadi tahu bahwa ibadah

haji memiliki dan menempati kedudukan penting bagi umat Islam, bahkan dapat

disejajarkan dengan kedudukan beriman kepada Allah dan jihad fi sabilillah.

Selain mengetahui keutamaan ibadah haji, umat Islam juga harus mengetahui

kewajiban melaksanakan haji bagi umat Islam, hal inilah yang diajarkan Rasul

kepada sahabat lewat sabdanya berikut ini:

نع يِبَأ َةريره َلاَق َلئس ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ُّيَأ ِلامعَأْلا ُلضْفَأ َلاَق

ٌنايمِإ هللاِب َلاَق َّمُث اَذام َلاَق داهِجْلا يف ِليِبس هللا َلاَق َّمُث اَذام َلاَق ٌّجح روربم43.

42 Aghla, Mengakrabkan Anak, h. 106.

43 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. pernah ditanya:

“Apakah amalan yang paling utama? Baginda bersabda: Beriman kepada Allah. Sahabat bertanya

lagi: Kemudian apa? Rasulullah saw. bersabda: Jihad pada jalan Allah yaitu berjuang pada

jalan Allah dan Sahabat bertanya lagi: Kemudian apa? Rasulullah saw. bersabda: Haji Mabrur

yaitu ibadat Haji yang diterima.” Hadis ini syarif marfu’ diriwayatkan oleh sebagian besar

perawi yang siqah dan siqah hujjah. Muslim, ªahih Muslim, juz 1, h. 49.

نع يِبَأ َةريره َلاَق انبَطخ ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَقَف اهُّيَأ ساَّنلا دَق

ضرَف هللا مُكيَلع َّجحْلا اوُّجحَف َلاَقَف ٌلجر لُكَأ ٍماع اي َلوسر هللا تَكسَف ىَّتح

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

248


Dengan membaca hadis di atas, umat Islam memperoleh pengetahuan

tentang berapa kali kewajiban haji bagi umat Islam, adapun metode pendidikan

yang ditemukan pada hadis itu yaitu  tanya jawab, di mana pada hadis ini 

ditemukan satu dialog yang menanyakan tentang apakah haji wajib dilaksanakan

setiap tahun, dan dari jawaban Rasulullah saw. dapat disimpulkan, bahwa

kewajiban haji hanya 1 (satu) kali seumur hidup bagi umat Islam itupun bagi

yang mampu melaksanakannya baik secara material maupun non material.

Sedangkan hadis tentang pendidikan praktis ibadah haji di antaranya

yaitu  hadis-hadis berikut ini:

ٍ

اهَلاَق اًثاَلَث َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو وَل تْلُق معن تبجوَل امَلو

متعَطتسا َّمُث َلاَق يِنورَذ ام مُكتْكرت امَّنِإَف كَله نم َناَك مُكَلبَق ةرْثَكِب مِهلاؤس

مِهفاَلتخاو ىَلع مِهئايِبنَأ اَذِإَف مُكترمَأ ءٍيشِب اوتْأَف هنم ام متعَطتسا اَذِإو مُكتيهن

نع ءٍيش هوعدَف44. 

نع ِنبا رمع يضر هللا امهنع نَأ اًلجر َلَأس َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو

ام سبْلي مِرحمْلا نم ِبايثلا َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل اوسبْلت

صمُقْلا اَلو مئامعْلا اَلو تاَليِوارَّسلا اَلو سِناربْلا اَلو فاَفخْلا الِإ دحَأ اَل دِجي

ِنيَلعَّنلا سبْليْلَف ِنيفخْلا امهعَطْقيْلو َلَفسَأ نم ِنيبعَكْلا اَلو اوسبْلت نم ِبايثلا

اًئيش هَّسم ُنارَفعَّزلا اَلو سروْلا45. 

44 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. pernah

berkhutbah kepada kami: Wahai manusia! Allah s.w.t telah mewajibkan kepada kamu mengerjakan

Haji, tunaikanlah Haji. Seorang lelaki bertanya: Adakah setiap tahun, wahai Rasulullah?

