enar. Sebagaimana
penjelasan dalam Q.S. Ibrahim/14: 42-47, Dan janganlah sekali-kali kamu
(Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-
orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai
hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak, Mereka datang bergegas-
gegas memenuhi pa.ggilan dengan mangangkat kepalanya, sedang mata mereka
tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong. Dan berikanlah peringatan kepada
manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, Maka
berkatalah orang-orang yang zalim: “Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami
(kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya
kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul”. (kepada
انَثَّدح وبَأ ناميْلا انربخَأ بيعش نع ِّيِرهُّزلا َلاَق يِنَثَّدح ُةحْلَط نب دبع هللا
نَأ دبع ِنمحَّرلا نب وِرمع ِنب ٍلهس هربخَأ نَأ ديعس نب ديز يضر هللا هنع َلاَق
تعمس َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ُلوُقي نم مَلَظ نم ِضرَأْلا اًئيش
هَقِّوُط نم ِعبس ينضرَأ20.
18 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 311.
19 Rahman, Ensiklopediana Ilmu, h. 171.
20 Artinya: Kami mendapat hadis dari Abu Al-Yama, kami mendapat hadis dari Syu’aib
dari Zuhriberkata: Saya mendapat hadis dari Thalhah bin Abdullah, bahwasanya Abdurrahman
bin Amr bin Sahl menceritakan kepadanya bahwa Said bin Zaid r.a pernah berkata: Sayamendengar
Rasulullah saw. Bersabda barang siapa yang zalim menyerobot sedikit saja tanah (milik
orang lain) maka sesungguhnya ia akan dikalungkan dengan tujuh lapis bumi. Hadis ini
diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahih Al-Bukhari, juz 8, h. 329; begitu pula dalam
Shahih Muslim dalam kitab al-Musaqah.
119
mereka dikatakan): “Bukankah kamu Telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa
sekali-kali kamu tidak akan binasa? Dan kamu Telah berdiam di tempat-tempat
kediaman orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri, dan Telah nyata
bagimu bagaimana kami Telah berbuat terhadap mereka dan Telah kami berikan
kepadamu beberapa perumpamaan”. Dan Sesungguhnya mereka Telah membuat
makar yang besar21 padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. dan
Sesungguhnya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat
lenyap karenanya. Karena itu janganlah sekali-kali kamu mengira Allah akan
menyalahi janji-Nya kepada rasul-rasul-Nya; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa,
lagi mempunyai pembalasan.
Selain itu hadis ini mengisyaratkan adanya tujuh lapis bumi. Untuk
memahami signifikansi isyarat kosmologis ini, Tentang tujuh lapis bumi ini
dapat dijelaskan melalui bukti ilmiah kajian fisika tentang stuktur bumi bagian
dalam yaitu: Centrosphere (Inti bumi), lapisan luar inti bumi, lapisan terbawah
pita bumi, lapisan tengah pita bumi, lapisan teratas pita bumi, lapisan bawah
kerak bumi, lapisan atas kerak bumi. Dalam Al-Qur’an ditegaskan bahwa telah
menciptakan tujuh lapis bumi sebagaimana dalam Q.S. Al-Mulk/67: 3-4, (Dialah)
yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. kamu sekali-kali tidak melihat
pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka
lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian
pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan
tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.
Kemudian oleh Allah gunung-gunung di atur sebagai penyanggah kekuatan
letak bumi An-Nazi’at/79: 32 serta An-Naba’/78: 7. Temuan ilmuan modern
bahwa keberadaan gunung di atas permukaan bumi yang dirancang dengan cermat
dan penuh fungsi yaitu berguna untuk membantu menciptakan keseimbangan
antara permukaan bumi yang tinggi dengan permukaan bumi yang rendah
sehingga bumi tidak bergoyang seolah-olah gunung berfungsi sebagai pasak
yang berguna menjaga keseimbangan dan mengkokohkannya. Karena gunung
memiliki ketebalan 30-60 kilometer yang diperoleh melalui alat seismograf
yang mampu mengetahui bahwa semua gunung memiliki akar terhunjam
di lapisan yang liat untuk menguatkan lapisan kulit bumi yang paling tinggi
dan keras seperti fungsi sebuah pasak sebagaimana ayat di atas.
21 Maksudnya: orang-orang kafir itu membuat rencana jahat untuk mematahkan
kebenaran Islam dan mereka berusaha menegakkan kebathilan, tetapi mereka itu tidak
menyadari bahwa makar (rencana jahat)mereka itu digagalkan oleh Allah swt.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
120
b. Air
Di antara maksud hadis ini yaitu bahwa Rasul diutus sebagai pemberi
petunjuk dan pengetahuan yang diumpamakan seperti air yang berfungsi
sebagai penyubur tanaman atau tumbuhan.
Air merupakan unsur yang paling mendasar dan vital bagi semua mahluk
hidup, serta merupakan komponen yang terpenting bagi sel-sel tubuh bahkan
menentukan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh dan sebagai medium reaksi.
Ketika manusia lahir, 85% dari berat tubuhnya yaitu air. Ketika dewasa
kandungan air 1/3 komposisi tubuhnya. Dengan kata lain di dalam tubuh
manusia sebenarnya terdapat lautan.
Dalam tubuh manusia dewasa, kandungan air mencapai 65,55%, sedangkan
dalam tubuh pria mencapai 75,65%. Perbedaan ini disebabkan lemak yang
terdapat dalam tubuh wanita lebih banyak dari pria. Lemak ini mengandung air
yang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah air yang terdapat di dalam jaringan otot.23
انَثَّدح دَّمحم نب ءِاَلعْلا َلاَق انَثَّدح داَّمح نب َةماسُأ نع ديرب ِنب دبع هللا نع
يِبَأ َةدرب نع يِبَأ ىسوم نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق ُلَثم ام يِنَثعب هللا
هِب نم ىدهْلا ِمْلعْلاو ِلَثمَك ثيغْلا ِيرثَكْلا باصَأ اضرَأ َناَكَف اهنم ٌةَّيقن تَلِبَق
ءَامْلا تتبنَأَف َأَلَكْلا بشعْلاو يرثَكْلا تناَكو اهنم بداجَأ تَكسمَأ ءَامْلا عَفنَف
هللا اهِب ساَّنلا اوبِرشَف اوَقسو اوعرزو تباصَأو اهنم ًةَفئاَط ىرخُأ امَّنِإ يه
ٌناعيق اَل كسِمت ءًام اَلو تِبنت ًأَلَك كلَذَف ُلَثم نم هُقَف يف ِنيد هللا هعَفنو ام
يِنَثعب هللا هِب ملعَف ملعو ُلَثمو نم مَل عَفري كلَذِب اسْأر مَلو ْلبْقي ىده هللا
يذلا تْلسرُأ هِب َلاَق وبَأ دبع هللا َلاَق قاحسِإ َناَكو اهنم ٌةَفئاَط تَلَّيَق ءَامْلا
عاَق هوُلعي ءُامْلا فصْفَّصلاو يِوتسمْلا نم ِضرَأْلا22.
22 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Muhammad Ibn ‘Alai berkata kami mendapatkan
hadis dari Muhammad Ibn Usamah dari Buraid Ibn’Abdillah dari Abi Burdah dari Abi Musa
dari Nabi saw.berkata perumpamaan aku diutus oleh Allah dengan petunjuk dan ilmu seperti
hujan yang deras yang turun kebumi, bumi menjadi subur maka sebagian menyuburkan
tanah dengan adanya air lalu menumbuhkan rerumputan yang banyak dan sebagian padanya
tersimpan diperut bumi lalu Allah memberikan manfaat air itu kepada manusia lalu mereka
minum dan menyiram tanaman dan bercocok tanam…
23 Muhammad Kamil Abdushshamad, mengutip dari Muhammad Abdul Kadir Al-
Faqqi Manar AL-Islam, Artikel Februari 1985.
121
Kurangnya volume air dalam tubuh, dan tidak sesuai dengan kebutuhan
sel maka tubuh akan mengirim dua sinyal. Yang pertama, terjadi peningkatan
konsentrasi mineral dalam darah kemudian berusaha mendapatkan air dari
kelenjar ludah, mulut kering dan ingin minum. Kedua darah mengirim sinyal
ke otak kemudian otak merespon sinyal ini dengan memicu keinginan
untuk minum.
Pada tumbuhan juga demikian. Air merupakan unsur terpenting yang
dapat menumbuhkan dan mematikan tumbuhan bila kadar air ini berlebih
atau berkurang. Fenomena ini sebagai bukti dari ayat-ayat Allah dalam Q.S.
As-Sajadah/32: 27, Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya
kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu kami
tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makan hewan ternak
mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?
3. Arkeologi
Arkeologi yaitu ilmu pengetahuan tentang peninggalan manusia zaman
kuno khususnya yang berasal dari periode pra sejarah secara harpiah, ilmu
arkiologi yaitu kajian tentang peninggalan benda-benda atau barang kuno.
Namun, definisi ini telah berkembang dari waktu ke waktu dengan cakupan
studi dan penelitian terkini sampai batas tertentu, arkeologi dianggap sebagai
ilmu yang mencakup apa saja yang berhubungan dengan sejarah bangsa-bangsa
yang hidup di masa lampau.24
Arkeologi pada umumnya sebagai usaha untuk memproyeksikan keseluruhan
sejarah pada suatu bangsa di masa lampau tanpa memperhitungkan sisi moralitas
terhadap penciptanya. Memunculkan hadis ini dalam rangka mengajak manusia
memperhatikan kehidupan masa lampau yang dijalani. Batu dan tembaga yang
dimunculkan dalam hadis ini bermaksud bahwa besi dan tenmbaga itu merupakan
benda–benda yang diwariskan pada zaman dahulu dimana sebutan keduanya
memiliki maksud tersendiri yang dapat dilihat dalam kupasan hadis ini .
a. Besi
انَثَّدح رمع نب ِصْفح ِنب ثايغ يِنَثَّدح يِبَأ انَثَّدح شمعَأْلا َلاَق تعمس ابَأ
ٍحلاص نع يِبَأ َةريره نع ِّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق نعَل هللا قِراَّسلا
24 Rahman, Ensiklopediana Ilmu, h. 255.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
122
Hadis ini merupakan penjelasan tentang pengadaan besi sebagaimana
yang telah di wahyukan Allah dalam Q.S. Al-Hadid/57: 25, Sesungguhnya
kami Telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata
dan Telah kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya
manusia dapat melaksanakan keadilan. dan kami ciptakan besi yang padanya
terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka
mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong
(agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya
Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
Pada abad ke-20 ilmuan astronomi melakukan penelitian terhadap senyawa
kimiawi bagian langit yang dapat dijangkau, yang menemukan bahwa unsur
terbesar di alam ini yaitu gas hitrogen yang merupakan unsur terringan dan
struktur yang sederhana yang mencapai 74%. Kemudian diikuti gas helium
24 %. Semua unsur yang diketahui ternyata diciptakan dari gas hidrogen melalui
proses pemadatan gas dan penyatuan inti atom melalui proses fusi nuklir.
