Injil bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia. Lih. Injil di Da ar Is lah.
i4:17 singa: Kemungkinan Paulus memakai bahasa figura f ‘singa’ untuk menyebutkan pemerintah Romawi. “Terlepas dari mulut singa”
adalah suatu frasa yang dikenal baik oleh masyarakat Yahudi karena mereka sangat familier dengan kisah Daniel yang juga terlepas dari
mulut singa (Bc. Dan. 6).
j4:19 Akwila dan Priskila: Sepasang suami-istri yang berasal dar Pontus.Mengungsi dari Roma ke Korintus padawaktu pengejaran orang-
orang Yahudi oleh Kaisar Romawi saat itu, Claudius. Paulus nggal di rumahmereka pada perjalanan misinya yang kedua (Bc. Kis. 18:2-3)
yang menjadi tempat berkumpul para jemaat. Mereka juga yang mengajarkan Injil kepada Apolos sehingga ia bertobat. Dan, Lalu
mereka kembali ke Roma (Bc. Rom. 16:3-5).
k4:20 Erastus: Pembantu Paulus dalam pelayanannya (bersama dengan Timo us) pada perjalanan misi Paulus yang ke ga. Ia adalah
jemaat di Korintus dan menjabat sebagai bendahara negeri di Korintus (Bc. Kis. 19:22).
l4:20 Trofimus: Seorang Kristen non-Yahudi. Orang Yahudi dari Asia mencurigai Paulus membawanya masuk ke Bait Allah sehingga
menyebabkan huru-hara di Efesus (Bc. Kis. 21:27-32).
m4:21 Ebulus ... di sini:Mereka adalah saudara-saudara seiman yang ada di Roma.
SURAT PAULUS KEPADA
TITUS
1 •1 Maksud Titus di nggalkan di Kreta.•6 Syarat mereka yang dipilih untuk melayani.
•11 Pengajaran guru-guru jahat harus dihen kan;
•12 dan bagaimana seharusnya manusia hidup.
Salam untuk Titus
1Dari Paulusn, hamba Allah dan rasulo Kristus
Yesus, demi iman orang-orang pilihan Allah dan
pengetahuan akan kebenaran yang sesuai dengan
kesalehan, 2 di dalam pengharapan akan hidup kekal
oleh Allah yang dak pernah berdusta, yang sudah
dijanjikan sebelum permulaan zaman. 3Dan, pada
waktu-Nya, Ia telah menyatakan firman-Nya melalui
pemberitaan yang telah dipercayakan kepadaku sesuai
dengan perintah Allah, Juru Selamat kita.
4 Kepada Titus, anak yang sah di dalam iman kita
bersama.
Anugerah dan damai sejahtera dari Allah, Bapa,
dan Yesus Kristus, Juru Selamat kita.
Tugas-Tugas Titus untuk Memilih Penatua di Kreta
5 Karena alasan inilah aku meninggalkanmu
di Kretap, yaitu supaya kamu dapat menyelesaikan
apa yang masih perlu diatur dan mengangkat
penatua-penatua di se ap kota, seper yang aku
pesankan kepadamu, 6 jika ada orang yang dak
bercela, suami dari satu istri, mempunyai anak-anak
yang percayaq, dan dak dituduh karena hidup
dak bermoral atau memberontak. 7 Sebab, seorang
penilik jemaatr haruslah seseorang yang dak bercela
sebagai penatalayan Allahs, dak sombong, dan dak
cepat marah. Ia juga bukan seorang pemabuk, suka
berkelahi, atau serakah untuk mencari keuntungan.
8 Sebaliknya, suka memberi tumpangan, mencintai
apa yang baik, bijaksana, adil, saleh, dan menguasai
diri. 9 Ia berpegang teguh pada perkataan yang dapat
dipercaya, sesuai dengan pengajaran, sehingga ia
dapat memberikan nasihat menurut ajaran yang sehatt
itu dan menegur mereka yang membantahnya.
10 Sebab, ada banyak orang yang memberontak,
membualu, dan menipu, khususnya mereka yang
berasal dari kaum bersunatv. 11Mereka pantas ditutup
mulutnya karena mereka menyusahkan seluruh
keluarga dengan mengajarkan hal-hal yang seharusnya
dak mereka ajarkan demi mendapat keuntungan
yang memalukan. 12 Salah satu dari mereka, yaitu
nabi mereka sendiri, berkata, “Orang-orang Kreta
selalu menjadi pembohongw, binatang-binatang buas
yang jahat, pelahap yang malas.” 13 Kesaksian ini
benar. Karena itu, tegur mereka dengan keras supaya
mereka menjadi sehat di dalam iman. 14 Jangan
perha kan dongeng-dongeng orang Yahudi dan
perintah orang-orang yang berpaling dari kebenaran.
15 Bagi yang murni, semua adalah murni. Namun,
bagi mereka yang najis dan dak percaya, dak ada
satu pun yang murni, tetapi baik pikiran maupun
ha nurani mereka adalah najis. 16Mereka mengaku
mengenal Allah, tetapi dengan perbuatannya mereka
menyangkal Allah. Sebab, mereka menjijikkan, dak
taat, dan dak pantas melakukan perbuatan yang baik.
2 •1 Arahan diberikan kepada Titus tentang ajaran dan juga hidupnya.•10 Tentang tugas hamba dan tugas orang Kristen secara keseluruhan.
n1:1 Paulus: Sebelumnya bernama Saulus. Penginjil terbesar dan penulis 13 dari 27 kitab dalam Perjanjian Baru. Rasul yang dipilih oleh
Yesus Kristus untuk memberitakan Injil sesudah pertobatannya dalam perjalanan ke Damsyik (Bc. Kis. 9:19).
o1:1 rasul: Utusan Allah untuk mewartakan Injil dan melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Lih. Rasul di Da ar Is lah.
p1:5 Kreta: Satu pulau di Laut Tengah (100 km sebelah selatan Yunani). Dalam PB, orang-orang Kreta (Kretes) disebut di antara mereka
yang hadir pada hari Pentakosta.
q1:6 percaya: Percaya kepada Yesus Kristus.
r1:7 penilik jemaat: Bahasa aslinya adalah “episkopos”. Pada waktu itu, tuan rumah dari para jemaat yang beribadah di rumahnya
sehingga menjadi pengawas/penilik dalam pertemuan jemaat di sana. Di masa kini, jabatan ini berkembang menjadi penatua yang
melaksanakan tugas penggembalaan jemaat.
s1:7 penatalayan Allah: Seseorang yang dipercaya dengan pekerjaan-pekerjaan Tuhan, termasuk mengelola talenta dan karunia rohani
untuk melakukan tugas pelayanan bagi Tuhan.
t1:9 nasihat menurut ajaran yang sehat: Nasihat (ajaran dan teguran) yang didasarkan pada kesaksian para rasul yang mula-mula
mengenai karya keselamatan Yesus Kristus. Ajaran seper itu akan memimpin seseorang pada cara hidup yang membawa hormat dan
kemuliaan bagi Kristus dan menjadi berkat-berkat rohani bagi yang menerimanya. Lihat juga Tit. 1:13 dan 2:1.
u1:10 pembual: Orang yang mengucapkan kata-kata yang sia-sia dan kosong untuk menyombongkan diri.
v1:10 kaum bersunat: Yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi. Lih. Sunat di Da ar Is lah.
w1:12 pembohong:Orang-orang Kreta sudah terkenal sebagai pembohong. Ada cerita dongengmereka, yaitu seorang tokohmasyarakat
Kreta meninggal, lalu menjadi Allah. Jadi, mereka mengatakan bahwa Allah adalah orang Kreta.
1172 TITUS 2.1–3.11
Ajaran yang Benar
1Akan tetapi, kamu, katakanlah hal-hal yang
sesuai dengan ajaran sehatx. 2 Laki-laki yang lebih
tua agar menahan dirinyay, terhormat, menguasai
diriz, serta sehat di dalam iman, di dalam kasih, dan di
dalam ketabahana.
3 Juga, wanita -wanita yang lebih
tua agar menjadi orang-orang terhormat dalam
ngkah lakunyab, bukan pemfitnah atau hamba
dari banyak anggur, tetapi ajarkanlah apa yang
baik. 4Dengan demikian, mereka dapat menasiha
wanita -wanita muda untuk mengasihi
suami dan anak-anak mereka, 5menguasai diri, suci,
mengurus urusan rumah tangga, baik, dan tunduk
pada suami mereka sendiri sehingga firman Allah dak
dihujat.
6 Begitu juga, nasiha lah orang-orang muda
agar dapat menguasai diri. 7Dalam segala hal,
jadikan dirimu teladan dari perbuatan baik. Di dalam
pengajaranmu, tunjukkan kejujuran dan kewibawaan,
8 dan perkataan benar yang dak dapat dicela sehingga
para lawan akan menjadi malu karena dak dapat
mengatakan hal yang buruk tentang kita.
9Hamba-hamba agar tunduk kepada tuan-tuan
mereka dalam segala hal, yaitu menyenangkan mereka
dan jangan membantah. 10 Jangan menggelapkanc,
tetapi tunjukkan segala iman yang baik supaya dalam
segala hal mereka dapat menjadi perhiasand bagi
ajaran Allah, Juru Selamat kita.
11 Sebab, anugerah Allah sudah nyata, membawa
keselamatan bagi semua orang, 12 yang menuntun
kita untuk menolak kefasikane ataupun hawa nafsu
duniawi, dan untuk hidup menguasai diri, adil,
dan saleh di zaman sekarang ini, 13 sementara kita
menan kan pengharapan yang penuh berkat dan
kedatangan kemuliaan Allah Yang Mahabesar dan
Juru Selamat kita, Yesus Kristusf. 14 Ia memberikan
diri-Nya sendiri bagi kita untuk menebus kita dari
semua perbuatan jahat dan untuk menyucikan bagi
diri-Nya sendiri, suatu umat pilihan-Nya yang giat
dalam perbuatan baik.
15 Beritahukanlah semua ini. Nasiha dan
tegurlah dengan segala kewibawaan. Jangan ada orang
yang menghina kamu.
3 •1 Titus Lalu dibimbing oleh Paulus, baik mengenai hal-hal yang harusdiajarkan dan yang dak boleh diajarkan.
•10 Dia harus menjauhi bidat yang keras kepala.
•12 Dia menentukan waktu dan tempat dia harus datang kepadanya.