Baginda hanya diam sahaja hingga lelaki tadi mengulangi pertanyaannya tiga kali. Rasulullah saw.

pun menjawab: Jika aku katakan Ya, tentu ianya wajib dilakukan setiap tahun dan kamu tidak

mungkin mampu melakukannya. Baginda bersabda lagi: Tinggalkanlah sesuatu yang aku

tidak galakkan kepada kamu. Kemusnahan umat yang terdahulu daripada kamu ialah karena

mereka banyak bertanya dan tidak ada persefahaman dengan Nabi mereka. Jadi, apabila aku

perintahkan sesuatu kepada kamu, lakukanlah sedaya kamu dan apabila aku melarang dari

melakukan sesuatu, tinggalkanlah! Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid,

diriwayatkan dari perawi yang sebagian besar berkualitas siqah, siqah subut dan siqah

muttaqin. Muslim, Sahih Muslim, hadis no. 2380. Hadis serupa dapat ditelusuri pada kitab-

kitab; Imam Bukhari, Imam at-Tirmiýi, an-Nasâ’i, Ibnu Majah, dan Musnad Imam Ahmad.

45 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: Seorang lelaki bertanya kepada

Rasulullah s.a.w: Bagaimana cara pakaian orang yang ingin berihram? Rasulullah saw. menjawab

dengan bersabda: Janganlah kamu memakai baju, kain serban, seluar, penutup kepala dan

249

Dengan membaca hadis ini umat Islam dapat belajar tentang bagaimana

caranya berpakaian ketika hendak melakukan ihram yang merupakan rukun haji.

Hadis lain yang juga dapat dijadikan dasar pendidikan praktis tentang

ibadah haji terutama tentang tawaf dan sa’i yaitu  hadis yang diriwayatkan

Muslim dari Ibnu Umar, yaitu:

Dengan jelas hadis di atas memberikan pendidikan praktis kepada umat

Islam, khususnya tentang cara Rasulullah melaksanakan Tawaf dan Sa’i yang

kedua-duanya merupakan rukun dari ibadah haji.

5. Pendidikan Bershalawat, Berzikir dan Berdo’a

Bagi umat Islam bertasbih, tahmid, takbir dan bershalawat atas Rasul juga

merupakan satu ibadah yang disunnahkan untuk dikerjakan, terutama pada

saat selesai melaksanakan salat wajib lima waktu sehari semalam. Adapun

bacaan selawat, tasbih, tahmid dan takbir yang diajarakan Rasul yaitu  seperti

yang tertuang dalam hadis-hadis berikut ini:

نع ِنبا رمع نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َناَك اَذِإ فاَط تيبْلاِب

فاوطلا َلَّوَأْلا َّبخ اًثاَلَث ىشمو اعبرَأ َناَكو ىعسي ِنْطبِب ِليسِمْلا اَذِإ فاَط

نيب اَفَّصلا ةورمْلاو َناَكو نبا رمع ُلعْفي كلَذ46.

نع ِبعَك ِنب َةرجع َلاَق انْلُق اي َلوسر هللا اَذه ماَلَّسلا كيَلع دَق انملع فيَكَف

ُةاَلَّصلا كيَلع َلاَق اوُلوُق َّمهللا لص ىَلع دَّمحم ىَلعو ِلآ دَّمحم امَك تيلص

sarung kaki yaitu khuf kecuali untuk orang yang tidak memiliki selipar, diharuskan dengan

syarat khuf ini  dipotong hingga bawah buku lali. Jangan memakai pakaian yang dicelup

dengan Za’faran yaitu sejenis pewarna warna kuning dan Wars yaitu sejenis pewarna warna

merah. Hadis di atas tergolong syarif marfu’ muttasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh

para perawi yang tergolong siqah subut dan siqah subut imam, Imam at-Tirmizi menyebut

hadis ini sebagai hasan sahih dan diamalkan oleh para ulama. Muslim, Sahih Muslim, juz

1, h. 481. Hadis serupa dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari, Sunan at-Tirmizi, an-Nasa’i,

Abu Daud, Ibnu Majah, Imam Ahmad, Imam Malik, dan Ad-Darimy.

