ع ملسو17.
انَثَّدح داَّنه انَثَّدح عيكو نع َةبعش نع يِبَأ نوع ِّيفَقثلا نع ثِراحْلا ِنب وٍرمع
نع ٍلاجِر نم ِباحصَأ ذاعم نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َثعب اًذاعم ىَلِإ
ِنميْلا َلاَقَف فيَك يضْقت َلاَقَف يضْقَأ امِب يف ِباتك هللا َلاَق ْنِإَف مَل نُكي يف
ِباتك هللا َلاَق ةَّنسِبَف ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق ْنِإَف مَل نُكي يف ةَّنس
ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق دِهتجَأ يِيْأر َلاَق دمحْلا هلل يذلا قفو
َلوسر ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو انَثَّدح دَّمحم نب ٍراَّشب انَثَّدح دَّمحم نب
ٍرَفعج دبعو ِنمحَّرلا نب ٍّيدهم اَلاَق انَثَّدح ُةبعش نع يِبَأ نوع نع ثِراحْلا ِنب
وٍرمع ِنبا ٍخَأ ةيرغمْلل ِنب َةبعش نع ٍسانُأ نم ِلهَأ ٍصمح نع ذاعم نع ِّيِبَّنلا ىلص
tentang kitab Allah dengan ra’yu maka sesungguhnya ia salah”. Abu Daud Sulaiman as-
Sijistani, Sunan Abi Daud (Libanon: Dar al-Fikr, 1994), juz 2, h. 182; Ibnu Qayyim Jauziyah,
‘Aun al-Ma’bud (Ttp; Dar al-Fikr, 1979). Hadis ini marfu’ kepada Rasulullah saw., dan dari
kritik sanad yang dilakukan mayoritas sanadnya yaitu siqah.
17 Artinya: Mengkhabarkan kepada kami Hasan Bin Bisr, meriwayatkan kepada kami
Ma’fa dari Auza’I telah berkata ia telah menulis ‘Usr bin Abdil Aziz sesungguhnya tidak ada
ra’yu bagi sesuatu dalam kitab Allah. Dan sesungguhnya ra’yu seorang imam tidak terdapat
pada apa yang diturunkan (kitab) demikian juga pada sunnah dari Rasulullah saw. dan tidak
ada ra’yu bagi sunnah rasulullah saw. Sunan Darimi, Mausu’ah Sunnah CD ROM versi 1.2,
Kitab Muqaddimah, hadis no. 433. Hadis ini atsar marfu’.
177
Bukan berarti bertentangan dengan hadis sebelumnya, sikap nabi yang
menghargai Mu’az bin Jabal memberi peluang pada ra’yu tetap pada koridor wahyu.
Untuk melengkapi hadis di atas tentang ijtihad, perlu dicantumkan hadis
di bawah ini:
Artinya: Meriwayatkan kepada kami Hannad meriwayatkan kepada kami Waki’ dari
Syu’abah dar Abi ‘Aun tsaqafi dari Harits bin ‘Amrin dari seseorang dari sahabat Mu’az sesungguhnya
Rasulullah saw. mengutus Mu’az ke Yaman maka ia berkata bagaimana memutuskan perkara?
Maka ia berkata aku mengambil keputusan dengan apa yang ada dalam kitab Allah Nabi berkata
jika tidak engkau dapatkan? Jika tidak aku dapatkan di kitab maka dengan sunnah Rasulullah
saw., Nabi berkata lagi jika tidak engkau dapatkan? Mu’az berkata aku berijtihad dengan ra’yu
Nabi berkata: Alhamdulillah yang telah mengarahkan Rasul sebagai Rasulullah saw. Meriwayatkan
kepada kami Muhammad bin Basyar meriwayatkan kepada kami Muhammad bin Ja’far dan
Abd. Ar-Rahman bin Mahdi ia berkata meriwayatkan kepada kami Syu’bah dari Abi ‘Aun dari
Harits bin ‘Amrin ibn akh li Mughayyirah bin Syu’bah dari Anas dari Ahl Himas dari Mu’az
dari Nabi saw. contohnya ia berkata Abu Isa hadis ini tidak dikenal kecuali dari sisi ini dan
sanadnya tidak dariku bersambung dan Abi ‘Aun tafaquhi namanya Muhammad bin Abdillah.
Hadis ini di antaranya terdapat pada Sunan Abu Daud Bab Adhiah no. 11, Nasa’i, bab Qadha,
no. 11, Ibnu Majah, bab Manasik no. 38. Hadis marfu’ kepada Rasulullah saw. Abi ‘Isa
Muhammad at-Tirmizi, Sunan Tarmizi (Indonesia: Maktabah Rihlan, t.t.), juz 2, h. 394.
19 Artinya: Meriwayatkan kepadaku Ishaq bin Ibrahim mendengar Yahya bin Adam
meriwayatkan kepada kami Abu Ahwash dari Abi Ishaq dari ‘Amrin bin Maimun dari Mu’az
ra. ia berkata ketika aku bersama Nabi saw. dan aku berada di atas keledai, berkata kepada
beliau Ghufair ia berkata:” Wahai Mu’az apakah engkau mengetahui hak Allah swt. atas
hambaNya?”. Aku mengatakan Allah dan RasulNya lebih mengetahui. Ia berkata lagi:”maka
sesungguhnya hak Allah atas hambaNya bahwa mereka menyembahNya dan jangan mensekutukanNya
dengan sesuatu dan hak hamba atas Allah yaitu tidak diazab bagi siapa yang mensekutukanNya
dengan segala sesuatu maka aku mengatakan: Wahai Rasulullah saw. apakah hal ini harus
kuberitahu pada seluruh manusia? Nabi saw. berkata tatkala engkau beri tahu mereka
mereka akan bertawakka. al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, h. 101.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
سيَلو هجوْلا اَذه نم الِإ هُفِرعن اَل ٌثيدح اَذه ىسيع وبَأ َلاَق هوحن ملسو هيَلع هللا
18.هللا ديبع نب دَّمحم همسا ُّيفَقثلا نوع وبَأو ٍلصتَّمِب يدنع هدانسإِ
يِبَأ نع ِصوحَأْلا وبَأ انَثَّدح مدآ نب ىيحي عمس ميهاربِإ نب قاحسإِ يِنَثَّدح
ىلص ِّيبَِّنلا فدِر تنُك َلاَق هنع هللا يضر ذاعم نع نوميم ِنب وِرمع نع قاحسإِ
ىَلع هللا َّقح يِردت ْله ُذاعم اي َلاَقَف ريَفع هَل ُلاَقي ٍرامح ىَلع ملسو هيَلع هللا
دابعْلا ىَلع هللا َّقح نِإَف َلاَق مَلعَأ هُلوسرو هللا تْلُق هللا ىَلع دابعْلا ُّقح امو هدابع
هبِ كِرشي اَل نم بذعي اَل ْنأَ هللا ىَلع دابعْلا َّقحو اًئيش هِب اوُكِرشي اَلو هودبعي ْنَأ
19.اوُلكتَّيَف مهرِّشبت اَل َلاَق سانَّلا هبِ رِّشبُأ اَلَفَأ هللا َلوسر اي تْلُقَف اًئيش
178
20 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Abu Mua’wiyah meriwayatkan kepada kami
A’masy dari Muslim dari Masruq ia berkata telah datang seorang lelaki kepada ‘Abdillah maka
ia berkata sesungguhnya aku meninggalkan di Mesjid seorang lelaki yang sedang menafsirkan
Al-Qur’an dengan ra’yunya ia berkata tentang ayat ini “suatu hari akan datang langit dengan
asap”…hingga akhirnya. Asap akan menutupi mereka pada hari kiamat mengenai diri mereka
seperti sebentuk penyakit pilek. Ia berkata, maka telah berkata Abdillah siapa yang mengetahui
suatu ilmu maka katakanlah dengannya dan siapa yang tidak mengetahui suatu ilmu maka
katakanlah hanya Allah Yang Maha Mengetahui maka sesungguhnya dari pemahaman
seseorang bahwa ia mengatakan bagi apa yang tidak diketahui tentang Allah Ia Maha Mengetahui.
Sesungguhnya ini disebabkan orang Quraisy ketika memaksiati atas Nabi saw. yang mengajak
pada mereka bertahun-tahun seperti Yusuf maka kelaparan mengenai mereka dan mereka
bersungguh-sungguh sehingga mereka memakan tulang dan seorang lelaki melihat ke langit
maka ia melihat apa yang ada diantaranya dan di antara langit seperti sebentuk asap maka
Allah menurunkan (ayat) maka Rasulullah saw. dating maka dikatakan Ya Rasulullah, mintakanlah
hujan pada Allah untuk menghilangkan mudharat. Maka sesungguhnya mereka telah hancur.
Ia berkata maka berdo’alah bagi mereka maka Allah menurunkan (ayat) maka tatkala azab
menimpa mereka yang kedua kali mereka kembali maka turunlah (ayat) pada hari Badr.”
Mausu’ah Sunnah, Musnad Ahmad, Kitab Sanad Mukatsirin Min as-Shahabah, Bab Sanad
Abdullah bin Mas’ud hadis no. 3431. Hadis syarif marfu’ kepada Nabi Muhammad saw.