Cara Hidup yang Benar
1 Ingatkan mereka agar tunduk kepada
pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa,
taat dan siap dalam se ap perbuatan baik, 2 dak
memfitnah siapa pun, dak bertengkar, ramah, serta
menunjukkan kelemahlembutan dalam segala sesuatu
kepada semua orang.
3 Sebab, dahulu, kita juga bodoh, dak taat,
tersesat, hamba dari berbagai nafsu dan kesenangan,
menghabiskan hidup kita dalam kejahatan dan
kedengkian, dibenci orang lain, dan membenci satu
terhadap yang lain. 4Akan tetapi, ketika kemurahan
dan kasih Allah, Juru Selamat kita, dinyatakan,
5 Ia menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan
kebenaran yang kita lakukan, melainkan sesuai dengan
belas kasihan-Nya, melalui permandian kelahiran
kembali dan pembaruan Roh Kudusg, 6 yang telah Ia
curahkan atas kita dengan melimpah, melalui Kristus
Yesush, Juru Selamat kita. 7Dengan demikian, sesudah
kita dibenarkan oleh anugerah-Nya, kita dapat menjadi
ahli waris sesuai dengan pengharapan akan hidup yang
kekal. 8 Perkataan ini dapat dipercaya.
Dan, tentang ini aku mau kamu sungguh-sungguh
yakin sehingga mereka yang sudah percaya kepada
Allah dapat sungguh-sungguh melakukan perbuatan
baik. Hal-hal ini baik dan bermanfaat bagi semua
orang.
9Akan tetapi, hindarilah perdebatan-perdebatan
bodoh, silsilah-silsilah, perselisihan, dan pertengkaran
tentang Hukum Taurati karena itu dak berguna dan
sia-sia. 10 Peringatkan para penyesat itu satu atau dua
kali, sesudah itu jauhilah mereka. 11 Kamu tahu bahwa
orang-orang seper itu sesat dan penuh dosa karena
mereka akan menghukum diri mereka sendiri.
x2:1 ajaran sehat: Ajaran yang didasarkan pada kesaksian para rasul yang mula-mula mengenai karya keselamatan Yesus Kristus. Ajaran
yang akan memimpin seseorang pada cara hidup yang membawa hormat dan kemuliaan bagi Kristus dan menjadi berkat-berkat rohani
bagi yang menerimanya (Bc. Tit. 1:13).
y2:2 menahan diri:Menahan diri dari minum anggur yang menyebabkan mabuk.
z2:2 menguasai diri: Berpikir dengan akal sehat, bijaksana.
a2:2 ketabahan: Sikap ha yang menunjukkan kesabaran dan kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi masalah.
b2:3 terhormat ... lakunya: Tingkah laku terhormat ditunjukkan dengan perilaku yang taat beribadah (saleh).
c2:10 jangan menggelapkan:Maksudnya, jangan mencuri atau menyelewengkan uang tuannya.
d2:10 menjadi perhiasan:Membuat orang lain tertarik dan datang kepada Allah.
e2:12 kefasikan: Ke dakhormatan kepada Allah. Lih. Fasik di Da ar Is lah.
f2:13 kedatangan kemuliaan ... Yesus Kristus: Atau, kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali mencerminkan kemuliaan Allah. Dan, Ia
adalah Penyelamat kita.
g3:5 Roh Kudus: Berar juga Roh Allah, Roh Yesus, Roh Penghibur. Pelaksana kehendak Allah di bumi. Lih. Roh Kudus di Da ar Is lah.
h3:6 Yesus: Anak Manusia (Bc. Yes. 40:11; Yeh. 34:23; 37:24). Juru Selamat umat manusia.
i3:9 Hukum Taurat: HukumMusa. Lih. Hukum Taurat di Da ar Is lah.
TITUS 3.12–15 1173
Petunjuk Terakhir dan Salam
12 ketika aku mengutus Artemasj atau Tikhikusk
kepadamu, berusahalah untuk datang kepadaku di
Nikopolisl karena aku memutuskan untuk nggal di
sana selama musim dingin. 13Dengan sekuat tenaga,
bantulah Zenasm, ahli hukum itu, dan Apolosn dalam
perjalanan mereka. Pas kan mereka dak kekurangan
suatu apa pun. 14 Biarlah orang-orang kitao juga
belajar untuk sungguh-sungguh melakukan pekerjaan
baik supaya mereka dapat memenuhi kebutuhan
hidup mereka sehari-hari. Dengan demikian, hidup
mereka jangan sampai dak berbuah.
15 Semua orang yang bersamaku menyampaikan
salam untukmu. Sampaikan salamku kepada mereka
yang mengasihi kami di dalam iman.
Anugerah menyertai kamu semuap.
[[ayt.co/Tit]]
j3:12 Artemas: Teman sekerja rasul Paulus. Namanya termasuk ke dalam da ar “tujuh puluh murid” Yesus Kristus. Disebutkan hanya
sekali di Alkitab.
k3:12 Tikhikus: Salah satu rekan Paulus pada perjalanan misinya yang terakhir ke Yerusalem (Bc. Kis. 20:4-5). Disebutkan pula bahwa
Tikhikus yang membawakan surat-surat Paulus untuk jemaat-jemaat di Kolose dan Efesus.
l3:12 Nikopolis: Kota ini merupakan kota yang terletak di tempat yang memadai bagi Paulus untuk nggal selama satu musim dingin.
Letak geografisnya juga cocok sebagai pilihan tempat untuk bertemu dengan Titus.
m3:13 Zenas: Ia adalah seorang ahli hukum (nomikos). Nomikos di sini dak berar “ahli dalam Taurat”. Zenas mungkin ahli hukum
Romawi karena nomikos dipakai untuk ahli-ahli hukum atau notaris. Ia menemani Apolos dan Titus membekali serta membantu mereka.
n3:13 Apolos: Rekan pelayanan Paulus. Ia adalah penduduk Aleksandria. Mungkin yang dimaksud adalah perjalananmenuju Aleksandria
melalui Kreta.
o3:14 orang-orang kita: Orang-orang percaya yang ada di Kreta.
p3:15 kamu semua:Menunjukkan bahwa Paulus tahu bahwa surat ini bukan hanya akan dibaca oleh Titus.
SURAT PAULUS KEPADA
FILEMON
1 •1 Paulus bersukacita mendengar tentang iman dan kasih Filemon, yangdia kehendaki untuk mengampuni hambanya Onesimus, dan dengan kasih
menerima dia lagi.
Salam untuk Filemon
1 Salam dari Paulus, orang yang dipenjara karena
Yesus Kristus, dan dari Timo us, saudara seiman kita,
kepada Filemon, sahabat dan rekan pelayan
yang kami kasihi, 2 dan kepada Apfiaq, saudari kita,
serta kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita, dan
kepada jemaat yang bersekutu di rumahmu.
3Anugerah dan damai sejahtera bagimu dari
Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus.
Ucapan Syukur atas Iman dan Kasih Filemon
4Aku selalu bersyukur kepada Allahku ketika
mengingatmu dalam doa-doaku. 5 Sebab, aku
mendengar tentang kasih dan imanmu kepada
Tuhan Yesus dan kepada semua orang kudusr. 6Aku
berdoa agar persekutuan imanmus bermanfaat bagi
penger an penuh akan se ap hal baik yang ada pada
kita demi Kristus. 7 Sebab, aku sangat bersukacita dan
terhibur oleh kasihmu karena ha orang-orang kudus
disegarkan kembali olehmu, Suadara.
Permohonan Paulus Mengenai Onesimus
8 Karena itu, meskipun aku memiliki keyakinan
di dalam Kristus untuk memerintahmu melakukan
apa yang pantas, 9 tetapi karena kasih, aku lebih baik
meminta kepadamu. Aku, Paulus -- yang sudah tua,
dan sekarang menjadi orang yang dipenjara karena
Kristus Yesus -- 10memohon kepadamu untuk anakkut,
Onesimus, yang aku dapatkan selama aku dipenjara,
11 yang dahulu dak berguna bagimu, tetapi sekarang
sangat bergunau, baik bagimu maupun bagiku.
12Aku mengutus dia kembali kepadamu, yaitu
buah ha ku, 13 yang aku harap bisa menahannya untuk
nggal bersamaku supaya ia bisa menggan kanmu
melayaniku selama aku dipenjarakan karena Injil.
14Namun, tanpa persetujuanmu, aku dak mau
melakukan apa pun supaya kebaikan itu dak kamu
lakukan dengan terpaksa, melainkan dengan sukarela.
15Mungkin untuk alasan inilah Onesimus
dipisahkan darimu untuk sementara waktu, supaya
kamu memilikinya kembali untuk selamanya, 16 tetapi
bukan lagi sebagai budak, melainkan lebih dari itu,
yaitu sebagai saudara yang terkasih, terutama bagiku,
terlebih lagi bagimu, baik di dalam dagingvmaupun di
dalam Tuhan.
17 Jadi, jika kamu menganggap aku sebagai rekan
sepelayanan, terimalah Onesimus seper menerima
aku sendiri. 18 Jika ia telah bersalah kepadamu, atau
berutang apa pun kepadamu, tanggungkanlah itu
kepadaku. 19Aku, Paulus, menulis ini dengan tanganku
sendiri: aku akan melunasinya -- tanpa menyebut
apa pun tentang utangmu kepadaku, yaitu hidupmu
sendiri. 20 Ya Saudaraku, biarlah aku mendapat
manfaat darimu di dalam Tuhan. Segarkanlah ha ku
di dalam Kristus. 21 Karena yakin akan ketaatanmu,
aku menulis surat ini kepadamu. Aku tahu kamu akan
melakukan lebih daripada yang aku minta.
22 Sementara itu, tolong siapkan kamar untukku
karena aku berharap melalui doa-doamu, aku akan
dikembalikan lagi kepadamu.
Salam Terakhir
23 Epafras, temanku dalam penjara karena
Kristus Yesus, mengirimkan salam untukmu, 24 juga
Markus, Aristarkhus, Demas, dan Lukas, rekan-rekan
sepelayananku.
25Anugerah dari Tuhan kita, Yesus Kristus,
kiranya menyertai rohmu.
