Hadist pendidikan 7

 


ع ملسو17. 

انَثَّدح داَّنه انَثَّدح عيكو نع َةبعش نع يِبَأ نوع ِّيفَقثلا نع ثِراحْلا ِنب وٍرمع

نع ٍلاجِر نم ِباحصَأ ذاعم نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َثعب اًذاعم ىَلِإ

ِنميْلا َلاَقَف فيَك يضْقت َلاَقَف يضْقَأ امِب يف ِباتك هللا َلاَق ْنِإَف مَل نُكي يف

ِباتك هللا َلاَق ةَّنسِبَف ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق ْنِإَف مَل نُكي يف ةَّنس

ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق دِهتجَأ يِيْأر َلاَق دمحْلا هلل يذلا قفو

َلوسر ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو انَثَّدح دَّمحم نب ٍراَّشب انَثَّدح دَّمحم نب

ٍرَفعج دبعو ِنمحَّرلا نب ٍّيدهم اَلاَق انَثَّدح ُةبعش نع يِبَأ نوع نع ثِراحْلا ِنب

وٍرمع ِنبا ٍخَأ ةيرغمْلل ِنب َةبعش نع ٍسانُأ نم ِلهَأ ٍصمح نع ذاعم نع ِّيِبَّنلا ىلص

tentang kitab Allah dengan ra’yu maka sesungguhnya ia salah”. Abu Daud Sulaiman as-

Sijistani, Sunan Abi Daud (Libanon: Dar al-Fikr, 1994), juz 2, h. 182; Ibnu Qayyim Jauziyah,

‘Aun al-Ma’bud (Ttp; Dar al-Fikr, 1979). Hadis ini marfu’ kepada Rasulullah saw., dan dari

kritik sanad yang dilakukan mayoritas sanadnya yaitu  siqah.

17 Artinya: Mengkhabarkan kepada kami Hasan Bin Bisr, meriwayatkan kepada kami

Ma’fa dari Auza’I telah berkata ia telah menulis ‘Usr bin Abdil Aziz sesungguhnya tidak ada

ra’yu bagi sesuatu dalam kitab Allah. Dan sesungguhnya ra’yu seorang imam tidak terdapat

pada apa yang diturunkan (kitab) demikian juga pada sunnah dari Rasulullah saw. dan tidak

ada ra’yu bagi sunnah rasulullah saw. Sunan Darimi, Mausu’ah Sunnah CD ROM versi 1.2,

Kitab Muqaddimah, hadis no. 433. Hadis ini atsar marfu’.

177

Bukan berarti bertentangan dengan hadis sebelumnya, sikap nabi yang

menghargai Mu’az bin Jabal memberi peluang pada ra’yu tetap pada koridor wahyu.

Untuk melengkapi hadis di atas tentang ijtihad, perlu dicantumkan hadis

di bawah ini:

 

 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Hannad meriwayatkan kepada kami Waki’ dari

Syu’abah dar Abi ‘Aun tsaqafi dari Harits bin ‘Amrin dari seseorang dari sahabat Mu’az sesungguhnya

Rasulullah saw. mengutus Mu’az ke Yaman maka ia berkata bagaimana memutuskan perkara?

Maka ia berkata aku mengambil keputusan dengan apa yang ada dalam kitab Allah Nabi berkata

jika tidak engkau dapatkan? Jika tidak aku dapatkan di kitab maka dengan sunnah Rasulullah

saw., Nabi berkata lagi jika tidak engkau dapatkan? Mu’az berkata aku berijtihad dengan ra’yu

Nabi berkata: Alhamdulillah yang telah mengarahkan Rasul sebagai Rasulullah saw. Meriwayatkan

kepada kami Muhammad bin Basyar meriwayatkan kepada kami Muhammad bin Ja’far dan

Abd. Ar-Rahman bin Mahdi ia berkata meriwayatkan kepada kami Syu’bah dari Abi ‘Aun dari

Harits bin ‘Amrin ibn akh li Mughayyirah bin Syu’bah dari Anas dari Ahl Himas dari Mu’az

dari Nabi saw. contohnya ia berkata Abu Isa hadis ini tidak dikenal kecuali dari sisi ini dan

sanadnya tidak dariku bersambung dan Abi ‘Aun tafaquhi namanya Muhammad bin Abdillah.

Hadis ini di antaranya terdapat pada Sunan Abu Daud Bab Adhiah no. 11, Nasa’i, bab Qadha,

no. 11, Ibnu Majah, bab Manasik no. 38. Hadis marfu’ kepada Rasulullah saw. Abi ‘Isa

Muhammad at-Tirmizi, Sunan Tarmizi (Indonesia: Maktabah Rihlan, t.t.), juz 2, h. 394.

19 Artinya: Meriwayatkan kepadaku Ishaq bin Ibrahim mendengar Yahya bin Adam

meriwayatkan kepada kami Abu Ahwash dari Abi Ishaq dari ‘Amrin bin Maimun dari Mu’az

ra. ia berkata ketika aku bersama Nabi saw. dan aku berada di atas keledai, berkata kepada

beliau Ghufair ia berkata:” Wahai Mu’az apakah engkau mengetahui hak Allah swt. atas

hambaNya?”. Aku mengatakan Allah dan RasulNya lebih mengetahui. Ia berkata lagi:”maka

sesungguhnya hak Allah atas hambaNya bahwa mereka menyembahNya dan jangan mensekutukanNya

dengan sesuatu dan hak hamba atas Allah yaitu  tidak diazab bagi siapa yang mensekutukanNya

dengan segala sesuatu maka aku mengatakan: Wahai Rasulullah saw. apakah hal ini harus

kuberitahu pada seluruh manusia? Nabi saw. berkata tatkala engkau beri tahu mereka

mereka akan bertawakka. al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, h. 101.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

سيَلو هجوْلا اَذه نم الِإ هُفِرعن اَل ٌثيدح اَذه ىسيع وبَأ َلاَق هوحن ملسو هيَلع هللا

 18.هللا ديبع نب دَّمحم همسا ُّيفَقثلا نوع وبَأو ٍلصتَّمِب يدنع هدانسإِ

يِبَأ  نع  ِصوحَأْلا  وبَأ  انَثَّدح  مدآ  نب  ىيحي  عمس  ميهاربِإ  نب  قاحسإِ  يِنَثَّدح

ىلص ِّيبَِّنلا فدِر تنُك َلاَق هنع هللا يضر ذاعم نع نوميم ِنب وِرمع نع قاحسإِ

ىَلع هللا  َّقح يِردت ْله ُذاعم اي َلاَقَف ريَفع هَل ُلاَقي ٍرامح ىَلع ملسو  هيَلع هللا

دابعْلا ىَلع هللا َّقح نِإَف َلاَق مَلعَأ هُلوسرو هللا تْلُق هللا ىَلع دابعْلا ُّقح امو هدابع

هبِ كِرشي اَل نم بذعي اَل ْنأَ هللا ىَلع دابعْلا َّقحو اًئيش هِب اوُكِرشي اَلو هودبعي ْنَأ

 19.اوُلكتَّيَف مهرِّشبت اَل َلاَق سانَّلا هبِ رِّشبُأ اَلَفَأ هللا َلوسر اي تْلُقَف اًئيش

178


20 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Abu Mua’wiyah meriwayatkan kepada kami

A’masy dari Muslim dari Masruq ia berkata telah datang seorang lelaki kepada ‘Abdillah maka

ia berkata sesungguhnya aku meninggalkan di Mesjid seorang lelaki yang sedang menafsirkan

Al-Qur’an dengan ra’yunya ia berkata tentang ayat ini “suatu hari akan datang langit dengan

asap”…hingga akhirnya. Asap akan menutupi mereka pada hari kiamat mengenai diri mereka

seperti sebentuk penyakit pilek. Ia berkata, maka telah berkata Abdillah siapa yang mengetahui

suatu ilmu maka katakanlah dengannya dan siapa yang tidak mengetahui suatu ilmu maka

katakanlah hanya Allah Yang Maha Mengetahui maka sesungguhnya dari pemahaman

seseorang bahwa ia mengatakan bagi apa yang tidak diketahui tentang Allah Ia Maha Mengetahui.

Sesungguhnya ini disebabkan orang Quraisy ketika memaksiati atas Nabi saw. yang mengajak

pada mereka bertahun-tahun seperti Yusuf maka kelaparan mengenai mereka dan mereka

bersungguh-sungguh sehingga mereka memakan tulang dan seorang lelaki melihat ke langit

maka ia melihat apa yang ada diantaranya dan di antara langit seperti sebentuk asap maka

Allah menurunkan (ayat) maka Rasulullah saw. dating maka dikatakan Ya Rasulullah, mintakanlah

hujan pada Allah untuk menghilangkan mudharat. Maka sesungguhnya mereka telah hancur.

Ia berkata maka berdo’alah bagi mereka maka Allah menurunkan (ayat) maka tatkala azab

menimpa mereka yang kedua kali mereka kembali maka turunlah (ayat) pada hari Badr.”

Mausu’ah Sunnah, Musnad Ahmad, Kitab Sanad Mukatsirin Min as-Shahabah, Bab Sanad

Abdullah bin Mas’ud hadis no. 3431. Hadis syarif marfu’ kepada Nabi Muhammad saw.

رسم  نع  ٍملسم نع  شمعَأْلا  انَثَّدح  َةيِواعم  وبأَ انَثَّدحىَلإِ ٌلجر  ءَاج  َلاَق  ٍقو

يِّنِإ َلاَقَف هللا دبعهذه يف ُلوُقي هِيْأرِب َنآرُقْلا رِّسَفي اًلجر دِجسمْلا يف تْكرت 

آ ىَلِإ ٍينِبم ناخدبِ ءُامَّسلا يتْأت موي ةيآْلاُذخْأي ٌناخد ةمايقْلا موي مهاشغي اهِرخ

 َلاَقَف  َلاَق  ِماَكُّزلا  ةَئيهَك  هنم  مهبيصي  ىَّتح  مِهساَفنَأبِامْلع  ملع  نم  هللا  دبع

مَلعي اَل امل َلوُقي ْنأَ ِلجَّرلا هْقف نم نِإَف مَلعَأ هللا ْلُقيْلَف مَلعي ملَ نمو هِب ْلُقيْلَف

هيَلع  هللا  ىلص  ِّيبَِّنلا  ىَلع  تصعتسا  اَّمَل  اشيرُق  نَأل  اَذه  َناَك  امَّنِإ  مَلعَأ  هللا

اوُلَكأَ ىَّتح  اودِهجو  ٌطحَق  مهباصَأَف  فسوي  يِنسَِك  ينِنسِِب  مِهيَلع  اعد  ملسو

ةَئيهَك  ءِامَّسلا  نيبو  هنيب  ام  رُظنيَف  ءِامَّسلا  ىَلِإ  رُظني  ُلجَّرلا  َلعجو  ماَظعْلا

ٍينِبم ناخدبِ ءُامَّسلا يتْأت موي بقتراَف لجو َّزع هللا َلزنَأَف دهجْلا نم ناخُّدلا