Hasil penelitian bahwa dalam rentang kehidupannya bintang-bintang di
langit melewati sejumlah fase, di antaranya fase penyalaan yang sangat dahsyat
yang disebut fase terang benderang. Suhu panas inti bintang dalam fase ini berkisar
sepuluh hingga seretus derajat maka terjadi proses fusi inti atom hingga inti
bintang secara keseluruhan berubah menjadi besi, maka hilang energi bintang
sehingga meledak yang serpihannya bertaburan di hamparan semesta. Dengan
proses inilah besi bisa sampai ke sejumlah benda langit seperti planet bumi
persis sebagaimana proses jatuhnya meteor-meteor dewasa ini.
Tanpa besi, bumi tidak memiliki medan magnet yang dapat menahan gas
dan benda cair dengan lapisan gas dan lapisan airnya. Bumi juga tidak akan
bisa menahan segala bentuk kehidupan yang ada di permukaannya. Sehingga
dapat dikatakan bahwa jika besi tidak turun dari langit ke bumi, tentu tidak
akan pernah ada kehidupan di muka bumi. Karena besi merupakan unsur yang
قِرسي َةضيبْلا عَطْقتَف هدي قِرسيو َلبحْلا عَطْقتَف هدي َلاَق شمعَأْلا اوناَك َنوري
هَّنَأ ضيب ديدحْلا ُلبحْلاو اوناَك َنوري هَّنَأ اهنم ام ىوسي مهارد25.
25 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari ’Umar Ibn hafshi Ibn Ghiyats aku mendapatkan
hadis dari bapakku kami mendapatkan hadis dari al-A’masy berkata ku dengar Aba Shalih
dari Abi Hurairah dari Nabi saw. berkata Allah melaknat pencuri yang mencuri Baidha’ lalu
dipotong tangannya sesudah itu dia mencuri hablu lalu dipotong tangannya al-A’mas berpendapat
bahwa yang dimaksud dengan baidha’ yaitu biji besi dan yang dimaksud dengan hablu
yaitu sama dengan dirham (mata uang).
123
dapat membentuk sel darah merah manusia dan hewan dan zat hijau dalam
tumbuhan. Semua ini merupakan bukti nyata dari sang pencipta.
b. Tembaga
Ilmu pengetahuan manusia sekarang telah sampai ke tingkat kemampuan
membuat satu jenis amunisi yang mampu merobek tank baja (antitank) seperti
bazoka. Dengan cara mengumpulkan gelombang yang terpancar sebagai akibat
dari pijaran materi yang dibakar dalam tungku pembakaran.
Penggunaan tembaga oleh ahli bahan peledak seperti materi bahan baku
dari jenis amunisi yang dapat menembak lapisan pelindung tank. Sampai sekarang
ini manusia belum mampu mencari alternatif bahan tambang lain sebagai
pengganti yang lebih ekonomis dan praktis dari tembaga. Firman Allah dalam
Q.S. Ar-Rahman/55: 35, Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api
dan cairan tembaga Maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (dari padanya).
4. Geografi
Georafi yaitu disiplin akademik yang terutama berkenaan dengan penguraian
dan pemahaman atas perbedaan-perbedaan atas kewilayahan dalam distribusi
lokasi di permukaan bumi.27 Di dalamnya terdapat tiga tema pokok yaitu lingkungan,
tata ruang, dan tempat. Dalam kamus besar bahasa Indonesia disebutkan bahwa
انَثَّدح نبا ىفصمْلا انَثَّدح ُةَّيقب وبَأو ةيرغمْلا اَلاَق انَثَّدح ُناوْفص َلاَق يِنَثَّدح
دشار نب دعس دبعو ِنمحَّرلا نب ٍريبج نع ِسنَأ ِنب كلام َلاَق َلاَق ُلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو اَّمَل جِرع يِب تررم ٍموَقِب مهَل راَفْظَأ نم ٍساحن
َنوشمخي مههوجو مهرودصو تْلُقَف نم ءِاَلؤه اي ُليِربِج َلاَق ءِاَلؤه نيذلا
َنوُلُكْأي موحُل ِساَّنلا َنوعَقيو يف مِهضارعَأ26.
26 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Ibn Mushaffa kami mendapatkan hadis dari
Baqiyyah dan Abu al-Mughirah berkata kami mendapatkan hadis dari Shafwan berkata aku
mendapatkan hadis dari Rasyid Ibn sa’di dan “abdurrahman Ibn Jubair dari Anas Ibn Malik
berkata: Berkata Rasulullah saw. manakala aku naik, aku melewati sekelompok kaum yang
kuku mereka terdiri dari tembaga, lalu mereka mencakar wajah dan dada mereka lalu aku
berkata: Siapa mereka ya Jibril?lalu Jibril menjawab mereka itu yaitu orang-orang yang
memakan daging manusia dan menguasai haknya (orang lain).
27 Adam Kuper, Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, terj. Haris Munandar (Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2000).
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
124
geografi yaitu ilmu yang membahas tentang permukaan bumi, iklim, penduduk,
flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.28
Dengan luasnya tema pokok ini maka dalam makalah ini di batasi pada
pembahasan tentang: Angin, turun hujan dan lautan yang hanya merupakan
perwakilan sub tema pokok yang ada.
a. Angin
Para ilmuan membagi angin pada kelompok yang berbeda berdasarkan
kegunaannya. Umumnya bagi penerbangan dan pelayaran.
انَثَّدح دَّمحم نب ٍلتاَقم انربخَأ دبع هللا انربخَأ سنوي نع ِّيِرهُّزلا َلاَق يِنَثَّدح
ديبع هللا نب دبع هللا نع ِنبا ٍساَّبع يضر هللا امهنع َلاَق َناَك ُلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو دوجَأ ِساَّنلا َناَكو دوجَأ ام ُنوُكي يف َناضمر ينح هاَقْلي
ُليِربِج َناَكو ُليِربِج هاَقْلي يف لُك ةَليَل نم َناضمر هسِراديَف َنآرُقْلا ُلوسرَلَف
هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ينح هاَقْلي ُليِربِج دوجَأ ِريخْلاِب نم ِحيِّرلا ةَلسرمْلا29.
No Sebutan
Ilmuan
Sebutan
Al-Qur’an
Ciri dan Akibat
Kekuatan
Kec. Angin
Mil/jam
1. Angin sunyi Angin sunyi Tidak ada angin, asap
mengepul tegak
0-1
2. Angin Sepoi Angin baik Arah angin terlihat
pada arah asap
1-3
3. Angin sangat
lemah
Angin baik Angin terasa pada
muka; daun-daun
ringan yang bergoyang
4-7
4. Angin lemah Angin baik Daun-daun dan
rantung-ranting yang
kecil terus menerus
bergoyang
8-12
28 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 310.
29 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Muhammad ibn Muqatil kemudian mengkhabarkan
kepada kami Yunus dari Zuhri ia berkata aku mendapatkan hadis dari Abdullah ibn ’Abdillah
dari Abi ’Abbas Allah meridhai keduanya berkata yaitu Rasulullah saw. semua mnusia di
bulan ramadahn yaitu mulia, Jibril menemui di bulan itu setiap malam Nabi membaca Al-
Qur’an maka sungguh Rasul ketika dijumpai Jibril Semulia-mulia dan sebaik-baik dari pada
angin yang diutus seperti angin yang berdebu.
125
Dalam Q.S. Asy-Syuara/26: 33, Allah swt. berfirman, Jika dia menghendaki,
dia akan menenangkan angin, Maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan
laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya)
bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur,
b. Hujan
5. Angin
sedang
Angin baik Debu dan kertas-kertas
bertiup ranting-ranting
dan cabang kecil
bergoyang
13-18
6. Angin agak
kuat
Angin baik Pohon-pohon kecil
bergoyang buih putih
di air laut
19-24
7. Angin kuat Angin kuat Dahan-dahan besar
bergoyang, suara
mendesir di kawat
listrik dan telepon
25-31
8. Angin
kencang
Angin
kencang
Pohon seluruhnya
bergoyang, perjalanan
diluar sukar
32-38
9. Angin sangat
kuat
Angin kencang
yang me-
nerbangkan
kerikil
Ranting-ranting pohon
patah, berjalan
menentang angin
angin berat
39-46
10. Badai Angin dingin
yang gemuruh
Kerugian-kerugian
kecil terhadap rumah-
rumah, genting-
genting rumah tertiup
dan terlempar
47-54
11. Badai kuat Angin topan Pohon-pohon besar
tumbang, kerusakan
besar pada rumah-rumah
55-63
12. Angin ribut
prahara
Angin perkasa Kerusakan karena
badai terdapat pada
daerah yang luas
64-72
13. Angin topan
yang
dahsyat
Angin yang
membawa api
Pohon-pohon besar
tumbang, rumah-
rumah rusak bera
lebih dari
73
انَثَّدح دبع ِزيِزعْلا نب دبع هللا انَثَّدح ميهاربِإ نب دعس نع ِنبا ٍباهش نع ِملاس
ِنب دبع هللا نع هيِبَأ نَأ َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق حتاَفم ِبيغْلا
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
126
Hujan merupakan proses yang kompleks. Faktor penyebabnya juga tidak
dapat dikontrol oleh manusia. Oleh karenanya Hujan tidak hanya merupakan
rezeki tetapi juga dapat menjadi azab. Karena keduanya hanya Allah yang
dapat melakukannya. Berdasarkan pengetahuan manusia, hujan merupakan
perkisaran angin, penguapan air dari titik-titik air dan dan pengumpulan uap
air yang kesemuanya dalam proses.
Proses ini dipengaruhi oleh listrik dan awan yang saling berbenturan serta
angin violet di atas atmosfir bumi. Dengan demikian turunnya hujan merupakan
rahasia alam yang hanya Allah yang dapat mengontrolnya. Ada usaha manusia
yang berhasil mengenai turunnya hujan ini namun sebatas pada penyemprrotan
unsur-unsur kimia yang memiliki kepekaan air yang tinggi, namun tidak sampai
pada pengaturan dan pengontrolan posisi-posisi penurunanya. Prakiraan hanya
dapat diungkap pada beberapa jam sebelum turunnya hujan. Ini semakin
menunjukkan betapa kuasanya Allah dalam penciptaanNya.
Dalam hal ini Allah berfirman dalam Q.S. Luqman/31: 34, Sesungguhnya
Allah, Hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah
yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada
seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya
besok31. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.
Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
c. Laut
انَثَّدح ديعس نب ٍروصنم انَثَّدح ُليعمسِإ نب اَّيِرَكز نع فِّرَطم نع ٍرشِب يِبَأ
دبع هللا نع ِيرشب ِنب ٍملسم نع دبع هللا ِنب وٍرمع َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص
هللا هيَلع ملسو اَل بَكري رحبْلا الِإ ٌّجاح وَأ رمتعم وَأ ٍزاَغ يف ِليِبس هللا نِإَف
تحت ِرحبْلا اران تحتو ِراَّنلا ارحب32.
30 Artinya: Kunci keghaiban ada lima dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali hanya
Allah. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari kecuali Allah. Tidak ada yang
mengetahui dikandung rahim kecuali Allah, Tidak ada yang mengetahui kapan hujan kecuali
Allah. Tidak ada yang mengetahui dibumi mana akan meninggal dan tidak ada yang mengetahui
kapan kiamat datang kecuali Allah. Hadis ini disebut dalam Shahih al-Bukhari, kitab at-Tauhid
hadis no. 6831, juga dalam Musnad Imam Ahmad hadis no. 3477.
31 Maksudnya: manusia itu tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusaha-
kannya besok atau yang akan diperolehnya, namun demikian mereka diwajibkan berusaha.
32 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Sa’id Ibn Manshur, kami mendapatkan hadis
dari Isma’il Ibn Zakariyya dari Mutharrif, dari Bisyrin Abi ’Abdillah dari Basyir Ibn Muslim
dari ’Abdullah Ibn ’Amrin berkata, Berkata Rasulullah saw. Tidak ada yang mengarungi
127
Hadis ini menjelaskan bahwa di bawah laut ada api, dimana sangat
sesuai Q.S. Ath-Thur/52: 1-8, Demi bukit Dan Kitab yang ditulis, Pada lembaran
yang terbuka, Dan demi Baitul Ma’mur, Dan atap yang ditinggikan (langit),
Dan laut yang di dalam tanahnya ada api, Sesungguhnya azab Tuhanmu pasti
terjadi, Tidak seorangpun yang dapat menolaknya.
Bangsa Arab ketika diturunkan Al-Qur’an tidak mampu menangkap dan
memahami isyarat sumpah Allah ini. Karena pada waktu itu hanya mengenal
tungku pembakaran yang membuat panas. Persepsi mereka, panas dan air yaitu
sesuatu yang bertentangan. Air mematikan panas dan panas menguapkan air.
Bagaimana mungkin hidup berdampingan dalam suatu ikatan yang kuat tampa
ada yang rusak salah satunya. Hal ini mendorong mereka untuk menishbatkan
sebagai peristiwa akhirat. Apalagi didukung Q.S. at-Takwir/81: 6, Dan apabila
lautan dijadikan meluap.
Hadis ini hanya menegaskan bahwa di bawah laut ada api dan dibawah
api ada lautan. Para peneliti dalam rangka mencari barang tambang, menyelam
ke laut, mereka dikejutkan dengan gunung berapi yang membentang puluhan
ribu kilometer di selurug samudra bumi. Yang dapat meledak dengan dahsyat
melalui jaring retak yang sangat besar yang dapat menembus bebatuan bumi
sampai menyentuh lapisan lunak bumi, yang memiliki bebatuan yang sangat
elastis, semi cair dan memiliki tingkat kepadatan dan kerekatan tinggi. Bebatuan
ini mendorong samudra membuat fenomena perluasan dasar laut dan samudra.
5. Botani
Botani yaitu cabang biologi yang menyelidiki tentang tumbuh-tumbuhan
(ilmu tumbuh-tumbuhan).33
a. Cendawan
انَثَّدح وبَأ ٍميعن انَثَّدح ُنايْفس نع دبع كلمْلا نع وِرمع ِنب ثيرح نع ديعس
ِنب ديز يضر هللا هنع َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ُةَأمَكْلا نم
ِّنمْلا اهؤامو ءٌاَفش ِنيعْلل34.
lautan kecuali orang yang berhaji, berumrah atau orang yang berperang di jalan Allah.
Sesungguhnya di bawah lautan terdapat api dan di bawah api terdapat lautan. Hadis marfu’
ini diriwayatkan Abu Dawud dalam Suna-n-nya pada Kitab Al-Jihad, juz 6, hadis no.
2130, h. 497, dan Al-Baihaqi dalam Sunan-nya, juz 4.
33 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 144.
34 Artinya Kami mendapatkan hadis dari Abu Nu’aim kami mendapatkan hadis dari
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
128
Di antara maksud hadis ini yaitu bahwa cendawan itu termasuk anugrah
Allah yang airnya dapat menyembuhkan sakit mata.
Cendawan dalam bahasa Arab disebut kam’ah yaitu benjolan jamur akar
yang tumbuh di bawah tanah melalui simbiosis dengan akar tumbuhan tertentu.
Cendawan tumbuh di bawah tanah sampai kedalaman 30 cm dan berkelompok,
berbentuk bulat berangkai, lunak dan warnanya berangsur-angsur dari putih,
abu-abu, coklat dan hitam, aromanya bau. Cendawan ini tumbuh pada komposisi
antara pasir dalam, krikil, dangkal dan batu. Pertumbuhannya tambah subur
ketika musim angin petir. Jika cendawan tidak mengelompok, dengan cepat
akan membentuk spora dalam dirinya, yaitu debu yang sangat halus. Kantong
spora dapat pecah yang isinya kemudia bertebaran dan akan tumbuh lagi
ketika ada angin petir.
Cendawan merupakan sumber pprotein penting pada tanaman gurun,
benjolannya mengandung 77% air dan 23 % nya kabohidrat, lemak, serat,
zat protein, dan abu sisa pembakaran. Ungkapan ekspresif bahwa cendawan
merupakan anugrah, karena cendawan tidak di budi dayakan, yang tumbuh dengan
sendirinya pada musim tertentu dan tidak membutuhkan bahan akanan benih
atau perairan. Allah berfirman dalam Q.S. Yasin/36: 33, Dan suatu tanda (kekuasaan
Allah yang besar) bagi mereka yaitu bumi yang mati. kami hidupkan bumi itu
dan kami keluarkan dari padanya biji-bijian, Maka daripadanya mereka makan.
6. Zoologi
Zoologi yaitu ilmu tentang kehidupan binatang dan pembuatan klasifikasi
aneka bentuk binatang di dunia.35
a. Unta
Sufyan dari ‘Abdil Malik dari ‘Amru Ibn Huraitsin dari Sa’id bin Zaid ra. Berkata, Berkata
Rasulullah saw.: Cendawan itu sejenis Manna dan airnya dapat mengobati mata. Hadis ke
4118 dalam kitab Mawaqi’ul Islam, juz 13 h. 396. http://WWW. Al-Islam. Com.
35 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 1137.
36 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari “Abdullah Ibn Yusuf lalu mengkhabarkan
انَثَّدح دبع هللا نب فسوي انربخَأ كلام نع دَّمحم ِنب دبع ِنمحَّرلا ِنب يِبَأ
َةعصعص ِّيِنِزامْلا نع هيِبَأ نع يِبَأ ديعس ِّيِردخْلا يضر هللا هنع نَأ َلوسر هللا
ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق سيَل اميف َنود ةسمخ ٍقسوَأ نم ِرمَّتلا ٌةَقدص سيَلو اميف
َنود ِسمخ ٍقاوَأ نم ِقِروْلا ٌةَقدص سيَلو اميف َنود ِسمخ دوَذ نم ِلِبِإْلا ٌةَقدص36.
129
Hadis ini memang tidak membicarakan tentang unta, namun lebih dekat
dengan pembahasan sedekah. Tetapi untuk menemukan pembicaraan unta
melalui hadis dengan pendekatan maudhui berdasarkan kata unta itu sendiri,
maka hadis ini mewakili ilmu-ilmu kealaman, dimana pada diri unta menjadi
misteri dimana dengan kemampuannya dapat bertahan hidup tanpa air. Misteri
ini terjawab oleh para ilmuan Barat dengan penelitiannya bahwa lemak yang
terdapat pada punuk unta dapat memproduksi air.
Mengenai unta ini Allah swt. berfirman dalam Q.S. al-Ghasyiyah/88: 17,
Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,
7. Entomologi (Serangga)
Entomologi yaitu ilmu pengetahuan tentang jenis dan kehidupan
serangga.37
a. Semut
Semut dikenal sebagai hewan sosial yang selalu menggarap proyek-proyek
umum secara kolektif. Dia yaitu serangga yang hidup secara teratur aktif
dan efisien. Aktivitasnya didasari oleh aturan-aturan tertentu yang memperkuat
eksistensi koloni mereka. Suka bekerja sama bahkan merupakan serangga
satu-satunya yang menguburkan temannya yang mati.
انَثَّدح ىيحي نب ٍريَكب انَثَّدح ُثيللا نع سنوي نع ِنبا ٍباهش نع ديعس ِنب
ِبَّيسمْلا يِبَأو َةمَلس نَأ ابَأ َةريره يضر هللا هنع َلاَق تعمس َلوسر هللا ىلص
هللا هيَلع ملسو ُلوُقي تصرَق ٌةَلمن اًّيِبن نم ءِايِبنَأْلا رمَأَف ةيرَقِب ِلمَّنلا تَقِرحُأَف
ىحوَأَف هللا هيَلِإ ْنَأ كتصرَق ٌةَلمن تْقرحَأ ًةَّمُأ نم ِممُأْلا حِّبست38.
kepada kami Malik dari Muhammad bin ’Abdirrahman Ibn Abi Sha’sha’ah al-Mazini dari
bapaknya dari Abi Sa’id al-Khudari r.a bahwa Rasul berkata bukan harus lima sak dari tamar
untuk disedakahkan dan bukan juga lima sak dari pada kertas untuk sedekah dan bukan juga
ukurannya lima unta sebagai sedekah.
37 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 266.
38 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Yahya Ibn Bukairin kami mendapatkan
hadis dari Yunus dari Ibn Syihab dari Sa’id Ibn Musayyab dari Abi Salamah Sesungguhnya
Abu Hurairah r.a berkata kudengar Rsululla saw. berkata Seekor semut pernah menggigir
seorang nabi, Nabi memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya.
Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya: Apakah karena seekor semut menggigitmu
lalu kamu membinasakan satu ummat yang selalu bertasbih?
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
130
Para ilmuan menemukan bahwa semut memiliki kecerdasan yang tinggi.
Pada bagian tubuhnya memiliki otak dan saraf pusat serta sel-sek sensorik.