[[ayt.co/Flm]]
q1:2 Apfia: Salah satu anggota keluarga dalam rumah tangga Filemon.
r1:5 orang kudus: Orang yang telah disucikan dalam darah Kristus.
s1:6 persekutuan imanmu: Persekutuan orang-orang percaya dalam Kristus.
t1:10 anakku:Maksudnya adalah anak rohani.
u1:11 yang dahulu ... sangat berguna: Di sini, Paulus menggunakan permainan kata karena kata “onesimus” memiliki ar “sangat
berguna”.
v1:16 di dalam daging:Maksudnya adalah sebagai sesama manusia atau saudara.
SURAT KEPADA ORANG
IBRANI
1 •1 Kristus dalam masa-masa akhir ini datang kepada kita dari Bapa,•4 dipilih dari antara malaikat, diri dan jabatan.
Allah Telah Berbicara Melalui Anak-Nya
1 sesudah di masa yang lampau, Allah berulang
kali berbicara kepada nenek moyang kita melalui para
nabiw, 2 pada hari-hari terakhir ini, Allah berbicara
kepada kita melalui Anak-Nya yang telah dipilih-Nya
untuk menjadi Pewaris atas segala sesuatu, yang
melalui-Nya juga Allah menciptakan alam semesta.
3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambaran
yang sempurna dari sifat-Nya, Ia pula yang menopang
segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya. Sesudah
melakukan penyucian dosa-dosax, Ia duduk di sebelah
kanany Yang Mahabesar di tempat nggi,z 4 sehingga
Ia menjadi jauh lebih nggi daripada para malaikat
sebab Ia mewarisi nama yang lebih nggi daripada
nama mereka.
5 Sebab, pernahkah Allah berkata kepada
malaikat,
“Engkau adalah Anak-Ku.
Pada hari ini, Aku telah menjadi Bapa-Mu”?
Mazmur 2:7
Atau, pernahkah Ia berkata tentang mereka,
“Aku akan menjadi Bapa bagi-Nya,
dan Ia akan menjadi Anak-Ku.”? 2 Samuel 7:14
6Akan tetapi, ketika Allah memperkenalkan Anak
sulung-Nya kepada dunia, Ia berkata,
“Biarlah seluruh malaikat Allah menyembah Dia.”
Ulangan 32:43
7 Tentang para malaikat, Allah berkata,
“Ia membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi angin,
pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api.”
Mazmur 104:4
8 Sedangkan tentang Anak-Nya, Ia berkata,
“Takhta-Mu, ya Allah, akan ada selama-lamanya.
Tongkat kebenaran adalah tongkat Kerajaan-Mu.
9 Engkau mencintai kebenaran dan membenci
kejahatan.
Karena itu, Allah, yaitu Allah-Mu, telah mengurapia
Engkau dengan
minyak sukacita melebihi sahabat-sahabat-
Mu.” Mazmur 45:6-7
10Dan lagi,
“Engkau, Tuhan, pada mulanya Engkau telah
meletakkan dasar bumi,
dan langit adalah buatan tangan-Mu.
11 Bumi dan langit akan lenyap, tetapi Engkau akan
tetap ada.
Bumi dan langit akan usang seper pakaian.
12 Seper jubah Engkau akan melipatnya,
dan seper pakaian, mereka akan digan .
Akan tetapi, Engkau dak akan berubah,
dan tahun-tahun-Mu dak akan pernah
berakhir.” Mazmur 102:25-27
13Dan, kepada malaikat yang mana, Allah pernah
berkata seper ini,
“Duduklah di sebelah kanan-Ku
sampai Aku meletakkan musuh-musuh-Mu di
bawah kuasa-Mu”? Mazmur 110:1
14 Bukankah malaikat adalah roh-roh yang melayani,
yang diutus untuk menolong orang-orang yang akan
menerima keselamatan?
2 •1 Kita harus taat kepada Kristus Yesus;•5 dan karena Dia rela untuk menjadi serupa dengan kita;
•14 seper yang diperlukan.
Keselamatan Besar
1 Karena itu, kita harus lebih teli memperha kan
apa yang sudah kita dengar supaya kita dak terseret
arus. 2 Sebab, bila ajaran yang disampaikan oleh para
malaikat terbuk dak dapat diubah, dan se ap
pelanggaran atau ke daktaatan akan menerima
hukuman yang adil, 3 bagaimana mungkin kita
dapat lolos jika kita mengabaikan keselamatan yang
besar itu? Yaitu, keselamatan yang pertama-tama
diberitakan oleh Tuhan, dan dibuk kan kebenarannya
kepada kita oleh orang-orang yang mendengar-Nya
w1:1 nabi: Lih.Nabi di Da ar Is lah.
x1:3 melakukan penyucian dosa-dosa:Merujuk pada kema an-Nya di kayu salib.
y1:3 sebelah kanan: Tempat kehormatan dan otoritas (kekuasaan).
z1:3 tempat nggi: Di tempat Allah bertakhta, yaitu di surga.
a1:9 mengurapi:Menuangkan minyak ke atas kepala orang yang dipilih Allah sebagai tanda bahwa Ia berkenan kepada orang tersebut.
1176 IBRANI 2.4–3.5
4 Selain itu, Allah juga memberi kesaksian melalui
tanda-tanda dan hal-hal ajaib, berbagai mukjizatb serta
karunia-karunia Roh Kudus yang dibagikan menurut
kehendak-Nya.
Yesus Menjadi Sama seper Manusia
untuk Menyelamatkan Manusia
5Allah dak menaklukkan dunia yang akan
datang, yaitu dunia yang sedang kita bicarakan, kepada
para malaikat 6Namun, ada satu orang yang telah
memberi kesaksian dalam sebuah nas:
“Siapakah manusia sehingga Engkau
memikirkannya?
Siapakah anak manusiac sehingga Engkau
memedulikannya?
7Untuk sesaat, Engkau membuatnya lebih rendah
daripada malaikat;
Engkau memahkotainya dengan kemuliaan
dan hormat.
8 Engkau menaklukkan segala sesuatu di bawah
kakinya.” Mazmur 8:5-7
Sebab, dengan menaklukkan segala sesuatu di bawah
kaki-Nya, maka Allah dak membiarkan sesuatu pun
yang dak takluk kepada-Nya. Akan tetapi, sekarang
kita belum melihat segala sesuatu takluk kepada-Nya.
9Namun, kita telah melihat Yesus yang untuk
sementara dibuat lebih rendah daripada para malaikat,
yaitu Yesus yang dimahkotai dengan kemuliaan dan
hormat karena telah menderita kema an supaya oleh
anugerah Allah, Ia dapat merasakan kema an bagi
semua orang.
10 Sudah selayaknya Ia -- yang bagi Dia dan
melalui Dia segala sesuatu ada -- menyempurnakan
Perin s Keselamatand anak-anak-Nya melalui
penderitaan, untuk membawa mereka kepada
kemuliaan.
11 Sebab, baik Ia yang menyucikan maupun
mereka yang disucikan, semuanya berasal dari satu
Bapa; itulah sebabnya Yesus dak malu menyebut
mereka sebagai saudara-saudara-Nya 12 dengan
berkata:
“Aku akan menyatakan nama-Mu kepada
saudara-saudara-Ku.
Di tengah-tengah seluruh umat-Mu,
Aku akan menyanyikan pujian bagi-Mu.”
Mazmur 22:23
13Dan lagi:
“Aku akan menaruh keyakinan-Ku kepada Allah.”
Yesaya 8:17
Dan lagi,
“Inilah Aku, beserta anak-anak yang telah diberikan
Allah kepada-Ku.” Yesaya 8:18
14 Karena anak-anak itu adalah manusia
yang memiliki darah dan daging, maka Yesus juga
mengambil bagian dalam keadaan mereka supaya
melalui kema an-Nya, Ia dapat membinasakan
dia yang memiliki kuasa atas kema an, yaitu Iblis.
15Dan, membebaskan mereka yang seumur hidupnya
diperbudak oleh ketakutan akan kema an. 16 Jadi,
jelaslah bahwa Ia dak memberi pertolongan kepada
para malaikat, tetapi kepada keturunan Abrahame.
17 Karena itu, dalam segala hal Yesus harus menjadi
seper saudara-saudara-Nya, supaya Ia dapat menjadi
Imam Besar* yang penuh belas kasihan dan se a
dalam pelayanan kepada Allah. Dengan demikian, Ia
dapat membawa penebusan atas dosa-dosa umat.
18 Sebab, Yesus sendiri menderita ketika dicobai, maka
Ia dapat menolong mereka yang sedang dicobai.
3 •1 Kristus lebih mulia daripada Musa;•7 karena itu jika kita dak percaya kepada-Nya, kita akan mendapat
penghakiman yang lebih besar daripada orang Israel yang keras ha .
Yesus Lebih Besar daripada Musa
1 Karena itu, saudara-saudara yang kudus,
kamu yang memiliki bagian dalam panggilan surgawi,
pandanglah Yesus, Sang Rasulf dan Imam Besarg
pengakuan kita, 2 yang se a kepada Dia yang telah
menetapkan-Nya, sama seper Musah yang se a
dalam seluruh rumah-Nyai. 3 Sebab, Yesus dianggap
layak untuk mendapat kemuliaan yang lebih besar
daripada Musa, seper halnya seorang pembangun
rumah yang mendapat kehormatan lebih besar
daripada rumah itu sendiri. 4 (Sebab, se ap rumah
dibangun oleh seseorang, tetapi Pembangun dari
segala sesuatu adalah Allah). 5Musa se a dalam
seluruh rumah Allah sebagai seorang pelayan, untuk
memberi kesaksian kepada hal-hal yang akan dikatakan
b2:4 mukjizat: Lih.Mukjizat di Da ar Is lah.
c2:6 anak manusia:: Lih. Anak Manusia di Da ar Is lah.
d2:10 Perin s Keselamatan: Yesus Kristus
e2:16 Abraham: Lih. Abraham di Da ar Is lah.
f3:1 Rasul: Lih. Rasul di Da ar Is lah.
g3:1 Imam Besar: Lih. Imam Besar di Da ar Is lah.
h3:2 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.
i3:2 rumah Allah: Yang dimaksudkan adalah umat Allah.
IBRANI 3.6–4.10 1177
di Lalu hari. 6Namun, Kristus se a sebagai Anak
dalam rumah Allah, yaitu kita, jika kita tetap berpegang
teguh pada keyakinan dan pengharapan yang kita
banggakan sampai akhir.
Teruslah Mengiku Allah
7 Karena itu, seper yang Roh Kudus katakan,
“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
8 janganlah keraskan ha mu seper dalam
pemberontakan
yang kamu lakukan pada hari pencobaan di
padang gurun,
9 yaitu ketika nenek moyangmu mencobai Aku dan
melihat perbuatan-perbuatan-Ku selama
empat puluh tahun.