اي  َليقَف  ملسو  هيَلع  هللا  ىلص  هللا  ُلوسر  ىتَأَف  ميلأَ باَذع  اَذه  سانَّلا  ىشغي

َّزع  هللا  َلزنَأَف  مهلَ اعدَف  َلاَق  اوُكَله  دَق  مهنَِّإَف  رضمل  هللا  ِقستسا  هللا  َلوسر

شطبن  موي  تَلزنَف  اوداع  َةيِناثلا  َةَّرمْلا  مهباصأَ اَّمَلَف  ِباَذعْلا  وُفشاَك  اَّنِإ  لجو

 20.ٍردب موي َنومقتنم اَّنِإ ىربُكْلا َةشْطبْلا

179

4. Ketika Terjebak Pada Kesalahan

Bila kesalahan ijtihad pada orang yang memiliki jabatan

Pada hadis yang lain:

انَثَّدح دَّمحم نب دبع هللا انَثَّدح نيسح نب دَّمحم وبَأ دمحَأ انَثَّدح ُنابيش نع

َةداتَق انَثَّدح سنَأ نب كلام نَأ َّمُأ ِعِّيبُّرلا تنِب ءِاربْلا يهو ُّمُأ َةَثِراح ِنب َةَقارس

تتَأ َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو تَلاَقَف اي َّيِبن هللا اَلَأ يِنُثِّدحت نع َةَثِراح َناَكو

َلتُق موي ٍردب هباصَأ مهس برَغ ْنِإَف َناَك يف ةَّنجْلا تربص ْنِإو َناَك ريَغ كلَذ

تدهتجا هيَلع يف ءِاَكبْلا َلاَق اي َّمُأ َةَثِراح اهَّنِإ ٌنانِج يف ةَّنجْلا نِإو كنبا

باصَأ سودرفْلا ىَلعَأْلا21. 

انربخَأ قحسِإ نب ٍروصنم َلاَق انَثَّدح دبع ِقاَّزَّرلا َلاَق انَأبنَأ رمعم نع َنايْفس

نع ىيحي ِنب ديعس نع يِبَأ ٍرْكب دَّمحم ِنب وِرمع ِنب ٍمزح نع يِبَأ َةمَلس نع

يِبَأ َةريره َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَذِإ مَكح مكاحْلا دهتجاَف

باصَأَف هَلَف نارجَأ اَذِإو دهتجا َأَطخَأَف هَلَف رجَأ22. 

21 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Muhammad Bin Abdillah meriwayatkan kepada

kami Husain bin Muhammad Abu Ahmad meriwayatkan kepada kami Syaiban dari Qatadah

meriwayatkan kepada kami Anas bin Malik sesungguhnya Ummu Rabi’ anak Bara’a dan ia

ibu Haritsah bin Suraqah mendatangi Nabi saw. ia berkata wahai Nabi Allah ketahuilah,

dibicarakan kepadaku dari Haritsah pada saat sebelum hari Badar, ia salah seandainya dia di

surga aku sabar dan seandainya tidak demikian aku ijtihad kepadanya dalam tangis. Nabi

berkata wahai ibu Haritsah sesungguhnya di surga dan putramu ada di firdaus yang tinggi.

al-Bukhari, Sahih Bukhari, Kitab Jihad, h. 140

22 Artinya: Mengkhabarkan kepada kami Ishaq bin Mansur ia berkata meriwayatkan

kepada kami Abdu ar-Razzak ia berkata memberitakan kepada kami Ma’mar dari Sufyan dari

Yahya bin Sa’id dari Abi Bakr Muhammad bin ‘Amru bin Hzmin dari Abi Salmah dari Abi

Hurairah ia berkata, berkata Rasulullah saw. apabila seorang hakim memutuskan maka ia

berijtihad jika benar mendapat dua pahala dan jika salah satu pahala. Mausu’ah Sunnah,

Sunan Nasa’i, Kitab Adab Qadhi, hadis no. 5286.

23 Artinya: Bila berijtihad seorang ‘Amil atau hakim dan salah dan berbeda dengan

اَذِإ دهتجا ُلماعْلا وَأ مكاحْلا َأَطخَأَف فاَلخ ِلوسَّرلا نم ِريَغ ٍمْلع همْكحَف دودرم

ِلوَقل ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو نم َلمع اًلمع سيَل هيَلع انرمَأ وهَف ٌّدر23. 

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

180


5. Pemeliharaan Akal Secara Psikis

Dalam sub judul inilah langkah-langkah pendidikan akal dalam Islam

diterapkan. Akal bila tidak dikekang dengan latihan-latihan fisik dan psikis,

ia akan melesat jauh seperti anak panah lepas dari busurnya, ia akan berdiri

sendiri dan melakukan tugasnya untuk dirinya sendiri.

Sedangkan akal yang selalu di latih dan ditundukkan dengan kekuatan

kepasrahan kepada Allah secara jiwa dan raga maka itulah akal yang statusnya

sebagai bukti kekuasaan Allah swt. dan akal ini  akan berfungsi sebagaimana

mestinya yaitu menyembah dan mengesakan serta mengagungkan Allah swt.,

Sang penciptanya. Oleh karena itu, kewajiban-kewajiban harian umat muslim

seperti zikrullah, salat, membaca dan memahami makna Al-Qur’an, kewajiban

tahunan seperti puasa di bulan ramadhan zakat fitrah, semua itu tujuan salah

satunya yaitu  untuk memelihara akal. Selain itu perlu latihan-latihan jiwa

dalam hal sabar, ikhlas, syukur.

Inilah yang disebut pendidikan Islam yaitu pembentukan karakter akliah

umat sebagai hamba Allah melalui latihan-latihan pisik dan psikis yang terjaga

intensitas kontinitas waktunya.

a. Dengan salat

b. Dengan bersedekah

6. Pemeliharaan Akal Secara Fisik

انَثَّدح ديعس نب يِبَأ ميرم َلاَق انربخَأ دَّمحم نب ٍرَفعج َلاَق يِنربخَأ ديز وه نبا

مَلسَأ نع ِضايع ِنب دبع هللا نع يِبَأ ديعس ِّيِردخْلا َلاَق جرخ ُلوسر هللا ىلص

هللا هيَلع ملسو يف ىحضَأ وَأ ٍرْطف ىَلِإ ىلصمْلا َّرمَف ىَلع ءِاسِّنلا َلاَقَف اي رشعم

ءِاسِّنلا نْقَّدصت يِّنِإَف َّنُكتيِرُأ رَثْكَأ ِلهَأ ِراَّنلا نْلُقَف مِبو اي َلوسر هللا َلاَق َنرثْكت

نعللا َنرُفْكتو يرشعْلا ام تيَأر نم تاصقان ٍلْقع ٍنيدو بهْذَأ ِّبُلل ِلجَّرلا

ِمِزاحْلا نم َّنُكادحِإ نْلُق امو ُناصْقن انِنيد انلْقعو اي َلوسر هللا َلاَق سيَلَأ ُةداهش

ِنب  َةمِرْكع  نع َنايْفس  يِبأَ نب  ُةَلَظنح  انربخَأ  َلاَق  ىسوم  نب  هللا  ديبع  انَثَّدح

ملسو هيَلع هللا ىلص هللا ُلوسر َلاَق َلاَق امهنع هللا يضر رمع ِنبا نع دلاخ

ِماَقإِو هللا ُلوسر ادَّمحم نَأو هللا الِإ هَلِإ اَل ْنأَ ةداهش ٍسمخ ىَلع ماَلسِإْلا يِنب

 .َناضمر ِموصو ِّجحْلاو ةاَكَّزلا ءِاتيِإو ةاَلَّصلا

181

6. Pemeliharaan Akal Secara Fisik

Rasulullah dan selain ilmunya, maka hukumnya ditolak sebab qaul Nabi saw. siapa yang

beramal yang tidak ada hubungannya dengan kami maka ditolak.

 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Sa’id Bin Abi Maryam ia berkata: mengkahabarkan

kepada kami Muhammad Bin Ja’far ia berkata, mengkhabarkan kepadaku Zaid dia yaitu 

anak Aslim dari ‘Iyadh Bin ‘Abdillah dari Abi Sa’id al-Khudri ia berkata Rasulullah saw. telah

keluar di waktu dhuha ke mushalla dan melewati para wanita beliau berkata: wahai para

wanita bersedekahlah, sesungguhnya aku melihat kalian banyak penghuni neraka mereka

berkata: mengapa Ya Rasulullah, ia berkata: kalian banyak melaknat, menutupi persahabatan

padahal aku tidak melihat kekurangan akal dan agama. berkata salah seoramg dari mereka:

lalu apa yang kurang dari akal dan agama kami Ya Rasulullah? Ia berkata tidakkah syahadat

perempuan itu sepert setengah syahadatnya lelaki, mereka berkata ya. Ia berkata lagi maka

demikianlah kekurangan akalmu, tidakkah ketika haid kamu tidak salat dan tidak puasa?

mereka berkata ya, maka itulah kekurangan agamamu. Ibid., h. 114.

 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Suwaid bin Sa’id meriwayatkan kepada kami Utsman

ibn Matr dari Hasan bin Abi Ja’far dari Muhammad bin Juhadah dari Nafi’ dari Ibn Umar ia

berkata: Wahai Nafi’ darahku telah maka panggilkan aku tukang bekam jadikan ia teman dan

jangan yang sudah tua atau masih anak kecil aku mendengar Rasulullah saw. bersabda berbekam

sebelum makan apa-apa seperti obat berkahnya dapat menambah akal dan memelihara berbekamlah

atas berkah Allah pada hari kamis jangan hari rabu, jumat dan sabtu dan minggu hari itu, berbekamlah

hari senin dan selasa Karena hari itu yaitu  hari kesembuhan Nabi Ayyub… Muhammad

Fu’ad Abd Baqi, Sunan Ibnu Majah (Libanon: Dar al-Kutb ‘Ilmiyah, t.t.), juz 2, h. 1152.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

اَذِإ سيَلَأ اهلْقع ناصْقن نم كلَذَف َلاَق ىَلب نْلُق ِلجَّرلا ةداهش فصِن َلْثم ةَأرمْلا

 24.اهِنيد ناصْقن نم كلَذَف َلاَق ىَلب نْلُق مصت مَلو لصت ملَ تضاح

7. Peluang untuk Mengembangkan Kekuatan Akal

تعمس َلاَق قاحسإِ وبأَ انَثَّدح َةيِواعم نب ريهز انَثَّدح دلاخ نب ورمع انَثَّدح

نع  ٍرَفعج  يِبأَ  ِنب  ِنسحْلا  نع  ٍرَطم  نب  ُنامْثع  انَثَّدح  ديعس  نب  ديوس  انَثَّدح

يل سمتْلاَف مَّدلا يِب َغيَّبت دَق عفان اي َلاَق رمع ِنبا نع ٍعفان نع َةداحج ِنب دَّمحم

يِّنِإَف ايرغص اًّيِبص اَلو ايرِبَك اخيش هْلعجت اَلو تعَطتسا ْنإِ اًقيفر هْلعجاو اماَّجح