Allah berfirman dalam Q.S. al-Naml/27: 18, Hingga apabila mereka sampai
di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam
sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan
mereka tidak menyadari.
b. Lalat
Para entomolog mengatakan bahwa lalat memiliki keunikan tersendiri
dibanding dengan hewan serangga lainnya. Dimana pada tubuh lalat terbentuk
dari bulu-bulu halus yang tersusun sangat rapat sehingga setiap benda yang
dihinggapinya dapat menempel ditubuhnya. Apalagi pada sayap dan kakinya.
Bahkan kakinya dapat dijalanlan pada benda yang licin, dimana sangat berbeda
pada serangga lainnya. Pada bagian mulut lalat memiliki belalai yang ujungnya
bercabang yang menggantika fungsi gigi. Cairan yang dikeluarkan melalui
belalainya mengandung jutaan mikroba dan kuman-kuman.
Allah swt. menjelaskan dalam Q.S. Al-Hajj/22: 73, Hai manusia, Telah
dibuat perumpamaan, Maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya
segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor
lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. dan jika lalat itu merampas
sesuatu dari mereka, tiyaitu mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu.
amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.
انَثَّدح ُناميَلس نب دواد انربخَأ ُةبعش نع دَّمحم ِنب يِبَأ بوُقعي تعمس نبا
يِبَأ ٍمعن ُلوُقي تدِهش نبا رمع هَلَأسو ٌلجر نم ِلهَأ ِقارعْلا نع ٍمِرحم َلتَق
ابابُذ َلاَقَف اي َلهَأ ِقارعْلا يِنوُلَأست نع ٍمِرحم َلتَق ابابُذ دَقو متْلتَق نبا تنِب
ِلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو دَقو َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو امه
َّيتناحير نم اينُّدلا39.
39 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Sulaiman Ibn Daud mengkhabarkan kepada
kami Syu’bah dari Muhammad Ibn Abi Ya’qub ku dengar dari Abi Nu’mi berkata kusaksikan
Ibn ’Umar dan bertanya seorang laki-laki dari ahli Iraq diharamkan membunuh lalat, maka
ia berkata: Ya, Ahli Iraq, tanya kamulah kepadaku tentang diharamkan membunuh lalat,
dan sungguh kamu telah membunuh anak laki-laki dan anak perempuan Rasul saw. Dan
telah berkata Rasulullah saw. bahwa keduanya mendapat kehidupan di dunia.
131
8. Genetika
Genetika yaitu cabang biologi yang menerangkan sifat turum temurun.40
a. Tidak Semua Sperma Menjadi Anak
Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bahwa ada seorang Yahudi yang
lewat di hadapan Rasul ketika beliau sedang berbicara dengan para sahabat.
Seorang petinggi Quraisy berseru: “Hai Yahudi, orang ini (Rasul) mengaku sebagai
nabi, Si Yahudi menjawab: akan aku tanyakan kepadanya sesuatu yang tidak
diketahui jawabannya kecuali seorang nabi, kemudian si Yahudi bertanya
kepada nabi. Ya Muhammad, dari apa manusia diciptakan? Rasul menjawab
ya Yahudi, dari kedua-duanya ia tercipta: dari sperma jantan dan sperma betina.
Sperma dikenal dalam bahasa Arab dengan nuthfah yang dalam ilmu
embriologi digunakan untuk menyebut semua sel reproduksi baik sperma-
tozoa maupun ovum dan jika keduanya menyatu, akan menjadi zigot. Zigot
tertanam pada dinding rahim dan beralih menjadi ‘alaqah.
Kendati sperma dengan komposisi yang sangat kecil namun memiliki
kenerja dan dan daya bangun yang sangat besar, sehingga semakin membuktikan
absolusitas kekuasaan Allah, kreatifitas ciptaanNya, dan ketepatan penciptaanNya.
Pancaran spermatozoa jumlahnya berkisar 200 hingga 300 juta dalam sekali
pancar. Yang kemudian berenang di atas larutan yang berfungsi sebagai makanan
spermatozoa ini ,dan penetralisir tingkat rata-rata keasaman di dalam
rahim untuk melindungi spermatozoa yang sampai kedalam rahim serta sebagai
medium yang membantu penyempurnaan proses pembuahan. Hal ini juga
di sinyalir dalam Q.S. An Najm/53: 46, “Dari air mani, apabila dipancarkan”
يِنَثَّدح ُنوراه نب ديعس ُّيليَأْلا انَثَّدح دبع هللا نب ٍبهو يِنربخَأ ُةيِواعم يِنعي
نبا ٍحلاص نع ِّيلع ِنب يِبَأ َةحْلَط نع يِبَأ كاَّدوْلا نع يِبَأ ديعس ِّيِردخْلا
هعمس ُلوُقي َلئس ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو نع ِلزعْلا َلاَقَف ام نم لُك
ءِامْلا ُنوُكي دَلوْلا اَذِإو دارَأ هللا قْلخ ءٍيش مَل هعنمي ءٌيش41.
40 Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 309.
41 Artinya: Kami mendapatkan hadis dari Harun Ibn Sa’id al-Laili, kami mendapatkan
hadis dari ‘Abdullah Ibn Wahb dan mengkhabarkan kepadaku Mu’awiyah yakni Ibn Shalih
dari ‘Ali ibn Abi Thalhah dari Ibn Waddak dari Abi Sa’id al-Khudry dia mendengar Rasulullah
saw. berkata dari al-‘Azli berkata tidak semua air (sperma) menjadi anak dan apabila menghendaki
Allah menciptakan sesuatu tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi Nya.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
132
Dalam hal ini Rasul bersabda “tidak semua air sperma ini menjadi anak”.
Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, ia berkata: Rombongan orang-orang
Yahudi datang menemui Rasulullah dan bertanya: Hai Abuk Qasim, kami
akan menanyakan lima hal kepadamu. Jika kamu dapat menjawab kelimanya,
maka kami akan mengakui kamu sabagai nabi dan kami akan mengikutimu.
Beliaupun meminta mereka untuk berjanji teguh atas nama Allah sebagaimana
yang dilakukan Nabi Ya’kub terhadap anak-anaknya, dan mereka pun berkata:
Allah yaitu saksi terhadap apa yang kita ucapkan ini. Beliaupun bersabda:
Ayo ajukanlah pertanyaan kalian. Mereka menukas, Beritahu kami bagaimana
perempuan melahirkan bayi perempuan dan bagaimana ia melahirkan bayi
laki-laki? Beliau menjawab: Air spermatozoa dan ovum saling bertemu. Jika
spermatozoa mengalahkan ovum, maka ia akan melahirkn laki-laki. Sedangkan
ovum mengalahkan spermatozoa, maka ia akan melahirkan perempuan.
Dalam hadis lain yang diriwayatkan Muslim, Nabi menjawab spermatozoa
berwarna putih dan ovum berwarna kuning. Jika keduanya berkumpul dan
spermatozoa mengalahkan ovum maka bayi yang lahir insya Allah laki-laki.
Sedangkan ovum mengalahkan spermatozoa, insya Allah lahir perempuan.
Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah bersabda: Mengenai
kemiripan kepada anak, jika spermatozoa mendahului ovum maka anak akan mirip
bapak, sedangkan ovum mendahului spermatozoa, maka si anak akan mirip si ibu.
Pemaparan isu-isu yang masih menjadi wacana internal dalam disiplin
ilmu embriologi ini ke ranah publik, Al-Qur’an dan sunnah dengan tingkat
akurasi ilmiah yang komprehensip semakin memastikan pembuktiannya.
Dalam Q.S. Abasa/80: 17-19, disebutkan: Binasalah manusia; alangkah amat
sangat kekafirannya? Dari apakah Allah menciptakannya? Dari setetes mani,
Allah menciptakannya lalu menentukannya.
Fakta ilmiah yang merupakan bagian inti dari ilmu embriologi dan baru
diketahui prinsip spermaturnya pada akhir abad ke-18 serta memakan waktu
2 abad lebih untuk mengendap dialam sanubari para ilmuan, embriologi ini
telah dibicarakan oleh Rasulullah saw. dengan detail dan ilmiah, menyeluruh
dan holistik sejak awal abad ke-7 M atau sepuluh abad lebih awal sebelum
diketahui oleh disiplin ilmu manusia.
9. Fisika
Ilmu fisika yaitu ilmu yang menyelidiki fenomena yang terutama diamati
pada benda-benda tak bernyawa.42
42 Ensiclopedia Britanica, vol. XIX.
133
a. Atom
Sebagaimana ilmu-ilmu kealaman lainnya, para ilmuan menemukan
atom ini pada abad ke-20 dengan temuan bahwa atom terdiri dari zat radium
dan uraniun serta lainnya yang terdiri dari ion-ion positif maupun negatif
yang biasa disebut alpha dan gamma. Menurut Shalahuddin,44 bahwa pada
bulan Januari 1929 dua ilmuan Hahon dan Westersman di Berlin, mampu
membelah atom uranium menjadi dua bagian besar dan beberapa bagian
lagi yang lebih kecil dari keduanya.
Firman Allah swt. dalam Q.S. Saba’/34: 3, Dan orang-orang yang kafir
berkata: “Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami”. Katakanlah:
“Pasti datang, demi Tuhanku yang mengetahui yang ghaib, Sesungguhnya kiamat
itu pasti akan datang kepadamu. tidak ada tersembunyi daripada-Nya sebesar
zarrahpun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang
lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan ini dalam Kitab yang
nyata (Lauh Mahfuzh).”
Pernyataan ini terbukti tatkala para ilmuan pada awal abad ke 20 menentukan
bahwa atom-atom dari zat radium, uranium yang terdiri dari ion-ion. Ion
positif dinamakan alpha, ion negatif dinamakan beta dan gamma. Dan lain-
lain dari penemuan bidang pengetahuan atom. Kajian ini senantiasa berlangsung
sampai dapat menghancurkan atom. Sebagaimana yang ditemukan ilmuan
Hahon dan Westersman di tahun 1929, sedangkan mukjizat ilmiah ini telah
di informasikan Al-Qur’an dan Hadis sejak 14 abad.
Dengan demikian dapat dibenarkan ungkapan L. Stoddard bahwa Muhammad
انَثَّدح ملسم نب ميهاربِإ َلاَق انَثَّدح ماشه َلاَق انَثَّدح ُةداتَق نع ٍسنَأ نع ِّيِبَّنلا
ىلص هللا هيَلع ملسو َلاَق جرخي نم ِراَّنلا نم َلاَق اَل هَلِإ الِإ هللا يفو هِبْلَق ُنزو
ةيرعش نم ٍريخ جرخيو نم ِراَّنلا نم َلاَق اَل هَلِإ الِإ هللا يفو هِبْلَق ُنزو ةَّرب نم
ٍريخ جرخيو نم ِراَّنلا نم َلاَق اَل هَلِإ الِإ هللا يفو هِبْلَق ُنزو ةَّرَذ43.
