alkitab 79


 Injil bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia. Lih. Injil di Da ar Is lah.

i4:17 singa: Kemungkinan Paulus memakai bahasa figura f ‘singa’ untuk menyebutkan pemerintah Romawi. “Terlepas dari mulut singa”

adalah suatu frasa yang dikenal baik oleh masyarakat Yahudi karena mereka sangat familier dengan kisah Daniel yang juga terlepas dari

mulut singa (Bc. Dan. 6).

j4:19 Akwila dan Priskila: Sepasang suami-istri yang berasal dar Pontus.Mengungsi dari Roma ke Korintus padawaktu pengejaran orang-

orang Yahudi oleh Kaisar Romawi saat itu, Claudius. Paulus nggal di rumahmereka pada perjalanan misinya yang kedua (Bc. Kis. 18:2-3)

yang menjadi tempat berkumpul para jemaat. Mereka juga yang mengajarkan Injil kepada Apolos sehingga ia bertobat. Dan, Lalu 

mereka kembali ke Roma (Bc. Rom. 16:3-5).

k4:20 Erastus: Pembantu Paulus dalam pelayanannya (bersama dengan Timo us) pada perjalanan misi Paulus yang ke ga. Ia adalah

jemaat di Korintus dan menjabat sebagai bendahara negeri di Korintus (Bc. Kis. 19:22).

l4:20 Trofimus: Seorang Kristen non-Yahudi. Orang Yahudi dari Asia mencurigai Paulus membawanya masuk ke Bait Allah sehingga

menyebabkan huru-hara di Efesus (Bc. Kis. 21:27-32).

m4:21 Ebulus ... di sini:Mereka adalah saudara-saudara seiman yang ada di Roma.

  

SURAT PAULUS KEPADA

TITUS

1 •1 Maksud Titus di nggalkan di Kreta.•6 Syarat mereka yang dipilih untuk melayani.

•11 Pengajaran guru-guru jahat harus dihen kan;

•12 dan bagaimana seharusnya manusia hidup.

Salam untuk Titus

1Dari Paulusn, hamba Allah dan rasulo Kristus

Yesus, demi iman orang-orang pilihan Allah dan

pengetahuan akan kebenaran yang sesuai dengan

kesalehan, 2 di dalam pengharapan akan hidup kekal

oleh Allah yang dak pernah berdusta, yang sudah

dijanjikan sebelum permulaan zaman. 3Dan, pada

waktu-Nya, Ia telah menyatakan firman-Nya melalui

pemberitaan yang telah dipercayakan kepadaku sesuai

dengan perintah Allah, Juru Selamat kita.

4 Kepada Titus, anak yang sah di dalam iman kita

bersama.

Anugerah dan damai sejahtera dari Allah, Bapa,

dan Yesus Kristus, Juru Selamat kita.

Tugas-Tugas Titus untuk Memilih Penatua di Kreta

5 Karena alasan inilah aku meninggalkanmu

di Kretap, yaitu supaya kamu dapat menyelesaikan

apa yang masih perlu diatur dan mengangkat

penatua-penatua di se ap kota, seper yang aku

pesankan kepadamu, 6 jika ada orang yang dak

bercela, suami dari satu istri, mempunyai anak-anak

yang percayaq, dan dak dituduh karena hidup

dak bermoral atau memberontak. 7 Sebab, seorang

penilik jemaatr haruslah seseorang yang dak bercela

sebagai penatalayan Allahs, dak sombong, dan dak

cepat marah. Ia juga bukan seorang pemabuk, suka

berkelahi, atau serakah untuk mencari keuntungan.

8 Sebaliknya, suka memberi tumpangan, mencintai

apa yang baik, bijaksana, adil, saleh, dan menguasai

diri. 9 Ia berpegang teguh pada perkataan yang dapat

dipercaya, sesuai dengan pengajaran, sehingga ia

dapat memberikan nasihat menurut ajaran yang sehatt

itu dan menegur mereka yang membantahnya.

10 Sebab, ada banyak orang yang memberontak,

membualu, dan menipu, khususnya mereka yang

berasal dari kaum bersunatv. 11Mereka pantas ditutup

mulutnya karena mereka menyusahkan seluruh

keluarga dengan mengajarkan hal-hal yang seharusnya

dak mereka ajarkan demi mendapat keuntungan

yang memalukan. 12 Salah satu dari mereka, yaitu

nabi mereka sendiri, berkata, “Orang-orang Kreta

selalu menjadi pembohongw, binatang-binatang buas

yang jahat, pelahap yang malas.” 13 Kesaksian ini

benar. Karena itu, tegur mereka dengan keras supaya

mereka menjadi sehat di dalam iman. 14 Jangan

perha kan dongeng-dongeng orang Yahudi dan

perintah orang-orang yang berpaling dari kebenaran.

15 Bagi yang murni, semua adalah murni. Namun,

bagi mereka yang najis dan dak percaya, dak ada

satu pun yang murni, tetapi baik pikiran maupun

ha nurani mereka adalah najis. 16Mereka mengaku

mengenal Allah, tetapi dengan perbuatannya mereka

menyangkal Allah. Sebab, mereka menjijikkan, dak

taat, dan dak pantas melakukan perbuatan yang baik.

2 •1 Arahan diberikan kepada Titus tentang ajaran dan juga hidupnya.•10 Tentang tugas hamba dan tugas orang Kristen secara keseluruhan.

n1:1 Paulus: Sebelumnya bernama Saulus. Penginjil terbesar dan penulis 13 dari 27 kitab dalam Perjanjian Baru. Rasul yang dipilih oleh

Yesus Kristus untuk memberitakan Injil sesudah  pertobatannya dalam perjalanan ke Damsyik (Bc. Kis. 9:19).

o1:1 rasul: Utusan Allah untuk mewartakan Injil dan melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Lih. Rasul di Da ar Is lah.

p1:5 Kreta: Satu pulau di Laut Tengah (100 km sebelah selatan Yunani). Dalam PB, orang-orang Kreta (Kretes) disebut di antara mereka

yang hadir pada hari Pentakosta.

q1:6 percaya: Percaya kepada Yesus Kristus.

r1:7 penilik jemaat: Bahasa aslinya adalah “episkopos”. Pada waktu itu, tuan rumah dari para jemaat yang beribadah di rumahnya

sehingga menjadi pengawas/penilik dalam pertemuan jemaat di sana. Di masa kini, jabatan ini berkembang menjadi penatua yang

melaksanakan tugas penggembalaan jemaat.

s1:7 penatalayan Allah: Seseorang yang dipercaya dengan pekerjaan-pekerjaan Tuhan, termasuk mengelola talenta dan karunia rohani

untuk melakukan tugas pelayanan bagi Tuhan.

t1:9 nasihat menurut ajaran yang sehat: Nasihat (ajaran dan teguran) yang didasarkan pada kesaksian para rasul yang mula-mula

mengenai karya keselamatan Yesus Kristus. Ajaran seper itu akan memimpin seseorang pada cara hidup yang membawa hormat dan

kemuliaan bagi Kristus dan menjadi berkat-berkat rohani bagi yang menerimanya. Lihat juga Tit. 1:13 dan 2:1.

u1:10 pembual: Orang yang mengucapkan kata-kata yang sia-sia dan kosong untuk menyombongkan diri.

v1:10 kaum bersunat: Yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi. Lih. Sunat di Da ar Is lah.

w1:12 pembohong:Orang-orang Kreta sudah terkenal sebagai pembohong. Ada cerita dongengmereka, yaitu seorang tokohmasyarakat

Kreta meninggal, lalu menjadi Allah. Jadi, mereka mengatakan bahwa Allah adalah orang Kreta.

  

1172 TITUS 2.1–3.11

Ajaran yang Benar

1Akan tetapi, kamu, katakanlah hal-hal yang

sesuai dengan ajaran sehatx. 2 Laki-laki yang lebih

tua agar menahan dirinyay, terhormat, menguasai

diriz, serta sehat di dalam iman, di dalam kasih, dan di

dalam ketabahana.

3 Juga, wanita -wanita  yang lebih

tua agar menjadi orang-orang terhormat dalam

ngkah lakunyab, bukan pemfitnah atau hamba

dari banyak anggur, tetapi ajarkanlah apa yang

baik. 4Dengan demikian, mereka dapat menasiha

wanita -wanita  muda untuk mengasihi

suami dan anak-anak mereka, 5menguasai diri, suci,

mengurus urusan rumah tangga, baik, dan tunduk

pada suami mereka sendiri sehingga firman Allah dak

dihujat.

6 Begitu juga, nasiha lah orang-orang muda

agar dapat menguasai diri. 7Dalam segala hal,

jadikan dirimu teladan dari perbuatan baik. Di dalam

pengajaranmu, tunjukkan kejujuran dan kewibawaan,

8 dan perkataan benar yang dak dapat dicela sehingga

para lawan akan menjadi malu karena dak dapat

mengatakan hal yang buruk tentang kita.

9Hamba-hamba agar tunduk kepada tuan-tuan

mereka dalam segala hal, yaitu menyenangkan mereka

dan jangan membantah. 10 Jangan menggelapkanc,

tetapi tunjukkan segala iman yang baik supaya dalam

segala hal mereka dapat menjadi perhiasand bagi

ajaran Allah, Juru Selamat kita.

11 Sebab, anugerah Allah sudah nyata, membawa

keselamatan bagi semua orang, 12 yang menuntun

kita untuk menolak kefasikane ataupun hawa nafsu

duniawi, dan untuk hidup menguasai diri, adil,

dan saleh di zaman sekarang ini, 13 sementara kita

menan kan pengharapan yang penuh berkat dan

kedatangan kemuliaan Allah Yang Mahabesar dan

Juru Selamat kita, Yesus Kristusf. 14 Ia memberikan

diri-Nya sendiri bagi kita untuk menebus kita dari

semua perbuatan jahat dan untuk menyucikan bagi

diri-Nya sendiri, suatu umat pilihan-Nya yang giat

dalam perbuatan baik.

15 Beritahukanlah semua ini. Nasiha dan

tegurlah dengan segala kewibawaan. Jangan ada orang

yang menghina kamu.

3 •1 Titus Lalu  dibimbing oleh Paulus, baik mengenai hal-hal yang harusdiajarkan dan yang dak boleh diajarkan.

•10 Dia harus menjauhi bidat yang keras kepala.

•12 Dia menentukan waktu dan tempat dia harus datang kepadanya.