رسم نع ٍملسم نع شمعَأْلا انَثَّدح َةيِواعم وبأَ انَثَّدحىَلإِ ٌلجر ءَاج َلاَق ٍقو
يِّنِإ َلاَقَف هللا دبعهذه يف ُلوُقي هِيْأرِب َنآرُقْلا رِّسَفي اًلجر دِجسمْلا يف تْكرت
آ ىَلِإ ٍينِبم ناخدبِ ءُامَّسلا يتْأت موي ةيآْلاُذخْأي ٌناخد ةمايقْلا موي مهاشغي اهِرخ
َلاَقَف َلاَق ِماَكُّزلا ةَئيهَك هنم مهبيصي ىَّتح مِهساَفنَأبِامْلع ملع نم هللا دبع
مَلعي اَل امل َلوُقي ْنأَ ِلجَّرلا هْقف نم نِإَف مَلعَأ هللا ْلُقيْلَف مَلعي ملَ نمو هِب ْلُقيْلَف
هيَلع هللا ىلص ِّيبَِّنلا ىَلع تصعتسا اَّمَل اشيرُق نَأل اَذه َناَك امَّنِإ مَلعَأ هللا
اوُلَكأَ ىَّتح اودِهجو ٌطحَق مهباصَأَف فسوي يِنسَِك ينِنسِِب مِهيَلع اعد ملسو
ةَئيهَك ءِامَّسلا نيبو هنيب ام رُظنيَف ءِامَّسلا ىَلِإ رُظني ُلجَّرلا َلعجو ماَظعْلا
ٍينِبم ناخدبِ ءُامَّسلا يتْأت موي بقتراَف لجو َّزع هللا َلزنَأَف دهجْلا نم ناخُّدلا
اي َليقَف ملسو هيَلع هللا ىلص هللا ُلوسر ىتَأَف ميلأَ باَذع اَذه سانَّلا ىشغي
َّزع هللا َلزنَأَف مهلَ اعدَف َلاَق اوُكَله دَق مهنَِّإَف رضمل هللا ِقستسا هللا َلوسر
شطبن موي تَلزنَف اوداع َةيِناثلا َةَّرمْلا مهباصأَ اَّمَلَف ِباَذعْلا وُفشاَك اَّنِإ لجو
20.ٍردب موي َنومقتنم اَّنِإ ىربُكْلا َةشْطبْلا
179
4. Ketika Terjebak Pada Kesalahan
Bila kesalahan ijtihad pada orang yang memiliki jabatan
Pada hadis yang lain:
انَثَّدح دَّمحم نب دبع هللا انَثَّدح نيسح نب دَّمحم وبَأ دمحَأ انَثَّدح ُنابيش نع
َةداتَق انَثَّدح سنَأ نب كلام نَأ َّمُأ ِعِّيبُّرلا تنِب ءِاربْلا يهو ُّمُأ َةَثِراح ِنب َةَقارس
تتَأ َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو تَلاَقَف اي َّيِبن هللا اَلَأ يِنُثِّدحت نع َةَثِراح َناَكو
َلتُق موي ٍردب هباصَأ مهس برَغ ْنِإَف َناَك يف ةَّنجْلا تربص ْنِإو َناَك ريَغ كلَذ
تدهتجا هيَلع يف ءِاَكبْلا َلاَق اي َّمُأ َةَثِراح اهَّنِإ ٌنانِج يف ةَّنجْلا نِإو كنبا
باصَأ سودرفْلا ىَلعَأْلا21.
انربخَأ قحسِإ نب ٍروصنم َلاَق انَثَّدح دبع ِقاَّزَّرلا َلاَق انَأبنَأ رمعم نع َنايْفس
نع ىيحي ِنب ديعس نع يِبَأ ٍرْكب دَّمحم ِنب وِرمع ِنب ٍمزح نع يِبَأ َةمَلس نع
يِبَأ َةريره َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ مَكح مكاحْلا دهتجاَف
باصَأَف هَلَف نارجَأ اَذِإو دهتجا َأَطخَأَف هَلَف رجَأ22.
21 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Muhammad Bin Abdillah meriwayatkan kepada
kami Husain bin Muhammad Abu Ahmad meriwayatkan kepada kami Syaiban dari Qatadah
meriwayatkan kepada kami Anas bin Malik sesungguhnya Ummu Rabi’ anak Bara’a dan ia
ibu Haritsah bin Suraqah mendatangi Nabi saw. ia berkata wahai Nabi Allah ketahuilah,
dibicarakan kepadaku dari Haritsah pada saat sebelum hari Badar, ia salah seandainya dia di
surga aku sabar dan seandainya tidak demikian aku ijtihad kepadanya dalam tangis. Nabi
berkata wahai ibu Haritsah sesungguhnya di surga dan putramu ada di firdaus yang tinggi.
al-Bukhari, Sahih Bukhari, Kitab Jihad, h. 140
22 Artinya: Mengkhabarkan kepada kami Ishaq bin Mansur ia berkata meriwayatkan
kepada kami Abdu ar-Razzak ia berkata memberitakan kepada kami Ma’mar dari Sufyan dari
Yahya bin Sa’id dari Abi Bakr Muhammad bin ‘Amru bin Hzmin dari Abi Salmah dari Abi
Hurairah ia berkata, berkata Rasulullah saw. apabila seorang hakim memutuskan maka ia
berijtihad jika benar mendapat dua pahala dan jika salah satu pahala. Mausu’ah Sunnah,
Sunan Nasa’i, Kitab Adab Qadhi, hadis no. 5286.
23 Artinya: Bila berijtihad seorang ‘Amil atau hakim dan salah dan berbeda dengan
اَذِإ دهتجا ُلماعْلا وَأ مكاحْلا َأَطخَأَف فاَلخ ِلوسَّرلا نم ِريَغ ٍمْلع همْكحَف دودرم
ِلوَقل ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو نم َلمع اًلمع سيَل هيَلع انرمَأ وهَف ٌّدر23.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
180
5. Pemeliharaan Akal Secara Psikis
Dalam sub judul inilah langkah-langkah pendidikan akal dalam Islam
diterapkan. Akal bila tidak dikekang dengan latihan-latihan fisik dan psikis,
ia akan melesat jauh seperti anak panah lepas dari busurnya, ia akan berdiri
sendiri dan melakukan tugasnya untuk dirinya sendiri.
Sedangkan akal yang selalu di latih dan ditundukkan dengan kekuatan
kepasrahan kepada Allah secara jiwa dan raga maka itulah akal yang statusnya
sebagai bukti kekuasaan Allah swt. dan akal ini akan berfungsi sebagaimana
mestinya yaitu menyembah dan mengesakan serta mengagungkan Allah swt.,
Sang penciptanya. Oleh karena itu, kewajiban-kewajiban harian umat muslim
seperti zikrullah, salat, membaca dan memahami makna Al-Qur’an, kewajiban
tahunan seperti puasa di bulan ramadhan zakat fitrah, semua itu tujuan salah
satunya yaitu untuk memelihara akal. Selain itu perlu latihan-latihan jiwa
dalam hal sabar, ikhlas, syukur.
Inilah yang disebut pendidikan Islam yaitu pembentukan karakter akliah
umat sebagai hamba Allah melalui latihan-latihan pisik dan psikis yang terjaga
intensitas kontinitas waktunya.
a. Dengan salat
b. Dengan bersedekah
6. Pemeliharaan Akal Secara Fisik
انَثَّدح ديعس نب يِبَأ ميرم َلاَق انربخَأ دَّمحم نب ٍرَفعج َلاَق يِنربخَأ ديز وه نبا
مَلسَأ نع ِضايع ِنب دبع هللا نع يِبَأ ديعس ِّيِردخْلا َلاَق جرخ ُلوسر هللا ىلص
هللا هيَلع ملسو يف ىحضَأ وَأ ٍرْطف ىَلِإ ىلصمْلا َّرمَف ىَلع ءِاسِّنلا َلاَقَف اي رشعم
ءِاسِّنلا نْقَّدصت يِّنِإَف َّنُكتيِرُأ رَثْكَأ ِلهَأ ِراَّنلا نْلُقَف مِبو اي َلوسر هللا َلاَق َنرثْكت
نعللا َنرُفْكتو يرشعْلا ام تيَأر نم تاصقان ٍلْقع ٍنيدو بهْذَأ ِّبُلل ِلجَّرلا
ِمِزاحْلا نم َّنُكادحِإ نْلُق امو ُناصْقن انِنيد انلْقعو اي َلوسر هللا َلاَق سيَلَأ ُةداهش
ِنب َةمِرْكع نع َنايْفس يِبأَ نب ُةَلَظنح انربخَأ َلاَق ىسوم نب هللا ديبع انَثَّدح
ملسو هيَلع هللا ىلص هللا ُلوسر َلاَق َلاَق امهنع هللا يضر رمع ِنبا نع دلاخ
ِماَقإِو هللا ُلوسر ادَّمحم نَأو هللا الِإ هَلِإ اَل ْنأَ ةداهش ٍسمخ ىَلع ماَلسِإْلا يِنب
.َناضمر ِموصو ِّجحْلاو ةاَكَّزلا ءِاتيِإو ةاَلَّصلا
181
6. Pemeliharaan Akal Secara Fisik
Rasulullah dan selain ilmunya, maka hukumnya ditolak sebab qaul Nabi saw. siapa yang
beramal yang tidak ada hubungannya dengan kami maka ditolak.
Artinya: Meriwayatkan kepada kami Sa’id Bin Abi Maryam ia berkata: mengkahabarkan
kepada kami Muhammad Bin Ja’far ia berkata, mengkhabarkan kepadaku Zaid dia yaitu
anak Aslim dari ‘Iyadh Bin ‘Abdillah dari Abi Sa’id al-Khudri ia berkata Rasulullah saw. telah
keluar di waktu dhuha ke mushalla dan melewati para wanita beliau berkata: wahai para
wanita bersedekahlah, sesungguhnya aku melihat kalian banyak penghuni neraka mereka
berkata: mengapa Ya Rasulullah, ia berkata: kalian banyak melaknat, menutupi persahabatan
padahal aku tidak melihat kekurangan akal dan agama. berkata salah seoramg dari mereka:
lalu apa yang kurang dari akal dan agama kami Ya Rasulullah? Ia berkata tidakkah syahadat
perempuan itu sepert setengah syahadatnya lelaki, mereka berkata ya. Ia berkata lagi maka
demikianlah kekurangan akalmu, tidakkah ketika haid kamu tidak salat dan tidak puasa?
mereka berkata ya, maka itulah kekurangan agamamu. Ibid., h. 114.