هيفو  ُلَثمَأ  ِقيِّرلا  ىَلع  ُةماجحْلا  ُلوُقي  ملسو  هيَلع  هللا  ىلص هللا  َلوسر  تعمس

موي  هللا  ةَكرب  ىَلع  اومِجتحاَف  ظْفحْلا  يفو  ِلْقعْلا  يف  ديِزتو  ٌةَكربو  ءٌاَفش

ايِّرحت  دحَأْلا  مويو  تبَّسلاو  ةعمجْلاو  ءِاعبِرَأْلا  موي  َةماجحْلا  اوبِنتجاو  ِسيمخْلا

 25.ءِاَلبْلا نم بويُّأَ هيف هللا ىَفاع يذلا مويْلا هنَِّإَف ءِاثَاَلثلاو ِنينْثالا موي اومِجتحاو

182


8. Sebab Tumpulnya Akal

ديز نب مَقرَأ َلاَق انجرخ عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو يف ٍرَفس باصَأ ساَّنلا

هيف ٌةَّدش َلاَقَف دبع هللا نب ٍّيبُأ هِباحصَأل اَل اوُقفنت ىَلع نم دنع ِلوسر هللا

ىَّتح اوُّضَفني نم هلوح َلاَقو نئَل انعجر ىَلِإ ةنيدمْلا َّنجِرخيَل ُّزعَأْلا اهنم لَذَأْلا

تيتَأَف َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو هتربخَأَف َلسرَأَف ىَلِإ دبع هللا ِنب ٍّيبُأ هَلَأسَف

دهتجاَف هنيمي ام َلعَف اوُلاَق بَذَك ديز َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو عَقوَف

يف يسِْفن اَّمم اوُلاَق ٌةَّدش ىَّتح َلزنَأ هللا َّزع لجو يقيدصت يف اَذِإ كءَاج

َنوُقفانمْلا مهاعدَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو رفغتسيل مهَل اوَّوَلَف مهسوءُر

هُلوَقو بشخ ٌةدَّنسم َلاَق اوناَك اًلاجِر َلمجَأ ءٍيش26.

انَثَّدح دمحَأ نبا يِبَأ ءٍاجر انَثَّدح ىيحي نع يِبَأ َناَّيح ِّيميَّتلا نع ِّيِبعَّشلا نع

ِنبا رمع يضر هللا امهنع َلاَق بَطخ رمع ىَلع ِربنم ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع

ملسو َلاَقَف هَّنِإ دَق َلزن يمِرحت ِرمخْلا يهو نم ةسمخ ءَايشَأ ِبنعْلا ِرمَّتلاو

ةَطنحْلاو ِيرعَّشلاو ِلسعْلاو رمخْلاو ام رماخ َلْقعْلا ٌثاَلَثو تددو نَأ َلوسر هللا

ىلص هللا هيَلع ملسو مَل انْقِراَفي ىَّتح دهعي انيَلِإ ادهع ُّدجْلا ُةَلاَلَكْلاو باوبَأو

نم ِباوبَأ ابِّرلا َلاَق تْلُق اي ابَأ وٍرمع ءٌيشَف عنصي دنِّسلاِب نم ِزرُأْلا َلاَق كاَذ

26 Artinya: Meriwayatkan kepada kami ‘Amru bin Khalid meriwayatkan kepada kami

Zuhair bin Mu’awiyah meriwayatkan kepada kami Abu Ishaq ia berkata aku mendengar

Zaid bin Arqam ia berkata kami keluar bersama Nabi saw, dalam perjalanan manusia menghalangi

maka berkata Abdullah bin Abi kepada sahabatnya janganlah kalian beri atas siapa yang

didekat Rasulullah hingga mereka terbuka disekelilingmu dan ia berkata jika kita pulang ke

Madinah agar keluar lebih baik maka kau mendatangi Nabi saw. maka aku khabarkan

kepadanya dan ia mengutus abdillah bin Abi, menanyakannya untuk berijtihad dengan apa

yang diperbuatnya mereka berkata Zaid telah berbohong Rasulullah saw. maka ia meletakkan

pada diriku dari apa yang ia katakan hingga Allah menurunkan kebenaran apabila orang

munafik mendatangimu maka ajaklah mereka menemui Nabi saw. agar dimintakan ampun

untuk mereka, menyentuh kepala mereka dan katanya kayu yang menjadi sandaran, yaitu 

kamu orang-orang yang baik. Mausu’ah Sunnah CD ROM, Sahih Bukhari, Kitab Tafsir Al-

Qur’an, hadis no. 4523, syarif marfu’ kepada Nabi Muhammad saw.

183

IV. Konstruksi Ilmu Berbasis Akal dalam Pendidikan Islam

Berdasarkan kajian di atas, Nabi saw. telah memberi sinyal-sinyal positif

terhadap pengembangan akal dan sejarah telah membuktikannya. Dengan

potensi akal manusia dapat terbantu dalam upayanya mencari kebenaran

karena kebenaran dapat dicapai salah satunya melalui pendekatan ilmiah

dan filosofis. Wahyu tetap diperlukan sebagai pemandunya.

Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa proses pendidikan tidak hanya

mengggali dan mengembangkan sains tetapi juga bahkan lebih penting yaitu 

menemukan konsep baru tentang sains yang utuh sehingga dapat membangun masyarakat

Islam sesuai dengan tuntutan dan tuntunan Islam. Sains ini  bertujuan menemukan

dan mengukur paradigma dan premis intelektual yang berorientasi pada nilai

dan pengabdian dirinya pada pembaharuan dan pembangunan masyarakat,

juga berpijak pada kebenaran yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu.29

ٍ

مَل نُكي ىَلع دهع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو وَأ َلاَق ىَلع دهع رمع َلاَقو

جاَّجح نع داَّمح نع يِبَأ َناَّيح َناَكم ِبنعْلا بيِبَّزلا27. 

انَثَّدح قاحسِإ نب ميهاربِإ ُّيلَظنحْلا انربخَأ ىسيع نباو سيِردِإ نع يِبَأ َناَّيح

نع ِّيِبعَّشلا نع ِنبا رمع َلاَق تعمس رمع يضر هللا هنع ىَلع ِربنم ِّيِبَّنلا ىلص

هللا هيَلع ملسو ُلوُقي اَّمَأ دعب اهُّيَأ ساَّنلا هَّنِإ َلزن يمِرحت ِرمخْلا يهو نم ةسمخ

نم ِبنعْلا ِرمَّتلاو ِلسعْلاو ةَطنحْلاو ِيرعَّشلاو رمخْلاو ام رماخ َلْقعْلا28. 

27 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Ahmad bin Abi Raja’ meriwayatkan kepada kami

Yahya dari Abi Hayan aimi dari Sya’abi dri Umar ia berkata ketika Umar khatib di mimbar

Rasulullah saw. ia mengharamkan khamr dan ada lima seperti anggur, kurma, hinthah,

syaiir dan madu dan khamr akan melumpuhkan akal. Sesungguhnya Rasulullah tidak memisahkan

kami hingga ada perjanjian kepada kami dan dan pintu riba, ia berkata wahai Abu Umar

sesuatu menjadi sandaran yang demikian itu tidak atas perjanjian Nabi atau atas janji Umar

ia berkata para haji dari Hammad dari Abi Hayyan tempat anggur dan zaib. Mausu’ah

Sunnah CD ROM, diriwayatkan oleh Bukhari, Kitab Minuman, hadis no. 5160.

28 Artinya: Meriwayatkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim al-Hanzala mengkhabarkan

kepada kami Isa dan Ibn Idris dari Abi Hayyan dari asy-Sya’bi dari Ibn ‘Umar ia berkata aku mendengar

Umar ra. di atas mimbar Nabi saw. ia berkata wahai manusia sesunggguhnya telah diharamkan

khamr dan dia terbuat dari lima unsur anggur, kurma, madu, hinthah, sya’ir dan khamr itu akan

merusak akal. Mausu’ah Sunnah CD ROM, Shahih Bukhari, kitab Tafsir, no. atsar 4253.

29 Dinukil dari Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam: Sebuah Telaah Komponen Dasar

Kurikulum (Solo: Ramadhani, 1991), h. 19.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

184


Demikianlah idealnya, namun sisi lain dari kenyataan sejarah mengungkapkan

fakta yang berbeda. Telah terjadi stagnasi keilmuan yang parah dan sisanya masih

terasa hingga saat ini. Bahkan IAIN sebagai pelopor studi Islam di Indonesia

tidak terlepas dari keterjebakan ini. Sistem pendidikan dan perkuliahan yang

berlangsung kebanyakan masih mengikut apa yang disebut Freire, sebagaimana

dikutip oleh Azyumardi Azra,30 sebagai “the banking concept of education” (pendidikan

ala bank), dan bukan “problem posing education” (pendidikan kritis). Sesuai

dengan konsep ini bahwa dalam proses belajar mengajar umumnya, kebanyakan

dosen IAIN bertindak selaku pemilik tunggal ilmu. Sedangkan mahasiswa

yaitu  wadah kosong yang harus diisi. Yang terjadi selanjutnya yaitu  bahwa

dosen-dosen IAIN lebih banyak berperan sebagai subyek yang aktif sedangkan

mahasiswa menjadi obyek yang pasif. Pendidikan dan pengajaran berlangsung

naratif di mana dosen memberikan informasi yang harus ditelan diingat dan

dihafal mahasiswa agar ia bisa lulus kelak dalam ujian.

Dapat ditebak, konsep semacam itu menghalangi munculnya daya kreatif

dan kritisisme intelektual mahasiswa plus seabreg masalah lainnya. Mereka

akhirnya tidak mampu memahami realitas secara kritis dan analitis agar mampu

memberikan respon yang tepat sehingga dapat menciptakan sejarahnya sendiri

bersama manusia lain pada peradaban yang lain.

Kondisi demikian bukanlah tanpa sebab, alur sejarah telah berpengaruh

secara signifikan terhadap kondisi pembelajaran itu. Selain kolonialisme dengan

segala bentuk tampilannya, juga kejumudan berfikir intelektual muslim selama

beberap abad, kelemahan pemerintahan Islam. Ditambah dengan kemanjaan-

kemanjaan manusia pada produk-produk teknologi yang menjadikan mereka

lebih memilih cara mencapai tujuan dengan serba instant. Tidak dapat dibantah

bahwa sikap materialisme, hedonisme telah mulai menjangkiti dunia pendidikan

Islam.

Tidak dapat diingkari bahwa, pendidikan Islam terus-menerus meniti jalan

untuk kembali pada lajurnya dan itu sudah berlangsung lama. Tokoh-tokoh

seperti Muhammad Ali Pasya, al-Tahtawi, Jamal al-Din al-Afghani, Muhammad

Abduh, Rasyid Ridha, Sir Sayyid Ahmad Khan, Naquibb al-Attas dengan

islamisasi ilmu dan lain-lain.

Ada fenomena menarik pada dasawarsa 1980 an yaitu munculnya IDI

“Islam Dalam Disiplin Ilmu” namun karena faktor-faktor yang belum sepenuhnya

jelas, kajian ini menyurut hingga saat ini nyaris tidak terdengar lagi. Tetapi

30 Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru

(Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999), h. 163.