Cara Hidup yang Benar

1 Ingatkan mereka agar tunduk kepada

pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa,

taat dan siap dalam se ap perbuatan baik, 2 dak

memfitnah siapa pun, dak bertengkar, ramah, serta

menunjukkan kelemahlembutan dalam segala sesuatu

kepada semua orang.

3 Sebab, dahulu, kita juga bodoh, dak taat,

tersesat, hamba dari berbagai nafsu dan kesenangan,

menghabiskan hidup kita dalam kejahatan dan

kedengkian, dibenci orang lain, dan membenci satu

terhadap yang lain. 4Akan tetapi, ketika  kemurahan

dan kasih Allah, Juru Selamat kita, dinyatakan,

5 Ia menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan

kebenaran yang kita lakukan, melainkan sesuai dengan

belas kasihan-Nya, melalui permandian kelahiran

kembali dan pembaruan Roh Kudusg, 6 yang telah Ia

curahkan atas kita dengan melimpah, melalui Kristus

Yesush, Juru Selamat kita. 7Dengan demikian, sesudah 

kita dibenarkan oleh anugerah-Nya, kita dapat menjadi

ahli waris sesuai dengan pengharapan akan hidup yang

kekal. 8 Perkataan ini dapat dipercaya.

Dan, tentang ini aku mau kamu sungguh-sungguh

yakin sehingga mereka yang sudah percaya kepada

Allah dapat sungguh-sungguh melakukan perbuatan

baik. Hal-hal ini baik dan bermanfaat bagi semua

orang.

9Akan tetapi, hindarilah perdebatan-perdebatan

bodoh, silsilah-silsilah, perselisihan, dan pertengkaran

tentang Hukum Taurati karena itu dak berguna dan

sia-sia. 10 Peringatkan para penyesat itu satu atau dua

kali, sesudah  itu jauhilah mereka. 11 Kamu tahu bahwa

orang-orang seper itu sesat dan penuh dosa karena

mereka akan menghukum diri mereka sendiri.

x2:1 ajaran sehat: Ajaran yang didasarkan pada kesaksian para rasul yang mula-mula mengenai karya keselamatan Yesus Kristus. Ajaran

yang akan memimpin seseorang pada cara hidup yang membawa hormat dan kemuliaan bagi Kristus dan menjadi berkat-berkat rohani

bagi yang menerimanya (Bc. Tit. 1:13).

y2:2 menahan diri:Menahan diri dari minum anggur yang menyebabkan mabuk.

z2:2 menguasai diri: Berpikir dengan akal sehat, bijaksana.

a2:2 ketabahan: Sikap ha yang menunjukkan kesabaran dan kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi masalah.

b2:3 terhormat ... lakunya: Tingkah laku terhormat ditunjukkan dengan perilaku yang taat beribadah (saleh).

c2:10 jangan menggelapkan:Maksudnya, jangan mencuri atau menyelewengkan uang tuannya.

d2:10 menjadi perhiasan:Membuat orang lain tertarik dan datang kepada Allah.

e2:12 kefasikan: Ke dakhormatan kepada Allah. Lih. Fasik di Da ar Is lah.

f2:13 kedatangan kemuliaan ... Yesus Kristus: Atau, kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali mencerminkan kemuliaan Allah. Dan, Ia

adalah Penyelamat kita.

g3:5 Roh Kudus: Berar juga Roh Allah, Roh Yesus, Roh Penghibur. Pelaksana kehendak Allah di bumi. Lih. Roh Kudus di Da ar Is lah.

h3:6 Yesus: Anak Manusia (Bc. Yes. 40:11; Yeh. 34:23; 37:24). Juru Selamat umat manusia.

i3:9 Hukum Taurat: HukumMusa. Lih. Hukum Taurat di Da ar Is lah.

  

TITUS 3.12–15 1173

Petunjuk Terakhir dan Salam

12 ketika  aku mengutus Artemasj atau Tikhikusk

kepadamu, berusahalah untuk datang kepadaku di

Nikopolisl karena aku memutuskan untuk nggal di

sana selama musim dingin. 13Dengan sekuat tenaga,

bantulah Zenasm, ahli hukum itu, dan Apolosn dalam

perjalanan mereka. Pas kan mereka dak kekurangan

suatu apa pun. 14 Biarlah orang-orang kitao juga

belajar untuk sungguh-sungguh melakukan pekerjaan

baik supaya mereka dapat memenuhi kebutuhan

hidup mereka sehari-hari. Dengan demikian, hidup

mereka jangan sampai dak berbuah.

15 Semua orang yang bersamaku menyampaikan

salam untukmu. Sampaikan salamku kepada mereka

yang mengasihi kami di dalam iman.

Anugerah menyertai kamu semuap.

[[ayt.co/Tit]]

j3:12 Artemas: Teman sekerja rasul Paulus. Namanya termasuk ke dalam da ar “tujuh puluh murid” Yesus Kristus. Disebutkan hanya

sekali di Alkitab.

k3:12 Tikhikus: Salah satu rekan Paulus pada perjalanan misinya yang terakhir ke Yerusalem (Bc. Kis. 20:4-5). Disebutkan pula bahwa

Tikhikus yang membawakan surat-surat Paulus untuk jemaat-jemaat di Kolose dan Efesus.

l3:12 Nikopolis: Kota ini merupakan kota yang terletak di tempat yang memadai bagi Paulus untuk nggal selama satu musim dingin.

Letak geografisnya juga cocok sebagai pilihan tempat untuk bertemu dengan Titus.

m3:13 Zenas: Ia adalah seorang ahli hukum (nomikos). Nomikos di sini dak berar “ahli dalam Taurat”. Zenas mungkin ahli hukum

Romawi karena nomikos dipakai untuk ahli-ahli hukum atau notaris. Ia menemani Apolos dan Titus membekali serta membantu mereka.

n3:13 Apolos: Rekan pelayanan Paulus. Ia adalah penduduk Aleksandria. Mungkin yang dimaksud adalah perjalananmenuju Aleksandria

melalui Kreta.

o3:14 orang-orang kita: Orang-orang percaya yang ada di Kreta.

p3:15 kamu semua:Menunjukkan bahwa Paulus tahu bahwa surat ini bukan hanya akan dibaca oleh Titus.

  

SURAT PAULUS KEPADA

FILEMON

1 •1 Paulus bersukacita mendengar tentang iman dan kasih Filemon, yangdia kehendaki untuk mengampuni hambanya Onesimus, dan dengan kasih

menerima dia lagi.

Salam untuk Filemon

1 Salam dari Paulus, orang yang dipenjara karena

Yesus Kristus, dan dari Timo us, saudara seiman kita,

kepada Filemon, sahabat dan rekan pelayan

yang kami kasihi, 2 dan kepada Apfiaq, saudari kita,

serta kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita, dan

kepada jemaat yang bersekutu di rumahmu.

3Anugerah dan damai sejahtera bagimu dari

Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus.

Ucapan Syukur atas Iman dan Kasih Filemon

4Aku selalu bersyukur kepada Allahku ketika 

mengingatmu dalam doa-doaku. 5 Sebab, aku

mendengar tentang kasih dan imanmu kepada

Tuhan Yesus dan kepada semua orang kudusr. 6Aku

berdoa agar persekutuan imanmus bermanfaat bagi

penger an penuh akan se ap hal baik yang ada pada

kita demi Kristus. 7 Sebab, aku sangat bersukacita dan

terhibur oleh kasihmu karena ha orang-orang kudus

disegarkan kembali olehmu, Suadara.

Permohonan Paulus Mengenai Onesimus

8 Karena itu, meskipun aku memiliki keyakinan

di dalam Kristus untuk memerintahmu melakukan

apa yang pantas, 9 tetapi karena kasih, aku lebih baik

meminta kepadamu. Aku, Paulus -- yang sudah tua,

dan sekarang menjadi orang yang dipenjara karena

Kristus Yesus -- 10memohon kepadamu untuk anakkut,

Onesimus, yang aku dapatkan selama aku dipenjara,

11 yang dahulu dak berguna bagimu, tetapi sekarang

sangat bergunau, baik bagimu maupun bagiku.

12Aku mengutus dia kembali kepadamu, yaitu

buah ha ku, 13 yang aku harap bisa menahannya untuk

nggal bersamaku supaya ia bisa menggan kanmu

melayaniku selama aku dipenjarakan karena Injil.

14Namun, tanpa persetujuanmu, aku dak mau

melakukan apa pun supaya kebaikan itu dak kamu

lakukan dengan terpaksa, melainkan dengan sukarela.

15Mungkin untuk alasan inilah Onesimus

dipisahkan darimu untuk sementara waktu, supaya

kamu memilikinya kembali untuk selamanya, 16 tetapi

bukan lagi sebagai budak, melainkan lebih dari itu,

yaitu sebagai saudara yang terkasih, terutama bagiku,

terlebih lagi bagimu, baik di dalam dagingvmaupun di

dalam Tuhan.

17 Jadi, jika kamu menganggap aku sebagai rekan

sepelayanan, terimalah Onesimus seper menerima

aku sendiri. 18 Jika ia telah bersalah kepadamu, atau

berutang apa pun kepadamu, tanggungkanlah itu

kepadaku. 19Aku, Paulus, menulis ini dengan tanganku

sendiri: aku akan melunasinya -- tanpa menyebut

apa pun tentang utangmu kepadaku, yaitu hidupmu

sendiri. 20 Ya Saudaraku, biarlah aku mendapat

manfaat darimu di dalam Tuhan. Segarkanlah ha ku

di dalam Kristus. 21 Karena yakin akan ketaatanmu,

aku menulis surat ini kepadamu. Aku tahu kamu akan

melakukan lebih daripada yang aku minta.

22 Sementara itu, tolong siapkan kamar untukku

karena aku berharap melalui doa-doamu, aku akan

dikembalikan lagi kepadamu.

Salam Terakhir

23 Epafras, temanku dalam penjara karena

Kristus Yesus, mengirimkan salam untukmu, 24 juga

Markus, Aristarkhus, Demas, dan Lukas, rekan-rekan

sepelayananku.

25Anugerah dari Tuhan kita, Yesus Kristus,

kiranya menyertai rohmu.