Artinya: Meriwayatkan kepada kami Suwaid bin Sa’id meriwayatkan kepada kami Utsman
ibn Matr dari Hasan bin Abi Ja’far dari Muhammad bin Juhadah dari Nafi’ dari Ibn Umar ia
berkata: Wahai Nafi’ darahku telah maka panggilkan aku tukang bekam jadikan ia teman dan
jangan yang sudah tua atau masih anak kecil aku mendengar Rasulullah saw. bersabda berbekam
sebelum makan apa-apa seperti obat berkahnya dapat menambah akal dan memelihara berbekamlah
atas berkah Allah pada hari kamis jangan hari rabu, jumat dan sabtu dan minggu hari itu, berbekamlah
hari senin dan selasa Karena hari itu yaitu hari kesembuhan Nabi Ayyub… Muhammad
Fu’ad Abd Baqi, Sunan Ibnu Majah (Libanon: Dar al-Kutb ‘Ilmiyah, t.t.), juz 2, h. 1152.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
اَذِإ سيَلَأ اهلْقع ناصْقن نم كلَذَف َلاَق ىَلب نْلُق ِلجَّرلا ةداهش فصِن َلْثم ةَأرمْلا
24.اهِنيد ناصْقن نم كلَذَف َلاَق ىَلب نْلُق مصت مَلو لصت ملَ تضاح
7. Peluang untuk Mengembangkan Kekuatan Akal
تعمس َلاَق قاحسإِ وبأَ انَثَّدح َةيِواعم نب ريهز انَثَّدح دلاخ نب ورمع انَثَّدح
نع ٍرَفعج يِبأَ ِنب ِنسحْلا نع ٍرَطم نب ُنامْثع انَثَّدح ديعس نب ديوس انَثَّدح
يل سمتْلاَف مَّدلا يِب َغيَّبت دَق عفان اي َلاَق رمع ِنبا نع ٍعفان نع َةداحج ِنب دَّمحم
يِّنِإَف ايرغص اًّيِبص اَلو ايرِبَك اخيش هْلعجت اَلو تعَطتسا ْنإِ اًقيفر هْلعجاو اماَّجح
هيفو ُلَثمَأ ِقيِّرلا ىَلع ُةماجحْلا ُلوُقي ملسو هيَلع هللا ىلص هللا َلوسر تعمس
موي هللا ةَكرب ىَلع اومِجتحاَف ظْفحْلا يفو ِلْقعْلا يف ديِزتو ٌةَكربو ءٌاَفش
ايِّرحت دحَأْلا مويو تبَّسلاو ةعمجْلاو ءِاعبِرَأْلا موي َةماجحْلا اوبِنتجاو ِسيمخْلا
25.ءِاَلبْلا نم بويُّأَ هيف هللا ىَفاع يذلا مويْلا هنَِّإَف ءِاثَاَلثلاو ِنينْثالا موي اومِجتحاو
182
8. Sebab Tumpulnya Akal
ديز نب مَقرَأ َلاَق انجرخ عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو يف ٍرَفس باصَأ ساَّنلا
هيف ٌةَّدش َلاَقَف دبع هللا نب ٍّيبُأ هِباحصَأل اَل اوُقفنت ىَلع نم دنع ِلوسر هللا
ىَّتح اوُّضَفني نم هلوح َلاَقو نئَل انعجر ىَلِإ ةنيدمْلا َّنجِرخيَل ُّزعَأْلا اهنم لَذَأْلا
تيتَأَف َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو هتربخَأَف َلسرَأَف ىَلِإ دبع هللا ِنب ٍّيبُأ هَلَأسَف
دهتجاَف هنيمي ام َلعَف اوُلاَق بَذَك ديز َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو عَقوَف
يف يسِْفن اَّمم اوُلاَق ٌةَّدش ىَّتح َلزنَأ هللا َّزع لجو يقيدصت يف اَذِإ كءَاج
َنوُقفانمْلا مهاعدَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو رفغتسيل مهَل اوَّوَلَف مهسوءُر
هُلوَقو بشخ ٌةدَّنسم َلاَق اوناَك اًلاجِر َلمجَأ ءٍيش26.
انَثَّدح دمحَأ نبا يِبَأ ءٍاجر انَثَّدح ىيحي نع يِبَأ َناَّيح ِّيميَّتلا نع ِّيِبعَّشلا نع
ِنبا رمع يضر هللا امهنع َلاَق بَطخ رمع ىَلع ِربنم ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع
ملسو َلاَقَف هَّنِإ دَق َلزن يمِرحت ِرمخْلا يهو نم ةسمخ ءَايشَأ ِبنعْلا ِرمَّتلاو
ةَطنحْلاو ِيرعَّشلاو ِلسعْلاو رمخْلاو ام رماخ َلْقعْلا ٌثاَلَثو تددو نَأ َلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو مَل انْقِراَفي ىَّتح دهعي انيَلِإ ادهع ُّدجْلا ُةَلاَلَكْلاو باوبَأو
نم ِباوبَأ ابِّرلا َلاَق تْلُق اي ابَأ وٍرمع ءٌيشَف عنصي دنِّسلاِب نم ِزرُأْلا َلاَق كاَذ
26 Artinya: Meriwayatkan kepada kami ‘Amru bin Khalid meriwayatkan kepada kami
Zuhair bin Mu’awiyah meriwayatkan kepada kami Abu Ishaq ia berkata aku mendengar
Zaid bin Arqam ia berkata kami keluar bersama Nabi saw, dalam perjalanan manusia menghalangi
maka berkata Abdullah bin Abi kepada sahabatnya janganlah kalian beri atas siapa yang
didekat Rasulullah hingga mereka terbuka disekelilingmu dan ia berkata jika kita pulang ke
Madinah agar keluar lebih baik maka kau mendatangi Nabi saw. maka aku khabarkan
kepadanya dan ia mengutus abdillah bin Abi, menanyakannya untuk berijtihad dengan apa
yang diperbuatnya mereka berkata Zaid telah berbohong Rasulullah saw. maka ia meletakkan
pada diriku dari apa yang ia katakan hingga Allah menurunkan kebenaran apabila orang
munafik mendatangimu maka ajaklah mereka menemui Nabi saw. agar dimintakan ampun
untuk mereka, menyentuh kepala mereka dan katanya kayu yang menjadi sandaran, yaitu
kamu orang-orang yang baik. Mausu’ah Sunnah CD ROM, Sahih Bukhari, Kitab Tafsir Al-
Qur’an, hadis no. 4523, syarif marfu’ kepada Nabi Muhammad saw.
183
IV. Konstruksi Ilmu Berbasis Akal dalam Pendidikan Islam
Berdasarkan kajian di atas, Nabi saw. telah memberi sinyal-sinyal positif
terhadap pengembangan akal dan sejarah telah membuktikannya. Dengan
potensi akal manusia dapat terbantu dalam upayanya mencari kebenaran
karena kebenaran dapat dicapai salah satunya melalui pendekatan ilmiah
dan filosofis. Wahyu tetap diperlukan sebagai pemandunya.
Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa proses pendidikan tidak hanya
mengggali dan mengembangkan sains tetapi juga bahkan lebih penting yaitu
menemukan konsep baru tentang sains yang utuh sehingga dapat membangun masyarakat
Islam sesuai dengan tuntutan dan tuntunan Islam. Sains ini bertujuan menemukan
dan mengukur paradigma dan premis intelektual yang berorientasi pada nilai
dan pengabdian dirinya pada pembaharuan dan pembangunan masyarakat,
juga berpijak pada kebenaran yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu.29
ٍ
مَل نُكي ىَلع دهع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو وَأ َلاَق ىَلع دهع رمع َلاَقو
جاَّجح نع داَّمح نع يِبَأ َناَّيح َناَكم ِبنعْلا بيِبَّزلا27.
انَثَّدح قاحسِإ نب ميهاربِإ ُّيلَظنحْلا انربخَأ ىسيع نباو سيِردِإ نع يِبَأ َناَّيح
نع ِّيِبعَّشلا نع ِنبا رمع َلاَق تعمس رمع يضر هللا هنع ىَلع ِربنم ِّيِبَّنلا ىلص
هللا هيَلع ملسو ُلوُقي اَّمَأ دعب اهُّيَأ ساَّنلا هَّنِإ َلزن يمِرحت ِرمخْلا يهو نم ةسمخ
نم ِبنعْلا ِرمَّتلاو ِلسعْلاو ةَطنحْلاو ِيرعَّشلاو رمخْلاو ام رماخ َلْقعْلا28.
27 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Ahmad bin Abi Raja’ meriwayatkan kepada kami
Yahya dari Abi Hayan aimi dari Sya’abi dri Umar ia berkata ketika Umar khatib di mimbar
Rasulullah saw. ia mengharamkan khamr dan ada lima seperti anggur, kurma, hinthah,
syaiir dan madu dan khamr akan melumpuhkan akal. Sesungguhnya Rasulullah tidak memisahkan
kami hingga ada perjanjian kepada kami dan dan pintu riba, ia berkata wahai Abu Umar
sesuatu menjadi sandaran yang demikian itu tidak atas perjanjian Nabi atau atas janji Umar
ia berkata para haji dari Hammad dari Abi Hayyan tempat anggur dan zaib. Mausu’ah
Sunnah CD ROM, diriwayatkan oleh Bukhari, Kitab Minuman, hadis no. 5160.
28 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim al-Hanzala mengkhabarkan
kepada kami Isa dan Ibn Idris dari Abi Hayyan dari asy-Sya’bi dari Ibn ‘Umar ia berkata aku mendengar
Umar ra. di atas mimbar Nabi saw. ia berkata wahai manusia sesunggguhnya telah diharamkan
khamr dan dia terbuat dari lima unsur anggur, kurma, madu, hinthah, sya’ir dan khamr itu akan
merusak akal. Mausu’ah Sunnah CD ROM, Shahih Bukhari, kitab Tafsir, no. atsar 4253.
29 Dinukil dari Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam: Sebuah Telaah Komponen Dasar
Kurikulum (Solo: Ramadhani, 1991), h. 19.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
184
Demikianlah idealnya, namun sisi lain dari kenyataan sejarah mengungkapkan
fakta yang berbeda. Telah terjadi stagnasi keilmuan yang parah dan sisanya masih
terasa hingga saat ini. Bahkan IAIN sebagai pelopor studi Islam di Indonesia
tidak terlepas dari keterjebakan ini. Sistem pendidikan dan perkuliahan yang
berlangsung kebanyakan masih mengikut apa yang disebut Freire, sebagaimana
dikutip oleh Azyumardi Azra,30 sebagai “the banking concept of education” (pendidikan
ala bank), dan bukan “problem posing education” (pendidikan kritis). Sesuai
dengan konsep ini bahwa dalam proses belajar mengajar umumnya, kebanyakan
dosen IAIN bertindak selaku pemilik tunggal ilmu. Sedangkan mahasiswa
yaitu wadah kosong yang harus diisi. Yang terjadi selanjutnya yaitu bahwa
dosen-dosen IAIN lebih banyak berperan sebagai subyek yang aktif sedangkan
mahasiswa menjadi obyek yang pasif. Pendidikan dan pengajaran berlangsung
naratif di mana dosen memberikan informasi yang harus ditelan diingat dan
dihafal mahasiswa agar ia bisa lulus kelak dalam ujian.
Dapat ditebak, konsep semacam itu menghalangi munculnya daya kreatif
dan kritisisme intelektual mahasiswa plus seabreg masalah lainnya. Mereka
akhirnya tidak mampu memahami realitas secara kritis dan analitis agar mampu
memberikan respon yang tepat sehingga dapat menciptakan sejarahnya sendiri
bersama manusia lain pada peradaban yang lain.
Kondisi demikian bukanlah tanpa sebab, alur sejarah telah berpengaruh
secara signifikan terhadap kondisi pembelajaran itu. Selain kolonialisme dengan
segala bentuk tampilannya, juga kejumudan berfikir intelektual muslim selama
beberap abad, kelemahan pemerintahan Islam. Ditambah dengan kemanjaan-
kemanjaan manusia pada produk-produk teknologi yang menjadikan mereka
lebih memilih cara mencapai tujuan dengan serba instant. Tidak dapat dibantah
bahwa sikap materialisme, hedonisme telah mulai menjangkiti dunia pendidikan
Islam.
Tidak dapat diingkari bahwa, pendidikan Islam terus-menerus meniti jalan
untuk kembali pada lajurnya dan itu sudah berlangsung lama. Tokoh-tokoh
seperti Muhammad Ali Pasya, al-Tahtawi, Jamal al-Din al-Afghani, Muhammad
Abduh, Rasyid Ridha, Sir Sayyid Ahmad Khan, Naquibb al-Attas dengan
islamisasi ilmu dan lain-lain.