46 Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Umar ra. katanya: “Apabila Rasulullah saw.

melakukan Tawaf di Baitullah, pertama sekali baginda berlari-lari kecil sebanyak tiga pusingan

dan berjalan sebagaimana biasa sebanyak empat pusingan. Baginda bersaie secara berlari-lari

kecil di lembah (di antara dua lampu hijau) di antara Safa dan Marwah”(HR. Muslim). Hadis

ini tergolong syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, diriwayatkan oleh perawi yang

berkualitas siqah subut, siqah hafiz dan siqah. Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 530.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

250


Pendidikan ibadah yang terdapat dalam hadis ini yaitu  tentang bershalwat

kepada Rasul, yang oleh sebagian besar umat Islam dinyakini bahwa bershalawat

kepada Rasul merupakan ibadah sunnah dengan bacaan seperti yang disebutkan

pada hadis ini .

Hadis berikut yaitu  tentang bacaan tasbih, yaitu:

ىَلع ميهاربِإ كَّنِإ ديمح ديِجم كِرابو ىَلع دَّمحم ىَلعو ِلآ دَّمحم امَك

تْكراب ىَلع ميهاربِإ كَّنِإ ديمح ديِجم47. 

نع يِبَأ َةريره اَذهو ُثيدح َةبيتُق نَأ ءَارَقُف نيِرِجاهمْلا اوتَأ َلوسر هللا ىلص

هللا هيَلع ملسو اوُلاَقَف بهَذ ُلهَأ ِروُثُّدلا تاجرَّدلاِب ىَلعْلا ِميعَّنلاو ِميقمْلا َلاَقَف

امو كاَذ اوُلاَق َنولصي امَك يلصن َنوموصيو امَك موصن َنوُقَّدصتيو اَلو

قَّدصتن َنوُقتعيو اَلو قتعن َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَلَفَأ مُكملعُأ

اًئيش َنوُكِردت هِب نم مُكَقبس َنوُقِبستو هِب نم مُكدعب اَلو ُنوُكي دحَأ َلضْفَأ

مُكنم الِإ نم عنص َلْثم ام متعنص اوُلاَق ىَلب اي َلوسر هللا َلاَق َنوحِّبست

َنورِّبَكتو َنودمحتو ربد لُك ةاَلص اًثاَلَث ينثاَلَثو ةَّرم48. 

47 Artinya: Hadis Ka’ab bin Ujrah ra.: Diriwayatkan daripada Abdullah bin Abu Laila ra.

katanya: Ka’ab bin Ujrah pernah menemuiku dan berkata: Bolehkah aku berikan kepada kamu

suatu hadiah? Tiba-tiba Rasulullah saw. sampai dan terus berjumpa kami. Lalu kami berkata:

Kami telah mengetahui cara untuk mengucapkan salam kepadamu, tetapi bagaimana pula

cara untuk kami ucapkan selawat? Baginda bersabda: Kamu bacalah: Allahumma shalli ‘ala

Muhammad wa-‘ala ali Muhammad, kama shallayta ‘ala Ibrahim innaka hamidun majid,

wa-barik ‘ala Muhammad wa-‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim, inna-ka hamidun

majid. At-Tirmizi, Sunan at-Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 1, h. 301. Hadis ini tergolong syarif

marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, dengan kualitas perawinya siqah, siqah subut,

rubama dalas, siqah subut dan saduq. Oleh at-Tirmizi hadis ini dinilai sebagi hasan sahih.

Hadis di atas dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari hadis no. 3119, Sahih Muslim bab salat

hadis no. 614, al-Nasa’i hadis no. 1270, Sunan Abu Daud hadis no. 830, Sunan Ibnu Majah

hadis no. 894 dan dalam Musnad Imam Ahmad hadis no. 17409, 17425 dan nomor 17431.

48 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Sesungguhnya orang-

orang miskin dari golongan muhajirin telah datang menemui Rasulullah saw. dan berkata:

Orang-orang kaya mendapat kedudukan yang tinggi dan nikmat-nikmat yang kekal. Rasulullah

bertanya: Apa itu? Mereka menjawab: Mereka ber-sembahyang sebagaimana kami sembahyang,

mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa. Tetapi mereka bersedekah sedangkan kami

tidak dapat bersedekah, mereka memerdekakan hamba sementara kami tidak mampu memerdekakannya.