[[ayt.co/Flm]]

q1:2 Apfia: Salah satu anggota keluarga dalam rumah tangga Filemon.

r1:5 orang kudus: Orang yang telah disucikan dalam darah Kristus.

s1:6 persekutuan imanmu: Persekutuan orang-orang percaya dalam Kristus.

t1:10 anakku:Maksudnya adalah anak rohani.

u1:11 yang dahulu ... sangat berguna: Di sini, Paulus menggunakan permainan kata karena kata “onesimus” memiliki ar “sangat

berguna”.

v1:16 di dalam daging:Maksudnya adalah sebagai sesama manusia atau saudara.

  

SURAT KEPADA ORANG

IBRANI

1 •1 Kristus dalam masa-masa akhir ini datang kepada kita dari Bapa,•4 dipilih dari antara malaikat, diri dan jabatan.

Allah Telah Berbicara Melalui Anak-Nya

1 sesudah  di masa yang lampau, Allah berulang

kali berbicara kepada nenek moyang kita melalui para

nabiw, 2 pada hari-hari terakhir ini, Allah berbicara

kepada kita melalui Anak-Nya yang telah dipilih-Nya

untuk menjadi Pewaris atas segala sesuatu, yang

melalui-Nya juga Allah menciptakan alam semesta.

3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambaran

yang sempurna dari sifat-Nya, Ia pula yang menopang

segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya. Sesudah

melakukan penyucian dosa-dosax, Ia duduk di sebelah

kanany Yang Mahabesar di tempat nggi,z 4 sehingga

Ia menjadi jauh lebih nggi daripada para malaikat

sebab Ia mewarisi nama yang lebih nggi daripada

nama mereka.

5 Sebab, pernahkah Allah berkata kepada

malaikat,

“Engkau adalah Anak-Ku.

Pada hari ini, Aku telah menjadi Bapa-Mu”?

Mazmur 2:7

Atau, pernahkah Ia berkata tentang mereka,

“Aku akan menjadi Bapa bagi-Nya,

dan Ia akan menjadi Anak-Ku.”? 2 Samuel 7:14

6Akan tetapi, ketika  Allah memperkenalkan Anak

sulung-Nya kepada dunia, Ia berkata,

“Biarlah seluruh malaikat Allah menyembah Dia.”

Ulangan 32:43

7 Tentang para malaikat, Allah berkata,

“Ia membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi angin,

pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api.”

Mazmur 104:4

8 Sedangkan tentang Anak-Nya, Ia berkata,

“Takhta-Mu, ya Allah, akan ada selama-lamanya.

Tongkat kebenaran adalah tongkat Kerajaan-Mu.

9 Engkau mencintai kebenaran dan membenci

kejahatan.

Karena itu, Allah, yaitu Allah-Mu, telah mengurapia

Engkau dengan

minyak sukacita melebihi sahabat-sahabat-

Mu.” Mazmur 45:6-7

10Dan lagi,

“Engkau, Tuhan, pada mulanya Engkau telah

meletakkan dasar bumi,

dan langit adalah buatan tangan-Mu.

11 Bumi dan langit akan lenyap, tetapi Engkau akan

tetap ada.

Bumi dan langit akan usang seper pakaian.

12 Seper jubah Engkau akan melipatnya,

dan seper pakaian, mereka akan digan .

Akan tetapi, Engkau dak akan berubah,

dan tahun-tahun-Mu dak akan pernah

berakhir.” Mazmur 102:25-27

13Dan, kepada malaikat yang mana, Allah pernah

berkata seper ini,

“Duduklah di sebelah kanan-Ku

sampai Aku meletakkan musuh-musuh-Mu di

bawah kuasa-Mu”? Mazmur 110:1

14 Bukankah malaikat adalah roh-roh yang melayani,

yang diutus untuk menolong orang-orang yang akan

menerima keselamatan?

2 •1 Kita harus taat kepada Kristus Yesus;•5 dan karena Dia rela untuk menjadi serupa dengan kita;

•14 seper yang diperlukan.

Keselamatan Besar

1 Karena itu, kita harus lebih teli memperha kan

apa yang sudah kita dengar supaya kita dak terseret

arus. 2 Sebab, bila ajaran yang disampaikan oleh para

malaikat terbuk dak dapat diubah, dan se ap

pelanggaran atau ke daktaatan akan menerima

hukuman yang adil, 3 bagaimana mungkin kita

dapat lolos jika kita mengabaikan keselamatan yang

besar itu? Yaitu, keselamatan yang pertama-tama

diberitakan oleh Tuhan, dan dibuk kan kebenarannya

kepada kita oleh orang-orang yang mendengar-Nya

w1:1 nabi: Lih.Nabi di Da ar Is lah.

x1:3 melakukan penyucian dosa-dosa:Merujuk pada kema an-Nya di kayu salib.

y1:3 sebelah kanan: Tempat kehormatan dan otoritas (kekuasaan).

z1:3 tempat nggi: Di tempat Allah bertakhta, yaitu di surga.

a1:9 mengurapi:Menuangkan minyak ke atas kepala orang yang dipilih Allah sebagai tanda bahwa Ia berkenan kepada orang tersebut.

  

1176 IBRANI 2.4–3.5

4 Selain itu, Allah juga memberi kesaksian melalui

tanda-tanda dan hal-hal ajaib, berbagai mukjizatb serta

karunia-karunia Roh Kudus yang dibagikan menurut

kehendak-Nya.

Yesus Menjadi Sama seper Manusia

untuk Menyelamatkan Manusia

5Allah dak menaklukkan dunia yang akan

datang, yaitu dunia yang sedang kita bicarakan, kepada

para malaikat 6Namun, ada satu orang yang telah

memberi kesaksian dalam sebuah nas:

“Siapakah manusia sehingga Engkau

memikirkannya?

Siapakah anak manusiac sehingga Engkau

memedulikannya?

7Untuk sesaat, Engkau membuatnya lebih rendah

daripada malaikat;

Engkau memahkotainya dengan kemuliaan

dan hormat.

8 Engkau menaklukkan segala sesuatu di bawah

kakinya.” Mazmur 8:5-7

Sebab, dengan menaklukkan segala sesuatu di bawah

kaki-Nya, maka Allah dak membiarkan sesuatu pun

yang dak takluk kepada-Nya. Akan tetapi, sekarang

kita belum melihat segala sesuatu takluk kepada-Nya.

9Namun, kita telah melihat Yesus yang untuk

sementara dibuat lebih rendah daripada para malaikat,

yaitu Yesus yang dimahkotai dengan kemuliaan dan

hormat karena telah menderita kema an supaya oleh

anugerah Allah, Ia dapat merasakan kema an bagi

semua orang.

10 Sudah selayaknya Ia -- yang bagi Dia dan

melalui Dia segala sesuatu ada -- menyempurnakan

Perin s Keselamatand anak-anak-Nya melalui

penderitaan, untuk membawa mereka kepada

kemuliaan.

11 Sebab, baik Ia yang menyucikan maupun

mereka yang disucikan, semuanya berasal dari satu

Bapa; itulah sebabnya Yesus dak malu menyebut

mereka sebagai saudara-saudara-Nya 12 dengan

berkata:

“Aku akan menyatakan nama-Mu kepada

saudara-saudara-Ku.

Di tengah-tengah seluruh umat-Mu,

Aku akan menyanyikan pujian bagi-Mu.”

Mazmur 22:23

13Dan lagi:

“Aku akan menaruh keyakinan-Ku kepada Allah.”

Yesaya 8:17

Dan lagi,

“Inilah Aku, beserta anak-anak yang telah diberikan

Allah kepada-Ku.” Yesaya 8:18

14 Karena anak-anak itu adalah manusia

yang memiliki darah dan daging, maka Yesus juga

mengambil bagian dalam keadaan mereka supaya

melalui kema an-Nya, Ia dapat membinasakan

dia yang memiliki kuasa atas kema an, yaitu Iblis.

15Dan, membebaskan mereka yang seumur hidupnya

diperbudak oleh ketakutan akan kema an. 16 Jadi,

jelaslah bahwa Ia dak memberi pertolongan kepada

para malaikat, tetapi kepada keturunan Abrahame.

17 Karena itu, dalam segala hal Yesus harus menjadi

seper saudara-saudara-Nya, supaya Ia dapat menjadi

Imam Besar* yang penuh belas kasihan dan se a

dalam pelayanan kepada Allah. Dengan demikian, Ia

dapat membawa penebusan atas dosa-dosa umat.

18 Sebab, Yesus sendiri menderita ketika  dicobai, maka

Ia dapat menolong mereka yang sedang dicobai.

3 •1 Kristus lebih mulia daripada Musa;•7 karena itu jika kita dak percaya kepada-Nya, kita akan mendapat

penghakiman yang lebih besar daripada orang Israel yang keras ha .

Yesus Lebih Besar daripada Musa

1 Karena itu, saudara-saudara yang kudus,

kamu yang memiliki bagian dalam panggilan surgawi,

pandanglah Yesus, Sang Rasulf dan Imam Besarg

pengakuan kita, 2 yang se a kepada Dia yang telah

menetapkan-Nya, sama seper Musah yang se a

dalam seluruh rumah-Nyai. 3 Sebab, Yesus dianggap

layak untuk mendapat kemuliaan yang lebih besar

daripada Musa, seper halnya seorang pembangun

rumah yang mendapat kehormatan lebih besar

daripada rumah itu sendiri. 4 (Sebab, se ap rumah

dibangun oleh seseorang, tetapi Pembangun dari

segala sesuatu adalah Allah). 5Musa se a dalam

seluruh rumah Allah sebagai seorang pelayan, untuk

memberi kesaksian kepada hal-hal yang akan dikatakan

b2:4 mukjizat: Lih.Mukjizat di Da ar Is lah.

c2:6 anak manusia:: Lih. Anak Manusia di Da ar Is lah.

d2:10 Perin s Keselamatan: Yesus Kristus

e2:16 Abraham: Lih. Abraham di Da ar Is lah.

f3:1 Rasul: Lih. Rasul di Da ar Is lah.

g3:1 Imam Besar: Lih. Imam Besar di Da ar Is lah.

h3:2 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.

i3:2 rumah Allah: Yang dimaksudkan adalah umat Allah.

  

IBRANI 3.6–4.10 1177

di Lalu  hari. 6Namun, Kristus se a sebagai Anak

dalam rumah Allah, yaitu kita, jika kita tetap berpegang

teguh pada keyakinan dan pengharapan yang kita

banggakan sampai akhir.

Teruslah Mengiku Allah

7 Karena itu, seper yang Roh Kudus katakan,

“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

8 janganlah keraskan ha mu seper dalam

pemberontakan

yang kamu lakukan pada hari pencobaan di

padang gurun,

9 yaitu ketika  nenek moyangmu mencobai Aku dan

melihat perbuatan-perbuatan-Ku selama

empat puluh tahun.