Ada fenomena menarik pada dasawarsa 1980 an yaitu munculnya IDI
“Islam Dalam Disiplin Ilmu” namun karena faktor-faktor yang belum sepenuhnya
jelas, kajian ini menyurut hingga saat ini nyaris tidak terdengar lagi. Tetapi
30 Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru
(Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999), h. 163.
185
jelas bahwa kemunculan fenomena IDI di Indonesia berkaitan dengan usaha-
usaha besar yang terjadi pada tingkat Islam Internasional berkenaan dengan
“islamisasi” ilmu pengetahuan.31
Masalahnya saat ini yaitu bagaimana sepatutnya secara epistemologis
menjelaskan ilmu-ilmu empiris atau ilmu-ilmu alam dari kerangka epistemologi
Islam ini . Jadi distingsi itu tidak memadai jika hanya terletak pada guru-
gurunya yang memulai pelajaran dengan ucapan “Basmalah” dan “Salam” atau
adanya mushalla dan fasilitas keagamaan lainnya.
Hanna Djumhana Bastaman32 memandang bahwa prinsip-prinsip dasar
yang digunakan dalam berpikir ilmiah kontemporer berbeda dengan prinsip
berpikir qurani. Sebagaimana terlihat dalam tabel:
Dari beberapa prinsip berpikir ilmiah qurani di atas, epistemologi Islam
mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dengan karakteristik epistemologi
pada umumnya. Ziauddin Sardar mengemukakan sembilan ciri dasar epistemologi
Islam yaitu:
1. Didasarkan atas suatu kerangka pedoman mutlak.
2. Dalam kerangka pedoman ini, epistemologi Islam bersifat aktif dan
bukan pasif.
PRINSIP BERPIKIR ILMIAH
Ilmiah Kontemporer Ilmiah Qurani/Dini
1. Empiris
2. Rasional
3. Obyektif Imparsial
4. Relativisme moral berpijak
pada prinsip ekivalen system
referensi
5. Agnostik terhadap hakikat
spiritual
6. Aksioma, sembarang spekualtif
7. Pendekatan parsial menurut
disiplin, baru kemudian dicoba
dihubungkan menjadi satu
1. Empiris – Metaempiris
2. Rasional-Intuitif
3. Obyektif –Parsitipatif
4. Asolutisme moral berpijak pada
prinsip keunikan system
5. Eksplisit mengungkapkan
kemampuan spiritual
6. Aksioma, diturunkan dari ajaran
wahyu
7. Pendekatan holistic menurut
potensi manusia seutuhnya lalu
diparsialisasi ke bidang disiplin
yang diminati
31 Ibid., h. 92.
32 Hanna Djumhana Bastaman, “Islamisasi Sains dengan Psikologi Sebagai Ilustrasi,”
dalam Ulum Al-Qur’an, no. 8. vol. II, 1991, h. 11.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
186
3. Memandang objektifitas sebagai masalah umum dan bukan masalah
pribadi.
4. Sebagian besar bersifat deduktif.
5. Memadukan pengetahuan dengan nilai-nilai Islami.
6. Memandang pengetahuan bersifat inklusif dan bukan eksklusif yakni
menganggap pengalaman manusia sebagai subjektif yang sama sahnya
dengan evolusi yang objektif.
7. Menyusun pengalaman subjektif dan mendorong pencaharian pengalaman-
pengalaman ini yang dari umat islam sendiri diperoleh komitmentasi
nilai dasar mereka.
8. Memadukan konsep-konsep dari tingkat kesadaran (imajinasi kreatif)
dengan tingkat pengalaman subjektif (mistis/spiritual), sehingga konsep-
konsep dan kiasan yang sesuai dengan satu tingkat tidak harus sesuai
dengan tingkat yang lain.
9. Tidak bertentangan dengan pandangan holistik melainkan menyatu
dan manusiawi dari pemahaman dan pengalaman manusia. Dengan
demikian, epistemology sesuai dengan pandangan yang lebih menaytu
dari perkembangan pribadi dan pertumbuhan intelektual.33
Epistemologi Islam ini tidak semuanya diaplikasikan pada sains-
sains modern, sedangkan produk sains modern, walaupun ada yang belum
“islami “ mutlak diperlukan sebagai alat dalam memahami dan mengantisipasi
serta menghadapi tata kehidupan manusia yang semakin maju. Dalam upaya
inilah menurut Dawam Raharjo diperlukan “Islamisasi sains” atau istilah lain
“desekularisasi sains”. Selanjutnya, masih menurut Dawam Rahardjo34 kegiatan
intelektual Muslim akhir-akhir ini yang menonjol yaitu :
1. Islamisasi ilmu pengetahuan
2. interpretasi kembali terhadap nash
3. Aktualisasi tradisi
4. Pribumisasi budaya Islam.
sesudah upaya yang demikian panjang di tingkat pemikiran epistemologi
ilmu yang menjadi materi transfer keilmuan Islam hingga saat ini semua
33 Ziauddin Sardar, Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim (Bandung: Mizan, 1989),
h. 44-45.
34 Dawam Rahardjo (penyunting), Islam di Indonesia Menatap Masa Depan (Jakarta:
P3M Guna Aksara, 1989), h. 1-11.
187
kajian itu masih harus terbentur dengan lemahnya infrastruktur sebab kebijakan
pemerintah yang belum mendukung sepenuhnya.
V. Penutup
Dari hasil elaborasi hadis-hadis yang bertemakan pendidikan akal ditemukan
bahwa Sang Nabi di bawah tuntunan Al-Qur’an memberikan peluang yang luas
untuk pengembangan akal dalam rangka mempertemukan manusia dengan
hakikat dirinya sendiri. Walaupun ada batasan-batasan khusus, menurut hemat
penulis batasan itu dimaksudkan untuk menjaga agar tidak terjadi penggunaan
akal yang kebablasan hingga akan menjadi boomerang bagi setiap pemiliknya.
Dalam perkembangan pemfungsiannya, akal telah membantu manusia
untuk sampai pada pancaran kebenaran. Dengan senantiasa mengaktifkannya
maka manusia akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Dalam pendidkan Islam, pemfungsian akal mengalami dinamika dan
pasang surut. Dan yang tercatat saat ini yaitu fenomena tentang kelesuan
aktivitas akal. Dengan demikian setiap lembaga pendidikan Islam dan individu-
individu yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Islam harus membentuk
tim yang padu dan kuat dalam rangka penciptaan mekanisme proyek kerja
pendidikan akal ini.
Salah satunya yaitu dengan melakukan kajian berfokus pada epstemologi
ilmu Islam dan dengan mengaktifkan penelitian-penelitian di berbagai bidang
keilmuan dan sebagainya. Niat baik dan tekad sangat diperlukan dalam hal
ini jika tidak angan-angan akan menguap bersama titik-titik air ke udara.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)
188
HADIS-HADIS TENTANG
PENDIDIKAN JASMANI
Mahfuz Budi
I. Pendahuluan
Pendidikan secara garis besar diarahkan kepada upaya pengembangan
aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada anak didik. Agar dapat mencapai
ketiga tujuan ini secara berimbang, dibutuhkan keseimbangan pula
dalam pembinaan fisik dan mental serta jiwa mereka.
Dua aspek yang memerlukan perhatian dan pengembangan dalam pendidikan
yaitu aspek fisik dan psikis. Dalam kaitan dengan pengembangan aspek fisik
ini , maka jalan yang ditempuh yaitu dengan membekali anak didik
dengan pendidikan jasmani yang baik. Pada kurikulum sekolah dan madrasah,
pendidikan jasmani selalu dikaitkan dengan kesehatan, sehingga sering diakronimkan
menjadi Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) atau Orkes (Olah
Raga dan Kesehatan). Pada tahap awal pendidikan di SD, pembelajaran tematik
tentang Pendidikan Jasmani telah menetapkan upaya pemupukan nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri dalam aplikasi fisik mata
pelajaran dalam bentuk permainan dan gerak-gerak dasar sederhana.1
Makalah ini menguraikan tentang perintah agama dalam pemberian pendidikan
jasmani, dengan fokus utama pemaparan sejumlah hadis Nabi saw. yang
secara eksplisit maupun implisit mendukung perintah ini .
II. Pendidikan Jasmani dan Ibadah
Pendidikan jasmani secara umum bertujuan membentuk manusia yang
sehat jasmani dan rohani, menciptakan kebugaran fisik, sarana pengembangan
disiplin diri dan sebagai sarana pengembangan prestasi. Tiga tujuan yang
disebut pertama juga dibutuhkan jika kita hendak menjalankan ibadah. Ada
1 Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal
Sekolah Dasar, h. 32.
189
tiga jenis ibadah wajib yang memerlukan jasmani yang sehat dalam menjalankannya,
yaitu salat, puasa, dan ibadah haji.
1. Salat
Salat memerlukan gerakan-gerakan tertentu yang dilaksanakan secara
tertib dan berdisiplin. Secara kasat mata kita dapat melihat sesungguhnya
pelaksanaan ibadah salat secara fisik tak ubahnya pelaksanaan senam. Gerakannya
teratur, pengulangannya setiap hari minimal lima kali menunjukkan pentingnya
aspek rutinitas dalam berolah-raga. Sehingga dari sini kita dapat membuat
hubungan timbal balik yang sederajat; pelaksanaan salat memerlukan kesehatan
fisik yang dapat dibina dengan melaksanakan salat secara rutin.
yaitu benar, salat dapat dilaksanakan dengan duduk, bahkan dengan
berbaring. Ini mengindikasikan, fisik yang kurang sehat tidak bisa dijadikan
alasan untuk meninggalkan salat, sekaligus menunjukkan nilai salat lebih
tinggi dari nilai kesehatan fisik. Dalam suatu hadis disebutkan:
Perintah mengikuti imam kurang lebih analog dengan perintah mengikuti
pelatih atau kapten dalam permainan olahraga beregu. Jika kapten memerintahkan
menjalankan strategi tertentu tetapi tidak diikuti oleh pemain, maka kekompakan
ٌثيدح ِسنَأ ِنب كلام يضر هللا هنع َلاَق :َطَقس ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو
نع ٍسرَف شحجَف هقش نميَأْلا انْلخدَف هيَلع هدوعن ترضحَف ُةاَلَّصلا ىلصَف انِب
ادعاَق انيلصَف هءَارو ادوعُق اَّمَلَف ىضَق َةاَلَّصلا َلاَق امَّنِإ َلعج مامِإْلا َّمتؤيل هِب اَذِإَف
رَّبَك اورِّبَكَف اَذِإو دجس اودجساَف اَذِإو عَفر اوعَفراَف اَذِإو َلاَق عمس هللا نمل
هدمح اوُلوُقَف انَّبر كَلو دمحْلا اَذِإو ىلص ادعاَق اولصَف ادوعُق َنوعمجَأ2.