185

jelas bahwa kemunculan fenomena IDI di Indonesia berkaitan dengan usaha-

usaha besar yang terjadi pada tingkat Islam Internasional berkenaan dengan

“islamisasi” ilmu pengetahuan.31

Masalahnya saat ini yaitu  bagaimana sepatutnya secara epistemologis

menjelaskan ilmu-ilmu empiris atau ilmu-ilmu alam dari kerangka epistemologi

Islam ini . Jadi distingsi itu tidak memadai jika hanya terletak pada guru-

gurunya yang memulai pelajaran dengan ucapan “Basmalah” dan “Salam” atau

adanya mushalla dan fasilitas keagamaan lainnya.

Hanna Djumhana Bastaman32 memandang bahwa prinsip-prinsip dasar

yang digunakan dalam berpikir ilmiah kontemporer berbeda dengan prinsip

berpikir qurani. Sebagaimana terlihat dalam tabel:

Dari beberapa prinsip berpikir ilmiah qurani di atas, epistemologi Islam

mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dengan karakteristik epistemologi

pada umumnya. Ziauddin Sardar mengemukakan sembilan ciri dasar epistemologi

Islam yaitu:

1. Didasarkan atas suatu kerangka pedoman mutlak.

2. Dalam kerangka pedoman ini, epistemologi Islam bersifat aktif dan

bukan pasif.

PRINSIP BERPIKIR ILMIAH 

Ilmiah Kontemporer Ilmiah Qurani/Dini 

1. Empiris

2. Rasional

3. Obyektif Imparsial

4. Relativisme moral berpijak

pada prinsip ekivalen system

referensi

5. Agnostik terhadap hakikat

spiritual

6. Aksioma, sembarang spekualtif

7. Pendekatan parsial menurut

disiplin, baru kemudian dicoba

dihubungkan menjadi satu

1. Empiris – Metaempiris

2. Rasional-Intuitif

3. Obyektif –Parsitipatif

4. Asolutisme moral berpijak pada

prinsip keunikan system

5. Eksplisit mengungkapkan

kemampuan spiritual

6. Aksioma, diturunkan dari ajaran

wahyu

7. Pendekatan holistic menurut

potensi manusia seutuhnya lalu

diparsialisasi ke bidang disiplin

yang diminati

 31 Ibid., h. 92.

 32 Hanna Djumhana Bastaman, “Islamisasi Sains dengan Psikologi Sebagai Ilustrasi,”

dalam Ulum Al-Qur’an, no. 8. vol. II, 1991, h. 11.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

186


3. Memandang objektifitas sebagai masalah umum dan bukan masalah

pribadi.

4. Sebagian besar bersifat deduktif.

5. Memadukan pengetahuan dengan nilai-nilai Islami.

6. Memandang pengetahuan bersifat inklusif dan bukan eksklusif yakni

menganggap pengalaman manusia sebagai subjektif yang sama sahnya

dengan evolusi yang objektif.

7. Menyusun pengalaman subjektif dan mendorong pencaharian pengalaman-

pengalaman ini yang dari umat islam sendiri diperoleh komitmentasi

nilai dasar mereka.

8. Memadukan konsep-konsep dari tingkat kesadaran (imajinasi kreatif)

dengan tingkat pengalaman subjektif (mistis/spiritual), sehingga konsep-

konsep dan kiasan yang sesuai dengan satu tingkat tidak harus sesuai

dengan tingkat yang lain.

9. Tidak bertentangan dengan pandangan holistik melainkan menyatu

dan manusiawi dari pemahaman dan pengalaman manusia. Dengan

demikian, epistemology sesuai dengan pandangan yang lebih menaytu

dari perkembangan pribadi dan pertumbuhan intelektual.33

Epistemologi Islam ini  tidak semuanya diaplikasikan pada sains-

sains modern, sedangkan produk sains modern, walaupun ada yang belum

“islami “ mutlak diperlukan sebagai alat dalam memahami dan mengantisipasi

serta menghadapi tata kehidupan manusia yang semakin maju. Dalam upaya

inilah menurut Dawam Raharjo diperlukan “Islamisasi sains” atau istilah lain

“desekularisasi sains”. Selanjutnya, masih menurut Dawam Rahardjo34 kegiatan

intelektual Muslim akhir-akhir ini yang menonjol yaitu :

1. Islamisasi ilmu pengetahuan

2. interpretasi kembali terhadap nash

3. Aktualisasi tradisi

4. Pribumisasi budaya Islam.

sesudah  upaya yang demikian panjang di tingkat pemikiran epistemologi

ilmu yang menjadi materi transfer keilmuan Islam hingga saat ini semua

33 Ziauddin Sardar, Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim (Bandung: Mizan, 1989),

h. 44-45.

34 Dawam Rahardjo (penyunting), Islam di Indonesia Menatap Masa Depan (Jakarta:

P3M Guna Aksara, 1989), h. 1-11.

187

kajian itu masih harus terbentur dengan lemahnya infrastruktur sebab kebijakan

pemerintah yang belum mendukung sepenuhnya.

V. Penutup

Dari hasil elaborasi hadis-hadis yang bertemakan pendidikan akal ditemukan

bahwa Sang Nabi di bawah tuntunan Al-Qur’an memberikan peluang yang luas

untuk pengembangan akal dalam rangka mempertemukan manusia dengan

hakikat dirinya sendiri. Walaupun ada batasan-batasan khusus, menurut hemat

penulis batasan itu dimaksudkan untuk menjaga agar tidak terjadi penggunaan

akal yang kebablasan hingga akan menjadi boomerang bagi setiap pemiliknya.

Dalam perkembangan pemfungsiannya, akal telah membantu manusia

untuk sampai pada pancaran kebenaran. Dengan senantiasa mengaktifkannya

maka manusia akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Dalam pendidkan Islam, pemfungsian akal mengalami dinamika dan

pasang surut. Dan yang tercatat saat ini yaitu  fenomena tentang kelesuan

aktivitas akal. Dengan demikian setiap lembaga pendidikan Islam dan individu-

individu yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Islam harus membentuk

tim yang padu dan kuat dalam rangka penciptaan mekanisme proyek kerja

pendidikan akal ini.

Salah satunya yaitu  dengan melakukan kajian berfokus pada epstemologi

ilmu Islam dan dengan mengaktifkan penelitian-penelitian di berbagai bidang

keilmuan dan sebagainya. Niat baik dan tekad sangat diperlukan dalam hal

ini jika tidak angan-angan akan menguap bersama titik-titik air ke udara.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Akal (Humaidah Hasibuan)

188


HADIS-HADIS TENTANG

PENDIDIKAN JASMANI

Mahfuz Budi

I. Pendahuluan

Pendidikan secara garis besar diarahkan kepada upaya pengembangan

aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada anak didik. Agar dapat mencapai

ketiga tujuan ini  secara berimbang, dibutuhkan keseimbangan pula

dalam pembinaan fisik dan mental serta jiwa mereka.

Dua aspek yang memerlukan perhatian dan pengembangan dalam pendidikan

yaitu aspek fisik dan psikis. Dalam kaitan dengan pengembangan aspek fisik

ini , maka jalan yang ditempuh yaitu  dengan membekali anak didik

dengan pendidikan jasmani yang baik. Pada kurikulum sekolah dan madrasah,

pendidikan jasmani selalu dikaitkan dengan kesehatan, sehingga sering diakronimkan

menjadi Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) atau Orkes (Olah

Raga dan Kesehatan). Pada tahap awal pendidikan di SD, pembelajaran tematik

tentang Pendidikan Jasmani telah menetapkan upaya pemupukan nilai sportivitas,

kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri dalam aplikasi fisik mata

pelajaran dalam bentuk permainan dan gerak-gerak dasar sederhana.1

Makalah ini menguraikan tentang perintah agama dalam pemberian pendidikan

jasmani, dengan fokus utama pemaparan sejumlah hadis Nabi saw. yang

secara eksplisit maupun implisit mendukung perintah ini .

II. Pendidikan Jasmani dan Ibadah

Pendidikan jasmani secara umum bertujuan membentuk manusia yang

sehat jasmani dan rohani, menciptakan kebugaran fisik, sarana pengembangan

disiplin diri dan sebagai sarana pengembangan prestasi. Tiga tujuan yang

disebut pertama juga dibutuhkan jika kita hendak menjalankan ibadah. Ada

1 Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal

Sekolah Dasar, h. 32.

189

tiga jenis ibadah wajib yang memerlukan jasmani yang sehat dalam menjalankannya,

yaitu salat, puasa, dan ibadah haji.

1. Salat

Salat memerlukan gerakan-gerakan tertentu yang dilaksanakan secara

tertib dan berdisiplin. Secara kasat mata kita dapat melihat sesungguhnya

pelaksanaan ibadah salat secara fisik tak ubahnya pelaksanaan senam. Gerakannya

teratur, pengulangannya setiap hari minimal lima kali menunjukkan pentingnya

aspek rutinitas dalam berolah-raga. Sehingga dari sini kita dapat membuat

hubungan timbal balik yang sederajat; pelaksanaan salat memerlukan kesehatan

fisik yang dapat dibina dengan melaksanakan salat secara rutin.

yaitu  benar, salat dapat dilaksanakan dengan duduk, bahkan dengan

berbaring. Ini mengindikasikan, fisik yang kurang sehat tidak bisa dijadikan

alasan untuk meninggalkan salat, sekaligus menunjukkan nilai salat lebih

tinggi dari nilai kesehatan fisik. Dalam suatu hadis disebutkan:

Perintah mengikuti imam kurang lebih analog dengan perintah mengikuti

pelatih atau kapten dalam permainan olahraga beregu. Jika kapten memerintahkan

menjalankan strategi tertentu tetapi tidak diikuti oleh pemain, maka kekompakan

ٌثيدح ِسنَأ ِنب كلام يضر هللا هنع َلاَق :َطَقس ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو

نع ٍسرَف شحجَف هقش نميَأْلا انْلخدَف هيَلع هدوعن ترضحَف ُةاَلَّصلا ىلصَف انِب

ادعاَق انيلصَف هءَارو ادوعُق اَّمَلَف ىضَق َةاَلَّصلا َلاَق امَّنِإ َلعج مامِإْلا َّمتؤيل هِب اَذِإَف

رَّبَك اورِّبَكَف اَذِإو دجس اودجساَف اَذِإو عَفر اوعَفراَف اَذِإو َلاَق عمس هللا نمل

هدمح اوُلوُقَف انَّبر كَلو دمحْلا اَذِإو ىلص ادعاَق اولصَف ادوعُق َنوعمجَأ2. 