10 Sebab itulah Aku marah kepada generasi itu dan
berkata,
‘Ha mereka selalu sesat dan mereka dak
menger jalan-jalan-Ku.’
11 Jadi, Aku bersumpah dalam amarah-Ku:
‘Mereka dak akan masuk ke tempat
perhen an-Ku.’” Mazmur 95:7-11
12 Berha -ha lah Saudara-saudara, janganlah
ada di antara kamu yang memiliki ha yang jahat
dan yang dak percaya, yang membuatmu berpaling
dari Allah yang hidup.j 13 Sebaliknya, nasiha lah satu
dengan yang lain se ap hari, selama masih ada yang
disebut “hari ini”k supaya dak ada di antaramu
yang dikeraskan oleh pu daya dosa. 14 Kita telah
mengambil bagian di dalam Kristus, jika kita berpegang
teguh pada keyakinan kita yang semula sampai pada
akhirnya. 15 Seper tertulis,
“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
janganlah keraskan ha mu seper dalam
pemberontakan.” Mazmur 95:7b-9
16 Siapakah orang-orang yang telah mendengar
suara Allah, tetapi memberontak? Bukankah mereka
semua yang keluar dari Mesir di bawah kepemimpinan
Musal? 17Dan, kepada siapakah Allah marah selama
empat puluh tahun? Bukankah kepada mereka yang
berbuat dosa sehingga mayat mereka bergelimpangan
di padang gurun? 18Dan, kepada siapakah Allah
bersumpah bahwamereka dak akan pernah masuk ke
tempat perhen an-Nya, kalau bukan kepada mereka
yang dak taat? 19 Jadi, kita melihat bahwa mereka
dak dapat masuk karena ke dakpercayaan mereka.
4 •1 Sisa orang Kristen didapatkan melalui iman.•12 Kuasa firman Allah.
•14 Melalui imam besar kita Yesus, Anak Allah,
•16 kita boleh menghadap takhta kasih karunia dengan berani.
Janji untuk Masuk ke Tempat Perhen an Allah
1Oleh karena itu, selama janji untuk masuk
ke tempat perhen an-Nya masih berlaku, biarlah
kita merasa takut, kalau-kalau ada di antara kita
yang gagal mendapatkan janji itu. 2Memang betul,
kabar baik telah diberitakan kepada kita, seper juga
telah diberitakan kepada mereka, tetapi berita yang
mereka dengar itu dak menguntungkan mereka
karena dak disatukan dengan iman orang-orang
yang mendengarkannya. 3 Karena kita yang percaya,
akan masuk ke tempat perhen an itu, seper yang
dikatakan-Nya,
“Aku bersumpah dalam amarah-Ku:
‘Mereka dak akan pernah masuk ke tempat
perhen an-Ku,’” Mazmur 95:11
meskipun pekerjaan Allah sudah selesai sejak
penciptaan dasar dunia ini. 4 Sebab, dalam sebuah
nasm, Allah berbicara demikian tentang hari ketujuh,
“Pada hari ketujuh, Allah berhen dari semua
pekerjaan-Nya.” 5Akan tetapi, seper yang telah
dikatakan Allah, “Mereka dak akan masuk ke tempat
perhen an-Ku.”n
6 Jadi, masih ada kemungkinan untuk sebagian
orang masuk ke tempat perhen an, dan ada sebagian
orang yang sebelumnya telah mendengar kabar baik,
tetapi gagal masuk karena ke daktaatan mereka.
7 Jadi, sekali lagi Allah menetapkan satu hari tertentu,
yang disebut “hari ini”, yang telah dikatakan melalui
Daudo jauh hari sebelumnya,
“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
janganlah keraskan ha mu seper dalam
pemberontakan.” Mazmur 95:7-8
8 Sebab, jika Yosuap sudah memberi mereka tempat
perhen an, maka Allah dak akan lagi berbicara
tentang suatu hari lain di Lalu hari. 9 Jika
demikian, maka masih ada perhen an pada hari
Sabat untuk umat Allah. 10Untuk mereka yang telah
masuk ke tempat perhen an Allah, mereka juga telah
j3:12 berpaling dari Allah yang hidup:Murtad, undur dari kepercayaan kepada Allah.
k3:13 hari ini: Kata-kata yang diambil dari ay. 7, yang berar pen ng untuk melakukannya sekarang, selama masih ada kesempatan.
l3:16 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.
m4:4 suatu tempat:: Dapat diar kan sebagai bagian dalam Kitab Suci. Bc. Kej. 2:2.
n4:5 Bc. Mzm. 95:11.
o4:7 Daud: Lih. Daud di Da ar Is lah.
p4: 8 Yosua: Anak laki-laki Nun, penggan Musa yang memimpin bangsa Israel dalam merebut tanah Kanaan (bc. Kel. 17:9-10; 33:11).
1178 IBRANI 4.11–5.14
beris rahat dari pekerjaannya, seper yang Allah
lakukan dari pekerjaan-Nya. 11 Karena itu, marilah
kita berjuang untuk masuk ke tempat perhen an itu,
sehingga tak seorang pun jatuh karena mengiku
contoh ke daktaatan yang sama.
12 Sebab, firman Allah itu hidup dan berkuasa,
dan lebih tajam daripada pedang bermata dua mana
pun. Firman itu menusuk jauh sampai memisahkan
jiwa dan roh, antara sendi dan tulang sumsum, serta
sanggup menilai pikiran dan kehendak ha kita.
13 Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi dari
pandangan-Nya. Sebaliknya, segala sesuatu telanjang
dan tak tersembunyi dari mata-Nya. Kepada-Nyalah
kita harus memberi pertanggungjawaban atas semua
yang kita lakukan.
Yesus Kristus adalah Imam Besar Kita
14 Karena kita mempunyai Imam Besar Agung
yang sudah naik ke surga, yaitu Yesus, Anak Allah,
marilah kita terus berpegang teguh pada pengakuanq
kita. 15 Sebab, kita dak memiliki Imam Besar yang
dak dapat memahami kelemahan-kelemahan kita,
tetapi kita memiliki Imam Besar yang telah dicobai
dalam segala hal, sama seper kita, tetapi Ia dak
berdosa. 16 Karena itu, dengan keyakinan, marilah
kita datang menghampiri takhta anugerah supaya kita
menerima belas kasihan dan menemukan anugerah
untuk menolong kita, ketika kita membutuhkannya.
5 •1 Kehormatan keimaman Juru Selamat kita.•11 Kelambanan dalam mengetahui hal itu dikri k.
1 Sebab, se ap imam besarr yang dipilih dari
antara manusia ditunjuk untuk menjadi wakil manusia
dalam hal-hal yang berkenaan dengan Allah, supaya ia
mempersembahkan pemberiansdan kurban-kurban
atas dosa-dosa. 2 Karena imam besar juga penuh
dengan kelemahan, maka ia juga dapat bersikap
lembut terhadap orang-orang yang dak memiliki
pengetahuant dan mudah tersesat. 3 Itu sebabnya, ia
wajib mempersembahkan kurban penghapusan dosa,
bukan hanya untuk umat, tetapi juga untuk dirinya
sendiri.
4 Tidak ada imam besar yang dapat mengambil
kehormatan ini untuk dirinya sendiri, ia hanya
menerimanya ketika ia dipanggil oleh Allah,
seper halnya Harun. 5Demikian juga Kristus dak
memuliakan diri-Nya sendiri untuk menjadi seorang
Imam Besar, tetapi oleh Dia yang berkata kepada-Nya,
“Engkau adalah Anak-Ku.
Pada hari ini Aku telah menjadi Bapa-Mu.”
Mazmur 2:7
6Di bagian lainu Ia juga berkata,
“Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya,
menurut peraturan Melkisedekv.” Mazmur
110:4
7Dalam hidupnya sebagai manusia, Yesus
mempersembahkan doa maupun permohonan
dengan ratapan dan air mata, kepada Dia yang dapat
menyelamatkan-Nya dari kema an. Dan, Ia didengar
karena kesalehan-Nya. 8Walaupun Yesus adalah
Anak, tetapi Ia belajar untuk taat melalui penderitaan
yang dialami-Nya. 9Dengan sesudah disempurnakan,
Ia menjadi sumber keselamatan kekal bagi semua
orang yang taat kepada-Nya, 10 dan Ia telah dipanggil
oleh Allah sebagai Imam Besar sesuai peraturan
Melkisedek.
Melangkah Menuju Kedewasaan Rohani
11Ada banyak yang dapat dikatakan tentang hal
iniw. Akan tetapi, sulit untuk menjelaskannya karena
kamu sudah menjadi lamban untuk mendengar.x
12 Sebab, sekalipun saat ini kamu seharusnya sudah
menjadi pengajar, tetapi ternyata kamu masih
membutuhkan seseorang untuk mengajarimu lagi
tentang prinsip-prinsip dasar mengenai firman Allah.
Kamu masih membutuhkan susuy, bukan makanan
yang padatz. 13 Sebab, orang yang hidup dari susu
adalah orang yang belum berpengalaman dalam
memahami ajaran tentang kebenaran, ia masih
bayi. 14Akan tetapi, makanan padat adalah untuk
orang-orang yang sudah dewasa, yaitu mereka yang
sudah mela h indera mereka untuk membedakan apa
yang baik dan yang jahat.
6 •1 Dia menasiha agar dak mundur dari iman;•11 tetapi untuk se a,
•12 rajin, dan sabar menan kan Allah;
•13 karena Allah sungguh pas dengan janji-Nya.
q4:14 pengakuan: Pengakuan iman.
r5:1 imam besarLih.: Imam Besar di Da ar Is lah.
s5:1 pemberian: persembahan.
t5:2 dak memiliki pengetahuanOrang-orang yang dak sadar telah melakukan dosa karena dak mengetahui hukum Allah.
u5:6 bagian lain: Dapat diar kan sebagai bagian lain dalam Kitab Suci.
v5:6 Melkisedek: Lih.Melkisedek di Da ar Is lah.
w5:11 hal ini: Hal tentang kedudukan Yesus sebagai imam besar.
x5:11 lamban untuk mendengar: Sulit menger .
y5:12 susu: Ajaran Firman yang sederhana.
z5:12 makanan yang padat: Pengajaran Firman yang lebih dalam.