2 Artinya: Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Nabi saw. pernah jatuh dari kuda sehingga
lambung kanan beliau robek. Kami datang menjenguk. Saat tiba waktu salat, beliau salat
bersama kami dengan duduk dan kami pun salat di belakang beliau dengan duduk. Usai salat
beliau bersabda: Sesungguhnya seseorang dijadikan imam untuk diikuti. Jadi, apabila dia
bertakbir, bertakbirlah. Bila dia sujud, sujudlah. Bila ia bangun, bangunlah. Bila ia membaca
sami’allahu liman hamidah, bacalah rabbana wa lakal hamdu dan bila ia salat dengan
duduk, salatlah dengan duduk pula. Sumber: http://hadith.al-islam.com/Bayan/ind/. Hadis
ini juga termuat dalam KH Ahmad Mudjab Mahalli, Hadis-Hadis Muttafaq ‘Alaih, Bagian
Ibadat (Jakarta: Prenada Media, 2004) h. 238-239. Matan hadis tampaknya diriwayatkan
berdasar makna, sebab ditemukan pula matan dengan tema sama tapi kalimat yang berbeda
yang diriwayatkan Aisyah ra.; juga termuat dalam seluruh Kutub al-Tis’ah edisi CD dengan
matan berbeda-beda.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
190
tim pun menjadi goyah, dan kesediaan bekerjasama yang menjadi salah satu
tujuan olahraga menjadi tidak tercapai.
Sebelum melaksanakan salat, diwajibkan menyucikan diri terlebih dahulu
dengan berwudlu’. Perintah menyucikan diri jelas sangat terkait dengan tuntutan
kebersihan jasmani, yang pada gilirannya menjadi prasyarat bagi kesehatan
individu. Tak terbilang banyaknya aturan, adab dan tata cara untuk meraih
kebersihan fisik dalam Islam yang terangkum dalam thaharah yang menunjukkan
bagaimana Islam sangat menuntut kebersihan diri dari umatnya.3
Pada akhir ayat 108 dari Surah Al-Taubah dinyatakan bagaimana “sesungguhnya
Allah menyukai orang-orang yang bersih.”
2. Puasa
Puasa secara jelas mensyaratkan kesehatan jasmani karena ibadah ini
tergolong ibadah yang berat dijalankan secara fisik. Pada Q.S. Al-Baqarah/
2: 185 antara lain ditegaskan bagi yang sakit atau dalam perjalanan dibenarkan
untuk tidak berpuasa tetapi dengan kewajiban untuk menggantinya pada hari
yang lain. Dispensasi ini menunjukkan perlunya fisik yang sehat dalam menjalankan
ibadah puasa, karena dalam ayat ini juga dinyatakan bahwa Allah menghendaki
kemudahan bagi kita dalam beribadat dan tidak menghendaki kesukaran.
Ayat ini mengisyaratkan bagaimana kesehatan umat merupakan prasyarat
mutlak dalam menjalankan ibadah puasa. Jika tidak sehat maka kompensasinya
yaitu membayar fidyah. Lanjutannya sama dengan apa yang telah dikemukakan
sebelumnya, yaitu adanya dispensasi bagi mereka yang sakit atau yang sedang
musafir. Dispensasi bagi yang musafir muncul karena Rasulullah saw. pernah
memimpin peperangan dalam merebut kembali Kota Makkah pada bulan Ramadhan
(Perang Badr) dan sesudah melakukan perjalanan dan tiba di suatu tempat bernama
Kadid, Rasulullah saw. membatalkan puasanya dan memerintahkan pasukannya
juga untuk berbuka puasa. Tentulah izin ini dikeluarkan karena beratnya berpuasa
dalam kondisi perjalanan dalam perang seperti yang dialami oleh Rasulullah saw.
dan para sahabat. Sebab pada kesempatan musafir yang lain, Rasulullah tetap berpuasa.
3 Beberapa di antaranya semisal: Bahwasanya ada seorang laki-laki lewat ketika
Rasulullah saw. sedang buang hajat kecil, lalu laki-laki itu memberi salam kepada Rasulullah,
tetapi beliau tidak menjawab salam ini . [Hadis Riwayat Muslim no. 370, Abu Dawud
no. 16, Tirmidzi no. 2720. Nasa’i no. 37 dan Ibnu Majah no. 353]. Ada hadis marfu’ dari
Abu Qatadah ra.: Janganlah salah seorang dari kamu memegang kemaluannya dengan
tangan kanannya ketika kencing dan janganlah cebok dengan tangan kanannya” [Hadis
Riwayat Bukhari 152 dan Muslim 267]. [Dikutip dari kitab Al-As’ilah wa Ajwibah Al-
Fiqhiyyah Al-Maqrunah bi al-Adillah Asy-Syar’iyyah jilid 1, Disalin ulang dari Majalah Fatawa
03/I/Dzulqa’adah 1423H-2002M] dalam http://www.almanhaj.or.id.
191
Dalam Shahihain diriwayatkan dari Abu Ad-Darda’: Kami pernah melakukan
musafir bersama Rasulullah saw. dalam keadaan udara panas terik. Ada di antara
kami yang sampai meletakkan tangan di atas kepala karena panasnya. Hanya Rasulullah
saw. dan ‘Abdullah bin Rawahah yang berpuasa saat itu. Kami meminta izin kepada
Rasulullah saw. untuk membatalkan puasa, dan Rasulullah saw. Bersabda: Siapa
yang tidak berpuasa itu baik, dan siapa yang berpuasa pun tak ada kerugian baginya.
Dalam hadis lain pada Shahihain disebutkan, A’isyah ra. meriwayatkan
bahwa sahabat Hamzah bin ‘Amr Al-Aslami berkata kepada Rasulullah saw.:
Ya Rasulullah, saya banyak berpuasa, apakah saya juga harus berpuasa saat
bepergian? Lalu Rasulullah saw. Menjawab: Berpuasalah jika kamu mau, dan
jangan berpuasa jika itu kehendakmu.
Maksudnya jelas, kemudahan tidak berpuasa dalam perjalanan dapat
dilaksanakan jika berpuasa itu dinilai memberatkan, dan boleh tetap berpuasa
jika perjalanannya dipandang ringan dan mudah. Indikatornya bersifat individual
dan kasuistis, dengan catatan tetap wajib menggantinya pada hari lain sejumlah
hari yang dibatalkan itu. Semuanya itu karena Allah swt. menghendaki kemudahan
bagi umat-Nya dan menghindarkannya dari kesukaran, sebagaimana termuat
dalam penggalan ayat: Yuridu Allah bi-kum al-yusra wa-la yurid bi-kum al-‘usra.
3. Haji
Ibadah yang memerlukan fisik yang prima dalam menjalankannya yaitu
ibadah haji, terlebih-lebih bagi umat Islam yang jauh dari Tanah Suci seperti
dari Asia Tenggara misalnya. Sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadis menyiratkan
bagaimana diperlukannya ketahanan fisik dalam berhaji; misalnya Q.S. al-
Hajj/22: 27, Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya
mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta
yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Lalu hadis Rasul saw.:
Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Abbas r.a katanya: Aku pernah mendengar
Nabi saw. bersabda: Jangan sekali-kali seorang lelaki berdua-duaan dengan
seorang wanita melainkan bersama mahramnya dan janganlah seorang wanita
musafir melainkan bersama mahramnya. Seorang lelaki berdiri lalu berkata:
نع ِنبا ٍساَّبع يضر هللا امهنع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل رفاست
ُةَأرمْلا الِإ عم يذ ٍمرحم اَلو ُلخدي اهيَلع ٌلجر الِإ اهعمو مرحم َلاَقَف ٌلجر اي
َلوسر هللا يِّنِإ ديِرُأ ْنَأ جرخَأ يف ِشيج اَذَك اَذَكو يتَأرماو ديِرت َّجحْلا َلاَقَف
جرخا اهعم.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
192
Wahai Rasulullah! Isteriku telah keluar untuk mengerjakan ibadat Haji sedangkan
aku wajib mengikuti beberapa peperangan. Baginda bersabda: Berangkatlah
kamu untuk mengerjakan Haji bersama isterimu.4
Bagaimana pentingnya kewajiban haji ditunjukkan dalam hadis di atas,
yakni seorang sahabat bisa memperoleh dispensasi dalam mengikuti peperangan
dan mendahulukan menemani istrinya berhaji. Bahkan seorang sahabat yang
dalam keadaan sakit-sakitan pun tetap diminta Rasulullah saw. untuk menyelenggarakan
haji sebagaimana ditunjukkan dalam hadis di bawah ini.
Posisi haji kurang lebih sederajat dengan posisi jihad, atau paling tidak berurutan
dalam prioritas pelaksanaannya. Kita melihat kesamaan yang kasat mata dalam
keduanya, yaitu sama-sama membutuhkan kekuatan fisik untuk menjalankannya.
Ini tergambar dari hadis-hadis berikut: Aisyah ra. berkata, “Wahai Rasulullah,
kami melihat bahwa jihad (berperang) itu seutama-utama amal, apakah kami
tidak perlu berjihad?” Nabi saw. bersabda, ‘Tidak, bagi kalian jihad yang pal-
ing utama yaitu haji mabrur.” (Dalam satu riwayat: Rasulullah ditanya oleh
istri-istri beliau tentang haji, lalu beliau bersabda, “Sebaik-baik jihad yaitu haji.”)6
Senada dengan hadis di atas, yaitu dari ‘Aisyah ra. juga:
نع َةشئاع يضر هللا اهنع تَلاَق َلخد ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ىَلع
َةعابض تنِب ِريبُّزلا َلاَقَف اهَل تدرَأ َّجحْلا تَلاَق هللاو ام يِندِجَأ الِإ ًةعِجو َلاَقَف اهَل
يِّجح يطِرتشاو يلوُقو َّمهللا يلحم ُثيح يِنتسبح تناَكو تحت دادْقمْلا5.
4 Hadis Bukhari no. 775 dalam Al-Bayan, Bukhari no. 1729 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.
5 Artinya: Diriwayatkan daripada Aisyah r.a katanya: Rasulullah saw pernah menemui Dhuba’ah
binti Az-Zubair lalu bertanya kepadanya: Adakah kamu ingin pergi menunaikan ibadat Haji? Dia menjawab:
Sayang sekali, aku selalu sakit. Rasulullah saw bersabda: Pergilah tunaikan ibadat Haji dan buatlah
syarat dengan berkata: yang bermaksud: Tuhanku! Keadaanku yaitu bergantung kepadaMu, aku
akan bertahallul jika aku mengalami sesuatu halangan nanti. Pada ketika itu dia di bawah jagaan
Miqdad. Hadis Muslim no. 689 dalam Al Bayan, no. 2101 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.
6 Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dengan lafadz menurut riwayatnya. Sanadnya
shahih dan asalnya dari shahih Bukhari-Muslim. Hadis nomor: 724 dalam: http://assunnah.mine.nu,
dikutip tgl. 7 April 2008. Tetapi kami belum menemukan hadis ini pada kitab haji Ibnu
Majah dan Ahmad, meski memang ada dalam Shahih al-Bukhari edisi CD Kutub Al-Tis’ah.