10 Sebab itulah Aku marah kepada generasi itu dan

berkata,

‘Ha mereka selalu sesat dan mereka dak

menger jalan-jalan-Ku.’

11 Jadi, Aku bersumpah dalam amarah-Ku:

‘Mereka dak akan masuk ke tempat

perhen an-Ku.’” Mazmur 95:7-11

12 Berha -ha lah Saudara-saudara, janganlah

ada di antara kamu yang memiliki ha yang jahat

dan yang dak percaya, yang membuatmu berpaling

dari Allah yang hidup.j 13 Sebaliknya, nasiha lah satu

dengan yang lain se ap hari, selama masih ada yang

disebut “hari ini”k supaya dak ada di antaramu

yang dikeraskan oleh pu daya dosa. 14 Kita telah

mengambil bagian di dalam Kristus, jika kita berpegang

teguh pada keyakinan kita yang semula sampai pada

akhirnya. 15 Seper tertulis,

“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

janganlah keraskan ha mu seper dalam

pemberontakan.” Mazmur 95:7b-9

16 Siapakah orang-orang yang telah mendengar

suara Allah, tetapi memberontak? Bukankah mereka

semua yang keluar dari Mesir di bawah kepemimpinan

Musal? 17Dan, kepada siapakah Allah marah selama

empat puluh tahun? Bukankah kepada mereka yang

berbuat dosa sehingga mayat mereka bergelimpangan

di padang gurun? 18Dan, kepada siapakah Allah

bersumpah bahwamereka dak akan pernah masuk ke

tempat perhen an-Nya, kalau bukan kepada mereka

yang dak taat? 19 Jadi, kita melihat bahwa mereka

dak dapat masuk karena ke dakpercayaan mereka.

4 •1 Sisa orang Kristen didapatkan melalui iman.•12 Kuasa firman Allah.

•14 Melalui imam besar kita Yesus, Anak Allah,

•16 kita boleh menghadap takhta kasih karunia dengan berani.

Janji untuk Masuk ke Tempat Perhen an Allah

1Oleh karena itu, selama janji untuk masuk

ke tempat perhen an-Nya masih berlaku, biarlah

kita merasa takut, kalau-kalau ada di antara kita

yang gagal mendapatkan janji itu. 2Memang betul,

kabar baik telah diberitakan kepada kita, seper juga

telah diberitakan kepada mereka, tetapi berita yang

mereka dengar itu dak menguntungkan mereka

karena dak disatukan dengan iman orang-orang

yang mendengarkannya. 3 Karena kita yang percaya,

akan masuk ke tempat perhen an itu, seper yang

dikatakan-Nya,

“Aku bersumpah dalam amarah-Ku:

‘Mereka dak akan pernah masuk ke tempat

perhen an-Ku,’” Mazmur 95:11

meskipun pekerjaan Allah sudah selesai sejak

penciptaan dasar dunia ini. 4 Sebab, dalam sebuah

nasm, Allah berbicara demikian tentang hari ketujuh,

“Pada hari ketujuh, Allah berhen dari semua

pekerjaan-Nya.” 5Akan tetapi, seper yang telah

dikatakan Allah, “Mereka dak akan masuk ke tempat

perhen an-Ku.”n

6 Jadi, masih ada kemungkinan untuk sebagian

orang masuk ke tempat perhen an, dan ada sebagian

orang yang sebelumnya telah mendengar kabar baik,

tetapi gagal masuk karena ke daktaatan mereka.

7 Jadi, sekali lagi Allah menetapkan satu hari tertentu,

yang disebut “hari ini”, yang telah dikatakan melalui

Daudo jauh hari sebelumnya,

“Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

janganlah keraskan ha mu seper dalam

pemberontakan.” Mazmur 95:7-8

8 Sebab, jika Yosuap sudah memberi mereka tempat

perhen an, maka Allah dak akan lagi berbicara

tentang suatu hari lain di Lalu  hari. 9 Jika

demikian, maka masih ada perhen an pada hari

Sabat untuk umat Allah. 10Untuk mereka yang telah

masuk ke tempat perhen an Allah, mereka juga telah

j3:12 berpaling dari Allah yang hidup:Murtad, undur dari kepercayaan kepada Allah.

k3:13 hari ini: Kata-kata yang diambil dari ay. 7, yang berar pen ng untuk melakukannya sekarang, selama masih ada kesempatan.

l3:16 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.

m4:4 suatu tempat:: Dapat diar kan sebagai bagian dalam Kitab Suci. Bc. Kej. 2:2.

n4:5 Bc. Mzm. 95:11.

o4:7 Daud: Lih. Daud di Da ar Is lah.

p4: 8 Yosua: Anak laki-laki Nun, penggan Musa yang memimpin bangsa Israel dalam merebut tanah Kanaan (bc. Kel. 17:9-10; 33:11).

  

1178 IBRANI 4.11–5.14

beris rahat dari pekerjaannya, seper yang Allah

lakukan dari pekerjaan-Nya. 11 Karena itu, marilah

kita berjuang untuk masuk ke tempat perhen an itu,

sehingga tak seorang pun jatuh karena mengiku

contoh ke daktaatan yang sama.

12 Sebab, firman Allah itu hidup dan berkuasa,

dan lebih tajam daripada pedang bermata dua mana

pun. Firman itu menusuk jauh sampai memisahkan

jiwa dan roh, antara sendi dan tulang sumsum, serta

sanggup menilai pikiran dan kehendak ha kita.

13 Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi dari

pandangan-Nya. Sebaliknya, segala sesuatu telanjang

dan tak tersembunyi dari mata-Nya. Kepada-Nyalah

kita harus memberi pertanggungjawaban atas semua

yang kita lakukan.

Yesus Kristus adalah Imam Besar Kita

14 Karena kita mempunyai Imam Besar Agung

yang sudah naik ke surga, yaitu Yesus, Anak Allah,

marilah kita terus berpegang teguh pada pengakuanq

kita. 15 Sebab, kita dak memiliki Imam Besar yang

dak dapat memahami kelemahan-kelemahan kita,

tetapi kita memiliki Imam Besar yang telah dicobai

dalam segala hal, sama seper kita, tetapi Ia dak

berdosa. 16 Karena itu, dengan keyakinan, marilah

kita datang menghampiri takhta anugerah supaya kita

menerima belas kasihan dan menemukan anugerah

untuk menolong kita, ketika  kita membutuhkannya.

5 •1 Kehormatan keimaman Juru Selamat kita.•11 Kelambanan dalam mengetahui hal itu dikri k.

1 Sebab, se ap imam besarr yang dipilih dari

antara manusia ditunjuk untuk menjadi wakil manusia

dalam hal-hal yang berkenaan dengan Allah, supaya ia

mempersembahkan pemberiansdan kurban-kurban

atas dosa-dosa. 2 Karena imam besar juga penuh

dengan kelemahan, maka ia juga dapat bersikap

lembut terhadap orang-orang yang dak memiliki

pengetahuant dan mudah tersesat. 3 Itu sebabnya, ia

wajib mempersembahkan kurban penghapusan dosa,

bukan hanya untuk umat, tetapi juga untuk dirinya

sendiri.

4 Tidak ada imam besar yang dapat mengambil

kehormatan ini untuk dirinya sendiri, ia hanya

menerimanya ketika  ia dipanggil oleh Allah,

seper halnya Harun. 5Demikian juga Kristus dak

memuliakan diri-Nya sendiri untuk menjadi seorang

Imam Besar, tetapi oleh Dia yang berkata kepada-Nya,

“Engkau adalah Anak-Ku.

Pada hari ini Aku telah menjadi Bapa-Mu.”

Mazmur 2:7

6Di bagian lainu Ia juga berkata,

“Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya,

menurut peraturan Melkisedekv.” Mazmur

110:4

7Dalam hidupnya sebagai manusia, Yesus

mempersembahkan doa maupun permohonan

dengan ratapan dan air mata, kepada Dia yang dapat

menyelamatkan-Nya dari kema an. Dan, Ia didengar

karena kesalehan-Nya. 8Walaupun Yesus adalah

Anak, tetapi Ia belajar untuk taat melalui penderitaan

yang dialami-Nya. 9Dengan sesudah  disempurnakan,

Ia menjadi sumber keselamatan kekal bagi semua

orang yang taat kepada-Nya, 10 dan Ia telah dipanggil

oleh Allah sebagai Imam Besar sesuai peraturan

Melkisedek.

Melangkah Menuju Kedewasaan Rohani

11Ada banyak yang dapat dikatakan tentang hal

iniw. Akan tetapi, sulit untuk menjelaskannya karena

kamu sudah menjadi lamban untuk mendengar.x

12 Sebab, sekalipun saat ini kamu seharusnya sudah

menjadi pengajar, tetapi ternyata kamu masih

membutuhkan seseorang untuk mengajarimu lagi

tentang prinsip-prinsip dasar mengenai firman Allah.

Kamu masih membutuhkan susuy, bukan makanan

yang padatz. 13 Sebab, orang yang hidup dari susu

adalah orang yang belum berpengalaman dalam

memahami ajaran tentang kebenaran, ia masih

bayi. 14Akan tetapi, makanan padat adalah untuk

orang-orang yang sudah dewasa, yaitu mereka yang

sudah mela h indera mereka untuk membedakan apa

yang baik dan yang jahat.

6 •1 Dia menasiha agar dak mundur dari iman;•11 tetapi untuk se a,

•12 rajin, dan sabar menan kan Allah;

•13 karena Allah sungguh pas dengan janji-Nya.

q4:14 pengakuan: Pengakuan iman.

r5:1 imam besarLih.: Imam Besar di Da ar Is lah.

s5:1 pemberian: persembahan.

t5:2 dak memiliki pengetahuanOrang-orang yang dak sadar telah melakukan dosa karena dak mengetahui hukum Allah.

u5:6 bagian lain: Dapat diar kan sebagai bagian lain dalam Kitab Suci.

v5:6 Melkisedek: Lih.Melkisedek di Da ar Is lah.

w5:11 hal ini: Hal tentang kedudukan Yesus sebagai imam besar.

x5:11 lamban untuk mendengar: Sulit menger .

y5:12 susu: Ajaran Firman yang sederhana.

z5:12 makanan yang padat: Pengajaran Firman yang lebih dalam.