2 Artinya: Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Nabi saw. pernah jatuh dari kuda sehingga

lambung kanan beliau robek. Kami datang menjenguk. Saat tiba waktu salat, beliau salat

bersama kami dengan duduk dan kami pun salat di belakang beliau dengan duduk. Usai salat

beliau bersabda: Sesungguhnya seseorang dijadikan imam untuk diikuti. Jadi, apabila dia

bertakbir, bertakbirlah. Bila dia sujud, sujudlah. Bila ia bangun, bangunlah. Bila ia membaca

sami’allahu liman hamidah, bacalah rabbana wa lakal hamdu dan bila ia salat dengan

duduk, salatlah dengan duduk pula. Sumber: http://hadith.al-islam.com/Bayan/ind/. Hadis

ini juga termuat dalam KH Ahmad Mudjab Mahalli, Hadis-Hadis Muttafaq ‘Alaih, Bagian

Ibadat (Jakarta: Prenada Media, 2004) h. 238-239. Matan hadis tampaknya diriwayatkan

berdasar makna, sebab ditemukan pula matan dengan tema sama tapi kalimat yang berbeda

yang diriwayatkan Aisyah ra.; juga termuat dalam seluruh Kutub al-Tis’ah edisi CD dengan

matan berbeda-beda.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

190


tim pun menjadi goyah, dan kesediaan bekerjasama yang menjadi salah satu

tujuan olahraga menjadi tidak tercapai.

Sebelum melaksanakan salat, diwajibkan menyucikan diri terlebih dahulu

dengan berwudlu’. Perintah menyucikan diri jelas sangat terkait dengan tuntutan

kebersihan jasmani, yang pada gilirannya menjadi prasyarat bagi kesehatan

individu. Tak terbilang banyaknya aturan, adab dan tata cara untuk meraih

kebersihan fisik dalam Islam yang terangkum dalam thaharah yang menunjukkan

bagaimana Islam sangat menuntut kebersihan diri dari umatnya.3

Pada akhir ayat 108 dari Surah Al-Taubah dinyatakan bagaimana “sesungguhnya

Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

2. Puasa

Puasa secara jelas mensyaratkan kesehatan jasmani karena ibadah ini

tergolong ibadah yang berat dijalankan secara fisik. Pada Q.S. Al-Baqarah/

2: 185 antara lain ditegaskan bagi yang sakit atau dalam perjalanan dibenarkan

untuk tidak berpuasa tetapi dengan kewajiban untuk menggantinya pada hari

yang lain. Dispensasi ini menunjukkan perlunya fisik yang sehat dalam menjalankan

ibadah puasa, karena dalam ayat ini juga dinyatakan bahwa Allah menghendaki

kemudahan bagi kita dalam beribadat dan tidak menghendaki kesukaran.

Ayat ini mengisyaratkan bagaimana kesehatan umat merupakan prasyarat

mutlak dalam menjalankan ibadah puasa. Jika tidak sehat maka kompensasinya

yaitu  membayar fidyah. Lanjutannya sama dengan apa yang telah dikemukakan

sebelumnya, yaitu adanya dispensasi bagi mereka yang sakit atau yang sedang

musafir. Dispensasi bagi yang musafir muncul karena Rasulullah saw. pernah

memimpin peperangan dalam merebut kembali Kota Makkah pada bulan Ramadhan

(Perang Badr) dan sesudah  melakukan perjalanan dan tiba di suatu tempat bernama

Kadid, Rasulullah saw. membatalkan puasanya dan memerintahkan pasukannya

juga untuk berbuka puasa. Tentulah izin ini dikeluarkan karena beratnya berpuasa

dalam kondisi perjalanan dalam perang seperti yang dialami oleh Rasulullah saw.

dan para sahabat. Sebab pada kesempatan musafir yang lain, Rasulullah tetap berpuasa.

3 Beberapa di antaranya semisal: Bahwasanya ada seorang laki-laki lewat ketika

Rasulullah saw. sedang buang hajat kecil, lalu laki-laki itu memberi salam kepada Rasulullah,

tetapi beliau tidak menjawab salam ini . [Hadis Riwayat Muslim no. 370, Abu Dawud

no. 16, Tirmidzi no. 2720. Nasa’i no. 37 dan Ibnu Majah no. 353]. Ada hadis marfu’ dari

Abu Qatadah ra.: Janganlah salah seorang dari kamu memegang kemaluannya dengan

tangan kanannya ketika kencing dan janganlah cebok dengan tangan kanannya” [Hadis

Riwayat Bukhari 152 dan Muslim 267]. [Dikutip dari kitab Al-As’ilah wa Ajwibah Al-

Fiqhiyyah Al-Maqrunah bi al-Adillah Asy-Syar’iyyah jilid 1, Disalin ulang dari Majalah Fatawa

03/I/Dzulqa’adah 1423H-2002M] dalam http://www.almanhaj.or.id.

191

Dalam Shahihain diriwayatkan dari Abu Ad-Darda’: Kami pernah melakukan

musafir bersama Rasulullah saw. dalam keadaan udara panas terik. Ada di antara

kami yang sampai meletakkan tangan di atas kepala karena panasnya. Hanya Rasulullah

saw. dan ‘Abdullah bin Rawahah yang berpuasa saat itu. Kami meminta izin kepada

Rasulullah saw. untuk membatalkan puasa, dan Rasulullah saw. Bersabda: Siapa

yang tidak berpuasa itu baik, dan siapa yang berpuasa pun tak ada kerugian baginya.

Dalam hadis lain pada Shahihain disebutkan, A’isyah ra. meriwayatkan

bahwa sahabat Hamzah bin ‘Amr Al-Aslami berkata kepada Rasulullah saw.:

Ya Rasulullah, saya banyak berpuasa, apakah saya juga harus berpuasa saat

bepergian? Lalu Rasulullah saw. Menjawab: Berpuasalah jika kamu mau, dan

jangan berpuasa jika itu kehendakmu.

Maksudnya jelas, kemudahan tidak berpuasa dalam perjalanan dapat

dilaksanakan jika berpuasa itu dinilai memberatkan, dan boleh tetap berpuasa

jika perjalanannya dipandang ringan dan mudah. Indikatornya bersifat individual

dan kasuistis, dengan catatan tetap wajib menggantinya pada hari lain sejumlah

hari yang dibatalkan itu. Semuanya itu karena Allah swt. menghendaki kemudahan

bagi umat-Nya dan menghindarkannya dari kesukaran, sebagaimana termuat

dalam penggalan ayat: Yuridu Allah bi-kum al-yusra wa-la yurid bi-kum al-‘usra.

3. Haji

Ibadah yang memerlukan fisik yang prima dalam menjalankannya yaitu 

ibadah haji, terlebih-lebih bagi umat Islam yang jauh dari Tanah Suci seperti

dari Asia Tenggara misalnya. Sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadis menyiratkan

bagaimana diperlukannya ketahanan fisik dalam berhaji; misalnya Q.S. al-

Hajj/22: 27, Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya

mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta

yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Lalu hadis Rasul saw.:

Artinya: Diriwayatkan daripada Ibnu Abbas r.a katanya: Aku pernah mendengar

Nabi saw. bersabda: Jangan sekali-kali seorang lelaki berdua-duaan dengan

seorang wanita melainkan bersama mahramnya dan janganlah seorang wanita

musafir melainkan bersama mahramnya. Seorang lelaki berdiri lalu berkata:

نع ِنبا ٍساَّبع يضر هللا امهنع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل رفاست

ُةَأرمْلا الِإ عم يذ ٍمرحم اَلو ُلخدي اهيَلع ٌلجر الِإ اهعمو مرحم َلاَقَف ٌلجر اي

َلوسر هللا يِّنِإ ديِرُأ ْنَأ جرخَأ يف ِشيج اَذَك اَذَكو يتَأرماو ديِرت َّجحْلا َلاَقَف

جرخا اهعم.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

192


Wahai Rasulullah! Isteriku telah keluar untuk mengerjakan ibadat Haji sedangkan

aku wajib mengikuti beberapa peperangan. Baginda bersabda: Berangkatlah

kamu untuk mengerjakan Haji bersama isterimu.4

Bagaimana pentingnya kewajiban haji ditunjukkan dalam hadis di atas,

yakni seorang sahabat bisa memperoleh dispensasi dalam mengikuti peperangan

dan mendahulukan menemani istrinya berhaji. Bahkan seorang sahabat yang

dalam keadaan sakit-sakitan pun tetap diminta Rasulullah saw. untuk menyelenggarakan

haji sebagaimana ditunjukkan dalam hadis di bawah ini.

Posisi haji kurang lebih sederajat dengan posisi jihad, atau paling tidak berurutan

dalam prioritas pelaksanaannya. Kita melihat kesamaan yang kasat mata dalam

keduanya, yaitu sama-sama membutuhkan kekuatan fisik untuk menjalankannya.

Ini tergambar dari hadis-hadis berikut: Aisyah ra. berkata, “Wahai Rasulullah,

kami melihat bahwa jihad (berperang) itu seutama-utama amal, apakah kami

tidak perlu berjihad?” Nabi saw. bersabda, ‘Tidak, bagi kalian jihad yang pal-

ing utama yaitu  haji mabrur.” (Dalam satu riwayat: Rasulullah ditanya oleh

istri-istri beliau tentang haji, lalu beliau bersabda, “Sebaik-baik jihad yaitu  haji.”)6

Senada dengan hadis di atas, yaitu  dari ‘Aisyah ra. juga:

نع َةشئاع يضر هللا اهنع تَلاَق َلخد ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ىَلع

َةعابض تنِب ِريبُّزلا َلاَقَف اهَل تدرَأ َّجحْلا تَلاَق هللاو ام يِندِجَأ الِإ ًةعِجو َلاَقَف اهَل

يِّجح يطِرتشاو يلوُقو َّمهللا يلحم ُثيح يِنتسبح تناَكو تحت دادْقمْلا5. 

4 Hadis Bukhari no. 775 dalam Al-Bayan, Bukhari no. 1729 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.

5 Artinya: Diriwayatkan daripada Aisyah r.a katanya: Rasulullah saw pernah menemui Dhuba’ah

binti Az-Zubair lalu bertanya kepadanya: Adakah kamu ingin pergi menunaikan ibadat Haji? Dia menjawab:

Sayang sekali, aku selalu sakit. Rasulullah saw bersabda: Pergilah tunaikan ibadat Haji dan buatlah

syarat dengan berkata: yang bermaksud: Tuhanku! Keadaanku yaitu  bergantung kepadaMu, aku

akan bertahallul jika aku mengalami sesuatu halangan nanti. Pada ketika itu dia di bawah jagaan

Miqdad. Hadis Muslim no. 689 dalam Al Bayan, no. 2101 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.

6 Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dengan lafadz menurut riwayatnya. Sanadnya

shahih dan asalnya dari shahih Bukhari-Muslim. Hadis nomor: 724 dalam: http://assunnah.mine.nu,

dikutip tgl. 7 April 2008. Tetapi kami belum menemukan hadis ini pada kitab haji Ibnu

Majah dan Ahmad, meski memang ada dalam Shahih al-Bukhari edisi CD Kutub Al-Tis’ah.

7 Artinya: Dari Aisyah ra: Wahai Rasulullah, apakah kaum wanita itu diwajibkan jihad?

Beliau menjawab: Ya, mereka diwajibkan jihad tanpa perang di dalamnya, yaitu haji dan umrah.”