7 Artinya: Dari Aisyah ra: Wahai Rasulullah, apakah kaum wanita itu diwajibkan jihad?
Beliau menjawab: Ya, mereka diwajibkan jihad tanpa perang di dalamnya, yaitu haji dan umrah.”
الَ داهِج َّنِهيَلع معن َلاَق داهِج ءِاسِّنلا ىَلع هللا َلوسر اي تْلُق تلَاَق َةشئاع نع
7.ُةرمعْلاو ُّجحْلا هيف َلاتق
193
Pada masa Rasulullah saw. diyakini mereka yang berhaji tentu tidaklah
sebanyak jamaah seperti sekarang, meski demikian tetap saja ada perang
simbolis dalam pelaksanaan haji berupa melempari setan dengan batu di Tiga
Jumrah di Mina. Dengan jutaan jamaah haji setiap tahunnya yang berdatangan
seperti sekarang, perjuangan melempar setan tentu memerlukan tenaga ekstra
untuk berdesak-desakan. Sehingga sangat wajar jika Rasulullah saw. menempatkan
perjuangan melaksanakan haji berada pada urutan kedua sesudah jihad sebagai
dinyatakan dalam hadis berikut:
III. Pendidikan Olah Raga dalam Hadis
Ada sejumlah cabang olahraga yang secara eksplisit diungkap Rasulullah
saw. dalam hadis-hadisnya.
1. Berkuda
Allah swt. berfirman dalam Q.S. An-Nahl/16: 8, Dan (Dia telah menciptakan)
kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya)
perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.
Di samping sebagai alat transportasi, bahkan transportasi militer (kavaleri),
kuda juga berfungsi sebagai alat pendidikan jasmani dalam bentuk keterampilan
mengendalikan dan menunggangnya. Keterampilan ini tidak dapat dimiliki
tanpa melalui belajar dan latihan yang berulang-ulang. Di samping itu, kuda
juga merupakan sarana olahraga yang membutuhkan ketangkasan dari joki
(penunggangnya) dalam olahraga pacuan kuda. Olahraga lomba kuda ini
tergolong jenis olahraga yang cukup tua umurnya dan tetap bertahan sampai
sekarang, termasuk di beberapa daerah di Indonesia seperti di Bukittinggi
dan Sumbawa. Dalam perkembangan modern, dikenal pula lomba ketangkasan
نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلئس ُّيَأ ِلمعْلا ُلضْفَأ َلاَقَف
ٌنايمِإ هللاِب هلوسرو َليق َّمُث اَذام َلاَق داهِجْلا يف ِليِبس هللا َليق َّمُث اَذام َلاَق ٌّجح
روربم8.
8 Artinya: Abu Hurairah ra. berkata, “Nabi ditanya, ‘Amal apakah yang lebih utama?’
Beliau bersabda, ‘Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau
bersabda, ‘Berjuang di jalan Allah.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau bersabda, ‘Haji yang
mabrur.’” M. Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih al-Bukhari (Jakarta: Gema Insani
Press (edisi elektronik dalam HadisWeb,) dikutip tgl. 7 April 2008. Kutipan bahasa Arab
diambil dari Kutub Al-Tis’ah, bagian Shahih al-Bukhari, no. hadis 25 dalam Kitab Al-Iman;
dikutip tgl. 7 April 2008.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
194
berkuda. Sejumlah hadis berikut menunjukkan bagaimana Rasulullah saw.
juga yaitu seorang yang bisa menunggang kuda dan menyukai pacuan kuda,
bahkan pernah mengikuti pacuan kuda, serta menganjurkan umatNya untuk
berlatih menunggang kuda.
Bagaimana kepandaian Rasulullah saw. menunggang kuda dikemukakan
dalam hadis berikut, sekaligus menunjukkan bahwa Islam membenarkan
olahraga pacuan kuda dalam konteks pertandingan dan bukan pertaruhan:
Hadis ini pun tergolong hadis yang diriwayatkan berdasar makna, sebab
dalam beberapa hadis lain dikemukakan pengertian yang sedikit berbeda:
Ada yang menyebut kuda yang dipersiapkan sebagai kuda yang sudah diberi
makan terlebih dahulu, dan sebaliknya kuda yang tidak dipersiapkan disebut
kuda yang dalam keadaan belum dikenyangkan. Matan lain menyebut pengertian
dipersiapkan di atas yaitu diberi pelana, dan tidak dipersiapkan dimaksudkan
tidak menggunakan pelana. Dalam Shahih Bukhari ditambahkan: Jarak antara
Hafya’ dan Tsaniyyatul Wada’ ialah sekitar lima atau enam mil dan dari Tsaniyyah
hingga masjid Banu Zuraiq yaitu satu mil.
Hadis lainnya berasal dari Anas bin Malik ra.
انَثَّدح دبع هللا نب فسوي َلاَق انربخَأ كلام نع ٍعفان نع دبع هللا ِنب رمع نَأ
َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو قباس نيب ِليخْلا يتلا ترمضُأ نم ءِايْفحْلا
اهدمَأو ُةَّيِنَث ِعادوْلا قباسو نيب ِليخْلا يتلا مَل رمضت نم ةَّيِنثلا ىَلِإ دِجسم يِنب
ٍقيرز نَأو دبع هللا نب رمع َناَك نميف قباس اهِب9.
انَثَّدح مدآ انَثَّدح ُةبعش نع َةداتَق َلاَق تعمس اسنَأ ُلوُقي َناَك عزَف ةنيدمْلاِب
راعتساَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اسرَف نم يِبَأ َةحْلَط ُلاَقي هَل بودنمْلا
بكرَف اَّمَلَف عجر َلاَق ام انيَأر نم ءٍيش ْنِإو هاندجو ارحبَل10.
9 Artinya: Dari Abdullah ibn Umar ra. ia berkata: Bahwa Rasulullah saw. pernah berlomba
dengan kuda yang sudah dipersiapkan dari daerah Hafya’ dan berakhir di lembah Wada dan
pernah juga berlomba dengan kuda yang belum dipersiapkan dari lembah Wada sampai
mesjid Bani Zuraiq, dan Ibnu Umar termasuk orang yang ikut berlomba. Hadis marfu’
dalam Shahih Muslim, hadis no. 3477. Sumber: http://hadith.al-islam.com/ Bayan/ind.
10 Artinya: Dari Qatadah, ia berkata, Aku dengar Anas bin Malik r.a berkata: Rasulullah saw.
yaitu seorang yang paling baik, dermawan dan berani. Pernah pada suatu malam penduduk
Madinah dikejutkan oleh suara yang kuat. Orang ramai kemudiannya berangkat menuju ke
195
2. Lomba Lari
Hadis dari Ahmad bin Abu Daud yang meriwayatkan dari Aisyah ra.:Saya
berlomba lari dengan Rasulullah saw. Beliau mendahuluiku, lantas saya kejar sehingga
mendahuluinya. Setiap lomba saya selalu unggul, hingga badanku menjadi gemuk.
Ketika berlomba lagi Rasulullah saw. yang menang, dan dia berkata: Kamu kalah
karena dagingmu itu (maksudnya karena kegemukan).11 Hanya saja penulis belum
berhasil menemukan rujukan asli dari hadis yang dikutip Nashih Ulwan di atas.
Hadis lainnya tentang lari atau kemampuan berlari biasanya selalu terkait
dengan kebutuhan dalam perang, sebab pasukan perang di zaman Rasulullah
dan zaman-zaman sebelum dan sesudahnya masih mengandalkan kemampuan
alamiah manusia berlari atau kemahiran menunggang hewan seperti kuda
atau unta dalam bertempur. Hadis berikut sejalan dengan penjelasan di atas:
نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق اوبِنتجا عبَّسلا
تاَقِبومْلا َليق اي َلوسر هللا امو َّنه َلاَق كرِّشلا هللاِب رحِّسلاو ُلتَقو ِسْفَّنلا
يتلا مَّرح هللا الِإ ِّقحْلاِب ُلْكَأو ِلام ِميتيْلا ُلْكَأو ابِّرلا يلوَّتلاو موي فحَّزلا
فْذَقو تانصحمْلا تاَلفاغْلا تانمؤمْلا12.
نع ٍرِباج َلاَق اَّنُك موي ةيِبيدحْلا اًفْلَأ عبرَأو ًةَئام هانعيابَف رمعو ٌذخآ هديِب تحت
ةرجَّشلا يهو ٌةرمس َلاَقو هانعياب ىَلع ْنَأ اَل َّرفن مَلو هعِيابن ىَلع تومْلا13.
arah suara ini lalu berjumpa Rasulullah saw., ketika itu baginda baru saja pulang dari tempat
suara ini . Rasulullah saw. telah mendahului mereka pergi ke arah suara ini . Pada
waktu itu Rasulullah menaiki kuda kepunyaan Abu Talhah. Di leher kuda itu, terdapat sebilah
pedang. Kemudian Rasulullah bersabda: Kamu tidak perlu takut, kamu tidak perlu takut. Anas
berkata: Rasulullah saw. kembali semula ke tempat kami secepat kilat. Anas berkata lagi: (Padahal)
Ketika itu kudanya berjalan perlahan. Hadis no. 2434 dalam Shahih al-Bukhari, sebagaimana
dikutip dari Kutub Al-Tis’ah edisi CD. Dalam Shahih al-Bukhari, hadis ini termuat dalam
11 versi matan, dan tergolong hadis syarif marfu’; erjemahan dari Al-Bayan edisi CD.
11 Nashih Ulwan, op.cit., h. 286-287.
12 Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah telah bersabda: Jauhilah
tujuh perkara yang dapat membinasakan kamu yaitu menyebabkan kamu masuk neraka atau
dilaknat Allah. Para Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah! Apakah tujuh perkara itu? Rasulullah
bersabda: Mensyirikkan Allah iaitu menyekutukanNya, melakukan perbuatan sihir, membunuh
manusia yang diharamkan oleh Allah melainkan dengan hak, memakan harta anak yatim,
memakan harta riba, lari dari medan pertempuran dan memfitnah perempuan-perempuan
yang beriman dengan Allah dan RasulNya dengan menuduhnya melakukan perbuatan tidak
senonoh. shahih Muslim, hadis no. 129 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.
13 Artinya: Diriwayatkan dari Jabir r.a. katanya: Ketika peperangan Hudaibiah bilangan
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
196
Lari dalam pengertian bersembunyi atau menghindar terungkap dalam
hadis berikut:
3. Lempar Lembing/Menombak
Olahraga atau permainan berikutnya yang diungkap dalam hadis yaitu
bermain tombak. Rasulullah saw. mengizinkan orang Habsyi bermain tombak
di halaman masjid Nabawi dan mengizinkan istrinya Aisyah ra. menonton
atraksi ini , serta melarang Umar bin Khattab ra. yang mencoba menghentikan
permainan mereka.