43 Artinya: Kami mendapatkan hadis Muslim Ibn Ibrahim berkata kami mendapatkan
hadis dari Hisyam berkata kami mendapatkan hadis Qatadah dari Anas dari Nabi saw. berkata.........
mengeluarkan dari api neraka siapa yang berkata Tidak ada Tuhan selain Allah dan dalam
hatinya akan di timbang.......... dari kebenaran dan Allah mengeluarkannya dari api neraka
siapa yang berkata tidak ada Tuhan selain Allah dan dalam hatinya ditimbang........... dari
kebaikan dan Allah akan mengeluarka dari api nereka barang siapa yang berkata tidak ada
Tuhan selain Allah dan dalam hatinya.... atom dari kebaikan.
44 Abdushshamad, Mukjizat Ilmiah, h. 370.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Kealaman (Varia Winansih)
134
menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, ucapannya sebagai bukti yang tegas
dan abadi.45
IV. Penutup
Kajian hadis pendidikan ilmu-ilmu kealaman dengan metode maudh’i
merupakan upaya menemukan hadis-hadis tentang ilmu-ilmu kealaman sebagai
pembuktian ilmiah yang sudah ada sejak 14 abad sebelum para ilmuan
menemukan bukti itu di abad ke-18 sampai abad ke-20.
Kajian ini sebenarnya sudah lebih banyak dengan pendekatan tafsir
Maudhu’i, karena pembahasan ilmu-ilmu kealaman itu sendiri sangat banyak
yang sudah dijelaskan Al-Qur’an, sehingga pada hakekatnya apa yang ditawarkan
hadis dengan pendekatan maudhu’i sebenarnya merupakan penjelasan dari
apa yang sudah dituangkan dalam Al-Qur’an. Sehingga pembahasan melalui
hadis ini masih dapat dikatakan langka.
Ilmu-ilmu kealaman merupakan materi pengetahuan yang selayaknya
dapat diketahui oleh peserta didik sebagai makhluk tertinggi derajatnya dari
seluruh ciptaan Allah. Dengan penguasaan pengetahuan ini peserta didik
dapat membuktikan betapa kuasanya Allah dalam penciptaanNya dan bertanggung
jawab menjadi pribadi yang utuh sebagai khalifah di muka bumi. Walaupun
ilmu-ilmu ini sudah ada dalam mata pelajaran sains, mamun belum disampaikan
para pendidik bahwa ilmu yang ditemukan di abad ke-18 sampai ke-20 ini
sebenarnya sudah diungkap pada masa Rasul.
Dalam kurikulum pendidikan Islam, materi ini memiliki kedudukan yang
memegang peran penting untuk disampaikan kepada peserta didik sebagai
bukti ilmiyah dan mukjizat Al-Qur’an dan hadis. Dimana penyampaian materi
ilmu-ilmu kealaman ini dapat disampaikan sejak peserta didik di usia dini
sampai pada jenjang pendidikan formal tertinggi, dengan pendekatan-pendekatan
dan metode yang dapat disesuaikan dengan situasi dan perkembangan peserta
didik, seperti dengan metode karya wisata, kisah, teladan, matsal atau menggunakan
alat bantu teknologi dan lain-lain.
45 L. Stoddard, The New World of Islam (Jakarta: tp., 1966), h. 37.
135
HADIS-HADIS TENTANG
ILMU-ILMU SOSIAL
Hadi Widodo
I. Pendahuluan
Ilmu pengetahuan secara bahasa terdiri dari dua kata, yaitu ilmu dan
pengetahuan, kata ilmu berasal dari bahasa Arab yang berarti pengetahuan
dan merupakan lawan kata dari jahl yang berati ketidak tahuan atau kebodohan.
Kata ilmu biasanya disepadankan dengan kata Arab lainya yaitu ma’rifah (pengetahuan),
fiqh (pemahaman), hikmah (kebijaksanaan) dan syu’ur (perasaan); ma’rifah
yaitu kata yang paling sering digunakan.1 Ilmu juga diartikan pengetahuan
yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan
pengalaman untuk menentukan hakekat dan prinsip tentang sesuatu yang
sedang dipelajari.2
Pengetahuan yaitu hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. Dapat
juga diartikan dengan, apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu, pekerjaan
tahu ini yaitu hasil dari: kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai. Pengetahuan
itu semua milik atau isi pikiran. Pada dasarnya terdapat dua cara pokok untuk
mendapat pengetahuan yang benar, pertama, mendasarkan diri pada rasio dan
kedua, mendasarkan diri pada pengalaman. Kaum rasionalis mengembangkan
pahamnya yang dikenal dengan rasionalisme. Sedangkan mereka yang mendasarkan
pada pengalaman mengembangkan paham yang disebut dengan empirisme.3
Jadi yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan yaitu organisasi dari fakta-
fakta sebegitu rupa, sehingga mempunyai manfaat bagi kemanusiaan, masyarakat
dan sebagainya. Ilmu pengetahuan pada dasarnya bersifat teknis dan objektif/
sasarannya atau persoalanya bersifat khusus.
Ilmu pengetahuan terbagi menjadi tiga kelompok, yakni: Pertama, kelompok
ilmu-ilmu alam (natural sciences). Kedua kelompok ilmu-ilmu sosial (social
1 Abul Azis Dahlan, dkk., Ensiklopedi Islam (Jakarta: Ictiar Baru van Hoeve, 2005), h. 161.
2 Tim DEPAG RI, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat (Jakarta: PKIA-PPTAI, 1988), h. 42.
3 Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer (Jakarta: Pustaka
Sinar Harapan, 1994), h. 50.
136
sciences). Ketiga, kelompok ilmu-ilmu humaniora.4 Ilmu alam membagi diri
menjadi dua kelompok lagi, yakni ilmu alam (the physical sciences) dan ilmu
hayat (the biologe sciences), ilmu sosial terbagi manjadi cabang antrpologi,
psikologi, ekonomi, sosiologi, dan ilmu politik, dan ilmu-ilmu humaniora terdiri
dari seni, filsafat, agama, etika, bahasa, dan sejarah.
Semakin tinggi kecerdasan manusia, semakin banyak rasa ingin tahunya
dan semakin banyak pula persoalan-persoalan dan tantangan dalam kehidupan.
Untuk menjawab persoalan dan tantangan ini maka lahirlah macam-
macam cabang ilmu pengetahuan. Dari berbagai ragam ilmu pengetahuan yang
berinduk dari filsafat, disiplin ilmu yang pertama sekali memisahnan diri dari
cabang filsafat yaitu Astronomi (ilmu tentang bintang-bintang), yang kemudian
diikuti oleh ilmu kimia, biologi dan geologi. Dalam abad ke-19, ilmu pengetahuan
baru muncul ialah psikologi (ilmu yang mempelajari jiwa manusia).
Perkembangan ilmu sangat pesat dan demikian juga jumlah cabang-cabangnya,
hasrat untuk menspesialisasikan diri pada satu bidang telaah yang memungkinkan
analisis yang mangkin cermat dan seksama menyebabkan objek formal (objek
ontologis) disiplin keilmuan menjadi kian terbatas. Diperkirakan sekarang,
terdapat 650 cabang ilmu yang kebanyakan belum dikenal oleh orang-orang
awam. Pada dasarnya cabang-cabang ilmu ini dari dua cabang utama,
yakni filsafat alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam (the natural
sciences) dan filsafat moral yang kemudian berkembang menjadi ilmu-ilmu
sosial (the social sciences).5
Dalam tulisan ini akan lebih difokuskan kepada ilmu-ilmu sosial (Sosial
Sciences) mencakup ilmu antropologi, psikologi, ekonomi, sosiologi, dan ilmu
politik, yang digali berdasarkan sumber hadis-hadis Rasul Muhammad saw.
Urgensi pembahasan ini dilakukan dalam rangka menggali khazana ilmu
pengetahuan di bidang pendidikan Islam khususnya yang berhubungan dengan
hadis-hadis ilmu-ilmu sosial, yang nantinya akan dapat menginspirasi pemikiran-
pemikiran tentang perkembangan ilmu-ilmu sosial yang dikaji melalui hadis-
hadis Rasulullah saw.
II. Pembahasan
1. Pengertian Ilmu-ilmu Sosial
Ilmu-ilmu sosial yaitu sejumlah kajian yang menggunakan metode
4 Burhanuddin Salam, Logika Materiil Filsafat Ilmu Pengetahuan (Jakarta: Renekacipta,
1997), h. 12.
5 Ibid., h. 17.
137
ilmiah dalam mengkaji berbagai macam aktivitas yang dibuat oleh manusia
seperti dilakukan oleh seorang individu, atau sekelompok masyarakat. Ilmu-
ilmu sosial mencakup beberapa bagian yaitu: Pertama, berkaitan dengan
kemasyarakatan (sosial masyarakat) dan antropologi. Kedua, berkaitan dengan
jiwa (ilmu tentang sikap dan budi pekerti individu) dan sosial ekonomi. Ketiga,
berhubungan dengan Ilmu bahasa, sejarah, dan Undang-undang.6
Antropologi yaitu ilmu yang membahas tentang kejadian manusia dari
sisi fisika dan sosial. Ilmu ini terhimpun dari ilmu-ilmu yang khusus membahas
tentang manusia seperti antropologi fisika, antropologi sosial, dan antropologi
budaya.7
Sosial ekonomi yaitu cabang dari praktek ekonomi yang mengkaji tentang
sebab-sebab sosial yang berkembang dibalik usaha ekonomi, demikian pula
nilai-nilai masyarakat yang muncul karena usaha ekonomi ini . Contohnya
mengkaji sosial ekonomi dengan berbagai macam faktornya untuk tujuan
meringankan kesulitan masyarakat dan memperbaiki kondisi para buruh,
yaitu berkaitan erat dengan keadilan dan dasar-dasar akhlak.8
Ilmu sosial perkembanganya sedikit lambat dibandingkan dengan ilmu
alam. Pada pokoknya terdapat cabang utama ilmu sosial, yakni; Antropologi
(mempelajari manusia dalam perspektif waktu dan tempat), Psikologis (mempelajari
proses mental dan kelakuan manusia), Ekonomi (mempelajari manusia dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya lewat proses pertukaran), Sosiologis (mempelajari
struktur organisasi sosial masyarakat), dan ilmu politik (mempelajari sistem
dan proses dalam kehidupan manusia berpemerintahan dan bernegara).9
Cabang-cabang utama ilmu-ilmu sosial ini kemudian mempunyai cabang
lagi, seperti umpamanya antropologi terpecah menjadi lima, yakni arkeologi,
antropologi fisik, linguistik, etnolog dan antropologi budaya, dari ilmu-ilmu
ini yang dapat digolongkan kedalam ilmu murni (meskipun tidak sepenuhnya)
berkembang ilmu sosial terapan yang merupakan aplikasi berbagai konsep
dari ilmu sosial murni kepada satu bidang telaah sosial tertentu. Misalkan
pendidikan merupakan ilmu sosial terapan yang mengaplikasikan konsep-
konsep dari psikologis, antropologis dan sosiologis. Demikian juga manajemen
menerapkan konsep-konsep psikologi, ekonomi, antropologi dan sosiologi.