Rasulullah saw. bersabda: Mahukah kamu sekiranya aku ajarkan kepada kamu satu amalan

yang akan dapat menyamai orang-orang yang sebelum kamu dan dapat mengatasi orang-

251

Do’a dalam Islam juga merupakan ibadah penting, karenanya Rasulullah

memberi pendidikan tentang berdo’a kepada umatnya seperti yang tertuang

dalam hadis berikut ini:

Hadis ini mengajarkan kepada umat Islam agar dalam berdo’a tetap ber-

husnuz zhon kepada Allah swt. artinya bahwa Allah dalam mengabulkan do’a

hambanya sepenuhnya merupakan wewenangnNya, sehingga dalam berdo’a

manusia tidak perlu diiringi dengan perkataan; Ya Allah, jika Engkau kehendaki

maka perkenankanlah kepada aku, kerana sesungguhnya Allah itu bukanlah

kedekut. Sebab jika ini diucapkan akan mengandung arti bahwa manusia bersu’uz

zhon terhadap Allah dalam mengabulkan do’a-do’a hambaNya.

Selain hadis di atas, hadis di bawah ini juga merupakan dasar pendidikan

praktis dalam berdo’a.

ن.ع ٍسنَأ َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ اعد مُكدحَأ مِزعيْلَف يف

ءِاعُّدلا اَلو ْلُقي َّمهللا ْنِإ تْئش يِنطعَأَف نِإَف هللا اَل هِرْكتسم هَل49. 

نع يِبَأ ىسوم َلاَق اَّنُك عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو يف ٍرَفس َلعجَف ساَّنلا

َنورهجي ِيرِبْكَّتلاِب َلاَقَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اهُّيَأ ساَّنلا اوعبرا ىَلع

مُكسُِفنَأ مُكَّنِإ سيَل َنوعدت َّمصَأ اَلو ابئاَغ مُكَّنِإ َنوعدت اعيمس ابيِرَق وهو

مُكعم َلاَق انَأو هَفْلخ انَأو ُلوُقَأ اَل َلوح اَلو َةَّوُق الِإ هللاِب َلاَقَف اي دبع هللا نب

orang yang sebelum kamu? Tiada seorang pun yang lebih baik daripada kamu melainkan

mereka yang melakukan amalan sebagaimana yang kamu lakukan itu. Mereka menjawab:

Tentu saja, wahai Rasulullah! Rasulullah saw. bersabda: Kamu bertasbih (Subhanallah),

bertakbir(Allahu Akbar), dan bertahmid (Al-hamdulillah) setiap kali sesudah  selesai dari sembahyang

sebanyak tiga puluh tiga kali. Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dari sanad yang

banyak, dengan kualitas perawinya saduq, siqah, dan siqah subut. at-Tirmizi, Sunan at-

Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 1, h. 256; Muslim, Sahih Muslim, juz 1, h. 240. Hadis ini juga

ditemukan pada Sahih Bukhari hadis no. 798, Sunan Abu Daud hadis no. 1286, Musnad

Ahmad hadis no. 6945, dan ad-Darimy hadis no. 1319. Sunan at-Tirmizi hadis no. 408.

49 Artinya: Diriwayatkan daripada Anas ra. katanya: Rasulullah saw. bersabda: Apabila

kamu berdoa, maka hendaklah kamu berazam serta benar-benar memohon kepada Allah s.w.t

dan janganlah berkata: Ya Allah, jika Engkau kehendaki maka perkenankanlah kepada aku,

karena sesungguhnya Allah itu bukanlah kedekut. Muslim, Sahih Muslim, juz 2, h. 467. Hadis

ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang banyak, dengan perawi siqah, siqah subut, dan siqah

hafiz. Hadis seperti di atas dapat ditakhrij pada Sahih Bukhari kitab do’a hadis no. 5863 dan

pada Musnad Ahmad hadis no. 11542.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

252


Hadis lain yang juga dapat dijadikan dasar pendidikan praktis dalam

berdo’a yaitu  hadis berikut ini:

Pelajaran yang dapat diambil dari kedua hadis ini  di atas yaitu 

pendidikan tentang tatacara dan adab dalam berdo’a.