انَثَّدح ُنادبع انَثَّدح دبع هللا انَثَّدح سنوي نع ِّيِرهُّزلا انَثَّدح ءُاَطع نب ديِزي نَأ
ديبع هللا نب ٍّيدع هَثَّدح نَأ دادْقمْلا نب وٍرمع َّيدنكْلا فيلح يِنب َةرهز هَثَّدح
َناَكو دِهش اردب عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو هَّنَأ َلاَق اي َلوسر هللا يِّنِإ
تيقَل ارفاَك انْلتتْقاَف برضَف يدي فيَّسلاِب اهعَطَقَف َّمُث َذاَل يِّنم ةرجشِب َلاَقو
تمَلسَأ هلل هُلتْقآ دعب ْنَأ اهَلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل هْلتْقت
َلاَق اي َلوسر هللا هَّنِإَف حرَط ىدحِإ َّيدي َّمُث َلاَق كلَذ دعب ام اهعَطَق هُلتْقآ َلاَق
اَل هْلتْقت ْنِإَف هتْلتَق هَّنِإَف كتَلِزنمِب َلبَق ْنَأ هَلتْقت تنَأو هتَلِزنمِب َلبَق ْنَأ َلوُقي هتملَك
يتلا َلاَق َلاَقو بيِبح نب يِبَأ َةرمع نع ديعس نع ِنبا ٍساَّبع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا
ىلص هللا هيَلع ملسو دادْقمْلل اَذِإ َناَك ٌلجر نمؤم يفخي هنايمِإ عم ٍموَق ٍرافُك
رهْظَأَف هنايمِإ هتْلتَقَف كلَذَكَف تنُك تنَأ يفخت كنايمِإ َةكمِب نم ُلبَق14.
kami sebanyak seribu empat ratus orang, kami telah membuat perjanjian taat setia dengan
Rasulullah saw. Umar telah mengambil tangannya (berjanji) di bawah sebatang pohon
bernama Samurah. Jabir berkata lagi: Kami tidak berjanji setia dengan Rasulullah untuk
mati tetapi untuk tidak lari dari medan pertempuran.
14 Artinya: Diriwayatkan daripada Miqdad bin ‘Amr al-Kindi (dalam Bayan disebut bin
al-aswad) ra. katanya: Beliau telah bertanya Rasulullah saw.: Wahai Rasulullah, apakah
pendapatmu sekiranya aku berjumpa dengan seorang lelaki dari golongan orang-orang
kafir, lalu menyerangku dan memotong salah satu dari tanganku dengan pedangnya. Kemudian
dia lari dariku dan berlindung di sebalik sepohon kayu, lalu berkata, aku menyerah diri
kerana Allah. Adakah aku boleh membunuhnya selepas dia mengucapkan ungkapan itu?
Rasulullah bersabda: Janganlah engkau membunuhnya. Miqdad tidak berpuas hati lalu
membantah: Wahai Rasulullah! Lelaki itu telah memotong tanganku kemudian telah mengungkapkan
ungkapan ini selepas memotongnya, adakah aku boleh membunuhnya? Rasulullah
saw. bersabda: Janganlah kamu membunuhnya, sekiranya kamu membunuh lelaki itu,sesungguhnya
197
Jika dicari padanannya dalam kegiatan olahraga yang berkembang saat
ini, permainan tombak yang dilakukan kemungkinan besar lebih mendekati
permainan anggar tetapi menggunakan tombak sebagai senjata, dibanding
menggunakan tombak atau lembing seperti yang dimaksud dalam olahraga
lempar lembing.
Tombak berasal dari bahasa Jawa. Padanannya dalam bahasa Melayu
yaitu lembing, dan dalam bahasa Arab jirab. Meski demikian terdapat perbedaan
antara tombak dengan lembing. Tombak lebih runcing, bermata dua, bertangkai
panjang untuk menusuk dari jarak dekat atau jauh dengan cara melemparkan.
Lembing dapat dilekukkan pada tangkainya. Tombak kayu atau bambu kecil
panjang yang ujungnya berlapis logam runcing yang digunakan untuk berolahraga
juga disebut lembing.16 Sedang dari bahan bambu yang lazim digunakan
sewaktu perang melawan Belanda di Indonesia disebut bambu runcing.
Tombak merupakan senjata untuk berburu dan berperang, bagiannya
terdiri dari tongkat sebagai pegangan dan mata atau kepala tombak yang tajam
dan kadang diperkeras dengan bahan lain. Bersamaan dengan kapak, tombak
yaitu perkakas pertama yang dibuat manusia dan sejalan dengan perkembangan
peradaban, mata tombak dan kapak yang semula berupa tulang atau batu
yang dihaluskan diganti menjadi logam yang lebih kuat dan tahan lama.17
4. Gulat
Abu Daud meriwayatkan dari Muhammad bin Ali bin Rukanah: Bahwa
Rukanah bergulat dengan Rasulullah saw. dan Rasulullah dapat mengalahkannya.18
Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.:
نع يِبَأ َةريره يضر هللا هنع َلاَق انيب ُةشبحْلا َنوبعْلي دنع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع
ملسو مِهِبارحِب َلخد رمع ىوهَأَف ىَلِإ ىصحْلا مهبصحَف اهِب َلاَقَف مهعد اي
رمع15.
dia seperti kamu sebelum kamu membunuhnya dan sesungguhnya kamu sepertinya sebelum
dia mengucapkan perkataan ini .
15 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Ketika penduduk Habsyah
sedang bermain-main dengan tombak-tombak mereka di hadapan Rasulullah saw. tiba-tiba
masuklah Umar bin al-Khattab. Lalu dia mengambil batu-batu kecil untuk melontar mereka.
Rasulullah saw. berkata kepadanya: Biarkan mereka, wahai Umar! shahih Muslim, hadis no.
1485 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.
16 Ensiklopedia Wikipedia dalam id.wikipedia.org./wiki/tombak. Dikutip 4/4/08.
17 Ibid.
18 HR. Abu Daud, al-Libas, (4078); at-Tirmidzi dalam al-Libas (1785), dan hadis
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
198
5. Panah
Panahan merupakan olahraga yang memerlukan ketelitian dan ketajaman
pandangan mata dalam membidik sasaran. Kegiatan panahan awalnya seperti
juga menombak, digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai
senjata dalam pertempuran dan kemudian berkembang lagi sebagai olahraga
ketepatan. Rasulullah saw. juga merupakan seorang pemanah sebagaimana
dapat dilihat dalam hadis berikut:
Kegiatan memanah pada masa Rasulullah saw. juga terkait dengan kegiatan
peperangan atau perburuan, sebagaimana dapat dilihat dalam hadis-hadis berikut:
انَثَّدح ىيحي نب ىيحي دبعو ىَلعَأْلا نب داَّمح اَلاَق امهاَلك تْأرَق ىَلع كلام
نع ِنبا ٍباهش نع ديعس ِنب ِبَّيسمْلا نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا
هيَلع ملسو َلاَق سيَل ديدَّشلا ةعرُّصلاِب امَّنِإ ديدَّشلا يذلا كلمي هسْفن دنع
ِبضغْلا19.
نع ِسنَأ ِنب كلام نَأ اًلجر عَلطا نم ِضعب ِرجح ِّيِبَّنلا ىلص مهللا هيَلع ملسو
ماَقَف هيَلِإ ُّيِبَّنلا ىلص مهللا هيَلع ملسو ٍصَقشمِب وَأ صقاشمِب يِّنَأَكَف رُظنَأ هيَلِإ
ُلتخي َلجَّرلا هنعْطيل20.
نع يِبَأ َةبَلعَث ِّيِنشخْلا َلاَق تْلُق اي َّيِبن هللا اَّنِإ ِضرَأِب ٍموَق نم ِلهَأ ِباتكْلا ْأنَفَأ
ُلُك يف مِهتيِنآ ِضرَأِبو ديص ديصَأ يسوَقِب يِبْلَكِبو يذلا سيَل ٍملعمِب يِبْلَكِبو
ِملعمْلا امَف حُلصي يل َلاَق اَّمَأ ام ترَكَذ نم ِلهَأ ِباتكْلا ْنِإَف متدجو اهريَغ اَلَف
mempunyai syahid dalam riwayat al-Baihaqi (10/18), yang dijadikan hadis hasan dengannya.
Tetapi yang disebutkan di sini yaitu Yazid bin Rukanah yang bergulat dengan Rasulullah
saw. Lihat Nashih Ulwan, op.cit., h. 287. Hadis ini pun tidak kami temukan dalam Kutub Al-Tis’ah.
19 Artinya: Rasulullah saw. bersabda: “Orang kuat itu bukanlah orang yang menang
bergulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah.” shahih
Muslim, hadis no. 4723 dalam Kutub Al-Tis’ah, terjamah dari Al-Bayan.
20 Artinya: Diriwayatkan daripada Anas bin Malik r.a katanya: Sesungguhnya seseorang
telah mengintai pada salah satu bilik Nabi saw. Lalu Nabi saw. menghampirinya dengan
membawa anak panah bermata lebar dan aku melihat seakan-akan Rasulullah saw. mengintai
untuk menikamnya. Shahih Muslim, Kitab Adab, Bab 8, hadis no. 4015. Sumber: http://
hadith.al-islam.com/Bayan/ind/
199
اوُلُكْأت اهيف ْنِإو مَل اودِجت اهوُلسِْغاَف اوُلُكو اهيف امو تدص كسوَقِب ترَكَذَف
مسا هللا ْلُكَف امو تدص كِبْلَكِب ِملعمْلا ترَكَذَف مسا هللا ْلُكَف امو تدص
كِبْلَكِب ِريَغ ٍملعم تْكردَأَف هتاَكَذ ْلُكَف21.
انَثَّدح ُةبيتُق انَثَّدح ُلهس نب فسوي نع َةبعش نع يِبَأ قاحسِإ َلاَق ٌلجر ءِاربْلل
ِنب ٍبِزاع يضر هللا امهنع متررَفَأ نع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو موي
ٍنينح َلاَق َّنكَل َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو مَل َّرفي نِإ َنِزاوه اوناَك اموَق
ًةامر اَّنِإو اَّمَل مهانيقَل انْلمح مِهيَلع اومزهناَف َلبْقَأَف َنوملسمْلا ىَلع ِمئانغْلا
انوُلبْقتساو ِماهِّسلاِب اَّمَأَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو مَلَف َّرفي دَقَلَف هتيَأر
هَّنِإو ىَلعَل هتَلغب ءِاضيبْلا نِإو ابَأ َنايْفس ٌذخآ اهماجلِب ُّيِبَّنلاو ىلص هللا هيَلع
ملسو ُلوُقي انَأ ُّيِبَّنلا اَل بذَك انَأ نبا دبع بلطمْلا22.