Ilmu-ilmu sosial dasar telah memberikan sumbangan keserasian dalam
6 A. Zaki Badawi, A Dictionary of The Sosial Sciences (Beirut: Maktabah Lubnan,
1978), h. 368.
7 Ibid., h. 21.
8 Ibid., h. 385.
9 Salam, Logika Materil Filsafat Ilmu, h. 20.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Sosial (Hadi WIdodo)
138
pergaulan antar insan (interpersonal behavior event). Di samping menyodorkan
berbagai teori dan hukumnya kepada ilmu pendidikan sebagai ilmu terapan
misalnya, bagaimana seharusnya hidup bersama-sama dengan manusia lain,
dan sebaliknya.
Dalam penyelusuran hadis-hadis yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial,
secara tekstual Rasul saw. tidak pernah membagi ilmu-ilmu sosial ini ,
namu jika kita melihat secara kontekstual maka pembagian ilmu-ilmu sosial
dikembangkan dan dilaksanakannya dalam kehidupan sosial masyarakat
Madinah, walaupun pada masa Rasul belum tersusun hirarki ilmu pengetahuan
seperti sekarang. Dalam hal ini penulis akan menguraikan hal-hal yang pernah
diatur oleh Rasul saw. berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial.
2. Hal-hal yang pernah dilaksanakan Rasul saw. berkaitan dengan
ilmu-ilmu sosial.
a. Hadis Rasul saw. berkaitan dengan Antropologi
Antropologi yaitu ilmu yang mempelajari manusia dalam persfektif waktu
dan tempat, membentuk masyarakat, dan masyarakat membetuk budaya, budaya
menghasil karya, rasa dan cipta masyarakat.10 Karya masyarakat meghasilkan
teknologi dan kebudayaan, kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material
culture), yang diperlukan manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar
kekuatan serta hasilnya dapat diabadikan untuk keperluan masyarakat.
Rasa yang meliputi jiwa manusia, mewujudkan segala kaidah-kaidah dan
nilai-nilai sosial yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan
dalam arti yang luas. Cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan berfikir
orang-orang yang hidup bermasyarakat yang dapat menghasilkan filsafat serta
ilmu pengetahuan. Cipta dapat berwujud teori murni, maupun yang telah disusun
untuk langsung diamalkan dalam kehidupan masyarakat. Semua karya, rasa
dan cipta dikuasai oleh karsa orang-orang yang menentukan kegunaannya agar
sesuai dengan kepentingan sebagian besar atau dengan seluruh masyarakat.
Contohnya ketika sahabat Rasul saw. berhadapan dengan suku Arab dalam suatu
perjalanan. Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Abu Sa’id al-Khudri ra.
10 Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Setangkai Bunga Sosiologi, edisi 1
(Jakarta: UI, 1964), h. 113.
يِنَثَّدح دَّمحم نب ٍراَّشب انَثَّدح ردنُغ انَثَّدح ُةبعش نع يِبَأ ٍرشِب نع يِبَأ
ِلكوتمْلا نع يِبَأ ديعس ِّيِردخْلا يضر هللا هنع نَأ اسان نم ِباحصَأ ِّيِبَّنلا
139
Keadaan sanad, kualitas hadis ini shahih, dengan keadaan sanadnya sebahagian
besar tsiqah, thiqah hafidz. Hadis ini menjelaskan kepada kita bahwa terjadi
hubungan sosial antara suku bangsa Arab, saling memenuhi kebutuhan masing-
masing. Suatu golongan sosial dapat timbul karena pandangan negatif, suku
bangsa Arab yang di datangi oleh sahabat Rasul dengan berharap dapat diterima
sebagai tamu, ternyata kecewa ketika keberadaannya ditolak oleh suku bangsa
Arab. Hal ini disebabkan karena keadaan suku bangsa Arab ini dalam
suasana yang mencekam dan mencurigakan sebab kepala suku dalam keadaan
sakit tersengat, dalam suasana ini masih dimanfaatkan untuk mendapatkan
keuntungan dengan menanyakan kesanggupan sahabat Rasul untuk mengobati
kepala sukunya. Dalam ilmu antropologi kebudayaan suatu suku bangsa biasanya
merupakan isi dari sebuah kerangka etnografi.12 Salah satu prinsipnya yaitu
kesatuan masyarakat yang dibatasi oleh satu desa atau lebih.
ىلص هللا هيَلع ملسو اوتَأ ىَلع ٍّيح نم ءِايحَأ ِبرعْلا مَلَف مهورْقي امنيبَف مه
كلَذَك ْذِإ َغدُل دِّيس كئَلوُأ اوُلاَقَف ْله مُكعم نم ءٍاود وَأ ٍقار اوُلاَقَف مُكَّنِإ مَل
انورْقت اَلو ُلعْفن ىَّتح اوُلعجت انَل اًلعج اوُلعجَف مهَل اعيطَق نم ءِاَّشلا َلعجَف ُأرْقي
ِّمُأِب نآرُقْلا عمجيو هَقازب ُلفتيو َأربَف اوتَأَف ءِاَّشلاِب اوُلاَقَف اَل هُذخْأن ىَّتح َلَأسن
َّيِبَّنلا ىلص هللا هيَلع ملسو هوُلَأسَف كحضَف َلاَقو امو كاردَأ اهَّنَأ ٌةيْقر اهوُذخ
اوبِرضاو يل ٍمهسِب11.
11 Artinya: Diriwayatkan daripada Abu Said al-Khudri r.a katanya: Sesungguhnya beberapa
orang dari kalangan Sahabat Rasulullah saw. sedang berada dalam perjalanan. Mereka pergi
ke salah sebuah kampung Arab dan mereka berharap agar boleh menjadi tetamu kepada penduduk
kampung ini . Namun ternyata penduduk kampung itu tidak mau menerima mereka.
Tetapi ada yang bertanya: Apakah ada di antara kamu yang boleh menjampi? Karena ketua atau
penghulu kampung kami terkena sengat. Salah seorang dari para Sahabat menjawab: Ya, ada.
Lalu beliau menemui ketua kampung ini dan menjampinya dengan surah al-Fatihah.
Kemudian ketua kampung ini sembuh, maka Sahabat ini diberi beberapa ekor kambing.
Beliau tidak mau menerimanya dan mengajukan syarat: Aku akan menyampaikannya kepada
Nabi s.a.w, beliau pun pulang menemui Nabi saw. dan menyatakan pengalaman ini . Beliau
berkata: Ya Rasulullah! Demi Allah, aku hanya menjampi dengan surah al-Fatihah. Mendengar
kata-kata itu, Rasulullah saw. tersenyum dan bersabda: Tahukah engkau, bahawa al-Fatihah
itu memang merupakan jampi. Kemudian baginda bersabda lagi: Ambillah pemberian daripada
mereka dan pastikan aku mendapatkan bahagian bersama kamu. Abu Abdullah Ibn Muhammad
Ismail al-Bukhari, shahih al-Bukhari (Saudi Arabia: Idaratul Buhuts Ilmiah wa Ifta’ wa al-
Irsyad, tt), kitab Kelebihan Al-Qur’an, hadis no. 4623. Lihat Hadis Muslim, kitab Salam, hadis
no. 4080; Tirmizi, kitab Perobatan, hadis no. 1989; Abu Daud, kitab Jual Beli, hadis no. 2965.
12 Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi (Jakarta: Aksara Baru, 1980), h. 279.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Sosial (Hadi WIdodo)
140
Struktur sosial akan tumbuh ketika ada suku bangsa lain yang lebih tinggi
kemampuannya sehingga penghormatan pun muncul, hal ini dialami oleh sahabat
Rasul saw. ketika berhasil menyembuhkan kepala suku bangsa Arab dari sengat,
yang tidak dapat disembuhkan oleh suku bangsa Arab itu sendiri. Hal ini menjadikan
sahabat Rasul diberi penghargaan dengan beberapa ekor kambing.
Karena sahabat merasa ikhlas menolong, sehingga enggan untuk menerima
pemberian hadiah ini . Namun Rasul saw. menegaskan bahwa hadiah
ini boleh diterima. Hal ini memberikan pengajaran bahwa pemberian
hadiah orang yang ikhlas, karena telah berjasa, hendaknya dihargai dengan
mau menerima hadiah ini , untuk menjaga hubungan sosial ini .
Jasa yang telah dilakukan para sahabat Rasul saw. boleh menerima jasanya
(upah) dari kebaikan yang telah dilakukannya.
b. Hadis Rasul saw. berkaitan dengan Sosiologi
Ilmu sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari struktur organisasi sosial
masyarakat. Menurut B.J. Bouman yang dikutip oleh Rohadi Abdul Fatah,
menyatakan sosiologi yaitu gejala suatu ilmu yang mengkaji masalah yang
berkaitan dengan gejala-gejala masyarakat dengan segala perangkatnya.13
Para sosiolog modern telah mendefinisikan sosiologi sebagai suatu “ilmu
pengetahuan yang membahas kelompok-kelompok sosial”14 dan studi mengenai
interaksi-interaksi manusia dan interrelasinya. Karena itu pusat perhatian
sosiologi ialah tingkahlaku manusia, namun tidak terkonsentrasi pada tingkahlaku
individu dan tingkahlaku kolektifnya.
Sosiologi mengarah kepada nilai-nilai kemanusiaan dan harmonisasi
berhubungan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. Nilai-
nilai sosiologi akan melahirkan suatu hukum normative, sebagaimana nilai
agama juga menghasilkan nilai normative, seperti wajib, haram, sunah, makruh,
mubah dan sebagainya. Hadis Rasul saw. yang berkaitan dengan sosiologi
yaitu yang diriwayatkan al-Bukhari dari Annas ra.