  

IBRANI 6.1–7.3 1179

1 Karena itu, mari kita nggalkan pengajaran

dasar tentang Kristus dan melangkah kepada

kedewasaan, dak lagi mengulang-ulang ajaran dasar

tentang pertobatan dari perbuatan yang ma a dan

iman kepada Allah; 2 ajaran tentang pembasuhanb dan

penumpangan tanganc; ajaran tentang kebangkitan

orang ma dan penghakiman akhir. 3Dan, itulah yang

akan kita lakukan, jika Allah mengizinkannyad.

4 Sebab, dakmungkinmempertobatkan kembali

orang-orang yang sebelumnya telah mendapatkan

pencerahane, telah merasakan karunia surgawi, telah

mengambil bagian bersama Roh Kudus, 5mencicipi

kebaikan firman Allah, dan merasakan kuasa dari

dunia yang akan datang. 6 Jika mereka meninggalkan

jalan Kristusf, maka mustahil untuk memperbarui

kembali pertobatan mereka karena mereka sedang

menyalibkan Anak Allah untuk yang kedua kalinya dan

mempermalukan-Nya secara terbuka.

7 Sebab, tanah yang menyerap banyak air hujan

yang jatuh di atasnya, serta menghasilkan panenan

yang bermanfaat bagi mereka yang menggarapnya,

akan menerima berkat dari Allah. 8Namun, jika tanah

itu hanya menumbuhkan duri dan semak-semak, maka

tanah itu dak berguna dan dekat dengan kutuk, dan

pada akhirnya dibakar.

9Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kukasihi,

sekalipun kami berkata-kata demikian, kami meyakini

hal-hal yang lebih baik tentang kamu, yaitu hal-hal

yang berhubungan dengan keselamatan. 10 Sebab

Allah itu adil, Ia dak melupakan semua pekerjaan

dan kasihmu yang kamu tunjukkan demi nama-Nya

dengan melayani orang-orang kudusg seper yang

masih kamu lakukan. 11 Kami rindu masing-masing

kamu menunjukkan ketekunan yang sama untuk

memiliki jaminan pengharapan yang sempurna sampai

akhir, 12 supaya kamu jangan menjadi malas, tetapi

mengiku teladan orang-orang yang telah mewarisi

janji-janji Allah melalui iman dan ketekunan.

Janji Allah Tidak Pernah Berubah

13 ketika  Allah berjanji kepada Abraham, Ia

berjanji atas diri-Nya sendiri karena dak ada yang

lebih besar daripada diri-Nya. 14Allah berkata, “Aku

pas akan memberka mu,” dan “Aku pas akan

melipatgandakan keturunanmu.”h 15Dan, sesudah 

menan kan dengan sabar, Abraham menerima janji

itu.

16Manusia bersumpah demi seseorang yang

lebih besar daripada dirinya sendiri, dan sumpah

diberikan sebagai penegasan untuk mengakhiri semua

perbantahan. 17 Jadi, ketika  Allah ingin menunjukkan

dengan lebih meyakinkan kepada ahli waris janji-Nya

bahwa tujuan-Nya dak akan berubah, Ia menjamin

dengan membuat sumpah 18 sehingga dengan dua

hal yang tak dapat berubah itui, yang mengenainya

Allah mustahil berbohong, kita yang datang mencari

perlindungan akan mendapatkan dorongan yang

besar untuk berpegang teguh pada pengharapan yang

diberikan kepada kita.

19 Pengharapan yang kita miliki ini adalah jangkar

bagi jiwa kita, kuat dan pas , yang menembus masuk

sampai ke balik raij, 20 ke tempat yang telah dimasuki

Yesus sebagai pembuka jalan bagi kita untuk menjadi

Imam Besar untuk selama-lamanya, sesuai dengan

peraturan Melkisedek.

7 •1 Kristus Yesus adalah imam menurut peraturan Melkisedek;•11 dan sampai kini lebih nggi daripada peraturan imam Harun.

Imam Melkisedek

1 Sebab, Melkisedek, Raja Salem dan imam

Allah Yang Maha nggi, menemui Abraham sesudah 

Abraham kembali dari membantai raja-rajak, dan

memberka nya. 2 Kepada Melkisedek, Abraham juga

memberikan sepersepuluh dari semua harta rampasan

yang diperolehnya. Pertama-tama, nama Melkisedek

berar “Raja Kebenaranl”, selanjutnya, “Raja Salem”

yang berar “raja damai”. 3 Ia dak berayah atau

beribu, dak bersilsilah, dan hidupnya dak berawal

a6:1 perbuatan yang ma : Beberapa terjemahan mengar kannya sebagai perbuatan yang sia-sia.

b6:2 pembasuhan: Tradisi Yahudi membasuh kaki, tangan, dll.

c6:2 penumpangan tangan:: Suatu tanda untuk mendoakan, memberikan wewenang, atau kuasa kepada orang lain.

d6:3 Dan itulah...jika Allah mengizinkannya.Maksudnya adalah untuk beranjak kepada pengajaran Firman yang lebih dalam.

e6:4 telah mendapat pencerahan: Telah memahami berita Injil Kristus.

f6:6 meninggalkan jalan Kristus:Murtad.

g6:10 orang-orang kudusLih.:Orang Kudus di Da ar Is lah.

h6:14 Bc. Kej. 22:17.

i6:18 kedua hal yang dak dapat berubahYaitu, janji dan sumpah Allah.

j6:19 rai: Tirai Bait Allah yang memisahkan antara Ruang Kudus dan Ruang Mahakudus.

k7:1 Bc. Kej. 14:17-20.

l7:2 Kebenaran: Secara luas, kata ini dapat berar “berkenan kepada Allah, adil, berintegritas, serta benar dalam perbuatan, pikiran dan

perasaan.”

  

1180 IBRANI 7.4–28

atau berakhirm. Akan tetapi, seper Anak Allah, ia

akan menjadi imam untuk selama-lamanya.

4 Perha kanlah, betapa agungnya orang ini,

bahkan Abraham leluhur kita pun menyerahkan

kepadanya sepersepuluh dari segala hasil rampasan

perangnya. 5Menurut Hukum Taurat, anak-anak Lewin

yang menerima jabatan imam berhak mengumpulkan

persepuluhan dari umat yang adalah saudara-saudara

mereka, walaupun mereka sama-sama keturunan

Abraham. 6Namun, Melkisedek yang dak dari

keturunan Lewi, menerima persepuluhan dari

Abraham dan memberka dia yang memegang

janji-janji Allah. 7Dan, dak dapat disangkal, yang

lebih rendah diberka oleh yang lebih nggi.

8Dalam satu hal, persepuluhan diterima oleh

manusia fana yang bisa ma o. Namun, dalam hal ini,

diterima oleh dia+:, yang dipas kan hidup. 9 Karena

itu, dapat dikatakan bahwa bahkan kaum Lewi yang

berhak menerima persepuluhan pun juga membayar

persepuluhan mereka melalui Abraham, 10 sebab

saat Melkisedek menemuinya, Lewi masih ada dalam

tubuhp nenek moyangnya.

11 Sekarang, seandainya kesempurnaan bisa

dicapai melalui keimaman Lewi (yang karenanya, umat

Israel memperoleh Hukum Taurat), untuk apa ada

imam lain yang harus dibangkitkan menurut aturan

Melkisedek, dan bukan imam dari garis keturunan

Harun?q 12 Sebab, jika aturan keimaman berubah,

maka Hukum Taurat pun harus diubah. 13Orangr yang

sedang kita bicarakan ini berasal dari suku yang lain,

dan tak ada seorang pun dari suku-Nya yang pernah

bertugas sebagai pelayan altars. 14 Sebab, sudah jelas

bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda, suku yang

tentangnya Musa dak pernah mengatakan hal apa

pun yang berkaitan dengan para imam.

Yesus adalah Imam seper Melkisedek

15 Semua hal ini menjadi semakin jelas ketika  kita

melihat munculnya seorang Imam lain, yang serupa

dengan Melkisedek, 16 yang menjadi imam bukan

berdasarkan persyaratan keturunan jasmani, tetapi

berdasarkan kuasa kehidupan yang dak dapat binasa.

17 Sebab, Kitab Suci bersaksi tentang Dia:

“Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya,

menurut peraturan Melkisedek.”

18Di satu sisi, peraturan yang lama

sudah berakhir karena memiliki kelemahan dan

dak berguna, 19 dan karena hukum itu dak

menyempurnakan apa pun. Namun, di sisi yang lain,

ada pengharapan yang lebih baik yang diperkenalkan

kepada kita, dan pengharapan itu menarik kita untuk

mendekat kepada Allah.

20Dan karena pengharapan itu dibawa kepada

kita dengan sebuah sumpah. Imam yang lain menjadi

imam tanpa disertai sumpah. 21Namun, Ia menjadi

Imam dengan sumpah yang dibuat oleh Diat yang

berkata kepada-Nya,

“Tuhan telah bersumpah dan Ia dak akan berubah

pikiran:

‘Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya.’”

Mazmur 110:4

22 Karena sumpah ini, Yesus telah menjadi jaminan

dari perjanjian yang lebih baik.

23 Sebelumnya, ada banyak imam sehingga ketika 

ada imam yangma , ada yang dapatmenggan kannya.

24Namun, Yesus memegang keimaman secara tetap

selamanya karena Ia akan terus hidup selamanya.

25Dengan demikian, Yesus dapat menyelamatkan

dengan sempurna mereka yang datang kepada Allah

melalui-Nya, karena Ia selalu hidup untuk berdoau bagi

mereka.

26 Imam Besar seper itulah yang kita butuhkan,

yaitu Imam Besar yang kudus, dak bercela,

murni, dipisahkan dari orang-orang berdosa, dan

di nggikan melebihi ngkat- ngkat surgawi. 27 Yesus

dak seper para imam yang lain. Mereka harus

mempersembahkan kurban se ap hari, pertama

bagi dosa mereka sendiri, Lalu  bagi dosa-dosa

umat. Namun, Yesus dak perlu melakukannya.

Ia hanya mempersembahkan kurban sekali untuk

selamanya, yaitu diri-Nya sendiri. 28Hukum Musa

menetapkan manusia yang penuh kelemahan untuk

menjadi imam-imam besar. Akan tetapi, sumpah yang

berasal dari Allah, yang datang sesudah  Hukum Musa,

m7:3 Ia dak...berakhirTidak seorang pun yang mengetahui siapa orang tua Melkisedek, dan dak diketahui dari siapakah nenek

moyangnya. Tidak ada yang tahu pula kapan ia lahir atau meninggal.

n7:5 anak-anak Lewi: Keturunan suku Lewi yang telah ditunjuk Tuhan untuk menduduki jabatan Imam dalam bangsa Israel.

o7:8 Dalam satu hal...ma .Yang dimaksud adalah para imam dari golongan Lewi.