IBRANI 6.1–7.3 1179
1 Karena itu, mari kita nggalkan pengajaran
dasar tentang Kristus dan melangkah kepada
kedewasaan, dak lagi mengulang-ulang ajaran dasar
tentang pertobatan dari perbuatan yang ma a dan
iman kepada Allah; 2 ajaran tentang pembasuhanb dan
penumpangan tanganc; ajaran tentang kebangkitan
orang ma dan penghakiman akhir. 3Dan, itulah yang
akan kita lakukan, jika Allah mengizinkannyad.
4 Sebab, dakmungkinmempertobatkan kembali
orang-orang yang sebelumnya telah mendapatkan
pencerahane, telah merasakan karunia surgawi, telah
mengambil bagian bersama Roh Kudus, 5mencicipi
kebaikan firman Allah, dan merasakan kuasa dari
dunia yang akan datang. 6 Jika mereka meninggalkan
jalan Kristusf, maka mustahil untuk memperbarui
kembali pertobatan mereka karena mereka sedang
menyalibkan Anak Allah untuk yang kedua kalinya dan
mempermalukan-Nya secara terbuka.
7 Sebab, tanah yang menyerap banyak air hujan
yang jatuh di atasnya, serta menghasilkan panenan
yang bermanfaat bagi mereka yang menggarapnya,
akan menerima berkat dari Allah. 8Namun, jika tanah
itu hanya menumbuhkan duri dan semak-semak, maka
tanah itu dak berguna dan dekat dengan kutuk, dan
pada akhirnya dibakar.
9Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kukasihi,
sekalipun kami berkata-kata demikian, kami meyakini
hal-hal yang lebih baik tentang kamu, yaitu hal-hal
yang berhubungan dengan keselamatan. 10 Sebab
Allah itu adil, Ia dak melupakan semua pekerjaan
dan kasihmu yang kamu tunjukkan demi nama-Nya
dengan melayani orang-orang kudusg seper yang
masih kamu lakukan. 11 Kami rindu masing-masing
kamu menunjukkan ketekunan yang sama untuk
memiliki jaminan pengharapan yang sempurna sampai
akhir, 12 supaya kamu jangan menjadi malas, tetapi
mengiku teladan orang-orang yang telah mewarisi
janji-janji Allah melalui iman dan ketekunan.
Janji Allah Tidak Pernah Berubah
13 ketika Allah berjanji kepada Abraham, Ia
berjanji atas diri-Nya sendiri karena dak ada yang
lebih besar daripada diri-Nya. 14Allah berkata, “Aku
pas akan memberka mu,” dan “Aku pas akan
melipatgandakan keturunanmu.”h 15Dan, sesudah
menan kan dengan sabar, Abraham menerima janji
itu.
16Manusia bersumpah demi seseorang yang
lebih besar daripada dirinya sendiri, dan sumpah
diberikan sebagai penegasan untuk mengakhiri semua
perbantahan. 17 Jadi, ketika Allah ingin menunjukkan
dengan lebih meyakinkan kepada ahli waris janji-Nya
bahwa tujuan-Nya dak akan berubah, Ia menjamin
dengan membuat sumpah 18 sehingga dengan dua
hal yang tak dapat berubah itui, yang mengenainya
Allah mustahil berbohong, kita yang datang mencari
perlindungan akan mendapatkan dorongan yang
besar untuk berpegang teguh pada pengharapan yang
diberikan kepada kita.
19 Pengharapan yang kita miliki ini adalah jangkar
bagi jiwa kita, kuat dan pas , yang menembus masuk
sampai ke balik raij, 20 ke tempat yang telah dimasuki
Yesus sebagai pembuka jalan bagi kita untuk menjadi
Imam Besar untuk selama-lamanya, sesuai dengan
peraturan Melkisedek.
7 •1 Kristus Yesus adalah imam menurut peraturan Melkisedek;•11 dan sampai kini lebih nggi daripada peraturan imam Harun.
Imam Melkisedek
1 Sebab, Melkisedek, Raja Salem dan imam
Allah Yang Maha nggi, menemui Abraham sesudah
Abraham kembali dari membantai raja-rajak, dan
memberka nya. 2 Kepada Melkisedek, Abraham juga
memberikan sepersepuluh dari semua harta rampasan
yang diperolehnya. Pertama-tama, nama Melkisedek
berar “Raja Kebenaranl”, selanjutnya, “Raja Salem”
yang berar “raja damai”. 3 Ia dak berayah atau
beribu, dak bersilsilah, dan hidupnya dak berawal
a6:1 perbuatan yang ma : Beberapa terjemahan mengar kannya sebagai perbuatan yang sia-sia.
b6:2 pembasuhan: Tradisi Yahudi membasuh kaki, tangan, dll.
c6:2 penumpangan tangan:: Suatu tanda untuk mendoakan, memberikan wewenang, atau kuasa kepada orang lain.
d6:3 Dan itulah...jika Allah mengizinkannya.Maksudnya adalah untuk beranjak kepada pengajaran Firman yang lebih dalam.
e6:4 telah mendapat pencerahan: Telah memahami berita Injil Kristus.
f6:6 meninggalkan jalan Kristus:Murtad.
g6:10 orang-orang kudusLih.:Orang Kudus di Da ar Is lah.
h6:14 Bc. Kej. 22:17.
i6:18 kedua hal yang dak dapat berubahYaitu, janji dan sumpah Allah.
j6:19 rai: Tirai Bait Allah yang memisahkan antara Ruang Kudus dan Ruang Mahakudus.
k7:1 Bc. Kej. 14:17-20.
l7:2 Kebenaran: Secara luas, kata ini dapat berar “berkenan kepada Allah, adil, berintegritas, serta benar dalam perbuatan, pikiran dan
perasaan.”
1180 IBRANI 7.4–28
atau berakhirm. Akan tetapi, seper Anak Allah, ia
akan menjadi imam untuk selama-lamanya.
4 Perha kanlah, betapa agungnya orang ini,
bahkan Abraham leluhur kita pun menyerahkan
kepadanya sepersepuluh dari segala hasil rampasan
perangnya. 5Menurut Hukum Taurat, anak-anak Lewin
yang menerima jabatan imam berhak mengumpulkan
persepuluhan dari umat yang adalah saudara-saudara
mereka, walaupun mereka sama-sama keturunan
Abraham. 6Namun, Melkisedek yang dak dari
keturunan Lewi, menerima persepuluhan dari
Abraham dan memberka dia yang memegang
janji-janji Allah. 7Dan, dak dapat disangkal, yang
lebih rendah diberka oleh yang lebih nggi.
8Dalam satu hal, persepuluhan diterima oleh
manusia fana yang bisa ma o. Namun, dalam hal ini,
diterima oleh dia+:, yang dipas kan hidup. 9 Karena
itu, dapat dikatakan bahwa bahkan kaum Lewi yang
berhak menerima persepuluhan pun juga membayar
persepuluhan mereka melalui Abraham, 10 sebab
saat Melkisedek menemuinya, Lewi masih ada dalam
tubuhp nenek moyangnya.
11 Sekarang, seandainya kesempurnaan bisa
dicapai melalui keimaman Lewi (yang karenanya, umat
Israel memperoleh Hukum Taurat), untuk apa ada
imam lain yang harus dibangkitkan menurut aturan
Melkisedek, dan bukan imam dari garis keturunan
Harun?q 12 Sebab, jika aturan keimaman berubah,
maka Hukum Taurat pun harus diubah. 13Orangr yang
sedang kita bicarakan ini berasal dari suku yang lain,
dan tak ada seorang pun dari suku-Nya yang pernah
bertugas sebagai pelayan altars. 14 Sebab, sudah jelas
bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda, suku yang
tentangnya Musa dak pernah mengatakan hal apa
pun yang berkaitan dengan para imam.
Yesus adalah Imam seper Melkisedek
15 Semua hal ini menjadi semakin jelas ketika kita
melihat munculnya seorang Imam lain, yang serupa
dengan Melkisedek, 16 yang menjadi imam bukan
berdasarkan persyaratan keturunan jasmani, tetapi
berdasarkan kuasa kehidupan yang dak dapat binasa.
17 Sebab, Kitab Suci bersaksi tentang Dia:
“Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya,
menurut peraturan Melkisedek.”
18Di satu sisi, peraturan yang lama
sudah berakhir karena memiliki kelemahan dan
dak berguna, 19 dan karena hukum itu dak
menyempurnakan apa pun. Namun, di sisi yang lain,
ada pengharapan yang lebih baik yang diperkenalkan
kepada kita, dan pengharapan itu menarik kita untuk
mendekat kepada Allah.
20Dan karena pengharapan itu dibawa kepada
kita dengan sebuah sumpah. Imam yang lain menjadi
imam tanpa disertai sumpah. 21Namun, Ia menjadi
Imam dengan sumpah yang dibuat oleh Diat yang
berkata kepada-Nya,
“Tuhan telah bersumpah dan Ia dak akan berubah
pikiran:
‘Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya.’”
Mazmur 110:4
22 Karena sumpah ini, Yesus telah menjadi jaminan
dari perjanjian yang lebih baik.
23 Sebelumnya, ada banyak imam sehingga ketika
ada imam yangma , ada yang dapatmenggan kannya.
24Namun, Yesus memegang keimaman secara tetap
selamanya karena Ia akan terus hidup selamanya.
25Dengan demikian, Yesus dapat menyelamatkan
dengan sempurna mereka yang datang kepada Allah
melalui-Nya, karena Ia selalu hidup untuk berdoau bagi
mereka.
26 Imam Besar seper itulah yang kita butuhkan,
yaitu Imam Besar yang kudus, dak bercela,
murni, dipisahkan dari orang-orang berdosa, dan
di nggikan melebihi ngkat- ngkat surgawi. 27 Yesus
dak seper para imam yang lain. Mereka harus
mempersembahkan kurban se ap hari, pertama
bagi dosa mereka sendiri, Lalu bagi dosa-dosa
umat. Namun, Yesus dak perlu melakukannya.