6. Pendidikan Mambaca Al Qur-an

Dalam ajaran Islam, membaca al-Qur´an dinilai juga sebagai ibadah,

karenanya dalam sebuah hadisnya Rasulullah bersabda:

Setiap orang tua harus menyadari bahwa mengajarkan al-Qur´an kepada

anak-anak yaitu  suatu kewajiban mutlak dan harus dilaksanakan sejak

ٍسيَق اَلَأ كلدَأ ىَلع ٍزنَك نم ِزونُك ةَّنجْلا تْلُقَف ىَلب اي َلوسر هللا َلاَق ْلُق اَل

َلوح اَلو َةَّوُق الِإ هللاِب50.

نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق باجتسي مُكدحَأل ام

م َل ْلجعي ُلوُقيَف دَق توعد اَلَف وَأ مَلَف بجتسي يل51. 

نع َنامْثع يضر هللا هنع نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق مُكريخ نم ملعت

َنآرُقْلا هملعو52. 

50 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Musa ra. katanya: Ketika kami bersama Rasulullah

saw. dalam satu perjalanan, para Sahabat bertakbir dengan suara yang cukup kuat lalu baginda

bersabda: Wahai umatku! Perlahankanlah suara kamu. Sesungguhnya kamu bukannya berdoa

kepada mereka yang buta ataupun ghaib, akan tetapi kamu sedang berdoa kepada yang Maha

Mendengar lagi Maha Dekat dan Dia bersama kamu. Abdullah bin Qais berkata: Ketika itu aku

berada di belakang baginda sambil menyebut lantas baginda bersabda: Wahai Abdullah bin

Qais! Inginkah kamu aku tunjukkan sebuah gedung Syurga? Aku menjawab: Tentu sekali, wahai

Rasulullah. Baginda bersabda: Sebutlah La Hawla wa-la quwwata illa bi-Allah. Muslim,

Sahih Muslim, juz 2, h. 475. Hadis dari Abu Musa ini syarif marfu’ muttasil dari sanad yang

banyak, diriwayatkan oleh perawi yang siqah subut, siqah, saduq dan siqah hafiz.

51 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah ra. katanya: Rasulullah saw. bersabda:

Doa seseorang itu akan dikabulkan selagi dia tidak terburu-buru menyebabkan dia berkata:

Aku berdoa tetapi tidak dimakbulkan. Muslim, Sahih Muslim, juz 2, h. 486. Hadis ini syarif marfu’

mutasil dengan sanad wahid, diriwayatkan oleh perawi yang sebagian besar siqah.

52 Artinya: Dari Utsman ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: Sebaik-baik kamu ialah

orang yang mempelajari al-Qur´an dan mengajarkannya kepada orang lain. at-Tirmizi, Sunan

at-Tirmizi al-Jami’us sahih, juz 4, h. 246. Hadis ini tergolong syarif marfu’ muttasil dengan

sanad wahid, adapun perawinya tergolong siqah, siqah hafiz muttaqin, dan siqah subut.

Oleh at-Tirmizi hadis ini disebut sebagai hadis hasan sahih.

253

53 Thalib, 40 Tanggung Jawab Orang Tua, h. 106-107.

dini agar ruh al-Qur´an dapat membekas dalam jiwa mereka. Sebab bagaimana

anak-anak dapat mengerti agamanya jika mereka tidak mengerti al-Qur´an.

Selain itu untuk kepentingan bacaan dalam salat, anak-anak pun wajib mengetahui

dan dapat membaca surah Al Fatihah dan lainnya yang menjadi keperluan

sebagai bacaan dalam salat. Dengan adanya tuntutan kewajiban salat, maka

mutlak bagi orang tua wajib memberi pendidikan al-Qur´an kepada anak-

anaknya. Cara yang dapat ditempuh orang tua dalam memberikan pendidikan

al-Qur´an kepada anak-anaknya, antara lain yaitu :

a. Mengajarkannya sendiri dan ini cara yang terbaik. Karena orang tua

sekaligus dapat lebih akrab dengan anak-anaknya dan mengetahui sendiri

tingkat kemampuan anak-anaknya. Ini berarti orang tualah yang wajib

terlebih dahulu dapat membaca al-Qur´an dan memahami ayat-ayat

yang dibacanya.

b. Menyerahkan kepada guru mengaji al-Qur´an atau memasukkan anak-

anak pada sekolah-sekolah yang mengajarkan tulis baca al-Qur´an.