+:7:8 dia: Yang dimaksud adalah Melkisedek.

p7:10 dalam tubuh nenek moyangnya: Harfiahnya, “masih dalam pinggang nenek moyangnya.” Ar nya, Lewi belum dilahirkan. Orang

Yahudi pada zaman dahulu percaya bahwa kuasa prokreasi manusia tersimpan pada pinggang laki-laki.

q7:11 Harun: Harun merupakan keturunan Lewi. Lih. Harun danOrang Lewi di Da ar Is lah.

r7:13 Dia: Yang dimaksud adalah Yesus Kristus, yang secara manusia terlahir dari suku Yehuda.

s7:13 bertugas sebagai pelayan altar:Maksudnya adalah menjadi salah satu dari golongan imam.

t7:21 Dia: Allah.

u7:25 berdoa:Menjadi perantara.

  

IBRANI 8.1–9.4 1181

menetapkan Anak-Nya, yang telah dijadikan sempurna

sampai selama-lamanya.

8 •1 dengan keimaman kekal Kristus, keimaman Lewi Harun dihapuskan;•7 dan perjanjian yang sementara dengan para leluhur, digan kan dengan

perjanjian kekal Injil.

Yesus adalah Imam Besar Perjanjian yang Baru

1 Inilah pokok utama pembicaraan kita: kita

mempunyai Imam Besar yang duduk di sebelah kananv

takhta YangMaha nggi di surga. 2 Ia melayani di Ruang

Mahakudusw dan di Kemah Sucix seja yang didirikan

oleh Allah sendiri, bukan oleh manusia.

3 Karena se ap imam besar ditunjuk untuk

mempersembahkan pemberian dan kurban, maka

Imam Besar ini juga harus membawa sesuatu untuk

dipersembahkan. 4 Jika Imam Besar ini hidup di bumi,

Ia dak akan menjadi imam sama sekali sebab di bumi

sudah ada imam-imam yang mempersembahkan

pemberian sesuai Hukum Taurat, 5 yaitu mereka yang

mempersembahkan ruan dan bayang-bayang dari

hal-hal surgawi seper ketika  Allah memperingatkan

Musa saat ia hendak mendirikan Kemah Suci:

“Pas kanlah engkau membuat segala sesuatunya

sesuai dengan rancangan yang telah Kutunjukkan

kepadamu di atas gunung.”y 6Namun, sekarang, Yesus

menerima tugas pelayanan yang jauh lebih mulia

karena perjanjian baru yang diperantarai oleh-Nya itu

juga jauh lebih nggi dan ditetapkan berdasarkan pada

janji-janji yang lebih baik.

7 Sebab, jika perjanjian yang pertama dak

mengandung kesalahan, dak akan ada yang

membutuhkan perjanjian yang kedua. 8 Karena Allah

mendapa kesalahan manusia, Ia berkata,

“‘Lihatlah, saatnya akan ba,’ kata Tuhan,

‘ketika  Aku akan mengadakan sebuah

perjanjian baru dengan kaum Israel dan

kaum Yehuda.

9 Tidak seper perjanjian yang telah Kuadakan

dengan nenek moyang mereka,

yaitu ketika  aku menuntun mereka dengan

tangan-Ku

untuk memimpin mereka keluar dari tanah

Mesir.

Karena mereka dak se a pada perjanjian yang

Kuberikan,

maka Aku dak memedulikan mereka,’ kata

Tuhan.

10 ‘Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan

kaum Israel sesudah  masa itu,’ kata Tuhan:

‘Aku akan menaruh hukum-hukum-Ku dalam

pikiran mereka,

dan Aku akan menuliskannya pada ha

mereka.

Aku akan menjadi Allah mereka,

dan mereka akan menjadi umat-Ku.

11Mereka juga dak akan lagi mengajar sesama

bangsanya atau saudaranya dengan

berkata, ‘Kenallah Tuhan’

karena semua orang akan mengenal Aku, dari yang

kecil sampai yang paling besar.

12 Sebab, Aku akan berbelas kasihan atas

pelanggaran dan dosa-dosa mereka.

Dan, Aku pun dak akan lagi mengingat

kesalahan-kesalahan mereka.’” Yeremia

31:31-34

13 ketika  Allah mengucapkan perjanjian baru,

Ia membuat perjanjian yang lama dak berlaku lagi.

Dan, apa yang sudah dak berlaku lagi dan usang akan

segera lenyap.

9 •1 Penjelasan tentang peraturan-peraturan dan kurban darah berdasarkanhukum;

•11 yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan keberadaan dan kesempurnaan

darah dan kurban Kristus.

Ibadah dalam Perjanjian Lama

1 Bahkan, Perjanjian yang lamaz pun berisi

tentang peraturan ibadah dan tempat kudus yang

ada di bumi. 2 Sebab demikianlah Kemah Allah

dipersiapkan; bagian luar, yang padanya terdapat

pelita, meja, dan ro sajiana, disebut Tempat Kudus.

3Di belakang rai kedua adalah bagian kemah yang

disebut Ruang Mahakudus,b 4 di tempat itu terdapat

altar pedupaan yang terbuat dari emas dan Tabut

Perjanjianc yang seluruh sisinya dilapisi emas. Di

dalam tabut itu, terdapat sebuah kendi emas yang

v8:1 sebelah kanan: Tempat kehormatan dan otoritas (kekuasaan).

w8:2 Ruang Mahakudus: Harfiahnya: ruang paling kudus. Sebuah tempat suci di mana Allah nggal dan disembah. Tempat ini

disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.

x8:2 Kemah SuciLih.: Kemah Suci di Da ar Is lah.

y8:5 Bc. Kel. 25:40.

z9:1 Perjanjian yang lama:: Perjanjian pertama yang Allah buat dengan manusia (Abraham). Bc. Kej. 12.

a9:2 ro sajian: Ro khusus disajikan kepada Allah di Tempat Kudus dalam Kemah Allah (dan nan nya Bait Allah).

b9:3 Ruang Mahakudus:: Ruangan paling kudus dalam Kemah Allah (dan nan nya dalam Bait Allah) tempat Allah nggal dan disembah.

Tempat ini disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.

c9:4 Tabut Perjanjian:: Tabut berbentuk pe agak persegi panjang dibuat dari kayu. Seluruh tabut ditutupi dengan emas. Melambangkan

kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya, khususnya di dalam perang (bc. 1 Sam. 4:1-22). Pe itu juga berisikan kedua loh batu yang

ditulisi kesepuluh hukum.

  

1182 IBRANI 9.5–23

berisi mannad, tongkat Harun yang pernah bertunas,e

serta dua lempeng batu perjanjian.f 5Di atasnya,

ada dua kerubg kemuliaan yang menaungi Tutup

Pendamaianh, tetapi saat ini bukanlah waktu tepat

untuk membicarakannya secara terperinci.

6 sesudah  semuanya itu dipersiapkan sedemikian

rupa, para imam masuk ke bagian pertamai dari

kemah itu secara ru n, untuk melakukan pelayanan

ibadah kepada Allah. 7Akan tetapi, hanya imam besarj

saja yang diperbolehkan masuk ke bagian kedua

dari kemah itu, itu pun hanya setahun sekali, dan

membawa darah untuk dipersembahkan darah kepada

Allah demi dirinya sendiri dan demi dosa-dosa umat

yang dilakukan tanpa sengaja.

8 Roh Kudus menyatakan kepada kita bahwa

jalan menuju Ruang Mahakudus belum terbuka

selama Ruang Kudus masih ada, 9 hal itu adalah

simbol mengenai zaman ini. Demikian juga berbagai

pemberian dan kurban-kurban yang dipersembahkan

dak dapat menyempurnakank nurani orang-orang

yang beribadah, 10 sebab hanya berkaitan dengan

makanan, minuman, dan ritual pembasuhan untuk

tubuh jasmani yang berlaku hingga banya waktu

pembaharuanl.

Ibadah dalam Perjanjian yang Baru

11Namun, ketika  Kristus datang sebagai Imam

Besar atas segala hal baik yang akan datang, Ia masuk

melalui tempat kudusm yang lebih besar dan lebih

sempurna; yang dak dibuat oleh tangan manusia

dan bukanlah suatu ciptaan. 12 Ia masuk ke Ruang

Mahakudus satu kali untuk selamanya, bukan dengan

membawa darah kambing jantan dan darah anak sapi,

tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri sehingga

mendapatkan penebusan yang kekal.

13 Sebab, jika pemercikan darah kambing jantan

dan sapi jantan, dan juga abu anak sapi be nan kepada

orang yang najis dapat menyucikan tubuh jasmani

mereka, 14 lebih-lebih lagi darah Kristus, yaitu Ia yang

melalui Roh yang kekal mempersembahkan diri-Nya

sebagai kurban yang dak bercacat kepada Allah untuk

menyucikan ha nuranimu dari perbuatan sia-sia

supaya kamu dapat melayani Allah yang hidup.

15Untuk alasan inilah Kristus menjadi Perantara

dari perjanjian yang baruo supaya mereka yang

telah dipanggil Allah boleh menerima warisan

kekal yang telah dijanjikan-Nya; sebab sebuah

kema an telah terjadi untuk menebus mereka dari

pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan di

bawah perjanjian yang pertama.

16 Jika ada surat wasiat, maka harus ada kema an

dari orang yang membuatnya. 17 Sebab, surat wasiat

hanya berlaku jika orang yang membuatnya sudah

ma ; surat itu dak memiliki kuasa selama orang

yang membuatnya masih hidup. 18 Itulah sebabnya,

mengapa perjanjian pertama pun dak berlaku

tanpa kurban darah. 19 Sebab, sesudah  Musap

memberitahukan se ap perintah dalam Hukum Taurat

kepada umat Israel, ia mengambil darah anak sapi

dan kambing lalu mencampurnya dengan air. Dan,

menggunakan kain wol merah serta sebatang hisopq,

ia memercikkannya pada Kitab Taurat dan pada semua

umat 20 sambil berkata, “Inilah darah dari perjanjian

yang telah Allah perintahkan untuk kamu taa .”r

21Dengan cara yang sama, Musa juga memerciki

Kemah Suci dan semua perlengkapan yang digunakan

dalam ibadah dengan darah. 22Menurut Hukum

Taurat, hampir segala sesuatu harus disucikan dengan

darah, dan tanpa adanya penumpahan darah, dak

akan ada pengampunan.