الَ داهِج َّنِهيَلع معن َلاَق داهِج ءِاسِّنلا ىَلع هللا َلوسر اي تْلُق تلَاَق َةشئاع نع

7.ُةرمعْلاو ُّجحْلا هيف َلاتق

193

Pada masa Rasulullah saw. diyakini mereka yang berhaji tentu tidaklah

sebanyak jamaah seperti sekarang, meski demikian tetap saja ada perang

simbolis dalam pelaksanaan haji berupa melempari setan dengan batu di Tiga

Jumrah di Mina. Dengan jutaan jamaah haji setiap tahunnya yang berdatangan

seperti sekarang, perjuangan melempar setan tentu memerlukan tenaga ekstra

untuk berdesak-desakan. Sehingga sangat wajar jika Rasulullah saw. menempatkan

perjuangan melaksanakan haji berada pada urutan kedua sesudah  jihad sebagai

dinyatakan dalam hadis berikut:

III. Pendidikan Olah Raga dalam Hadis

Ada sejumlah cabang olahraga yang secara eksplisit diungkap Rasulullah

saw. dalam hadis-hadisnya.

1. Berkuda

Allah swt. berfirman dalam Q.S. An-Nahl/16: 8, Dan (Dia telah menciptakan)

kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya)

perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.

Di samping sebagai alat transportasi, bahkan transportasi militer (kavaleri),

kuda juga berfungsi sebagai alat pendidikan jasmani dalam bentuk keterampilan

mengendalikan dan menunggangnya. Keterampilan ini tidak dapat dimiliki

tanpa melalui belajar dan latihan yang berulang-ulang. Di samping itu, kuda

juga merupakan sarana olahraga yang membutuhkan ketangkasan dari joki

(penunggangnya) dalam olahraga pacuan kuda. Olahraga lomba kuda ini

tergolong jenis olahraga yang cukup tua umurnya dan tetap bertahan sampai

sekarang, termasuk di beberapa daerah di Indonesia seperti di Bukittinggi

dan Sumbawa. Dalam perkembangan modern, dikenal pula lomba ketangkasan

نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلئس ُّيَأ ِلمعْلا ُلضْفَأ َلاَقَف

ٌنايمِإ هللاِب هلوسرو َليق َّمُث اَذام َلاَق داهِجْلا يف ِليِبس هللا َليق َّمُث اَذام َلاَق ٌّجح

روربم8.

8 Artinya: Abu Hurairah ra. berkata, “Nabi ditanya, ‘Amal apakah yang lebih utama?’

Beliau bersabda, ‘Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau

bersabda, ‘Berjuang di jalan Allah.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau bersabda, ‘Haji yang

mabrur.’” M. Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih al-Bukhari (Jakarta: Gema Insani

Press (edisi elektronik dalam HadisWeb,) dikutip tgl. 7 April 2008. Kutipan bahasa Arab

diambil dari Kutub Al-Tis’ah, bagian Shahih al-Bukhari, no. hadis 25 dalam Kitab Al-Iman;

dikutip tgl. 7 April 2008.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

194


berkuda. Sejumlah hadis berikut menunjukkan bagaimana Rasulullah saw.

juga yaitu  seorang yang bisa menunggang kuda dan menyukai pacuan kuda,

bahkan pernah mengikuti pacuan kuda, serta menganjurkan umatNya untuk

berlatih menunggang kuda.

Bagaimana kepandaian Rasulullah saw. menunggang kuda dikemukakan

dalam hadis berikut, sekaligus menunjukkan bahwa Islam membenarkan

olahraga pacuan kuda dalam konteks pertandingan dan bukan pertaruhan:

Hadis ini pun tergolong hadis yang diriwayatkan berdasar makna, sebab

dalam beberapa hadis lain dikemukakan pengertian yang sedikit berbeda:

Ada yang menyebut kuda yang dipersiapkan sebagai kuda yang sudah diberi

makan terlebih dahulu, dan sebaliknya kuda yang tidak dipersiapkan disebut

kuda yang dalam keadaan belum dikenyangkan. Matan lain menyebut pengertian

dipersiapkan di atas yaitu  diberi pelana, dan tidak dipersiapkan dimaksudkan

tidak menggunakan pelana. Dalam Shahih Bukhari ditambahkan: Jarak antara

Hafya’ dan Tsaniyyatul Wada’ ialah sekitar lima atau enam mil dan dari Tsaniyyah

hingga masjid Banu Zuraiq yaitu  satu mil.

Hadis lainnya berasal dari Anas bin Malik ra.

انَثَّدح دبع هللا نب فسوي َلاَق انربخَأ كلام نع ٍعفان نع دبع هللا ِنب رمع نَأ

َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو قباس نيب ِليخْلا يتلا ترمضُأ نم ءِايْفحْلا

اهدمَأو ُةَّيِنَث ِعادوْلا قباسو نيب ِليخْلا يتلا مَل رمضت نم ةَّيِنثلا ىَلِإ دِجسم يِنب

ٍقيرز نَأو دبع هللا نب رمع َناَك نميف قباس اهِب9. 

انَثَّدح مدآ انَثَّدح ُةبعش نع َةداتَق َلاَق تعمس اسنَأ ُلوُقي َناَك عزَف ةنيدمْلاِب

راعتساَف ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو اسرَف نم يِبَأ َةحْلَط ُلاَقي هَل بودنمْلا

بكرَف اَّمَلَف عجر َلاَق ام انيَأر نم ءٍيش ْنِإو هاندجو ارحبَل10. 

9 Artinya: Dari Abdullah ibn Umar ra. ia berkata: Bahwa Rasulullah saw. pernah berlomba

dengan kuda yang sudah dipersiapkan dari daerah Hafya’ dan berakhir di lembah Wada dan

pernah juga berlomba dengan kuda yang belum dipersiapkan dari lembah Wada sampai

mesjid Bani Zuraiq, dan Ibnu Umar termasuk orang yang ikut berlomba. Hadis marfu’

dalam Shahih Muslim, hadis no. 3477. Sumber: http://hadith.al-islam.com/ Bayan/ind.

10 Artinya: Dari Qatadah, ia berkata, Aku dengar Anas bin Malik r.a berkata: Rasulullah saw.

yaitu  seorang yang paling baik, dermawan dan berani. Pernah pada suatu malam penduduk

Madinah dikejutkan oleh suara yang kuat. Orang ramai kemudiannya berangkat menuju ke

195

2. Lomba Lari

Hadis dari Ahmad bin Abu Daud yang meriwayatkan dari Aisyah ra.:Saya

berlomba lari dengan Rasulullah saw. Beliau mendahuluiku, lantas saya kejar sehingga

mendahuluinya. Setiap lomba saya selalu unggul, hingga badanku menjadi gemuk.

Ketika berlomba lagi Rasulullah saw. yang menang, dan dia berkata: Kamu kalah

karena dagingmu itu (maksudnya karena kegemukan).11 Hanya saja penulis belum

berhasil menemukan rujukan asli dari hadis yang dikutip Nashih Ulwan di atas.

Hadis lainnya tentang lari atau kemampuan berlari biasanya selalu terkait

dengan kebutuhan dalam perang, sebab pasukan perang di zaman Rasulullah

dan zaman-zaman sebelum dan sesudahnya masih mengandalkan kemampuan

alamiah manusia berlari atau kemahiran menunggang hewan seperti kuda

atau unta dalam bertempur. Hadis berikut sejalan dengan penjelasan di atas:

نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق اوبِنتجا عبَّسلا

تاَقِبومْلا َليق اي َلوسر هللا امو َّنه َلاَق كرِّشلا هللاِب رحِّسلاو ُلتَقو ِسْفَّنلا

يتلا مَّرح هللا الِإ ِّقحْلاِب ُلْكَأو ِلام ِميتيْلا ُلْكَأو ابِّرلا يلوَّتلاو موي فحَّزلا

فْذَقو تانصحمْلا تاَلفاغْلا تانمؤمْلا12. 

نع ٍرِباج َلاَق اَّنُك موي ةيِبيدحْلا اًفْلَأ عبرَأو ًةَئام هانعيابَف رمعو ٌذخآ هديِب تحت

ةرجَّشلا يهو ٌةرمس َلاَقو هانعياب ىَلع ْنَأ اَل َّرفن مَلو هعِيابن ىَلع تومْلا13. 

arah suara ini  lalu berjumpa Rasulullah saw., ketika itu baginda baru saja pulang dari tempat

suara ini . Rasulullah saw. telah mendahului mereka pergi ke arah suara ini . Pada

waktu itu Rasulullah menaiki kuda kepunyaan Abu Talhah. Di leher kuda itu, terdapat sebilah

pedang. Kemudian Rasulullah bersabda: Kamu tidak perlu takut, kamu tidak perlu takut. Anas

berkata: Rasulullah saw. kembali semula ke tempat kami secepat kilat. Anas berkata lagi: (Padahal)

Ketika itu kudanya berjalan perlahan. Hadis no. 2434 dalam Shahih al-Bukhari, sebagaimana

dikutip dari Kutub Al-Tis’ah edisi CD. Dalam Shahih al-Bukhari, hadis ini termuat dalam

11 versi matan, dan tergolong hadis syarif marfu’; erjemahan dari Al-Bayan edisi CD.

11 Nashih Ulwan, op.cit., h. 286-287.

12 Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah telah bersabda: Jauhilah

tujuh perkara yang dapat membinasakan kamu yaitu menyebabkan kamu masuk neraka atau

dilaknat Allah. Para Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah! Apakah tujuh perkara itu? Rasulullah

bersabda: Mensyirikkan Allah iaitu menyekutukanNya, melakukan perbuatan sihir, membunuh

manusia yang diharamkan oleh Allah melainkan dengan hak, memakan harta anak yatim,

memakan harta riba, lari dari medan pertempuran dan memfitnah perempuan-perempuan

yang beriman dengan Allah dan RasulNya dengan menuduhnya melakukan perbuatan tidak

senonoh. shahih Muslim, hadis no. 129 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.

13 Artinya: Diriwayatkan dari Jabir r.a. katanya: Ketika peperangan Hudaibiah bilangan

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

196


Lari dalam pengertian bersembunyi atau menghindar terungkap dalam

hadis berikut:

3. Lempar Lembing/Menombak

Olahraga atau permainan berikutnya yang diungkap dalam hadis yaitu 

bermain tombak. Rasulullah saw. mengizinkan orang Habsyi bermain tombak

di halaman masjid Nabawi dan mengizinkan istrinya Aisyah ra. menonton

atraksi ini , serta melarang Umar bin Khattab ra. yang mencoba menghentikan

permainan mereka.