c. Dengan alat yang lebih modern, dapat mengajarkan al-Qur-an lewat video

casette, dan atau vcd, jika orang tua mampu menyediakan peralatan semacam

ini, tetapi ingatlah bahwa cara yang pertamalah yang terbaik.53

III. Penutup

Dengan membaca dan mengalisa beberapa hadis Rasul di atas dapat

dipahami bahwa Rasulullah Muhammad Saw, telah memberi banyak pendidikan

ibadah kepada umatnya. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar umat Islam di

belakang hari tidak mengalami kesulitan dan kekeliruan dalam melaksanakan

berbagai ibadah yang disyari’atkan Islam. Di antara ibadah-ibadah yang diajarkan

Rasulullah dalam hadis-hadis ini  yaitu  tentang bersuci, salat, puasa,

zakat, haji, berdoa, zikir, selawat, tasbih, tahmid, takbir, dan tentang membaca

al-Qur´an. Adapun cara yang ditempuh Rasul dalam memberikan pendidikan

ibadah yaitu  dengan cara memberi penjelasan secara lisan dan disertai dengan

praktek atau pemberian contoh praktis tentang tata cara pelaksanaan berbagai

ibadah yang diajarkannnya.

Sesungguhnya masih banyak hadis yang berkaitan dengan pendidikan

ibadah baik itu ibadah khusus maupun ibadah yang umum, oleh sebab itu

dalam kesempatan ini hadis-hadis di atas hanya merupakan contoh/sampel

dari sekian banyak hadis Rasul yang berkaitan dengan pendidikan ibadah,

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Ibadah (Soiman)

254


dengan harapan kajian ini akan menjadi pembuka wawasan bagi penulis

dan pembaca umumnya dalam mengkaji hadis-hadis yang berkaitan dengan

pendidikan ibadah. Kecuali itu, kajian ini juga diharapkan akan menjadi

pedoman bagi umat Islam dalam memberikan pendidikan ibadah kepada

umat Islam secara umum, dan kepada anak-anak atau keluarga mereka khususnya.




HADIS-HADIS TENTANG

PENDIDIKAN AKHLAK

Suprayetno W.

I. Pendahuluan

Akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu khulqu, khuluq yang mempunyai

arti watak, tabiat, keberanian, atau agama.1 secara Istilah akhlak menurut

Ibnu Maskawaih (421H) yaitu  suatu keadaan bagi jiwa yang mendorong

ia melakukan tindakan-tindakan dari keadaan itu tanpa melalui pikiran dan

pertimbangan. Keadaan ini terbagi dua, ada yang berasal dari tabiat aslinya,

ada pula yang diperoleh dari kebiasaan yang berulang-ulang. Boleh jadi, pada

mulanya tindakan itu melalui pikiran dan pertimbangan, kemudian dilakukan

terus menerus, maka jadilah suatu bakat dan akhlak. 2

Salah satu misi Rasulullah Muhammad saw. diutus Allah di dunia ini yaitu 

untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Dan Rasulullah Muhammad

saw. sendiri yaitu  bentuk penterjemahan Al-Qur’an di semua aspek kehidupan

yang meliputi dimensi afeksi, kognisi dan psikomotor. Dari perspektif ini,

pendidikan akhlaq (at-tarbiyah al-khuluqiyyah) mencakup totalitas dasar-

dasar pembinaan manusia di semua dimensi fisik dan psikospiritual: keagamaan,

ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya manusia. Oleh sebab itu at-tarbiyah

al-khuluqiyah harus bersandar kepada sosok Rasulullah Muhammad saw.

Firman Allah dalam Q.S. al-Ahzab/33: 21, Sesungguhnya telah ada pada (diri)

Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap

(rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah;

dan juga Q.S. Ali Imran/3: 32, Katakanlah: “Ta`atilah Allah dan Rasul-Nya; jika

kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”.3



Bagian ini akan membahas hadis-hadis yang berkenaan dengan pendidikan

akhlaq dengan metode:


Related Posts:

  • Hadist pendidikan 9 . Hal inilah yang telahdilakukan oleh Rasulullah Muhammad saw. sebagai pembawa Islam, kepadaumat Islam pada masa awal perkembangan Islam, sebagaimana dapat dibacapada hadis berikut ini:Hadis di atas memberikan penjelasa… Read More