Yesus Kristus adalah Kurban Penghapus Dosa

23 Karena itu, segala sesuatu yangmelambangkan

hal-hal surgawi sangat perlu disucikan dengan hal

d9:4 Manna: Makanan pokok yang diberikan oleh Allah kepada orang Israel ketika  mereka mengembara di padang gurun selama 40

tahun (bc. Kel. 16:4-36).

e9:4 tongkat Harun ... bertunas:: Bc. Bil. 17:8-10

f9:4 lempengan batu perjanjian:: Dua buah lempeng batu yang padanya terukir Sepuluh Hukum Allah. Disebut juga ‘dua loh batu’ (bc.

Kel. 24:12).

g9:5 kerub:Makhluk surgawi yang bersayap. Di atas Tabut Perjanjian ada dua patung kerub, terbuat dari emas, yang sayapnya menutupi

tutup pendamaian (bc. Kel. 25:18-20).

h9:5 Tutup Pendamaian:: Tutup Tabut Perjanjian yang telah diperciki darah hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk melindungi umat

Israel dari murka Allah atas pelanggaran hukum Allah.

i9:6 bagian pertama:: Ruang Kudus di Kemah Allah.

j9:7 imam besar: Lih. Imam Besar di Da ar Is lah.

k9:9 menyempurnakan:Membersihkan atau menyucikan.

l9:10 waktu pembaharuanWaktu pemberlakuan perjanjian yang baru melalui Yesus Kristus.

m9:11 tempat kudus:: Atau “tabernakel”. Lih. Kemah Suci di Da ar Is lah.

n9:13 anak sapi be na: Sapi be na yang belum pernah beranak.

o9:15 perjanjian yang baru: Lih. Perjanjian Baru di Da ar Is lah.

p9:19 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.

q9:19 hisop: Sejenis tumbuhan perdu yang batang dan daunnya dapat dipakai untuk memercikkan darah pada upacara-upacara ibadah

Yahudi (bc. Kel. 12:22).

r9:20 Kut. Kel. 24:8.

  

IBRANI 9.24–10.19 1183

ini, tetapi segala sesuatu yang di surga disucikan

dengan kurban yang lebih baik. 24 Sebab, Kristus

dak masuk ke dalam Ruang Mahakudus yang dibuat

oleh tangan manusia, yang hanyalah ruan dari yang

sesungguhnya, tetapi Ia masuk ke dalam surga itu

sendiri dan sekarang berada di hadapan Allah demi

kita.

25 Kristus juga dak mempersembahkan

diri-Nya berkali-kali, seper imam besar yang harus

masuk ke Ruang Mahakudus dari tahun ke tahun

dengan membawa darah yang bukan darahnya

sendiri. 26 Jika demikian, Kristus harus menderita

berulang kali sejak dunia diciptakan. Akan tetapi,

Kristus hanya menyatakan diri-Nya satu kali saja

untuk selama-lamanya pada zaman akhir ini demi

menghapus dosa, dengan cara mempersembahkan

diri-Nya sendiri.

27 Seper manusia, yang ditentukan untuk

ma satu kali saja dan sesudah itu menghadap

penghakiman, 28 demikian juga Kristus; Ia

dipersembahkan hanya satu kali saja untuk

menanggung dosa banyak orang, dan akan datang

untuk kedua kalinya, bukan untuk menanggung dosa,

melainkan untuk membawa keselamatan bagi mereka

yang menan kan Dia.

10 •1 Kelemahan dari kurban berdasarkan hukum.•10 Pengorbanan tubuh Kristus dipersembahkan sekali,

•14 untuk selamanya menghapus dosa.

•19 Nasihat untuk berpegang pada iman dengan kesabaran dan ucapan syukur.

Pengurbanan Yesus Kristus

Sekali untuk Selama-Lamanya

1 Karena Hukum Taurat hanya memiliki bayangan

tentang hal-hal baik yang akan datang dan bukan

kenyataan yang sesungguhnya, maka Hukum itu

dak akan pernah dapat menyempurnakan mereka

yang datang mendekats. 2 Jika sebaliknya, bukankah

pemberian persembahan seharusnya sudah dak lagi

dilakukan karena sekali disucikan, orang-orang yang

beribadah itu dak lagi merasakan adanya kesadaran

akan dosa? 3Akan tetapi, dalam persembahan kurban

itu, mereka justru diingatkan akan dosa-dosa mereka

dari tahun ke tahun. 4 Sebab, darah lembu jantan dan

kambing jantan dak mungkin dapat menghapus dosa.

5 Karena itu, ketika  Kristus datang ke dalam

dunia, Ia berkata,

“Kurban dan persembahan dak Kau inginkan,

tetapi sebuah tubuh telah Kau siapkan

bagi-Ku;

6 Engkau dak berkenan kepada kurban bakaran

dan kurban penghapus dosa.

7 Lalu Aku berkata, ‘Inilah Aku:

Ada tertulis tentang Aku dalam gulungan

kitabt,

Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu,

ya Allah.’” Mazmur 40:7-9

8 sesudah  Kristus mengatakan, “Kurban dan

persembahan, serta kurban bakaran dan kurban

penghapus dosa dak Engkau inginkan, dan dak

berkenan kepada-Mu,” (meskipun dilakukan sesuai

dengan Hukum Taurat) 9 Ia menambahkan, “Inilah

Aku. Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.”

Jadi, Yesus menghapuskan yang pertamau untuk

menetapkan yang keduav. 10Oleh kehendak-Nya,

kita dikuduskan melalui pengurbanan tubuh Yesus

Kristus, sekali untuk selama-lamanya. 11 Se ap imam

melakukan pelayanan hariannya dari waktu ke waktu

untuk mempersembahkan kurban yang sama, yang

dak dapat menghapuskan dosa; 12 tetapi Kristus,

sesudah  mempersembahkan kurban karena dosa, satu

kali saja untuk selama-lamanya, Ia duduk di sebelah

kanan Allah 13 dan menan kan saat musuh-musuh-

Nya dijadikan tumpuan kaki-Nyaw. 14Dengan satu

kurban, Kristus menyempurnakan mereka yang telah

disucikannya untuk selama-lamanya.

15 Roh Kudus juga menjadi saksi untuk kita

tentang hal ini sebab sesudah  berkata,

16 “Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan

umat-Ku sesudah  masa itu, kata Tuhan:

‘Aku akan menaruh hukum-hukum-Ku dalam ha

mereka, dan

Aku akan menuliskannya dalam pikiran

mereka.’” Yeremia 31:33

17 Lalu , Ia melanjutkan,

“Aku akan melupakan dosa-dosa mereka

dan dak akan lagi mengingat kejahatanx

mereka.” Yeremia 31:34

18 Sekarang, ketika  pengampunan bagi semuanya itu

telah tersedia, maka dak diperlukan lagi kurban untuk

menebus dosa.

Mendekatlah kepada Allah

19 Sebab itu, saudara-saudaraku, karena

sekarang kita memiliki keberanian untuk masuk ke

s10:1 datang mendekatOrang-orang yang datang untuk beribadah kepada Allah di Bait-Nya, sesuai dengan peraturan Hukum Taurat.

t10:7 gulungan kitabYang dimaksud adalah kitab pada nabi.

u10:9 yang pertama:: pengurbanan berdasar perintah Hukum Taurat.

v10:9 yang kedua:: pengurbanan Kristus.

w10:13 menjadi tumpuan kaki-Nya:: Ditaklukkan di bawah kuasa-Nya. Kut. Mazmur 110:1

x10:17 kejahatan: Yun.: anomia, dapat diar kan sebagai kejahatan, dosa, perbuatan yang melanggar hukum.

  

1184 IBRANI 10.20–11.3

dalam Ruang Mahakudusy oleh pengurbanan darah

Yesus, 20 dengan jalan yang baru dan hidup, yang

telah dibukakan oleh Yesus bagi kita melalui rai,

yaitu tubuh-Nya, 21 dan karena kita telah mempunyai

seorang Imam Besar yang mengepalai rumah Allah,

22maka marilah kita mendekat kepada Allah dengan

ha yang tulus dalam keyakinan iman yang penuh,

dengan ha kita yang telah dibersihkanz dari nurani

yang jahat, dan tubuh yang telah dicuci dengan air

murni.

23Mari kita berpegang teguh pada pengakuan

pengharapan kita karena Allah yang menjanjikannya

adalah se a, 24mari kita mencari cara untuk dapat

saling mendorong dalam mengasihi dan mengerjakan

perbuatan-perbuatan baik, 25 dan janganlah

menjauhkan diri dari pertemuan ibadah kita bersama,

seper yang dibiasakan oleh beberapa orang. Akan

tetapi, marilah kita saling menguatkan, terlebih lagi

karena kamu tahu bahwa Hari Tuhana sudah semakin

dekat.

Jangan Melawan Allah

26 Sebab, jika dengan sengaja kita tetap

berbuat dosa sesudah mendapatkan pengetahuan

tentang kebenaran, maka dak ada lagi kurban untuk

menghapus dosa-dosa itu. 27 Yang ada hanyalah

penan an yang menakutkan akan penghakiman dan

kobaran api yang akan membinasakan musuh-musuh

Allah.b 28 Berdasarkan kesaksian dari dua atau ga

orang saksi, siapa pun yang dak menaa Hukum

Musa akan dihukum ma tanpa mendapat belas

kasihan. 29 Jika demikian, betapa lebih beratnya

penghukuman yang layak diterima oleh orang yang

menginjak-injakc Anak Allah, dan yang menganggap

najisd darah perjanjian yang telah menguduskannya,

dan yang menghina Roh anugerah Allah? 30 Sebab,

kita mengenal Dia yang berkata, “Pembalasan adalah

hak-Ku; Aku akan menuntut pembalasan.”e Ia juga

berkata, “Tuhan akan menghakimi umat-Nya.”f

31Alangkah mengerikannya jika kita jatuh ke dalam

tangan Allah yang hidup.