انَثَّدح ُنادبع انَثَّدح دبع هللا انَثَّدح سنوي نع ِّيِرهُّزلا انَثَّدح ءُاَطع نب ديِزي نَأ

ديبع هللا نب ٍّيدع هَثَّدح نَأ دادْقمْلا نب وٍرمع َّيدنكْلا فيلح يِنب َةرهز هَثَّدح

َناَكو دِهش اردب عم ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو هَّنَأ َلاَق اي َلوسر هللا يِّنِإ

تيقَل ارفاَك انْلتتْقاَف برضَف يدي فيَّسلاِب اهعَطَقَف َّمُث َذاَل يِّنم ةرجشِب َلاَقو

تمَلسَأ هلل هُلتْقآ دعب ْنَأ اهَلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو اَل هْلتْقت

َلاَق اي َلوسر هللا هَّنِإَف حرَط ىدحِإ َّيدي َّمُث َلاَق كلَذ دعب ام اهعَطَق هُلتْقآ َلاَق

اَل هْلتْقت ْنِإَف هتْلتَق هَّنِإَف كتَلِزنمِب َلبَق ْنَأ هَلتْقت تنَأو هتَلِزنمِب َلبَق ْنَأ َلوُقي هتملَك

يتلا َلاَق َلاَقو بيِبح نب يِبَأ َةرمع نع ديعس نع ِنبا ٍساَّبع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا

ىلص هللا هيَلع ملسو دادْقمْلل اَذِإ َناَك ٌلجر نمؤم يفخي هنايمِإ عم ٍموَق ٍرافُك

رهْظَأَف هنايمِإ هتْلتَقَف كلَذَكَف تنُك تنَأ يفخت كنايمِإ َةكمِب نم ُلبَق14. 

kami sebanyak seribu empat ratus orang, kami telah membuat perjanjian taat setia dengan

Rasulullah saw. Umar telah mengambil tangannya (berjanji) di bawah sebatang pohon

bernama Samurah. Jabir berkata lagi: Kami tidak berjanji setia dengan Rasulullah untuk

mati tetapi untuk tidak lari dari medan pertempuran.

14 Artinya: Diriwayatkan daripada Miqdad bin ‘Amr al-Kindi (dalam Bayan disebut bin

al-aswad) ra. katanya: Beliau telah bertanya Rasulullah saw.: Wahai Rasulullah, apakah

pendapatmu sekiranya aku berjumpa dengan seorang lelaki dari golongan orang-orang

kafir, lalu menyerangku dan memotong salah satu dari tanganku dengan pedangnya. Kemudian

dia lari dariku dan berlindung di sebalik sepohon kayu, lalu berkata, aku menyerah diri

kerana Allah. Adakah aku boleh membunuhnya selepas dia mengucapkan ungkapan itu?

Rasulullah bersabda: Janganlah engkau membunuhnya. Miqdad tidak berpuas hati lalu

membantah: Wahai Rasulullah! Lelaki itu telah memotong tanganku kemudian telah mengungkapkan

ungkapan ini  selepas memotongnya, adakah aku boleh membunuhnya? Rasulullah

saw. bersabda: Janganlah kamu membunuhnya, sekiranya kamu membunuh lelaki itu,sesungguhnya

197

Jika dicari padanannya dalam kegiatan olahraga yang berkembang saat

ini, permainan tombak yang dilakukan kemungkinan besar lebih mendekati

permainan anggar tetapi menggunakan tombak sebagai senjata, dibanding

menggunakan tombak atau lembing seperti yang dimaksud dalam olahraga

lempar lembing.

Tombak berasal dari bahasa Jawa. Padanannya dalam bahasa Melayu

yaitu  lembing, dan dalam bahasa Arab jirab. Meski demikian terdapat perbedaan

antara tombak dengan lembing. Tombak lebih runcing, bermata dua, bertangkai

panjang untuk menusuk dari jarak dekat atau jauh dengan cara melemparkan.

Lembing dapat dilekukkan pada tangkainya. Tombak kayu atau bambu kecil

panjang yang ujungnya berlapis logam runcing yang digunakan untuk berolahraga

juga disebut lembing.16 Sedang dari bahan bambu yang lazim digunakan

sewaktu perang melawan Belanda di Indonesia disebut bambu runcing.

Tombak merupakan senjata untuk berburu dan berperang, bagiannya

terdiri dari tongkat sebagai pegangan dan mata atau kepala tombak yang tajam

dan kadang diperkeras dengan bahan lain. Bersamaan dengan kapak, tombak

yaitu  perkakas pertama yang dibuat manusia dan sejalan dengan perkembangan

peradaban, mata tombak dan kapak yang semula berupa tulang atau batu

yang dihaluskan diganti menjadi logam yang lebih kuat dan tahan lama.17

4. Gulat

Abu Daud meriwayatkan dari Muhammad bin Ali bin Rukanah: Bahwa

Rukanah bergulat dengan Rasulullah saw. dan Rasulullah dapat mengalahkannya.18

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.:

نع يِبَأ َةريره يضر هللا هنع َلاَق انيب ُةشبحْلا َنوبعْلي دنع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع

ملسو مِهِبارحِب َلخد رمع ىوهَأَف ىَلِإ ىصحْلا مهبصحَف اهِب َلاَقَف مهعد اي

رمع15. 

dia seperti kamu sebelum kamu membunuhnya dan sesungguhnya kamu sepertinya sebelum

dia mengucapkan perkataan ini .

15 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Ketika penduduk Habsyah

sedang bermain-main dengan tombak-tombak mereka di hadapan Rasulullah saw. tiba-tiba

masuklah Umar bin al-Khattab. Lalu dia mengambil batu-batu kecil untuk melontar mereka.

Rasulullah saw. berkata kepadanya: Biarkan mereka, wahai Umar! shahih Muslim, hadis no.

1485 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.

16 Ensiklopedia Wikipedia dalam id.wikipedia.org./wiki/tombak. Dikutip 4/4/08.

17 Ibid.

18 HR. Abu Daud, al-Libas, (4078); at-Tirmidzi dalam al-Libas (1785), dan hadis

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

198


5. Panah

Panahan merupakan olahraga yang memerlukan ketelitian dan ketajaman

pandangan mata dalam membidik sasaran. Kegiatan panahan awalnya seperti

juga menombak, digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai

senjata dalam pertempuran dan kemudian berkembang lagi sebagai olahraga

ketepatan. Rasulullah saw. juga merupakan seorang pemanah sebagaimana

dapat dilihat dalam hadis berikut:

Kegiatan memanah pada masa Rasulullah saw. juga terkait dengan kegiatan

peperangan atau perburuan, sebagaimana dapat dilihat dalam hadis-hadis berikut:

انَثَّدح ىيحي نب ىيحي دبعو ىَلعَأْلا نب داَّمح اَلاَق امهاَلك تْأرَق ىَلع كلام

نع ِنبا ٍباهش نع ديعس ِنب ِبَّيسمْلا نع يِبَأ َةريره نَأ َلوسر هللا ىلص هللا

هيَلع ملسو َلاَق سيَل ديدَّشلا ةعرُّصلاِب امَّنِإ ديدَّشلا يذلا كلمي هسْفن دنع

ِبضغْلا19. 

نع ِسنَأ ِنب كلام نَأ اًلجر عَلطا نم ِضعب ِرجح ِّيِبَّنلا ىلص مهللا هيَلع ملسو

ماَقَف هيَلِإ ُّيِبَّنلا ىلص مهللا هيَلع ملسو ٍصَقشمِب وَأ صقاشمِب يِّنَأَكَف رُظنَأ هيَلِإ

ُلتخي َلجَّرلا هنعْطيل20. 

نع يِبَأ َةبَلعَث ِّيِنشخْلا َلاَق تْلُق اي َّيِبن هللا اَّنِإ ِضرَأِب ٍموَق نم ِلهَأ ِباتكْلا ْأنَفَأ 

ُلُك يف مِهتيِنآ ِضرَأِبو ديص ديصَأ يسوَقِب يِبْلَكِبو يذلا سيَل ٍملعمِب يِبْلَكِبو

ِملعمْلا امَف حُلصي يل َلاَق اَّمَأ ام ترَكَذ نم ِلهَأ ِباتكْلا ْنِإَف متدجو اهريَغ اَلَف

mempunyai syahid dalam riwayat al-Baihaqi (10/18), yang dijadikan hadis hasan dengannya.

Tetapi yang disebutkan di sini yaitu  Yazid bin Rukanah yang bergulat dengan Rasulullah

saw. Lihat Nashih Ulwan, op.cit., h. 287. Hadis ini pun tidak kami temukan dalam Kutub Al-Tis’ah.

19 Artinya: Rasulullah saw. bersabda: “Orang kuat itu bukanlah orang yang menang

bergulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah.” shahih

Muslim, hadis no. 4723 dalam Kutub Al-Tis’ah, terjamah dari Al-Bayan.

20 Artinya: Diriwayatkan daripada Anas bin Malik r.a katanya: Sesungguhnya seseorang

telah mengintai pada salah satu bilik Nabi saw. Lalu Nabi saw. menghampirinya dengan

membawa anak panah bermata lebar dan aku melihat seakan-akan Rasulullah saw. mengintai

untuk menikamnya. Shahih Muslim, Kitab Adab, Bab 8, hadis no. 4015. Sumber: http://

hadith.al-islam.com/Bayan/ind/

199

اوُلُكْأت اهيف ْنِإو مَل اودِجت اهوُلسِْغاَف اوُلُكو اهيف امو تدص كسوَقِب ترَكَذَف

مسا هللا ْلُكَف امو تدص كِبْلَكِب ِملعمْلا ترَكَذَف مسا هللا ْلُكَف امو تدص

كِبْلَكِب ِريَغ ٍملعم تْكردَأَف هتاَكَذ ْلُكَف21. 

انَثَّدح ُةبيتُق انَثَّدح ُلهس نب فسوي نع َةبعش نع يِبَأ قاحسِإ َلاَق ٌلجر ءِاربْلل

ِنب ٍبِزاع يضر هللا امهنع متررَفَأ نع ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو موي

ٍنينح َلاَق َّنكَل َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو مَل َّرفي نِإ َنِزاوه اوناَك اموَق

ًةامر اَّنِإو اَّمَل مهانيقَل انْلمح مِهيَلع اومزهناَف َلبْقَأَف َنوملسمْلا ىَلع ِمئانغْلا

انوُلبْقتساو ِماهِّسلاِب اَّمَأَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو مَلَف َّرفي دَقَلَف هتيَأر

هَّنِإو ىَلعَل هتَلغب ءِاضيبْلا نِإو ابَأ َنايْفس ٌذخآ اهماجلِب ُّيِبَّنلاو ىلص هللا هيَلع

ملسو ُلوُقي انَأ ُّيِبَّنلا اَل بذَك انَأ نبا دبع بلطمْلا22. 