21 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Sa’labah al-Khusyani r.a katanya: Aku telah
datang menemui Rasulullah saw. lalu berkata: Wahai Rasulullah, kami tinggal di bumi satu
kaum dari kalangan Ahli Kitab. Kami makan dengan menggunakan bekas mereka dan di situ
aku berburu. Aku berburu dengan menggunakan panah, terkadang dengan menggunakan
anjingku yang telah terlatih dan terkadang pula dengan menggunakan anjingku yang tidak
terlatih. Ceritakanlah kepadaku apa yang halal untuk kami dari semua itu. Rasulullah saw.
bersabda: Apa yang kamu katakan bahwa kamu tinggal di negeri kaum Ahli Kitab lalu kamu
makan dengan menggunakan bekas mereka, sekiranya kamu boleh dapati selain dari bekas
mereka, janganlah kamu makan di dalam bekasnya. Kalau kamu tidak dapati selainnya,
basuhlah dahulu dan makanlah di dalam bekasnya. Mengenai kamu berburu di tanah pemburuan,
apa yang kamu lontar dengan panah sebutlah nama Allah kemudian makanlah dan mengenai
hasil buruan yang kamu dapatkan dengan menggunakan anjingmu yang telah terlatih,
sebutlah nama Allah kemudian makanlah. Adapun hasil buruan yang kamu dapatkan dengan
menggunakan anjingmu yang tidak terlatih, jika kamu dapat menyembelihnya, maka makanlah.
Shahih al-Bukhari, hadis no. 5056 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.
22 Artinya: Hadis al-Bara’ r.a. katanya: Seorang lelaki berkata kepada al-Bara’: Wahai
Abu Umarah! Adakah kamu melarikan diri ketika berlakunya peperangan Hunain? al-Bara’
menjawab: Tidak! Rasulullah saw. sama sekali tidak berpaling atau mundur. Namun pada
saat itu muncul beberapa Sahabatnya yang muda-muda dan begitu bersemangat. Di antara
mereka ada yang membawa senjata yang banyak dan ada pula yang tidak membawa senjata
sama sekali. Secara mendadak mereka terus memanah ke arah orang-orang Hawazin dan
Bani Nadhir. Panah mereka telah menepati sasaran. Maka begitulah mereka melindungi
Rasulullah saw. yang berada di atas baghalnya (kudanya) yang berwarna putih. Sementara
itu Abu Sufian bin al-Harith bin Abdul Mutalib dengan setia membawa Rasulullah. Selepas
itu Rasulullah memohon pertolongan Allah lalu mengucapkan: Akulah Nabi yang tidak pernah
berdusta, aku yaitu keturunan Abdul Muthalib. Shahih al-Bukhari, hadis no. 2652 dan
Shahih Muslim, hadis no. 3325, dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; termejah dari Al-Bayan.
Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)
200
IV. Penutup
Tidak dapat disangkal bahwa Rasulullah saw. memerintahkan umatnya
untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik melalui pendidikan jasmani,
meskipun tidak dalam pengertian formal sebagaimana yang termuat dalam
kurikulum-kurikulum tentang pendidikan jasmani. Tetapi tujuan akhirnya
yaitu memelihara jasmani, sekaligus rohani yang sehat, yaitu sama. Bahkan
sejumlah ibadah dalam Islam sebagaimana dipaparkan di atas, menuntut
jasmani yang kuat dan sehat untuk menjalankannya.
yaitu wajar apabila ditinjau dari latar historis Rasulullah saw. dalam
mengembangkan Islam pada masanya, maka hadis-hadis tentang pentingnya
pendidikan jasmani banyak yang terkait dengan pelaksanaan jihad, dan lebih
khusus lagi dengan kebutuhan peperangan. Maka kegiatan olahraga beladiri
sepertinya menjadi prioritas dalam ajaran-ajaran Rasulullah saw.
Sementara tuntutan akan pentingnya kesehatan—yang antara lain diperoleh
melalui kebersihan tubuh—diperintahkan oleh Rasulullah saw. karena tiang
ibadah dalam Islam, yaitu salat, hanya dapat dilaksanakan sesudah melalui
serangkaian proses pembersihan tubuh, yaitu wudlu. Tanpa itu, salat jelas
tidak sah. Kesemuanya itu bermuara kepada pernyataan Rasulullah s.a.w.:
23 Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda: Orang Mukmin
yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah s.w.t daripada orang Mukmin yang lemah dan
tak berdaya, dan pedulikanlah apa yang berfaedah bagimu dengan meminta pertolongan
Allah swt. dan jangan lemah, dan apabila ada sesuatu yang menimpamu janganlah katakan
seandainya kami (melakukannya) begini dan begini (itu tidak akan terjadi), tetapi katakanlah
semuanya itu (terjadi) atas kehendak Allah dan janganlah berkeinginan bertindak berandai-
andai seperti itu tadi, karena yang demikian itu yaitu pekerjaan setan. Shahih Muslim hadis
no. 4716 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.
انَثَّدح وبَأ ِرْكب نب يِبَأ َةبيش نباو ٍريمن اَلاَق انَثَّدح دبع هللا نب سيِردِإ نع َةعيِبر
ِنب َنامْثع نع دَّمحم ِنب ىيحي ِنب َناَّبح نع ِجرعَأْلا نع يِبَأ َةريره َلاَق َلاَق
ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو نمؤمْلا ُّيِوَقْلا ريخ ُّبحَأو ىَلِإ هللا نم
ِنمؤمْلا فيعَّضلا يفو لُك ريخ صِرحا ىَلع ام كعَفني نعتساو هللاِب اَلو زجعت
ْنِإو كباصَأ ءٌيش اَلَف ْلُقت وَل يِّنَأ تْلعَف َناَك اَذَك اَذَكو نكَلو ْلُق ردَق هللا
امو ءَاش َلعَف نِإَف وَل حتْفت َلمع ناَطيَّشلا23.
201
HADIS-HADIS TENTANG
PENDIDIKAN TAUHID
Ernawati
I. Pendahuluan
Lahirnya kajian pendidikan Islam berawal dari pembahasan dan pemahaman
terhadap kedua sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Hadis yaitu
sumber ajaran dan hukum Islam yang kedua, sesudah Al-Qur’an. Dari hadis
dapat dipahami dan diperoleh informasi bahwa Rasulullah saw. telah memberikan
pedoman tentang pendidikan tauhid, bahwa pendidikan tauhid itu harus
dimulai sejak dini. Hal ini karena pendidikan tauhid merupakan aspek pendidikan
pertama dan utama yang harus ditumbuhkan dan diajarkan serta dimantapkan
ke dalam jiwa anak.
Orang tua harus memberikan perhatian khusus terhadap tauhid anaknya
serta men-talqin-kannya sedini mugkin agar anak dapat tumbuh di atas landasan
tauhid, dengan cara menanamkan tauhid ini dengan jalan membuat anak
sibuk dengan membaca Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi sekaligus maknanya,
serta menjadikannya sibuk melakukan berbagai aktivitas ibadah. Dalam hal
ini perlu ditelusuri lebih lanjut Hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan
tauhid, agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan dan
mengkaji konsep-konsep tentang pendidikan tauhid berdasarkan Hadis-hadis
yang shahih.1 Tugas dan tanggung jawab kedua orang tua dalam mengajarkan
dan menanamkan tauhid yaitu merupakan peranan terpenting dalam keluarga.
Hal ini telah diterangkan oleh Allah swt. di dalam Q.S. At-Tahrim/66: 6, Wahai
orang-orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka (yang)
bahan bakarnya yaitu manusia dan batu, dijaga oleh malaikat yang keras dan
kasar, tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan.
Oleh karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua dalam
mendidik anaknya agar dapat menjadikan anak yang shaleh. Dengan demikian
jelaslah bahwa kedua orang tualah yang akan menjadikan anak itu sebagai anak
1 Nawir Yuslem, Kitab Induk Hadis (Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2006), h. 13.
202
yang shaleh atau anak Yahudi, Nasrani ataupun Majusi. Hal ini juga dijelaskan
di dalam Hadis Rasulullah saw. sebagai berikut:
Dari penjelasan Hadis di atas, jelaslah bahwa bentuk fitrah manusia
menurut pandangan Al-Qur’an yaitu tauhid atau Islam.3 Oleh karena itu
betapa pentingnya peranan kedua orang tua dalam mengajarkan, mendidik
dan menanamkan tauhid ke dalam jiwa anak. Selanjutnya makalah ini akan
membahas Hadis-hadis tentang pendidikan tauhid yang mencakup kajian:
pengertian tauhid dan pendidikan tauhid, Hadis-hadis tentang tauhid dan
konsep pendidikan tauhid.
II. Pengertian Tauhid Dan Pendidikan Tauhid
1. Tauhid
Kata tauhid berasal dari bahasa Arab, tauhid yang berarti “mengesakan”.
Tauhid yaitu bentuk masdar (infinitive) dari fiil madhi (kata kerja lampau)
wahhada yang merupakan derivasi dari akar kata wahdah yang berarti “keesaan”,
“kesatuan”, dan persatuan”. Dalam terminologi Islam tauhid berarti “meyakini
bahwa Allah swt. itu Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya” yang dirumuskan
dalam kalimat syahadat La ilaha illa Allah (tidak ada Tuhan selain Allah).4
Ilmu ini dinamakan ilmu tauhid karena pokok pembahasannya yang paling
penting yaitu menetapkan keesaan (wahdah) Allah5 dalam Zat-Nya, dalam
انَثَّدح مدآ انَثَّدح نبا يِبَأ ٍبْئذ نع ِّيِرهُّزلا نع يِبَأ َةمَلس ِنب دبع ِنمحَّرلا نع
يِبَأ َةريره يضر هللا هنع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو لُك دوُلوم دَلوي
ىَلع ةرْطفْلا هاوبَأَف هِنادِّوهي وَأ هِنارِّصني وَأ هِناسِّجمي2.
2 Artinya: “Diriwayatkan dari Adam diriwayatkan dari Ibn Abu Dzi’b dari Az-Zuhriy dari
Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dari Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:
“Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan
beragama Yahudi, Nasrani ataupun Majusi.” Hadis di atas tergolong syarif marfu’ dengan
kualitas perawi shaduq tsiqah dan tsiqah. Abu al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-Qusyairi
an-Naisaburi, Shahih Muslim (Saudi Arabia: Idarah al-Buhuts Ilmiah wa Ifta’ wa ad-Da’wah
wa al-Irsyad, 1400 H), juz 1, h. 246; Bukhari, Kitab Jenazah, hadis no. 1270, 1271;
Tirmidzi. Kitab Takdir, hadis no. 2064; Nasa’i, Kitab Jenazah, hadis no. 1923; Abu Daud,
Kitab Kiamat, hadis no. 4091.
3 Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islami (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), h. 27.
4 Abdul Aziz Dahlan, dkk., Ensiklopedi Islam (Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeve, 2005),
jilid 7, h. 106.
5 Baharuddin