Peliharalah Keberanian dan Kesabaran

32Akan tetapi, ingatlah hari-hari yang telah lalu,

sesudah  kamu mendapat pencerahan, kamu bertahan

dalam perjuanganmu menanggung penderitaan

yang berat. 33 Kadang-kadang, kamu dihina dan

dianiaya secara terbuka di depan banyak orang, dan

kadang-kadang kamu juga turut di dalam penderitaan

orang-orang yang diperlakukan seper itu. 34 Kamu

juga berbelaskasihan kepada mereka yang dipenjara,

bahkan menerima dengan sukacita ketika  harta

milikmu dijarah karena kamu tahu bahwa kamu

mempunyai harta yang lebih baik dan kekal.

35 Karena itu, janganlah kamu membuang

keyakinanmu karena keyakinanmu itu mendatangkan

pahala yang besar. 36 Sebab kamu membutuhkan

ketekunan untuk melakukan kehendak Allah sehingga

kamu mendapatkan apa yang dijanjikan-Nya. 37 Sebab,

“Tidak lama lagi,

Ia yang sedang datang, akan ba, dan dak akan

menunda.

38Namun, orang-Ku yang benar akan hidup oleh

iman.

Dan, jika ia mundur ketakutan,

maka jiwa-Ku dak akan berkenan kepadanya.”

Habakuk 2:3-4

39 Kita bukanlah orang-orang yang undur dan menuju

kebinasaan, tetapi adalah orang-orang yang beriman

dan yang bertahan untuk diselamatkan.

11 •1 Apa itu iman.•6 Tanpa iman kita dak bisa berkenan kepada Allah.

•7 Buah yang layak diperoleh bapa-bapa di masa yang lalu.

Iman

1 Iman adalah jaminan atas segala sesuatu yang

kita harapkan, dan buk dari segala sesuatu yang dak

kelihatan. 2 Sebab, oleh iman merekalah orang-orang

pada zaman dulu memperoleh pujiang.

3Oleh iman, kita menger bahwa alam semesta

diciptakan dengan firman Allah. Jadi, apa yang

kelihatan dak terbuat oleh apa yang kelihatan pula.

y10:19 Ruang Mahakudus:: Harfiahnya: ruang paling kudus. Sebuah tempat suci di mana Allah nggal dan disembah. Tempat ini

disimbolkan dengan ruangan di dalam Kemah Suci di Perjanjian Lama.

z10:22 dibersihkan: Yun. “rhan zo”, kata yang juga dipakai di 9:13. Ar nya, diperciki, mengambil konsep penyucian oleh darah kurban.

a10:25 Hari Tuhan:Maksudnya adalah hari kedatangan Kristus kembali.

b10:27 musuh-musuh Allah: Orang-orang yang menentang Allah.

c10:29 menginjak-injak::Menghina.

d10:29 menganggap najis:: Tidak menghargai.

e10:30 Bc. Ul. 32:35.

f10:30 Bc. Ul. 32:36 atau Mzm. 135:14.

g11:2 memperoleh pujian: Kesaksian yang baik atau dari Allah karena menyenangkan Allah.

  

IBRANI 11.4–23 1185

4Oleh iman, Habelh mempersembahkan

kepada Allah kurbani yang lebih baik daripada yang

dipersembahkan Kainj. Melalui persembahannya itu,

Habel memperoleh kesaksian yang baik dari Allah

sebagai orang benar; Allah memberikan kesaksian

itu dengan menerima kurban persembahannya. Dan,

oleh imannya, meskipun ia ma , Habel masih dapat

berbicarak.

5Oleh iman, Henokh diangkat supaya ia dak

harus mengalamil kema an dan ia dak ditemukan

karena Tuhan telah mengangkatnya; karena sebelum

diangkat, ia mendapat kesaksian sebagai orang

yang menyenangkan Allahm. 6 Tidak mungkin

menyenangkan Allah tanpa iman, sebab siapa pun

yang mendekat kepada Allah harus percaya bahwa

Allah ada, dan bahwa Allah memberi pahala kepada

mereka yang mencari Dia.

7Oleh iman, sesudah  diperingatkan oleh Allah

tentang peris wa yang belum ia lihat, Nuh dengan

gentar dan taat membangun sebuah bahteran

untuk menyelamatkan keluarganya. Dengan ini, Nuh

menghukum dunia dan menjadi pewaris kebenaran

yang sesuai dengan imannyao.

8Oleh iman, Abraham ketika  dipanggil Tuhan,

taat untuk pergi ke suatu tempat yang akan diberikan

sebagai milik pusakanya. Dan, ia berangkat, walaupun

dak tahu ke mana ia akan pergip. 9Oleh iman, ia

pergi dan nggal di tanah yang dijanjikan seper

nggal di tanah asing, yaitu di dalam kemah bersama

Ishak dan Yakub; para pewaris dari janji yang sama,

10 sebab Abraham sedang menan kan sebuah kota

yang mempunyai fondasi, yang perancang dan

pembangunnya adalah Allah.

11Oleh iman, Sara menerima kemampuan untuk

mengandung dan melahirkan anak, meskipun ia

mandul dan sudah terlalu tua untuk melahirkan, sebab

Sara menganggap Ia yang telah berjanji kepadanya

adalah se aq. 12 Karena itulah, dari satu orang yang

sudah sangat tua dan hampir ma , lahirlah keturunan

yang banyaknya seper bintang di langit dan yang

jumlahnya tak terhitung seper bu ran pasir di pantai.

13Mereka semua ini telah ma dalam iman

dengan dak mendapat apa yang dijanjikan, tetapi

mereka memandang dan menyambut janji-janji itu

dari jauh, dengan mengetahui bahwa mereka adalah

para pendatang dan orang asing di bumi. 14 Perkataan

mereka yang demikian itu menunjukkan dengan jelas

bahwa mereka sedang mencari sebuah tanah air bagi

mereka. 15 Karena, jika yang mereka pikirkan adalah

negeri yang mereka nggalkan sebelumnya, maka

mereka bisa saja kembali lagi ke sana. 16Namun,

mereka merindukan suatu negeri yang lebih baik,

yaitu negeri surgawi. Oleh karena itulah, Allah dak

malu disebut sebagai Allah mereka sebab Ia sudah

menyediakan sebuah kota bagi mereka.

17Oleh iman, ketika  Tuhan mengujinya, Abraham

menyerahkan Ishak sebagai kurban; ia yang sudah

menerima janji-janji itu rela mempersembahkan anak

tunggalnyar. 18 Tentang anak itu, Allah pernah berkata,

“Dengan nama Ishaklah keturunanmu akan disebuts.”

19Abrahammenaruh percayanya kepada Allah, bahkan

ia percaya bahwa Allah sanggup membangkitkan orang

ma . Ibaratnya, Abraham telah mendapatkan Ishak

kembali dari kema an.

20Oleh iman, Ishak memberka masa depan

Yakub dan Esaut. 21Oleh iman, Yakub, menjelang

kema annya, memberka anak-anak Yusuf. Ia

menyembah kepada Allah dengan bersandar pada

kepala tongkatnya.

22Oleh iman, Yusuf, pada akhir hidupnya,

berbicara tentang keluarnya bangsa Israel dari

Mesir dan memberi perintah sehubungan dengan

tulang-tulangnyau.

23Oleh iman, Musav, ketika  ia lahir,

disembunyikan selama ga bulan oleh orang tuanya.

Mereka melihat bahwa Musa adalah bayi yang sangat

manis, dan mereka dak takut terhadap perintah

rajaw.

h11:4 Habel: Lih. Habel di Da ar Is lah.

i11:4 kurban: Lih. Kurban di Da ar Is lah.

j11:4 Kain: Lih. Kain di Da ar Is lah.

k11:4 Bc. Kej. 4:1-10.

l11:5 mengalami: Harfiahnya: melihat.

m11:6 Bc. Kej. 5:24.

n11:7 bahtera: Kapal yang sangat besar.

o11:7 Bc. Kej. 6:9-8:22

p11:8 Bc. Kej. 12:1-4

q11:11 Bc. Kej. 21:1-3.

r11:17 Bc. Kej. 22:1-19.

s11:17-18: Bc. Kej. 21:12.

t11:20 Bc. Kej. 27:1-40.

u11:22 Oleh iman, Yusuf...tulang-tulangnya.: Bc. Kej. 50:25; Kel. 13:19; Yos. 24:32.

v11:23 Musa: Lih.Musa di Da ar Is lah.

w11:23 Bc. Kel. 2:1-2

  

1186 IBRANI 11.24–12.8

24Oleh iman, Musa, sesudah  tumbuh ia dewasa,

menolak disebut anak dari putri Firaun. 25 Ia lebih

memilih menderita bersama umat Allah daripada

menikma kesenangan dosa yang hanya sementara,

26 Ia menganggap bahwa kehinaan Kristus lebih

berharga daripada seluruh kekayaan Mesir sebab

Musa memandang kepada pahala yang akan datang.

27Oleh iman, Musa meninggalkan Mesir tanpa

rasa takut terhadap murka Raja Firaun seolah-olah

ia dapat melihat Dia yang dak kelihatan itu. 28Oleh

iman, Musa melaksanakan Paskahx dan pemercikan

darah sehingga malaikat kema any jangan menyentuh

bangsa Israel.

29Oleh iman, bangsa Israel berjalan

menyeberangi Laut Merah, seakan-akan berjalan

di tanah kering. Namun, ketika  orang-orang Mesir

mencoba melakukan hal yang sama, mereka

ditenggelamkanz.

30Oleh iman, tembok Yerikho runtuh sesudah 

dikelilingi selama tujuh haria.

31Oleh iman, Rahab, pelacur itu, dak dibunuh

bersama dengan orang-orang yang dak taat karena ia

menerima mata-mata Israel dengan damaib.

32Dan, apa lagi yang harus kukatakan? Aku

dak punya cukup waktu untuk menceritakan

kepadamu tentang Gideon, Barak, Simson, Ye a,

Daud, Samuel, dan para nabi, 33 yang oleh iman

telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, melakukan

kebenaran, mendapatkan janji-janji, dan mengatupkan

mulut singa-singa, 34memadamkan kobaran api,

terlepas dari mata pedang, dikuatkan dari kelemahan

mereka, gagah perkasa dalam pertempuran, dan

menghalau bala tentara asing. 35 Para wanita 

menerima kembali orang-orang ma mereka melalui

kebangkitanc, tetapi ada pula yang dianiaya dan

menolak untuk menerima pembebasan supaya mereka

mendapatkan kebangkitan dalam kehidupan yang

lebih baik. 36 Sementara itu, ada pula yang dihina

dan dicambuk, bahkan dibelenggu dan dipenjarakan.

37Mereka dirajam