21 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Sa’labah al-Khusyani r.a katanya: Aku telah

datang menemui Rasulullah saw. lalu berkata: Wahai Rasulullah, kami tinggal di bumi satu

kaum dari kalangan Ahli Kitab. Kami makan dengan menggunakan bekas mereka dan di situ

aku berburu. Aku berburu dengan menggunakan panah, terkadang dengan menggunakan

anjingku yang telah terlatih dan terkadang pula dengan menggunakan anjingku yang tidak

terlatih. Ceritakanlah kepadaku apa yang halal untuk kami dari semua itu. Rasulullah saw.

bersabda: Apa yang kamu katakan bahwa kamu tinggal di negeri kaum Ahli Kitab lalu kamu

makan dengan menggunakan bekas mereka, sekiranya kamu boleh dapati selain dari bekas

mereka, janganlah kamu makan di dalam bekasnya. Kalau kamu tidak dapati selainnya,

basuhlah dahulu dan makanlah di dalam bekasnya. Mengenai kamu berburu di tanah pemburuan,

apa yang kamu lontar dengan panah sebutlah nama Allah kemudian makanlah dan mengenai

hasil buruan yang kamu dapatkan dengan menggunakan anjingmu yang telah terlatih,

sebutlah nama Allah kemudian makanlah. Adapun hasil buruan yang kamu dapatkan dengan

menggunakan anjingmu yang tidak terlatih, jika kamu dapat menyembelihnya, maka makanlah.

Shahih al-Bukhari, hadis no. 5056 dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; terjemah dari Al-Bayan.

22 Artinya: Hadis al-Bara’ r.a. katanya: Seorang lelaki berkata kepada al-Bara’: Wahai

Abu Umarah! Adakah kamu melarikan diri ketika berlakunya peperangan Hunain? al-Bara’

menjawab: Tidak! Rasulullah saw. sama sekali tidak berpaling atau mundur. Namun pada

saat itu muncul beberapa Sahabatnya yang muda-muda dan begitu bersemangat. Di antara

mereka ada yang membawa senjata yang banyak dan ada pula yang tidak membawa senjata

sama sekali. Secara mendadak mereka terus memanah ke arah orang-orang Hawazin dan

Bani Nadhir. Panah mereka telah menepati sasaran. Maka begitulah mereka melindungi

Rasulullah saw. yang berada di atas baghalnya (kudanya) yang berwarna putih. Sementara

itu Abu Sufian bin al-Harith bin Abdul Mutalib dengan setia membawa Rasulullah. Selepas

itu Rasulullah memohon pertolongan Allah lalu mengucapkan: Akulah Nabi yang tidak pernah

berdusta, aku yaitu  keturunan Abdul Muthalib. Shahih al-Bukhari, hadis no. 2652 dan

Shahih Muslim, hadis no. 3325, dalam Kutub Al-Tis’ah edisi CD; termejah dari Al-Bayan.

Hadis-Hadis Tentang Pendidikan Jasmani (Mahfuz Budi)

200


IV. Penutup

Tidak dapat disangkal bahwa Rasulullah saw. memerintahkan umatnya

untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik melalui pendidikan jasmani,

meskipun tidak dalam pengertian formal sebagaimana yang termuat dalam

kurikulum-kurikulum tentang pendidikan jasmani. Tetapi tujuan akhirnya

yaitu memelihara jasmani, sekaligus rohani yang sehat, yaitu  sama. Bahkan

sejumlah ibadah dalam Islam sebagaimana dipaparkan di atas, menuntut

jasmani yang kuat dan sehat untuk menjalankannya.

yaitu  wajar apabila ditinjau dari latar historis Rasulullah saw. dalam

mengembangkan Islam pada masanya, maka hadis-hadis tentang pentingnya

pendidikan jasmani banyak yang terkait dengan pelaksanaan jihad, dan lebih

khusus lagi dengan kebutuhan peperangan. Maka kegiatan olahraga beladiri

sepertinya menjadi prioritas dalam ajaran-ajaran Rasulullah saw.

Sementara tuntutan akan pentingnya kesehatan—yang antara lain diperoleh

melalui kebersihan tubuh—diperintahkan oleh Rasulullah saw. karena tiang

ibadah dalam Islam, yaitu salat, hanya dapat dilaksanakan sesudah  melalui

serangkaian proses pembersihan tubuh, yaitu wudlu. Tanpa itu, salat jelas

tidak sah. Kesemuanya itu bermuara kepada pernyataan Rasulullah s.a.w.:

23 Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda: Orang Mukmin

yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah s.w.t daripada orang Mukmin yang lemah dan

tak berdaya, dan pedulikanlah apa yang berfaedah bagimu dengan meminta pertolongan

Allah swt. dan jangan lemah, dan apabila ada sesuatu yang menimpamu janganlah katakan

seandainya kami (melakukannya) begini dan begini (itu tidak akan terjadi), tetapi katakanlah

semuanya itu (terjadi) atas kehendak Allah dan janganlah berkeinginan bertindak berandai-

andai seperti itu tadi, karena yang demikian itu yaitu  pekerjaan setan. Shahih Muslim hadis

no. 4716 dalam Kutub Al-Tis’ah, edisi CD.

انَثَّدح وبَأ ِرْكب نب يِبَأ َةبيش نباو ٍريمن اَلاَق انَثَّدح دبع هللا نب سيِردِإ نع َةعيِبر

ِنب َنامْثع نع دَّمحم ِنب ىيحي ِنب َناَّبح نع ِجرعَأْلا نع يِبَأ َةريره َلاَق َلاَق

ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو نمؤمْلا ُّيِوَقْلا ريخ ُّبحَأو ىَلِإ هللا نم

ِنمؤمْلا فيعَّضلا يفو لُك ريخ صِرحا ىَلع ام كعَفني نعتساو هللاِب اَلو زجعت

ْنِإو كباصَأ ءٌيش اَلَف ْلُقت وَل يِّنَأ تْلعَف َناَك اَذَك اَذَكو نكَلو ْلُق ردَق هللا

امو ءَاش َلعَف نِإَف وَل حتْفت َلمع ناَطيَّشلا23. 

201

HADIS-HADIS TENTANG

PENDIDIKAN TAUHID

Ernawati

I. Pendahuluan

Lahirnya kajian pendidikan Islam berawal dari pembahasan dan pemahaman

terhadap kedua sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Hadis yaitu 

sumber ajaran dan hukum Islam yang kedua, sesudah  Al-Qur’an. Dari hadis

dapat dipahami dan diperoleh informasi bahwa Rasulullah saw. telah memberikan

pedoman tentang pendidikan tauhid, bahwa pendidikan tauhid itu harus

dimulai sejak dini. Hal ini karena pendidikan tauhid merupakan aspek pendidikan

pertama dan utama yang harus ditumbuhkan dan diajarkan serta dimantapkan

ke dalam jiwa anak.

Orang tua harus memberikan perhatian khusus terhadap tauhid anaknya

serta men-talqin-kannya sedini mugkin agar anak dapat tumbuh di atas landasan

tauhid, dengan cara menanamkan tauhid ini dengan jalan membuat anak

sibuk dengan membaca Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi sekaligus maknanya,

serta menjadikannya sibuk melakukan berbagai aktivitas ibadah. Dalam hal

ini perlu ditelusuri lebih lanjut Hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan

tauhid, agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan dan

mengkaji konsep-konsep tentang pendidikan tauhid berdasarkan Hadis-hadis

yang shahih.1 Tugas dan tanggung jawab kedua orang tua dalam mengajarkan

dan menanamkan tauhid yaitu  merupakan peranan terpenting dalam keluarga.

Hal ini telah diterangkan oleh Allah swt. di dalam Q.S. At-Tahrim/66: 6, Wahai

orang-orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka (yang)

bahan bakarnya yaitu  manusia dan batu, dijaga oleh malaikat yang keras dan

kasar, tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan.

Oleh karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua dalam

mendidik anaknya agar dapat menjadikan anak yang shaleh. Dengan demikian

jelaslah bahwa kedua orang tualah yang akan menjadikan anak itu sebagai anak

1 Nawir Yuslem, Kitab Induk Hadis (Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2006), h. 13.

202


yang shaleh atau anak Yahudi, Nasrani ataupun Majusi. Hal ini juga dijelaskan

di dalam Hadis Rasulullah saw. sebagai berikut:

Dari penjelasan Hadis di atas, jelaslah bahwa bentuk fitrah manusia

menurut pandangan Al-Qur’an yaitu  tauhid atau Islam.3 Oleh karena itu

betapa pentingnya peranan kedua orang tua dalam mengajarkan, mendidik

dan menanamkan tauhid ke dalam jiwa anak. Selanjutnya makalah ini akan

membahas Hadis-hadis tentang pendidikan tauhid yang mencakup kajian:

pengertian tauhid dan pendidikan tauhid, Hadis-hadis tentang tauhid dan

konsep pendidikan tauhid.

II. Pengertian Tauhid Dan Pendidikan Tauhid

1. Tauhid

Kata tauhid berasal dari bahasa Arab, tauhid yang berarti “mengesakan”.

Tauhid yaitu  bentuk masdar (infinitive) dari fiil madhi (kata kerja lampau)

wahhada yang merupakan derivasi dari akar kata wahdah yang berarti “keesaan”,

“kesatuan”, dan persatuan”. Dalam terminologi Islam tauhid berarti “meyakini

bahwa Allah swt. itu Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya” yang dirumuskan

dalam kalimat syahadat La ilaha illa Allah (tidak ada Tuhan selain Allah).4

Ilmu ini dinamakan ilmu tauhid karena pokok pembahasannya yang paling

penting yaitu  menetapkan keesaan (wahdah) Allah5 dalam Zat-Nya, dalam

انَثَّدح مدآ انَثَّدح نبا يِبَأ ٍبْئذ نع ِّيِرهُّزلا نع يِبَأ َةمَلس ِنب دبع ِنمحَّرلا نع

يِبَأ َةريره يضر هللا هنع َلاَق َلاَق ُّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو لُك دوُلوم دَلوي

ىَلع ةرْطفْلا هاوبَأَف هِنادِّوهي وَأ هِنارِّصني وَأ هِناسِّجمي2. 

2 Artinya: “Diriwayatkan dari Adam diriwayatkan dari Ibn Abu Dzi’b dari Az-Zuhriy dari

Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dari Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

“Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan

beragama Yahudi, Nasrani ataupun Majusi.” Hadis di atas tergolong syarif marfu’ dengan

kualitas perawi shaduq tsiqah dan tsiqah. Abu al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-Qusyairi

an-Naisaburi, Shahih Muslim (Saudi Arabia: Idarah al-Buhuts Ilmiah wa Ifta’ wa ad-Da’wah

wa al-Irsyad, 1400 H), juz 1, h. 246; Bukhari, Kitab Jenazah, hadis no. 1270, 1271;

Tirmidzi. Kitab Takdir, hadis no. 2064; Nasa’i, Kitab Jenazah, hadis no. 1923; Abu Daud,

Kitab Kiamat, hadis no. 4091.

3 Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islami (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), h. 27.

4 Abdul Aziz Dahlan, dkk., Ensiklopedi Islam (Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeve, 2005),

jilid 7, h. 106.

5 Baharuddin


Related Posts:

  • Hadist pendidikan 7 ع ملسو17. انَثَّدح داَّنه انَثَّدح عيكو نع َةبعش نع يِبَأ نوع ِّيفَقثلا نع ثِراحْلا ِنب وٍرمعنع ٍلاجِر نم ِباحصَأ ذاعم نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َثعب اًذاعم ىَلِإِنميْلا َلاَقَف فيَك يضْقت َلاَقَف يضْقَأ ا… Read More