13 Rohadi Abdul Fatah, Sosiologi Agama (Jakarta: Kencana Mandiri, 2004), h. 7.
14 Hari M. Johnson, Sociology: A Systematic Introduction (London: tp, 1961), h. 2.
انَثَّدح ُةبيتُق انَثَّدح ُليعامسِإ نب ٍرَفعج نع ديمح نع ٍسنَأ يضر هللا هنع هَّنَأ
َلاَق مدَق انيَلع دبع ِنمحَّرلا نب فوع ىخآو ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو
هنيب نيبو دعس ِنب ِعيِبَّرلا َناَكو يرثَك ِلامْلا َلاَقَف دعس دَق تملع راصنَأْلا يِّنَأ
141
Hadis ini menunjukan kepada kita keberhasilan Rasulullah saw, dalam
membina masyarakat antara kelompok Anshar sebagai tuan rumah dengan
kelompok Muhajirin orang yang pindah (tamu), hal ini dapat dilihat persaudaraan
yang dibangun keduanya mengalahkan persaudaran sedarah (kandung),
persaudaraan yang diikat oleh ikatan aqidah Islam seiman dan sekeyakinan,
mengalahkan ikatan persaudaraan dari apapun, sehingga kaum Anshar sanggup
mengorbankan segala yang dicintainya (harta, istri), untuk diserahkan kepada
saudaranya Muhajirin. Bahkan sanggup mengorbankan nyawa sekalipun
untuk membela kepentingan kelompok Muhajirin.
Di sisi lain adanya sifat yang mulia yang ditunjukan kaum Muhajirin, mereka
tidak memanfaatkan situasi ini untuk keuntungan pribadi. Bahkan dengan cara
yang halus menolak kebaikan Anshar agar tidak ada ketersinggungan di antara
kedua bela pihak. Adanya sifat kemandirian yang ada pada diri kaum Muhajirin
sehingga merasa malu bila menerima segala kebaikan yang dilakukan Anshar.
نم اهِرَثْكَأ اًلام مسِْقَأس يلام يِنيب كنيبو ِنيرْطش يلو ناتَأرما رُظناَف امهبجعَأ
كيَلِإ اهُقلَطُأَف ىَّتح اَذِإ تلح اهتجَّوزت َلاَقَف دبع ِنمحَّرلا كراب هللا كَل يف
كلهَأ مَلَف عِجري ذئموي ىَّتح َلضْفَأ اًئيش نم ٍنمس طقَأو مَلَف ْثبْلي الِإ ايرسِي
ىَّتح ءَاج َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو هيَلعو رضو نم ةرْفص َلاَقَف هَل
ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ميهم َلاَق تجَّوزت ًةَأرما نم ِراصنَأْلا َلاَقَف ام
تْقس اهيَلِإ َلاَق َنزو ةاون نم ٍبهَذ وَأ ًةاون نم ٍبهَذ َلاَقَف ملوَأ وَلو ةاشِب15.
15 Artinya: Dari Anas ra., ia berkata: “Abdurahman bin ‘Auf datang kepada kami dan
Nabi saw, mempersaudarakan antara dia dan sa’ad bin Rabi’ –orang yang banyak hartanya-
. Sa’at berkata: “sungguh sahabat Anshar mengetahui bahwa saya yaitu yang terbanyak
hartanya. Saya akan membagi harta antara aku dan kamu dua bagian. Dan saya memiliki dua
istri, lihat yang lebih mengagumkan kepadamu dari keduanya, maka saya akan menceraikannya.
Sehingga bila sudah habis masa ‘iddahnya, maka engkau mengawininya”. Abdurahman berkata:
“Semoga Allah memberkahimu pada keluargamu”. Kemudian ia tidak kembali pada hari itu,
sehingga ia menyisakan sesuatu dari minyak samin dan keju. Ia tak berhenti, kecuali hanya
sebentar, sehingga Rasulullah saw. datang, seraya pada (pakaian)nya terdapat bekas warna
kuning. Rasulullah saw. bertanya kepadanya: “Apakah ini?”. Ia menjawab: “Saya mengawini
seorang wanita Anshar”. Beliau bertanya: “Berapa engkau menyerahkan mas kawin kepadanya?”.
Ia menjawab: “Seberat satu biji kurma dari emas”. Beliau bersabda: “Buatlah perjamuan makan,
walaupun dengan satu kambing”. Hadis ini shahih, dengan kualitas sanadnya sebagian besar
perawi tsiqah, sebagian tsiqah suduq, dan tsiqah mudallis. Muhammad Ismail al-Bukhari,
Shahih al-Bukhari, vol. 5 h. 105; juga dalam kitab Shahih Muslim, kitab Nikah, no. 2558, 1559;
Nasa’i, no. hadis 3299, 3335; Turmuzi, no. 1856; dan Abu Daud, bab Nikah no. 1804.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Sosial (Hadi WIdodo)
142
Nilai pendidikan inilah yang harus kita tanamkan kepada peserta didik
agar selalu membantu kepada sesama disaat kita berada pada posisi dapat
membantu, mencintai saudara sesama muslim dan saling tolong menolong.
Namun bagi yang memang memerlukan pertolongan janganlah selalu mengulurkan
tangan, dengan selalu meminta-minta tanpa ada usaha untuk memenuhi
kebutuhan.
c. Hadis Rasul saw. berkaitan dengan Ilmu Hukum
Hukum Islam disyari’atkan oleh Allah dengan tujuan utama merealisasikan
dan melindungi kemaslahatan umat manusia, baik kemaslahatan individu maupun
kemaslahatan masyarakat. Asfek kepentingan manusia dapat diklasifikasikan
menjadi tiga aspek, yaitu: dharuriyyat (primer), hajjiyyat (skunder), dan tahsiniyyat
(stabilitas sosial).16
Untuk menjamin, melindungi, dan menjaga kemaslahatan hukum-hukum
ini , Islam menetapkan sejumlah aturan main, baik berupa perintah maupun
larangan, biasanya disertai ancaman hukuman duniawi maupun ukhrawi bagi
yang melanggarnya. Hukum Islam secara garis besar terbagi kepada tiga, yaitu
pertama hukum pidana Islam yang terdiri dari empat hal, yaitu (1) Qishash dan
diyat, (2) hudud, dan (3) ta’zir, serta (4) kifarat. sebahagian besar ulama berpendapat
bahwa kifarat masuk pada salah satu jenis hukuman yang ditetapkan dalam
hukum Islam sehingga menjadi empat. Kedua hukum yang mengatur hubungan
khusus antara hamba dengan penciptanya, sering disebut dengan ibadah.
Ketiga, hukuman yang mengatur secara khusus hubungan antara hamba dengan
sesamanya, sering disebut dengan muamalat, aspek-aspeknya seperti munakahat
(perkawinan), mawaris (kewarisan), dan lain-lain. Sistematika pembahasan
atas aspek-aspek hukum dalam muamalat ini berbeda-beda antara satu mazhab
dengan mazhab yang lain. Inilah bagian dari kekayaan intelektual umat Islam.17
Dalam kesempatan ini penulis akan mengutip sebuah hadis yang telah dicontohkan
Rasul saw, berkaitan dengan masalah Qishash yang diriwayatkan oleh Bukhari
dari Abu Bakhar, Rasulullah saw. bersabda:
16 Said Agil Husin, Hukum Islam dan Pluralitas Sosial (Jakarta: Penamadani, 2005), h. 19.
17 Ibid., h. 21.
انَثَّدح دبع ِنمحَّرلا نب كرابمْلا انَثَّدح داَّمح نب ديز انَثَّدح بوُّيَأ سنويو نع
ِنسحْلا نع فنحَأْلا ِنب ٍسيَق َلاَق تبهَذ رصنَأل اَذه َلجَّرلا يِنيقَلَف وبَأ َةرْكب َلاَقَف
نيَأ ديِرت تْلُق رصنَأ اَذه َلجَّرلا َلاَق عِجرا يِّنِإَف تعمس َلوسر هللا ىلص هللا هيَلع
143
Hadis ini menjelaskan bahwa apabila ada dua orang Muslim saling
bertengkar sehingga terjadi saling membunuh diantara keduanya, tanpa
hak-yang membolehkan keduanya untuk membunuh-maka keduanya masuk
ke dalam neraka baik yang terbunuh maupun yang membunuh, hal ini disebabkan
hanya persoalan waktu, siapa yang lebih cepat membunuh, jika yang membunuh
ini terlambat dia akan menjadi sasaran pembunuhan oleh yang terbunuh.
Hukuman bagi yang membunuh tanpa hak yaitu qishash yaitu dibunuh-
hilangnya nyawa-sama seperti ia menghilangkan nyawa orang lain. Inilah
seadil-adil hukuman yang telah Allah ajarkan kepada manusia, hal ini dapat
mendidik kita untuk takut membuhuh manusia tanpa hak, karena dengan
menghilangkan nyawa orang maka nyawa kita juga akan melayang. Dampak
edukatifnya yaitu penghargaan yang tinggi terhadap hak hidup manusia,
merupakan hak azasi yang harus kita jaga bersama. Islam sangat menjunjung
tinggi hak azasi manusia terlebih-lebih hak untuk hidup. Pendidikan diarahkan
agar peserta didik dapat menghargai dan saling menjaga dalam kebersamaan,
kesabaran tidak saling bermusuhan, dan menjaga akhlak mulia. Jangan sebab
yang sepele mereka saling membuhuh, seakan nyawa manusia tidak ada
harganya lagi, contohnya akibat tidak mau membayar uang parkir kenderaan
nyawa bisa melayang, atau perselisihan di rumah tangga mengakibatkan
istri menjadi korban.
d. Hadis Rasul saw. berkaitan dengan Ilmu Ekonomi
Sejarah kehidupan Nabi saw. yang dicatat para ahli menunjukan bahwa
ia merupakan seorang pedagang, yang banyak memberikan teladan bagaimana
aktivitas ekonomi dijalankan. Lebih dua puluh tahun beliau berdagang hingga
ملسو ُلوُقي اَذِإ ىَقتْلا ناملسمْلا امِهيَفيسِب ُلتاَقْلاَف ُلوتْقمْلاو يف ِراَّنلا تْلُقَف اي
َلوسر هللا اَذه ُلتاَقْلا امَف ُلاب ِلوتْقمْلا َلاَق هَّنِإ َناَك اصيِرح ىَلع ِلتَق هِبحاص18.