Ia hanya mempersembahkan kurban sekali untuk
selamanya, yaitu diri-Nya sendiri. 28Hukum Musa
menetapkan manusia yang penuh kelemahan untuk
menjadi imam-imam besar. Akan tetapi, sumpah yang
berasal dari Allah, yang datang sesudah Hukum Musa,
m7:3 Ia dak...berakhirTidak seorang pun yang mengetahui siapa orang tua Melkisedek, dan dak diketahui dari siapakah nenek
moyangnya. Tidak ada yang tahu pula kapan ia lahir atau meninggal.
n7:5 anak-anak Lewi: Keturunan suku Lewi yang telah ditunjuk Tuhan untuk menduduki jabatan Imam dalam bangsa Israel.
o7:8 Dalam satu hal...ma .Yang dimaksud adalah para imam dari golongan Lewi.
+:7:8 dia: Yang dimaksud adalah Melkisedek.
p7:10 dalam tubuh nenek moyangnya: Harfiahnya, “masih dalam pinggang nenek moyangnya.” Ar nya, Lewi belum dilahirkan. Orang
Yahudi pada zaman dahulu percaya bahwa kuasa prokreasi manusia tersimpan pada pinggang laki-laki.
q7:11 Harun: Harun merupakan keturunan Lewi. Lih. Harun danOrang Lewi di Da ar Is lah.
r7:13 Dia: Yang dimaksud adalah Yesus Kristus, yang secara manusia terlahir dari suku Yehuda.
s7:13 bertugas sebagai pelayan altar:Maksudnya adalah menjadi salah satu dari golongan imam.
t7:21 Dia: Allah.
u7:25 berdoa:Menjadi perantara.
IBRANI 8.1–9.4 1181
menetapkan Anak-Nya, yang telah dijadikan sempurna
sampai selama-lamanya.
8 •1 dengan keimaman kekal Kristus, keimaman Lewi Harun dihapuskan;•7 dan perjanjian yang sementara dengan para leluhur, digan kan dengan
perjanjian kekal Injil.
Yesus adalah Imam Besar Perjanjian yang Baru
1 Inilah pokok utama pembicaraan kita: kita
mempunyai Imam Besar yang duduk di sebelah kananv
takhta YangMaha nggi di surga. 2 Ia melayani di Ruang
Mahakudusw dan di Kemah Sucix seja yang didirikan
oleh Allah sendiri, bukan oleh manusia.
3 Karena se ap imam besar ditunjuk untuk
mempersembahkan pemberian dan kurban, maka
Imam Besar ini juga harus membawa sesuatu untuk
dipersembahkan. 4 Jika Imam Besar ini hidup di bumi,
Ia dak akan menjadi imam sama sekali sebab di bumi
sudah ada imam-imam yang mempersembahkan
pemberian sesuai Hukum Taurat, 5 yaitu mereka yang
mempersembahkan ruan dan bayang-bayang dari
hal-hal surgawi seper ketika Allah memperingatkan
Musa saat ia hendak mendirikan Kemah Suci:
“Pas kanlah engkau membuat segala sesuatunya
sesuai dengan rancangan yang telah Kutunjukkan
kepadamu di atas gunung.”y 6Namun, sekarang, Yesus
menerima tugas pelayanan yang jauh lebih mulia
karena perjanjian baru yang diperantarai oleh-Nya itu
juga jauh lebih nggi dan ditetapkan berdasarkan pada
janji-janji yang lebih baik.
7 Sebab, jika perjanjian yang pertama dak
mengandung kesalahan, dak akan ada yang
membutuhkan perjanjian yang kedua. 8 Karena Allah
mendapa kesalahan manusia, Ia berkata,
“‘Lihatlah, saatnya akan ba,’ kata Tuhan,
‘ketika Aku akan mengadakan sebuah
perjanjian baru dengan kaum Israel dan
kaum Yehuda.
9 Tidak seper perjanjian yang telah Kuadakan
dengan nenek moyang mereka,
yaitu ketika aku menuntun mereka dengan
tangan-Ku
untuk memimpin mereka keluar dari tanah
Mesir.
Karena mereka dak se a pada perjanjian yang
Kuberikan,
maka Aku dak memedulikan mereka,’ kata
Tuhan.
10 ‘Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan
kaum Israel sesudah masa itu,’ kata Tuhan:
‘Aku akan menaruh hukum-hukum-Ku dalam
pikiran mereka,
dan Aku akan menuliskannya pada ha
mereka.
Aku akan menjadi Allah mereka,
dan mereka akan menjadi umat-Ku.
11Mereka juga dak akan lagi mengajar sesama
bangsanya atau saudaranya dengan
berkata, ‘Kenallah Tuhan’
karena semua orang akan mengenal Aku, dari yang
kecil sampai yang paling besar.
12 Sebab, Aku akan berbelas kasihan atas
pelanggaran dan dosa-dosa mereka.
Dan, Aku pun dak akan lagi mengingat
kesalahan-kesalahan mereka.’” Yeremia
31:31-34
13 ketika Allah mengucapkan perjanjian baru,
Ia membuat perjanjian yang lama dak berlaku lagi.
Dan, apa yang sudah dak berlaku lagi dan usang akan
segera lenyap.
9 •1 Penjelasan tentang peraturan-peraturan dan kurban darah berdasarkanhukum;
•11 yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan keberadaan dan kesempurnaan
darah dan kurban Kristus.
Ibadah dalam Perjanjian Lama
1 Bahkan, Perjanjian yang lamaz pun berisi
tentang peraturan ibadah dan tempat kudus yang
ada di bumi. 2 Sebab demikianlah Kemah Allah
dipersiapkan; bagian luar, yang padanya terdapat
pelita, meja, dan ro sajiana, disebut Tempat Kudus.
3Di belakang rai kedua adalah bagian kemah yang
disebut Ruang Mahakudus,b 4 di tempat itu terdapat
altar pedupaan yang terbuat dari emas dan Tabut
Perjanjianc yang seluruh sisinya dilapisi emas. Di
dalam tabut itu, terdapat sebuah kendi emas yang
v8:1 sebelah kanan: Tempat kehormatan dan otoritas (kekuasaan).
w8:2 Ruang Mahakudus: Harfiahnya: ruang paling kudus. Sebuah tempat suci di mana Allah nggal dan disembah. Tempat ini
disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.
x8:2 Kemah SuciLih.: Kemah Suci di Da ar Is lah.
y8:5 Bc. Kel. 25:40.
z9:1 Perjanjian yang lama:: Perjanjian pertama yang Allah buat dengan manusia (Abraham). Bc. Kej. 12.
a9:2 ro sajian: Ro khusus disajikan kepada Allah di Tempat Kudus dalam Kemah Allah (dan nan nya Bait Allah).
b9:3 Ruang Mahakudus:: Ruangan paling kudus dalam Kemah Allah (dan nan nya dalam Bait Allah) tempat Allah nggal dan disembah.
Tempat ini disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.
c9:4 Tabut Perjanjian:: Tabut berbentuk pe agak persegi panjang dibuat dari kayu. Seluruh tabut ditutupi dengan emas. Melambangkan
kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya, khususnya di dalam perang (bc. 1 Sam. 4:1-22). Pe itu juga berisikan kedua loh batu yang
ditulisi kesepuluh hukum.
1182 IBRANI 9.5–23
berisi mannad, tongkat Harun yang pernah bertunas,e
serta dua lempeng batu perjanjian.f 5Di atasnya,
ada dua kerubg kemuliaan yang menaungi Tutup
Pendamaianh, tetapi saat ini bukanlah waktu tepat
untuk membicarakannya secara terperinci.
6 sesudah semuanya itu dipersiapkan sedemikian
rupa, para imam masuk ke bagian pertamai dari
kemah itu secara ru n, untuk melakukan pelayanan
ibadah kepada Allah. 7Akan tetapi, hanya imam besarj
saja yang diperbolehkan masuk ke bagian kedua
dari kemah itu, itu pun hanya setahun sekali, dan
membawa darah untuk dipersembahkan darah kepada
Allah demi dirinya sendiri dan demi dosa-dosa umat
yang dilakukan tanpa sengaja.
8 Roh Kudus menyatakan kepada kita bahwa
jalan menuju Ruang Mahakudus belum terbuka
selama Ruang Kudus masih ada, 9 hal itu adalah
simbol mengenai zaman ini. Demikian juga berbagai
pemberian dan kurban-kurban yang dipersembahkan
dak dapat menyempurnakank nurani orang-orang
yang beribadah, 10 sebab hanya berkaitan dengan
makanan, minuman, dan ritual pembasuhan untuk
tubuh jasmani yang berlaku hingga banya waktu
pembaharuanl.
Ibadah dalam Perjanjian yang Baru
11Namun, ketika Kristus datang sebagai Imam
Besar atas segala hal baik yang akan datang, Ia masuk
melalui tempat kudusm yang lebih besar dan lebih
sempurna; yang dak dibuat oleh tangan manusia
dan bukanlah suatu ciptaan. 12 Ia masuk ke Ruang
Mahakudus satu kali untuk selamanya, bukan dengan
membawa darah kambing jantan dan darah anak sapi,
tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri sehingga
mendapatkan penebusan yang kekal.
13 Sebab, jika pemercikan darah kambing jantan
dan sapi jantan, dan juga abu anak sapi be nan kepada
orang yang najis dapat menyucikan tubuh jasmani
mereka, 14 lebih-lebih lagi darah Kristus, yaitu Ia yang
melalui Roh yang kekal mempersembahkan diri-Nya
sebagai kurban yang dak bercacat kepada Allah untuk
menyucikan ha nuranimu dari perbuatan sia-sia
supaya kamu dapat melayani Allah yang hidup.
15Untuk alasan inilah Kristus menjadi Perantara
dari perjanjian yang baruo supaya mereka yang
telah dipanggil Allah boleh menerima warisan
kekal yang telah dijanjikan-Nya; sebab sebuah
kema an telah terjadi untuk menebus mereka dari
pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan di
bawah perjanjian yang pertama.
16 Jika ada surat wasiat, maka harus ada kema an
dari orang yang membuatnya. 17 Sebab, surat wasiat
hanya berlaku jika orang yang membuatnya sudah
ma ; surat itu dak memiliki kuasa selama orang
yang membuatnya masih hidup. 18 Itulah sebabnya,
mengapa perjanjian pertama pun dak berlaku
tanpa kurban darah. 19 Sebab, sesudah Musap
memberitahukan se ap perintah dalam Hukum Taurat
kepada umat Israel, ia mengambil darah anak sapi
dan kambing lalu mencampurnya dengan air. Dan,
menggunakan kain wol merah serta sebatang hisopq,
ia memercikkannya pada Kitab Taurat dan pada semua
umat 20 sambil berkata, “Inilah darah dari perjanjian
yang telah Allah perintahkan untuk kamu taa .”r
21Dengan cara yang sama, Musa juga memerciki
Kemah Suci dan semua perlengkapan yang digunakan
dalam ibadah dengan darah. 22Menurut Hukum
Taurat, hampir segala sesuatu harus disucikan dengan
darah, dan tanpa adanya penumpahan darah, dak
akan ada pengampunan.
Yesus Kristus adalah Kurban Penghapus Dosa
23 Karena itu, segala sesuatu yangmelambangkan
hal-hal surgawi sangat perlu disucikan dengan hal
d9:4 Manna: Makanan pokok yang diberikan oleh Allah kepada orang Israel ketika mereka mengembara di padang gurun selama 40
tahun (bc. Kel. 16:4-36).
e9:4 tongkat Harun ... bertunas:: Bc. Bil. 17:8-10
f9:4 lempengan batu perjanjian:: Dua buah lempeng batu yang padanya terukir Sepuluh Hukum Allah. Disebut juga ‘dua loh batu’ (bc.
Kel. 24:12).
g9:5 kerub:Makhluk surgawi yang bersayap. Di atas Tabut Perjanjian ada dua patung kerub, terbuat dari emas, yang sayapnya menutupi
tutup pendamaian (bc. Kel. 25:18-20).
h9:5 Tutup Pendamaian:: Tutup Tabut Perjanjian yang telah diperciki darah hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk melindungi umat
Israel dari murka Allah atas pelanggaran hukum Allah.
i9:6 bagian pertama:: Ruang Kudus di Kemah Allah.
j9:7 imam besar: Lih. Imam Besar di Da ar Is lah.
k9:9 menyempurnakan:Membersihkan atau menyucikan.
l9:10 waktu pembaharuanWaktu pemberlakuan perjanjian yang baru melalui Yesus Kristus.
m9:11 tempat kudus:: Atau “tabernakel”. Lih. Kemah Suci di Da ar Is lah.
n9:13 anak sapi be na: Sapi be na yang belum pernah beranak.
o9:15 perjanjian yang baru: Lih. Perjanjian Baru di Da ar Is lah.
p9:19 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.
q9:19 hisop: Sejenis tumbuhan perdu yang batang dan daunnya dapat dipakai untuk memercikkan darah pada upacara-upacara ibadah
Yahudi (bc. Kel. 12:22).
r9:20 Kut. Kel. 24:8.
IBRANI 9.24–10.19 1183
ini, tetapi segala sesuatu yang di surga disucikan
dengan kurban yang lebih baik. 24 Sebab, Kristus
dak masuk ke dalam Ruang Mahakudus yang dibuat
oleh tangan manusia, yang hanyalah ruan dari yang
sesungguhnya, tetapi Ia masuk ke dalam surga itu
sendiri dan sekarang berada di hadapan Allah demi
kita.
25 Kristus juga dak mempersembahkan
diri-Nya berkali-kali, seper imam besar yang harus
masuk ke Ruang Mahakudus dari tahun ke tahun
dengan membawa darah yang bukan darahnya
sendiri. 26 Jika demikian, Kristus harus menderita
berulang kali sejak dunia diciptakan. Akan tetapi,
Kristus hanya menyatakan diri-Nya satu kali saja
untuk selama-lamanya pada zaman akhir ini demi
menghapus dosa, dengan cara mempersembahkan
diri-Nya sendiri.
27 Seper manusia, yang ditentukan untuk
ma satu kali saja dan sesudah itu menghadap
penghakiman, 28 demikian juga Kristus; Ia
dipersembahkan hanya satu kali saja untuk
menanggung dosa banyak orang, dan akan datang
untuk kedua kalinya, bukan untuk menanggung dosa,
melainkan untuk membawa keselamatan bagi mereka
yang menan kan Dia.
10 •1 Kelemahan dari kurban berdasarkan hukum.•10 Pengorbanan tubuh Kristus dipersembahkan sekali,
•14 untuk selamanya menghapus dosa.
•19 Nasihat untuk berpegang pada iman dengan kesabaran dan ucapan syukur.
Pengurbanan Yesus Kristus
Sekali untuk Selama-Lamanya
1 Karena Hukum Taurat hanya memiliki bayangan
tentang hal-hal baik yang akan datang dan bukan
kenyataan yang sesungguhnya, maka Hukum itu
dak akan pernah dapat menyempurnakan mereka
yang datang mendekats. 2 Jika sebaliknya, bukankah
pemberian persembahan seharusnya sudah dak lagi
dilakukan karena sekali disucikan, orang-orang yang
beribadah itu dak lagi merasakan adanya kesadaran
akan dosa? 3Akan tetapi, dalam persembahan kurban
itu, mereka justru diingatkan akan dosa-dosa mereka
dari tahun ke tahun. 4 Sebab, darah lembu jantan dan
kambing jantan dak mungkin dapat menghapus dosa.
5 Karena itu, ketika Kristus datang ke dalam
dunia, Ia berkata,
“Kurban dan persembahan dak Kau inginkan,
tetapi sebuah tubuh telah Kau siapkan
bagi-Ku;
6 Engkau dak berkenan kepada kurban bakaran
dan kurban penghapus dosa.
7 Lalu Aku berkata, ‘Inilah Aku:
Ada tertulis tentang Aku dalam gulungan
kitabt,
Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu,
ya Allah.’” Mazmur 40:7-9
8 sesudah Kristus mengatakan, “Kurban dan
persembahan, serta kurban bakaran dan kurban
penghapus dosa dak Engkau inginkan, dan dak
berkenan kepada-Mu,” (meskipun dilakukan sesuai
dengan Hukum Taurat) 9 Ia menambahkan, “Inilah
Aku. Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.”
Jadi, Yesus menghapuskan yang pertamau untuk
menetapkan yang keduav. 10Oleh kehendak-Nya,
kita dikuduskan melalui pengurbanan tubuh Yesus
Kristus, sekali untuk selama-lamanya. 11 Se ap imam
melakukan pelayanan hariannya dari waktu ke waktu
untuk mempersembahkan kurban yang sama, yang
dak dapat menghapuskan dosa; 12 tetapi Kristus,
sesudah mempersembahkan kurban karena dosa, satu
kali saja untuk selama-lamanya, Ia duduk di sebelah
kanan Allah 13 dan menan kan saat musuh-musuh-
Nya dijadikan tumpuan kaki-Nyaw. 14Dengan satu
kurban, Kristus menyempurnakan mereka yang telah
disucikannya untuk selama-lamanya.
15 Roh Kudus juga menjadi saksi untuk kita
tentang hal ini sebab sesudah berkata,
16 “Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan
umat-Ku sesudah masa itu, kata Tuhan:
‘Aku akan menaruh hukum-hukum-Ku dalam ha
mereka, dan
Aku akan menuliskannya dalam pikiran
mereka.’” Yeremia 31:33
17 Lalu , Ia melanjutkan,
“Aku akan melupakan dosa-dosa mereka
dan dak akan lagi mengingat kejahatanx
mereka.” Yeremia 31:34
18 Sekarang, ketika pengampunan bagi semuanya itu
telah tersedia, maka dak diperlukan lagi kurban untuk
menebus dosa.
Mendekatlah kepada Allah
19 Sebab itu, saudara-saudaraku, karena
sekarang kita memiliki keberanian untuk masuk ke
s10:1 datang mendekatOrang-orang yang datang untuk beribadah kepada Allah di Bait-Nya, sesuai dengan peraturan Hukum Taurat.
t10:7 gulungan kitabYang dimaksud adalah kitab pada nabi.
u10:9 yang pertama:: pengurbanan berdasar perintah Hukum Taurat.
v10:9 yang kedua:: pengurbanan Kristus.
w10:13 menjadi tumpuan kaki-Nya:: Ditaklukkan di bawah kuasa-Nya. Kut. Mazmur 110:1
x10:17 kejahatan: Yun.: anomia, dapat diar kan sebagai kejahatan, dosa, perbuatan yang melanggar hukum.
1184 IBRANI 10.20–11.3
dalam Ruang Mahakudusy oleh pengurbanan darah
Yesus, 20 dengan jalan yang baru dan hidup, yang
telah dibukakan oleh Yesus bagi kita melalui rai,
yaitu tubuh-Nya, 21 dan karena kita telah mempunyai
seorang Imam Besar yang mengepalai rumah Allah,
22maka marilah kita mendekat kepada Allah dengan
ha yang tulus dalam keyakinan iman yang penuh,
dengan ha kita yang telah dibersihkanz dari nurani
yang jahat, dan tubuh yang telah dicuci dengan air
murni.
23Mari kita berpegang teguh pada pengakuan
pengharapan kita karena Allah yang menjanjikannya
adalah se a, 24mari kita mencari cara untuk dapat
saling mendorong dalam mengasihi dan mengerjakan
perbuatan-perbuatan baik, 25 dan janganlah
menjauhkan diri dari pertemuan ibadah kita bersama,
seper yang dibiasakan oleh beberapa orang. Akan
tetapi, marilah kita saling menguatkan, terlebih lagi
karena kamu tahu bahwa Hari Tuhana sudah semakin
dekat.
Jangan Melawan Allah
26 Sebab, jika dengan sengaja kita tetap
berbuat dosa sesudah mendapatkan pengetahuan
tentang kebenaran, maka dak ada lagi kurban untuk
menghapus dosa-dosa itu. 27 Yang ada hanyalah
penan an yang menakutkan akan penghakiman dan
kobaran api yang akan membinasakan musuh-musuh
Allah.b 28 Berdasarkan kesaksian dari dua atau ga
orang saksi, siapa pun yang dak menaa Hukum
Musa akan dihukum ma tanpa mendapat belas
kasihan. 29 Jika demikian, betapa lebih beratnya
penghukuman yang layak diterima oleh orang yang
menginjak-injakc Anak Allah, dan yang menganggap
najisd darah perjanjian yang telah menguduskannya,
dan yang menghina Roh anugerah Allah? 30 Sebab,
kita mengenal Dia yang berkata, “Pembalasan adalah
hak-Ku; Aku akan menuntut pembalasan.”e Ia juga
berkata, “Tuhan akan menghakimi umat-Nya.”f
31Alangkah mengerikannya jika kita jatuh ke dalam
tangan Allah yang hidup.