18 Artinya: Al-Ahnafi ibn Qais, dia berkata: aku telah berangkat untuk membela laki-
laki (Ali ibn Thalib) itu, lalu Abu Bakrah menemui aku maka dia berkata:”ke manakah kamu
berkehendak?” aku menjawab:”aku hendak membela laki-laki itu”. Ia berkata: “kembalilah
kamu, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:”apabila dua orang muslim
bertemu dengan pedang mereka, maka pembunuh dan yang dibunuh yaitu di neraka”. Aku
berkata: “wahai Rasullulah ini (untuk) pembunuh, maka apakah gerangan orang yang
dibunuh?” beliau bersabda: “sesunggunya ia (korban) yaitu bersih keras membunuh kawannya
(pembunuhnya)”. Hadis ini shahih, sanadnya tergolong syarif marfu’ dengan kualitas perawi
tsiqah, tsiqah hafiz dan tsiqah subut. serta sanadnya bersambung. al-Bukhari, shahih al-
Bukhari, juz 9, h. 9.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Sosial (Hadi WIdodo)
144
terkenal sampai ke Yaman, Syiria, Iraq, Yordania, dan kota-kota perdagangan
di jazirah Arab.19 Walaupun kita tidak menemukan teori-teori ekonomi, namun
lebih penting dari itu bagaimana sebuah aktivitas ekonomi itu dijalankan,
secara sederhana nabi Muhammad telah meletakan dasar-dasar moral, manajemen,
etos kerja yang mendahului zamannya. Prinsip bisnis modern, seperti tujuan
pelanggan, pelayanan yang unggul, kompetensi, efesiensi, transparansi, persaingan
yang sehat dan kompetitif, semuanya telah menjadi gambaran pribadi dan
etika bisnis beliau.20
Secara makro Nabi menjalankan ekonomi berdasarkan bimbingan Allah
di dalam Q.S. al-Jumu’ah/62: 10-11, menunjukkan bahwa untuk meningkatkan
ekonomi, kita harus bekerja keras, dengan cara-cara yang dibenarkan oleh Islam,
dan dengan tetap mengingat serta berdo’a kepada Allah swt., sang Pemberi
Rezeki. Dalam menjalankan usaha untuk mencari rezeki dilarang dengan
cara batil dengan menipu mencuri dan merugikan orang lain, sesuai dengan
Q.S. an-Nisa’/4: 29.
Dalam melaksanakan kegiatan ekonomi Allah mengajarkan kepada kita
untuk menjalankan manajemen atau administrasi dengan tepat, bertujuan
untuk memudahkan urusan dalam setiap kegiatan. Pelaksanaan yang sederhana
dengan mencatat segala transaksi muamalah (perdagangan) apabila dilakukan
tidak dengan cara tunai atau kredit.
Secara mikro instrumen ekonomi Islam yang dijalankan nabi Muhammad
saw. ketika itu yaitu masalah zakat, kharaj, jizyah dan wakaf. Dari instru-
ment ini penulis akan membahas berkaitan dengan hadis yang dikembangkan
oleh Rasul saw. berkenaan masalah zakat. Adapun yang menjadi dalil zakat
yaitu Q.S. al-Taubah/9: 103, Allah swt. memerintahkan untuk menunaikan
zakat: Ayat ini memerintahkan untuk megambil zakat dari harta orang-orang
muslim, yang berfungsi untuk membersihkan, selain itu untuk membantu
orang fakir agar tidak terjadi kesenjangan antara keduanya.
Zakat berasal dari kata zaka, yazki, zakata yang berarti mensucikan sesuatu
tumbuh dan berkembang.21 Menurut istilah zakat berarti nama dari benda
yang dikeluarkan baik dari harta atau pribadi dengan cara-cara yang telah
ditentukan. Dalam definisi yang lain zakat yaitu memilikkan sebagian dari
harta tertentu dengan bagian tertentu kepada pihak tertentu.22
19 K.H. Ali Yafie, Fiqh Perdagangan Bebas (Jakarta: Terjun, 2003), h. 11.
20 Azhari Akmal Tarigan, Dasar-dasar Ekonomi Islam (Bandung: Citapustaka Media,
2006), h. 211.
21 Lois Ma’luf, Al-Munjid fi al-Lughat wa al-A’lam (Libanon: Dar al-Masyriq, 1986), h. 303.
22 Wahbah al-Zuhaily, al-Fiqh al-Islami wa-Adillatuhu (Beirut: Dar al-Fikr, 1989), juz
1, h. 730.
145
Dalam hadis Rasulullah saw. yang lain diriwayatkan oleh Ibn Abbas ra.
tentang mengambil zakat dari orang kaya dan dikembalikan atas orang-orang
fakir dimanapun mereka berada.
انَثَّدح ُليعامسِإ َلاَق يِنَثَّدح كلام نب ٍسنَأ نع هِّمع يِبَأ ِليهس ِنب كلام نع
هيِبَأ هَّنَأ عمس َةحْلَط نب ديبع هللا ُلوُقي ءَاج ٌلجر ىَلِإ ِلوسر هللا ىلص هللا
هيَلع ملسو نم ِلهَأ دجن رئاَث ِسْأَّرلا عمسي ُّيِود هتوص اَلو هَقْفي ام ُلوُقي ىَّتح
اند اَذِإَف وه ُلَأسي نع ِماَلسِإْلا َلاَقَف ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو سمخ
تاوَلص يف ِمويْلا ةَليللاو َلاَقَف ْله َّيَلع اهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوَطت َلاَق ُلوسر
هللا ىلص هللا هيَلع ملسو مايصو َناضمر َلاَق ْله َّيَلع هريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ
عَّوَطت َلاَق رَكَذو هَل ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو َةاَكَّزلا َلاَق ْله َّيَلع
اهريَغ َلاَق اَل الِإ ْنَأ عَّوَطت َلاَق ربدَأَف ُلجَّرلا وهو ُلوُقي هللاو اَل ديِزَأ ىَلع اَذه
اَلو صُقنَأ َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو حَلْفَأ ْنِإ قدص23.
انَثَّدح دَّمحم نب ٍلتاَقم انربخَأ دبع هللا انربخَأ ءُاَّيِرَكز نب قاحسِإ نع ىيحي
ِنب دبع هللا ِنب ٍّيفيص نع يِبَأ دبعم ىَلوم ِنبا ٍساَّبع نع ِنبا ٍساَّبع يضر هللا
امهنع َلاَق َلاَق ُلوسر هللا ىلص هللا هيَلع ملسو ذاعمل ِنب ٍلبج ينح هَثعب ىَلِإ
ِنميْلا كَّنِإ يتْأتس اموَق َلهَأ ٍباتك اَذِإَف مهتْئِج مهعداَف ىَلِإ ْنَأ اودهشي ْنَأ اَل
23 Artinya: Dar Thalhah bin Ubaidillah bahwa seorang laki-laki nazed datang kepada
Rasulullah saw. dengan kepala penuh debu. Kami mendengar suaranya tapi tidak mengerti
apa yang diucapkanya sehingga ia mendekatkan diri kepada Rasululah saw. kemudian ia
menanyakan prihal Islam. Maka Rasulullah saw. bersabda: salat lima waktu dalam sehari
semalam. Kemudia ia kembali bertanya apakah ada lagi selain itu? Rasulullah pun menjawab:
tidak kecuali jika anda suka mengerjakan salat sunnat. Kemudian Rasulullah meneruskan
ucapanya dan puasa ramadhan. Orang itu bertanya lagi, adakah selain itu? Nabi menjawab
tidak kecuali jika anda suka berbuat sunnah. Kemudian Rasulullah menyebutkan dan zakat.
Orang itu bertanya lagi adakah selain itu Rasulullah menjawab, tidak kecuali jika anda suka
berbuat sunnah. Kemudian orang itu pergi dan berkata, demi Allah tidak akan kami tambah
dan kurangkan apa yang anda sebutkan itu. Maka Rasulullah saw. berabda: Dia pasti beruntung
jika dia menepati perkataannya. Hadis ini shahih, sanadnya syarif marfu’, dengan perawi
tsiqah, tsiqah hafiz dan tsiqah subut. al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, juz 1, h. 194.
Hadis-Hadis Tentang Ilmu-Ilmu Sosial (Hadi WIdodo)
146
Zakat dalam perekonomian modern saat ini mengalami perkembangan
yang cukup pesat, demikian juga dengan pengelolaannya. Saat ini zakat tidak
hanya menyangkut lima jenis yang telah disebut dalam khazana klasik, tapi
telah menyentu hal-hal baru seperti zakat profesi, zakat perusahaan, zakat
surat-surat berharga, zakat perdagangan mata uang, zakat hewan ternak yang
diperdagangkan, zakat madu dan produk hewan, zakat investor property, zakat
asuransi syariah, zakat usaha tanaman anggrek, sarang burung walet, ikan
hias, dan zakat sektor rumah tangga modern.25
Instrument ekonomi Islam yang kedua yaitu kharaj, secara bahasa bermakna
al-kara’ (sewa) dan ghullah (hasil). Kharaj merupakan sejenis pajak yang dikenakan
pada tanah atau sesuatu yang dikeluarkan dari hasil tanah pertanian atau sesuatu
yang dibebankan kepada bumi atau hasil bumi yang diduduki umat Islam, baik
dengan jalan perang maupun dengan jalan damai, sedangkan penduduknya
tetap memegang agama masing-masing.26 Instrument ini sampai sekarang
diterapkan oleh mayoritas Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk
mendapatkan devisa Negara bertujuan untuk kemakmuran bangsa.
ٍِِِِِ
هَلِإ الِإ هللا نَأو ادَّمحم ُلوسر هللا ْنِإَف مه اوعاَطَأ كَل كلَذِب مهرِبخَأَف نَأ هللا
دَق ضرَف مِهيَلع سمخ تاوَلص يف لُك ٍموي ةَليَلو ْنِإَف مه اوعاَطَأ كَل كلَذِب
مهرِبخَأَف نَأ هللا دَق ضرَف مِهيَلع ًةَقدص ُذخؤت نم مِهئايِنْغَأ ُّدرتَف ىَلع مِهئارَقُف
ْنِإَف مه اوعاَطَأ كَل كلَذِب كاَّيِإَف مئارَكو مِهلاومَأ ِقَّتاو َةوعد ِموُلْظمْلا هَّنِإَف سيَل
هنيب نيبو هللا باجح24.
24 Artinya diriwayatkan dari Muhammad ibn Muqatil kami mendengarnya dari Abdilah
dia mendengarnya dari Zakariyya ibn Ishaq dari Yahya ibn Abdillah ibn shaifiy dari Abu Ma’bad
Maula ibn Abbas dari ibn Abbas ra ia berkata: bawasanya Nabi saw. Mengutus Muaz ke Yaman
beliau bersabda: ájaklah mereka kepada persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan
sesungguhnya aku yaitu utusan Allah. Jika mereka mentaati hal itu, maka ajarkanlah mereka
bawasanya Allah telah memfardukan kepada mereka salat lima waktu dalam setiap hari dan
semalam. Jika mereka mentaatinya maka ajarkanlah kepada mereka bahwa Allah mamfardukan
atas mereka zakat didalam harta yang dipungut dari orang kaya mereka dan dikembalikan
atas orang-orang fakir miskin mereka. Jika mereka telah mengikuti, maka berhati-hatilah
terhadap kekayaan yang mereka anggab mulia. Dan takutlah terhadap doa orang yang teraniaya,
karena di antara dia dan Allah tak ada tabir.” Hadis ini shahih, sanad syarif marfu’ dari
Rasulullah saw. sebagian besar sanad tsiqah, sebagian yang lain tsi