Peliharalah Keberanian dan Kesabaran
32Akan tetapi, ingatlah hari-hari yang telah lalu,
sesudah kamu mendapat pencerahan, kamu bertahan
dalam perjuanganmu menanggung penderitaan
yang berat. 33 Kadang-kadang, kamu dihina dan
dianiaya secara terbuka di depan banyak orang, dan
kadang-kadang kamu juga turut di dalam penderitaan
orang-orang yang diperlakukan seper itu. 34 Kamu
juga berbelaskasihan kepada mereka yang dipenjara,
bahkan menerima dengan sukacita ketika harta
milikmu dijarah karena kamu tahu bahwa kamu
mempunyai harta yang lebih baik dan kekal.
35 Karena itu, janganlah kamu membuang
keyakinanmu karena keyakinanmu itu mendatangkan
pahala yang besar. 36 Sebab kamu membutuhkan
ketekunan untuk melakukan kehendak Allah sehingga
kamu mendapatkan apa yang dijanjikan-Nya. 37 Sebab,
“Tidak lama lagi,
Ia yang sedang datang, akan ba, dan dak akan
menunda.
38Namun, orang-Ku yang benar akan hidup oleh
iman.
Dan, jika ia mundur ketakutan,
maka jiwa-Ku dak akan berkenan kepadanya.”
Habakuk 2:3-4
39 Kita bukanlah orang-orang yang undur dan menuju
kebinasaan, tetapi adalah orang-orang yang beriman
dan yang bertahan untuk diselamatkan.
11 •1 Apa itu iman.•6 Tanpa iman kita dak bisa berkenan kepada Allah.
•7 Buah yang layak diperoleh bapa-bapa di masa yang lalu.
Iman
1 Iman adalah jaminan atas segala sesuatu yang
kita harapkan, dan buk dari segala sesuatu yang dak
kelihatan. 2 Sebab, oleh iman merekalah orang-orang
pada zaman dulu memperoleh pujiang.
3Oleh iman, kita menger bahwa alam semesta
diciptakan dengan firman Allah. Jadi, apa yang
kelihatan dak terbuat oleh apa yang kelihatan pula.
y10:19 Ruang Mahakudus:: Harfiahnya: ruang paling kudus. Sebuah tempat suci di mana Allah nggal dan disembah. Tempat ini
disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.
z10:22 dibersihkan: Yun. “rhan zo”, kata yang juga dipakai di 9:13. Ar nya, diperciki, mengambil konsep penyucian oleh darah kurban.
a10:25 Hari Tuhan:Maksudnya adalah hari kedatangan Kristus kembali.
b10:27 musuh-musuh Allah: Orang-orang yang menentang Allah.
c10:29 menginjak-injak::Menghina.
d10:29 menganggap najis:: Tidak menghargai.
e10:30 Bc. Ul. 32:35.
f10:30 Bc. Ul. 32:36 atau Mzm. 135:14.
g11:2 memperoleh pujian: Kesaksian yang baik atau dari Allah karena menyenangkan Allah.
IBRANI 11.4–23 1185
4Oleh iman, Habelh mempersembahkan
kepada Allah kurbani yang lebih baik daripada yang
dipersembahkan Kainj. Melalui persembahannya itu,
Habel memperoleh kesaksian yang baik dari Allah
sebagai orang benar; Allah memberikan kesaksian
itu dengan menerima kurban persembahannya. Dan,
oleh imannya, meskipun ia ma , Habel masih dapat
berbicarak.
5Oleh iman, Henokh diangkat supaya ia dak
harus mengalamil kema an dan ia dak ditemukan
karena Tuhan telah mengangkatnya; karena sebelum
diangkat, ia mendapat kesaksian sebagai orang
yang menyenangkan Allahm. 6 Tidak mungkin
menyenangkan Allah tanpa iman, sebab siapa pun
yang mendekat kepada Allah harus percaya bahwa
Allah ada, dan bahwa Allah memberi pahala kepada
mereka yang mencari Dia.
7Oleh iman, sesudah diperingatkan oleh Allah
tentang peris wa yang belum ia lihat, Nuh dengan
gentar dan taat membangun sebuah bahteran
untuk menyelamatkan keluarganya. Dengan ini, Nuh
menghukum dunia dan menjadi pewaris kebenaran
yang sesuai dengan imannyao.
8Oleh iman, Abraham ketika dipanggil Tuhan,
taat untuk pergi ke suatu tempat yang akan diberikan
sebagai milik pusakanya. Dan, ia berangkat, walaupun
dak tahu ke mana ia akan pergip. 9Oleh iman, ia
pergi dan nggal di tanah yang dijanjikan seper
nggal di tanah asing, yaitu di dalam kemah bersama
Ishak dan Yakub; para pewaris dari janji yang sama,
10 sebab Abraham sedang menan kan sebuah kota
yang mempunyai fondasi, yang perancang dan
pembangunnya adalah Allah.
11Oleh iman, Sara menerima kemampuan untuk
mengandung dan melahirkan anak, meskipun ia
mandul dan sudah terlalu tua untuk melahirkan, sebab
Sara menganggap Ia yang telah berjanji kepadanya
adalah se aq. 12 Karena itulah, dari satu orang yang
sudah sangat tua dan hampir ma , lahirlah keturunan
yang banyaknya seper bintang di langit dan yang
jumlahnya tak terhitung seper bu ran pasir di pantai.
13Mereka semua ini telah ma dalam iman
dengan dak mendapat apa yang dijanjikan, tetapi
mereka memandang dan menyambut janji-janji itu
dari jauh, dengan mengetahui bahwa mereka adalah
para pendatang dan orang asing di bumi. 14 Perkataan
mereka yang demikian itu menunjukkan dengan jelas
bahwa mereka sedang mencari sebuah tanah air bagi
mereka. 15 Karena, jika yang mereka pikirkan adalah
negeri yang mereka nggalkan sebelumnya, maka
mereka bisa saja kembali lagi ke sana. 16Namun,
mereka merindukan suatu negeri yang lebih baik,
yaitu negeri surgawi. Oleh karena itulah, Allah dak
malu disebut sebagai Allah mereka sebab Ia sudah
menyediakan sebuah kota bagi mereka.
17Oleh iman, ketika Tuhan mengujinya, Abraham
menyerahkan Ishak sebagai kurban; ia yang sudah
menerima janji-janji itu rela mempersembahkan anak
tunggalnyar. 18 Tentang anak itu, Allah pernah berkata,
“Dengan nama Ishaklah keturunanmu akan disebuts.”
19Abrahammenaruh percayanya kepada Allah, bahkan
ia percaya bahwa Allah sanggup membangkitkan orang
ma . Ibaratnya, Abraham telah mendapatkan Ishak
kembali dari kema an.
20Oleh iman, Ishak memberka masa depan
Yakub dan Esaut. 21Oleh iman, Yakub, menjelang
kema annya, memberka anak-anak Yusuf. Ia
menyembah kepada Allah dengan bersandar pada
kepala tongkatnya.
22Oleh iman, Yusuf, pada akhir hidupnya,
berbicara tentang keluarnya bangsa Israel dari
Mesir dan memberi perintah sehubungan dengan
tulang-tulangnyau.
23Oleh iman, Musav, ketika ia lahir,
disembunyikan selama ga bulan oleh orang tuanya.
Mereka melihat bahwa Musa adalah bayi yang sangat
manis, dan mereka dak takut terhadap perintah
rajaw.
h11:4 Habel: Lih. Habel di Da ar Is lah.
i11:4 kurban: Lih. Kurban di Da ar Is lah.
j11:4 Kain: Lih. Kain di Da ar Is lah.
k11:4 Bc. Kej. 4:1-10.
l11:5 mengalami: Harfiahnya: melihat.
m11:6 Bc. Kej. 5:24.
n11:7 bahtera: Kapal yang sangat besar.
o11:7 Bc. Kej. 6:9-8:22
p11:8 Bc. Kej. 12:1-4
q11:11 Bc. Kej. 21:1-3.
r11:17 Bc. Kej. 22:1-19.
s11:17-18: Bc. Kej. 21:12.
t11:20 Bc. Kej. 27:1-40.
u11:22 Oleh iman, Yusuf...tulang-tulangnya.: Bc. Kej. 50:25; Kel. 13:19; Yos. 24:32.
v11:23 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.
w11:23 Bc. Kel. 2:1-2
1186 IBRANI 11.24–12.8
24Oleh iman, Musa, sesudah tumbuh ia dewasa,
menolak disebut anak dari putri Firaun. 25 Ia lebih
memilih menderita bersama umat Allah daripada
menikma kesenangan dosa yang hanya sementara,
26 Ia menganggap bahwa kehinaan Kristus lebih
berharga daripada seluruh kekayaan Mesir sebab
Musa memandang kepada pahala yang akan datang.
27Oleh iman, Musa meninggalkan Mesir tanpa
rasa takut terhadap murka Raja Firaun seolah-olah
ia dapat melihat Dia yang dak kelihatan itu. 28Oleh
iman, Musa melaksanakan Paskahx dan pemercikan
darah sehingga malaikat kema any jangan menyentuh
bangsa Israel.
29Oleh iman, bangsa Israel berjalan
menyeberangi Laut Merah, seakan-akan berjalan
di tanah kering. Namun, ketika orang-orang Mesir
mencoba melakukan hal yang sama, mereka
ditenggelamkanz.
30Oleh iman, tembok Yerikho runtuh sesudah
dikelilingi selama tujuh haria.
31Oleh iman, Rahab, pelacur itu, dak dibunuh
bersama dengan orang-orang yang dak taat karena ia
menerima mata-mata Israel dengan damaib.
32Dan, apa lagi yang harus kukatakan? Aku
dak punya cukup waktu untuk menceritakan
kepadamu tentang Gideon, Barak, Simson, Ye a,
Daud, Samuel, dan para nabi, 33 yang oleh iman
telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, melakukan
kebenaran, mendapatkan janji-janji, dan mengatupkan
mulut singa-singa, 34memadamkan kobaran api,
terlepas dari mata pedang, dikuatkan dari kelemahan
mereka, gagah perkasa dalam pertempuran, dan
menghalau bala tentara asing. 35 Para wanita
menerima kembali orang-orang ma mereka melalui
kebangkitanc, tetapi ada pula yang dianiaya dan
menolak untuk menerima pembebasan supaya mereka
mendapatkan kebangkitan dalam kehidupan yang
lebih baik. 36 Sementara itu, ada pula yang dihina
dan dicambuk, bahkan dibelenggu dan dipenjarakan.
37Mereka dirajam